Thursday, May 30, 2013

Ibu Rumah Tangga pun Butuh Komunitas


Tulisan ini diikutsertakan dalam 8 Minggu Ngeblog oleh Anging Mammiri Minggu Kedelapan

Sering sekali kita mendengar ibu rumah tangga yang stress dan depresi, padahal sehari-hari ada di rumah. Kalau dipikir-pikir, di rumah itu kan enak ya? Bisa tidur dan makan sesukanya, tidak ada yang memerintah. Lain kalau bekerja di kantor, terikat peraturan kantor. Makan hanya bisa di jam makan siang. Kerja tidak boleh sambil mengobrol. Belum lagi kalau bos galaknya minta ampun. Tapi kenapa kok malah banyak ibu rumah tangga yang stress, bahkan depresi? Kadang saya juga bingung saat ada teman sesama ibu rumah tangga, yang hidup berkecukupan, suami mapan, anak-anak sehat, tapi kok depresi sampai dirawat di rumah sakit? Ada apa, hayo?


Setelah menjadi ibu rumah tangga, baru deh saya merasakan bahwa pekerjaan itu tidak ringan. Memang sih di rumah saja, tapi capeknya menyamai kuli bangunan. Lah iya, biarpun di rumah, tetap saja mondar-mandir kayak setrikaan. Kadang saya menatap semua pekerjaan rumah tangga dan tak habis pikir. Ternyata mereka punya deadline juga. Lantai harus disapu, kalau gak disapu-sapu ya kotor bukan main. Kasian kan anak-anak main di lantai yang kotor. Cucian piring juga harus dicuci, kalau gak ya numpuk dan gak ada piring lagi untuk dipakai sebagai wadah makan. Baju harus dicuci, dijemur, dan disetrika, kalau gak ya gak ada baju lagi untuk dipakai. Belum kamar mandi, tempat tidur, beres-beres rumah, dan sebagainya. Whoaaa… ternyata 24 jam tak cukup.

Ketika belum punya anak, memang masih nyantai. Saya bisa menghasilkan naskah buku, karena leluasa mengetik. Pekerjaan bisa disetting waktunya, yang penting selesai. Setelah punya anak? Nah ini dia yang bikin semuanya jadi deadline. Bermain dengan anak tidak bisa disambi-sambi. Apalagi kalau masih bayi di bawah setahun. Lengah sedikit, jatuh. Kepalanya terbentur atau tubuhnya memar. Sudah pasti ibunya yang disalahin. Memang sih semua pekerjaan itu bisa beres kalau ada PEMBANTU. Masalahnya, gak semua pembantu bisa bekerjasama dengan majikan, dan gak semua majikan bisa memperoleh jasa pembantu dengan mudah. Contohnya saya. Sulit sekali menemukan orang yang mau bekerja di rumah saya. Lagipula, kalau sudah keasyikan dengan pembantu, begitu mereka gak ada, justru terasa lebih capek saat memulai melakukan semuanya sendirian.

Ruang lingkup pekerjaan yang dibatasi oleh dinding rumah berukuran 90x100 meter persegi itu rupanya juga bikin tersiksa oleh rasa bosan. Letak rumah yang agak terpencil, dengan hanya memiliki satu tetangga yang ada di dekat rumah, membuat saya malas berjalan agak jauh untuk bergaul dengan tetangga. Pada awal punya anak satu dan masih digendong-gendong, saya memang masih suka kumpul-kumpul dengan ibu-ibu tetangga. Setelah anak tiga, kok waktu menjadi sangat terbatas, sehingga gak sempat lagi keluar di sore hari untuk bercengkrama dengan tetangga. Padahal, tak bisa dipungkiri bahwa ibu rumah tangga juga makhluk sosial yang butuh berinteraksi dengan manusia lain. Butuh ngobrol dan curhat, selama masih dalam batasan tidak membuka aib pribadi dan orang lain.Kadang-kadang sih kelepasan juga. Itu yang bikin saya malas bergaul dengan tetangga, khawatir tak bisa menjaga lisan.

