Saturday, January 26, 2013

Kerajinan Ramah Lingkungan Made in Home By Ibu Rumah Tangga

Aku selalu merasa amazing sama ibu-ibu yang jago bikin kerajinan. Daripada ngegosip gak tentu arah, mendingan jari jemari bekerja, to? Yang mau aku share adalah kerajinan tangan buatan teman SMA-ku dulu, Nia Restiana. Emak tiga anak ini jago banget bikin kerajinan, dan hebatnya lagi kerajinan-kerajinan itu dibuat dari bahan-bahan bekas, alias daur ulang. So, supaya gak menuh-menuhin sampah, dibuatlah barang-barang bekas itu yang bisa disebut "sampah," jadi benda bermanfaat lagi. Nah, apaan tuuuh?


Pertama, tempat pensil dari botol. Namanya botol bekas, gampang banget dapetinnya. Apalagi kalau sering beli air minum kemasan. Daripada dibuang kemasannya dan dipergunakan oleh orang gak bertanggungjawab, semisal dibikin air minum kemasan palsu, mending botolnya dibikin sesuatu yang bermanfaat macam tempat pinsil ini. Tapi klo yang ini botol beling alias botol kaca. Botolnya juga yang gak gampang pecah. Bisa dari botol bekas selai atau madu. 

Tempat pinsil dari limbah botol
Sumber: Nia Restiana
Pembuatannya gampang banget. Cuman dihias pakai cat air, secara temanku itu juga jago ngelukis. Lumayan kan kalo laku dijual bisa jadi masukan tambahan buat belanja bumbu dapur :-).

Kedua, lampu hias dari botol bekas. Lagi-lagi dari botol, tapi jadinya cakeeep banget. Ini penampakannya: 

Lampu Cantik dari limbah botol plastik
Sumber: Nia Restiana 

Ini botol air minum kemasan dari plastik, dipotong di tengah, lalu digunting bagian tengahnya jadi bentuk kupu-kupu. Cakep, kaaaan..... Ini sih lampu meja. Unik banget yah, botol-botol yang gak kepake bisa dibuat benda yang cantik-cantik begitu, kalau kita rajin dan cermat. 

Ketiga, tempat pinsil dari kardus dan kain flanel. Kardusnya bisa didapat dari mana saja, kardus bekas susu formula, misalnya. Aku jadi inget nih kalo dulu sering buang-buang kardus bekas susu formula, padahal banyaaaak banget, karena anak-anak kan minum susunya jagoan. Dulu kepikir juga pengen bikin kerajinan tangan apa gitu, tapi gak jelas mau bikin apa. Klo udah jelas bentuknya gini kan jadi enak. 

Tempat Pinsil dari Kardus dan Kain Flanel
Sumber: Nia Restiana


Intinya, bikin kerajinan tangan itu kudu telaten dan kreatif. Berhubung sahabatku ini memang otaknya muter terus, alias kreatif banget, jadi banyak banget deh hasil kreasinya. Kerajinan dari bahan daur ulang ini ramah lingkungan, gak menuh-menuhin tong sampah. Urusan sampah itu buaku masalah banget, karena tukang sampah datangnya seminggu sekali. Sampah udah menggunung, kardus, botol, dan lain-lain. Ternyata kalau kreatif, bisa juga dibuat kerajinan seperti di atas itu.




6 comments:

  1. Terima kasih udah ikut giveway saya, mbak. Syarat itu hanya untuk mengarahkan saja. Yang paling saya butuhkan adalah pencerahan bahwa kerajinan itu sangat beragam. Yg lampu itu lucu ya :)

    ReplyDelete
  2. jadi pengen nyoba bikin tempat pensilnya :)

    ReplyDelete
  3. kerajinannya bentuknya apa ajj??
    :)

    ReplyDelete
  4. bagus tuh tapi gmn caranya and buatnya

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...