Monday, November 5, 2012

Seandainya Aku Jadi Ketua KPK, Hmmm....


Aku menekuri file-file kasus korupsi yang sedang kutangani. Ada beberapa kasus besar yang sedang kutangani, selain kasus-kasus “kecil.” Century, Wisma Atlet Hambalang, Simulator SIM, adalah beberapa kasus besar yang melibatkan “orang-orang besar.” Sebagai ketua KPK, aku memiliki rencana-rencana kerja yang akan kulakukan demi mengusut tuntas semua kasus korupsi, menangkap para koruptor, dan membebaskan Indonesia dari perilaku korupsi.


  1. Menyeleksi calon anggota KPK dengan sebaik mungkin, berpedoman pada: ketaatan kepada Tuhan YME, bersih dari tindakan kriminal, bersih dari tindakan korupsi, jujur, amanah, dan berani.
  2. Mendidik anggota KPK agar berani dan tidak pandang bulu dalam menangkap koruptor. Aku akan membekali mereka dengan kekuatan spiritual (mendatangkan pemuka agama) dan kekuatan fisik (mendatangkan instruktur bela diri).
  3. Sosialisasi pencegahan tindak pidana korupsi, baik secara offline (seminar-seminar antikorupsi di instansi-instansi pemerintahan, lembaga, kampus, dan sekolah-sekolah, bahkan kalau  perlu sampai ke pendidikan anak usia dini (PAUD dan TK), agar anak-anak sedari dini telah mendapatkan pemahaman bahwa perbuatan korupsi adalah perbuatan yang tidak baik) dan online (website, blog, twitter, facebook, dan lainnya. Sosialisasi juga dilakukan melalui media cetak, televisi, dan radio.
  4. Mengajukan tuntutan hukuman potong tangan terhadap pelaku korupsi, untuk memberikan efek jera kepada pelaku dan calon pelaku. Tidak ada orang yang mau mendapatkan cacat di tubuhnya.
  5. Membuat saluran pengaduan tindak pidana korupsi, baik melalui jejaring sosial ataupun telepon. Apabila masyarakat mendapati adanya tindak pidana korupsi, atau menjadi korban semisal diminta membayar sogokan, dapat menghubungi saluran tersebut untuk ditindaklanjuti oleh anggota KPK.
  6. Membuat buku-buku cerita dan dongeng untuk anak-anak dan remaja dengan tema kejujuran, untuk menggiring pemikiran anak-anak agar menjauhi tindakan korupsi. Mengadakan kegiatan mendongeng dengan cerita-cerita yang berkaitan dengan upaya pencegahan korupsi. Semoga kelak ketika dewasa mereka menjadi pribadi yang jujur dan antikorupsi.
  7. Memunculkan seorang atau lebih tokoh yang terkenal jujur dan antikorupsi  untuk dijadikan suri teladan bagi anak-anak dan remaja kita. Sebab, selama ini tokoh-tokoh idola mereka justru berperilaku buruk. 


Udara pagi menyelusup masuk ke dalam rongga hidungku, memberikan sensasi dingin yang menyegarkan. Sementara televisi di depanku menayangkan ketua KPK saat ini sedang menghadapi serbuan pertanyaan dari wartawan tentang mengapa tidak segera menangkap Jenderal DS yang sudah mendatangi kantor KPK untuk diperiksa. Seandainya aku berada di posisinya itu….. Ya, andai aku yang menjadi ketua KPK….


4 comments:

  1. Yang nomor 6 sepertinya belum ada yang kepikiran buat program seperti itu... Boleh jugaaa...
    Semoga sukses dengan kontesnya mbak...

    ReplyDelete
  2. gutlak mbakk... pengen ikut tp blm nls hehe

    ReplyDelete
  3. sejauh ini sudah bagus :) demi memajukan Indosia agar bersih dari korupsi :)

    semoga sukses ya jadi ketua KPK nya :)
    cek punya saya juga ya di http://muslim-rupawan.blogspot.com/2012/10/kpk-bersihkan-indonesia.html :)
    makasih :)

    salam kenal untuk sejauh ini :)
    dan semoga kita sebagai anak bangsa bisa ikut membantu memberantas korupsi di Indonesia :)


    SALAM SATU JIWA ANAK BANGSA INDONESIA :)

    ReplyDelete
  4. dan anggota KPK itu jumlahnya harus banyak. + gajinya yg rada gede, karena mereka sudah mengabdi pada negara.
    contohnya hongkong, tim kpknya lebih banyak drpda di indonesia, padahal di indonesia warganya ada 200 jt orang.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...