Syukurlah, teknologi internet memudahkan persoalan gaul ini. Sambil mengerjakan tugas rumah tangga, saya bergabung dengan komunitas ibu rumah tangga di facebook. Wah, ada ya komunitas ibu rumah tangga? Ada, dong! Komunitas ini bertujuan untuk menyemangati para wanita yang memilih peran sebagai ibu rumah tangga penuh, alias full time mother. Istilah full time mother ini sering menjadi perdebatan, karena part time mother alias working mom tidak setuju kalau disebut “ibu setengah waktu.” Padahal, memang benar, karena mereka tidak sepanjang hari bersama anak-anak. Jadi, ya kita tak perlu terlalu sensi dengan istilah-istilah macam itu.

Ternyata berkumpul dengan ibu-ibu yang senasib sependeritaan memang mengasyikkan. Tema obrolannya nyari sama, tentang anak, pekerjaan rumah tangga, masakan, dan lain sebagainya. Saya bisa melepaskan beban stress setelah mengobrol bersama mereka, meski tak jarang ada konflik-konflik kecil karena perbedaan pendapat. Kami juga mengadakan kopi darat beberapa kali, dan isinya hanya mengobrol dan berkenalan saja. Ada juga ibu yang membawa barang dagangan, khas ibu rumah tangga. Banyak ibu rumah tangga yang mencoba berjualan dari rumah, agar tetap bisa mengawasi anak-anak. Banyak juga ibu yang  penulis, jadi obrolan kami juga diselipi tentang dunia tulis menulis.

Berkumpul dengan komunitas dengan idealisme yang sama, sangat membantu pencapaian diri kita. Selain menghilangkan kejenuhan, saya mendapatkan banyak dampak positif, misalnya jadi bisa lebh pandai memasak karena ada ibu yang jago masak dan berbagi resep masakan. Ilmu mengurus anak pun bertambah, karena kami berbagi mengenai perawatan anak, misalnya saat anak sakit. Ada juga ilmu berkomunikasi dengan suami. Kami bahkan membuat jadwal kuliah agama di hari Jumat, di mana ada anggota grup yang memposting tulisan tentang agama.

Kopi Darat Komunitas Ibu Rumah Tangga
23 oktober 2011

Sayangnya, komunitas ibu rumah tangga itu hanya aktif selama kurang lebih setahun. Semua bermula dari admin yang gaptek, gagap teknologi. Eh, ini sungguhan. Namanya juga ibu rumah tangga, memang sudah lazimnya gaptek. Nah, gara-gara gaptek, si admin tidak bisa menyetting grup menjadi close atau secret, paahal banyak obrolan ibu rumah tangga yang secret. Tiba-tiba ada anggota grup yang berjenis laki-laki, menulis thread di grup itu. Tercenganglah kami. Bagaimana bisa laki-laki masuk ke grup ibu rumah tangga? Saat ditanya, katanya diadd oleh anggota grup. Waduh! Jangan-jangan selama ini siapa saja bisa memasukkan anggota dan tidak ada seleksinya? Admin pun sulit dimintai penjelasan, karena sibuk mengurus anak, tidak bisa online setiap saat.

Admin juga kurang tanggap dengan situasi dan kondisi grup, sehingga tidak tahu kalau ibu bekerja pun masuk ke dalam grup. Ketika admin memposting pendapat-pendapatnya yang bertujuan untuk menguatkan ibu rumah tangga, ibu bekerja pun meradang karena dianggap menyindir mereka. Padahal, ibu bekerja itu yang salah masuk grup. Dan namanya juga ibu-ibu ya, sedikit-sedikit sensi. Wong maksudnya mau menyemangati ibu rumah tangga, ibu bekerja yang protes.Admin pun diprotes habis-habisan, sehingga tak mau lagi mampir ke grup. Bahkan menutup facebooknya selama-lamanya.

Sejak itu, komunitas yang saya cintai pun menjadi sepi. Saya pernah berusaha menghidupkannya kembali dengan memposting tema-tema kerumahtanggaan, lagi-lagi saya mendapatkan bombardir dari ibu bekerja yang tidak puas. Hadoh, susah juga ya kalau begitu. Saya tidak bisa mengendalikan grup karena kuncinya ada di admin. Lah iya, yang bikin grup kan si admin itu. Saya tidak bisa berbuat apa-apa, akhirnya saya tinggalkan juga grup itu, sebuah komunitas yang pernah menyalakan semangat di dada saya untuk menikmati peran sebagai ibu rumah tangga.

Jadi, sebuah komunitas akan bertahan lama dan tetap hangat, manakala pendiri komunitas bisa mengelola komunitasnya dengan baik dan memiliki pendamping yang membantu pekerjaannya. Anggota komunitas juga dapat bekerjasama, bersemangat dalam bekerja di komunitas itu, dan menghilangkan bibit-bibit perpecahan. Bahasa ini tentu berat kalau diterapkan di dalam komunitas ibu rumah tangga. Terakhir, seorang teman membuka komunitas serupa (setelah komunitas yang pertama bubar), tapi hanya bertahan sedikit lebih lama, yaitu dua tahun, dan kini mulai ditinggalkan anggotanya satu per satu. Kuncinya lagi-lagi ada di admin, karena adminnya tidak aktif ya komunitasnya bubar.

Postingan ini disertakan dalam #8MingguNgeblog oleh Anging Mammiri

40 comments:

  1. asyik komentator pertama...
    bagaimana dg BAW mbak? Kisah awalnya bgmn shg skrg bs digandrungi byk orang,pada berebut masuk ke BAW. termasuk sy. Hehehe....
    Mbk Leyla sampe skrg ttp mnjd ibu rumah tangga? Saya salut sama ibu rumah tangga. Justru merekalah yg seharusnya dpt gaji besar jika suaminya mau menggajinya. Saya guru,tp kadang ada keinginan utk mjd ibu rumah tangga tulen.Lbh bs konsen menulis, merawat anak2, bikin masakan2 baru, blogging, dsb. Kangen dg masa2 itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu Rumah tangga bisa juga menghasilkan uang bu. Carany gampang.ibu bisa klik link berikut gratis kok
      bit.ly/peluang_bisnisdigital

      Delete
    2. BISNIS MENGGURITA DARI RUMAH

      Bu...pengen banget punya penghasilan sendiri, betul...?

      Bu...ingin sekali memiliki bisnis bahkan menjadi mompreneur alias emak-emak pengusaha, iya kan...?

      Bu...ngerasa pengen banget bantu perekonomian rumah tangga? pengen ringanin beban suami, bener...?

      Tapi sering terkendala dengan :
      Waktu ngga cukup, karena sibuk urusan rumah tangga
      Ngga leluasa aktifitas luar rumah
      Minim support dari suami dan keluarga karena khawatir tidak terurus
      Keterbatasan modal, sehingga khawatir rugi
      Minim pengalaman
      Tidak ada mentor dan komunitas yang membimbing

      Betul ?

      Bu, di zaman serba digital saat ini, Anda bisa memulai bisnis dari rumah, tanpa harus terkendala hal - hal di atas.

      Yessss, Anda bisa mulai membangun bisnis di internet.

      Dan beruntungnya, Digital Optimization Academy sedang memberikan tutorial bagaimana membangun bisnis di internet melalui video GRATIS di :

      https://digitaloptimizationacademy.com/id/offers?r=5664727012

      Anda bisa KLIK sekarang, tonton videonya, dan mulai mempraktekkan ilmunya.
      KLIK link :

      https://digitaloptimizationacademy.com/id/offers?r=5664727012

      Delete
  2. Kita perempuan memang butuh tempat berkumpul mbak... share... dengan bercerita saja masalah jadi berkurang berkali-kali lipat bebannya. tapi komunitas ada pasang surutnya... bertahan Alhamdulillah, bubar ya sekedar dikenang saja...

    ReplyDelete
  3. coba ada lagi komunitas spt itu ya :)

    ReplyDelete
  4. Senang ya punya komunitas yang bisa saling mengerti dan saling berbagi. Karena pada dasarnya bagaimanapun kondisi kita, pasti membutuhkan teman atau komunitas untuk berbagi. Salut untuk semua Ibu Rumah Tangga di dunia :-)

    ReplyDelete
  5. setju dah.. ibu rumah tangga juga perlu komunitas. kelompok pengajian rutinan juga termasuki :D

    ReplyDelete
  6. Baru tahu kalau ada istilah Part Time Mother. hehe.

    ReplyDelete
  7. PELUANG USAHA
    semoga bermanfaat...

    Miliki sekarang juga DVD Kreasi Usaha yang berisi 400 lebih template untuk stiker label nama anak, disertai juga frame photo, wallpaper, backgroun dan bonus menarik lainnya berupa software2 yang dapat membuat anda sudah dapat membuka usaha mini digital printing dirumah.

    Boleh di coba....peluang usaha yang dapat dikerjakan dari rumah atau darimana saja dan oleh siapapun...

    Yang sedang mencari dan menunggu panggilan kerja........bisa
    Ibu Rumah Tangga ..........bisa.
    Mahasiswa/i.....................bisa
    Anak sekolahan.................bisa
    Pengangguran...................bisa,...bangeet...
    Anggota Karang Taruna......bisa
    Penjaga Warnet..................bisa

    Hanya dengan bermodal dan memaksimalkan manfaat fungsi Komputer/ Laptop dan Printer rumahan ataupun toko atau warnet Anda.

    Proses mudah, semua dipaparkan didalam DVD ini
    pangsa pasar masih sangat luas....bangeet....

    Selebihnya....???
    kemauan,
    kerja keras, dan
    do'a

    Harga istimewa saat ini hanya Rp. 80.000,-/ DVD (sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh Indonesia).
    Ayo pesan sekarang juga.

    Mungkin info ini tidak/ belum bermanfaat untuk Agan dan Aganita (Mas dan Mba), semoga bisa bermanfaat untuk saudara kita yang lain disekitar kita....

    Pelajari lebih lanjut disini Brother Agan...:

    http://rairenzo-corp.blogspot.com/2013/04/blog-post_27.html#more

    ReplyDelete
  8. Cari kaos anak / kaos suvenir / kaos ultah / kaos perpisahan / kaos outing / kaos performance ?
    Klik aja http://ultah-kids.blogspot.com/
    Info & order :
    SMS : 087880741923
    PIN BB 25B1C849
    WA : 0815.185.3258

    ReplyDelete
  9. ♥ -♥-- SPREI ANTI AIR DARI KOREA --♥- ♥

    Sprei terbuat dari kain khusus..
    Tumpahan cairan (ompolan baby, keringat, haid,tumpahan makanan/minuman dll )
    Semua nya akan TERLINDUNGI oleh SPREI ANTI AIR ini.
    Sprei ini LEMBUT, TIDAK PANAS, dan TIDAK TEMBUS ke kasur..

    Cocok untuk :
    - Anak-anak yang suka ngompol
    - Keluarga yg baru memiliki anak
    - Pasangan muda
    - Orang jompo atau orang sakit
    - Memiliki alergi terhadap tungau dan debu
    - Menginginkan kasur selalu tampak baru dan rapi
    - Menginginkan tidur yg nyaman
    - Ingin hemat
    - Malaz menjemur kasur


    ♥ Quality Product ♥ :

    - Teknologi coated layer pada salah satu sisi yang akan menahan cairan tidak tembus.
    - Bahan merupakan campuran kain dan polyester yang bersifat hidrofob (tidak suka air), sehingga selain nyaman, tidak tembus, tumpahan cairan akan menggenang dan mudah dibersihkan.Kualitas bahan dan jahitan memiliki standard export/internasional.
    Bahan Import Korea (High Quality!!!)
    seprei dgn lapisan karet khusus yg nyaman dipakai dan tidak panas.

    Untuk Harga disini adalah yang paling MURAH..
    Coz Kita PRODUKSI SENDIRI ( OWNER )..
    Product yang BERKUALITAS hanya ada DISINI..


    ♥---♥---♥---♥--- RESELLER VERY WELCOME ---♥---♥---♥---♥


    Contact Us :
    ♥ 0896 2597 9825 ♥
    add : ♥ 2ABEEDA4 ♥


    HATI-HATI !!!! dengan PRODUCT DILUAR....PRODUCT YANG ASLI CUMA ADA DISINI..

    https://www.facebook.com/miisu.shoppii/media_set?set=a.112957512133490.19085.100002577262893&type=3

    ReplyDelete
  10. Mau menjalankan bisnis..tapi tidak meninggalkan rumah?? hanya dengan modal kecil dan blackberry serta aktif bisa dapatkan uang jutaan rupiah per hari?? Join MOMENT aja yuk..peluang bisnis yang mudah bisa dilakukan dimana saja tapi dapat penghasilan yang luar biasa..produk MOMENT adalah produk lesehatan dan kecantikan,produk berkualitas premium yang laris manis di indonesia sehingga mudah untuk menjalankan bisnisnya...siapapun bisa dapatkan bonus2 luar biasa dari MOMENT...tunggu apalagi segera join MOMENT..info lebih lanjut bisa hubungi ANGGI 087722002281 pin bb 74eebcec

    ReplyDelete
  11. artikelnya bagus :) kalau berminat les private kunjungi website kami ya di smart sukses

    ReplyDelete
  12. Bagus sist....woro2 GRATISAN carrefour aja sis http://poin-web.co.id/start/tps-usinv

    ReplyDelete
  13. Mendidik generasi cerdas dan kuat
    www.bakatsuper.com
    - Pelatihan Otak super
    - Bela Diri Hybrid
    - Senam Kesehatan

    ReplyDelete
  14. Bener mbak kl ibu RT nggak nambah kesibukan malah bisa stress mbak. dan dari pada ngerasanin orang tambah dosa mungkin penawaran saya bisnis sampingan bisa jadi salah satu solusi dan dapat membantu ekonomi keluarga, ngobrol2 nambah saudara dapt rejeki. Coba deh mampir di www.collacellz.blogspot.com . Salam Bahagia

    ReplyDelete
  15. Aku membutuhkan partisipasi dari bunda-bunda semuanya untuk bantu aku dalam melakukan riset dan pengembangan produk untuk 'masalah pekerjaan rumah tangga'. Mohon luangkan waktu 10 menit saja untuk mengisi online survey dan jangan lupa cantumkan nama, email dan no telp yang dapat dihubungi agar bisa follow up ke bunda mengenai pengembangan produk ini. Jika bunda berkenan, mohon juga untuk bantu sebarkan surveynya ke keluarga dan teman-teman lainnya.

    Link surveynya ada di bawah ini :
    http://goo.gl/forms/Ja1Klx2zGi

    Mohon bantuannya yaa bun..


    Oiya untuk saran, pertanyaan, kritik yang membangun bunda bisa kirim via :
    - Email : ns.nenden@gmail.com atau anzhari.p@gmail.com
    - twitter : @jigoku26 atau @anzhari_p
    - facebook : facebook.com/nenden.ns
    - bbm : nenden (24bf827f) atau anzhari (526E8AC9)

    ReplyDelete
  16. Hy bunda bunda cantik invet pin bbm q yach bun 7d8ad285 buat liatj produk" yg bikin bunda sekeluarga sehaaat

    ReplyDelete
  17. Invite yah bun ..75e41fcd tambah temen

    ReplyDelete
  18. Cari penghasilan tanpa meninggalkan si buah hati?
    Yuk join HWI
    Coma bermodalkan bb n social media bisa dpt 100rb sampai 500rb/hari.
    Invite ya bun 259E1C2D

    ReplyDelete
  19. Mba leyla...bikin grup fulltime mother lg yuuuk

    ReplyDelete
  20. Bunda-bunda yang butuh guru privat buat anaknya segera hubungu aku ya. Wa 085759838761 terimakasih bunda

    ReplyDelete
  21. Bunda-bunda yang butuh guru privat buat anaknya segera hubungu aku ya. Wa 085759838761 terimakasih bunda

    ReplyDelete
  22. Gak perlu pusing dengan urusan membersihkan rumah, dengan HARGA TERJANGKAU, hasil BERKUALITAS dan staff TERPERCAYA. Hubungi KLIK RUMAH RAPI Untuk info WA/Telp 08121985151 website www.klikrumahrapi.com

    ReplyDelete
  23. Mau bisnis modal 168.000 bisa banget punya agya..fb binghoo pin bb 25F4EE8D atau 5F1BC7E4 sms/wa 081803182890..terus yang mau cantik dan langsing buruan pesan gluberry dan greenshake banyak testimoni berhasil juga yang mau punya momongan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami memproduksi segala jenis sabun cair kebersihan,detergent bubuk matic,bubuk busa,dan sabun cream juga sabun batang,bila tertarik bisa di email ke : yusufsahuma@gmail.com

      Delete
    2. Kami memproduksi segala jenis sabun cair kebersihan,detergent bubuk matic,bubuk busa,dan sabun cream juga sabun batang,bila tertarik bisa di email ke : yusufsahuma@gmail.com

      Delete
  24. Promo toyota sienta
    Free asuransi allrisk
    Dp 50 juta
    More info
    Putra toyota
    081283584199

    ReplyDelete
  25. Jum'at Barokan....yuukkkk Silahkan di order cemilan home industri Barokah...

    tersedia berbagai jenis cemilan dan oleh" ...khas dr KOBE kami..

    _comring ubi 250g 12'500
    _comring tomat 250g 12,500
    _kerupuk daun singkong 250g 12,500
    _kerupuk kulit singkong 250g 10000
    _simping kentang 250g 12,500
    _simping jagung 250g 12.500
    _pangsit bayam 250g 12.500
    _pangsit wortel 250g 12,500
    _molen sale 250g 12,500
    _sisda pedas 250g 10000
    _Basreng pedas 250g 10000
    cikruk pedas 250g 10000


    silahkan di order...cemilan murah meriah...

    pengiriman via pos...
    min pmesanan 2pcs
    ditunggu orderan nyaaa......
    chat BBM D423E937

    ReplyDelete
  26. Terimakasih Banyak Mbah Nugroho Atas Bantuannya Sudah Memberikan Angka Goib. Sekarang Saya Bisa Hidup Tenang Tanpa Beban. Berkat Bantuan Mbah Nugroho Memberikan Angka Hasil Ritual Togel Singapura Dengan Angka 4D (7002) SENIN Tgl 06/02/2017 Kini Saya Bisa Mulai Usaha dgn Hasil Kemenangan Senilai 250 Juta. Buat Anda Yang Ingin Seperti saya Hub. Mbah Nugroho Telp O85*342*011*133 Terimakasih Atas Bantuannya MBAH Wassalam.

    ReplyDelete
  27. yang Hobby membuat roti atau kue, tapi susah cari bahannya??
    sekarang sudah ada Toko Online yang membuat segalanya jadi mudah.
    langsung saja ke www.foodbay.co.id
    -FOODBAY-

    ReplyDelete
  28. Hello sis :)
    Perkenalkan kami melaminemall.com Juragannya Peralatan Makan dan Minum sehat buat keluarga sehat.

    Melaminemall.com adalah online shop yang membantu perusahaan kecil, menengah dan besar di Indonesia untuk mempercepat pengadaan perlengkapan / peralatan makan dan minum serta
    perlengkapan kantor. Produk melaminemall.com merupakan produk
    berkualitas ASLI produk buatan Indonesia dan telah tersertifikasi SNI maupun ISO .

    Temukan Peralatan Makan & Minum Murah di MelamineMall.com

    MelamineMall.com memberikan penawaran menarik setiap harinya, seperti diskon, potongan harga melalui eCoupon yang member kumpulkan. Anda dapat belanja Peralatan Makan Minum dengan
    potongan langsung jika Anda terdaftar sebagai nasabah bank yang bekerjasama dengan MelamineMall.com.

    MelamineMall.com mampu menjual Peralatan Makan Minum dengan harga yang murah namun bersaing. Dapatkan daftar dan perbandingan Peralatan Makan Minum termurah dari merek terkenal hanya di MelamineMall.com. Lebih dari 300 produk terbaik dapat Anda pilih di MelamineMall.com.

    Beli Peralatan Makan Minum Terbaru di MelamineMall.com

    Belanja online di MelamineMall.com semakin murah karena menjangkau pengiriman ke lebih dari 100 kota besar di Indonesia.

    Promo MelamineMall.com diadakan setiap hari dengan diskon hingga 50%. Produk Glorimelamine.Com dapat dibeli dengan harga murah namun dengan kualitas yang tidak perlu diragukan.

    Yuk mampir ke MelamineMall.com !

    thank you sis

    ReplyDelete
  29. Hayy buuu. Ngadain arisan aja yuukkk bund

    ReplyDelete
  30. Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh. . .

    Selamat Siang dan Salam Sejahtera,

    Perkenalkan nama saya Siti Najwa, ingin promosikan baju-baju anak kualitas oke dari merk ternama.

    Untuk lebih jelasnya dapat menghubungi saya di 0858 9198 8777 atau 0812 8998 9100.

    Terimakasih ibu-ibu semua..


    Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

    ReplyDelete
  31. Assalamualaikum mbak
    Nih saya mau nawarin kerudung gamis katun jepang sama mukena yg kekinian banget����kali aja ada yg minat
    Bisa lewat line @vuv1039 (pake @ yah)

    ReplyDelete
  32. Selamat pagi, saya sedang menyebarkan survei skripsi mengenai ibuibu pekerja dan usaha mereka dalam menyeimbangkan perannya dirumah dan tempat kerja. mohon bantuannya ya untuk menyebarkan dan mengisi jika sesuai dengan kriteria. hasil survei sangat penting untuk kesejahteraan mental para ibu pekerja. terima kasih :)

    [LUANGKAN 5 MENIT ANDA UNTUK BERBUAT BAIK KEPADA SESAMA DENGAN MENGISI LINK BERIKUT DAN MENANGKAN VOUCHER MAP UNTUK ANDA YANG BERUNTUNG!]

    Kriteria dari responden yang dibutuhkan adalah:
    1. Berjenis kelamin wanita dengan rentang usia 20 - 40 tahun
    2. Bekerja full time (35 jam atau lebih dalam satu minggu) dalam bidang pekerjaan apapun di sebuah institusi (TIDAK HARUS perusahaan)
    3. Sudah menikah
    4. Memiliki anak (dengan jumlah anak bebas dan usia anak MAKSIMAL 14 tahun)
    5. Berdomisili di DKI Jakarta

    Apabila Anda termasuk dalam kriteria berikut, mohon bantuannya untuk mengisi link di bawah ini:
    http://bit.ly/uji-lapangan-AUP

    Untuk 10 orang yang beruntung, Anda dapat memenangkan Voucher MAP yang akan diundi pada akhir bulan April nanti.

    Terima kasih banyak!

    Tertanda,
    Gracia Marindra, mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi UNIKA Atma Jaya, yang sedang menjalankan skripsi.

    Kontribusi Anda sangat penting bagi hasil penelitian terkait kesejahteraan mental dan peningkatan kualitas hidup untuk para pekerja wanita yang masih terus berusaha untuk menyeimbangkan kehidupannya antara keluarga, pekerjaan, dan urusan lainnya.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...