Thursday, May 30, 2013

Marina UV White dengan Ekstra SPF 15, Optimal Melindungi Kulit dari Pengaruh Buruk Sinar UV


Walaupun saya jarang ke luar rumah, saya suka pakai pelembab tubuh dan wajah yang mengandung tabir surya atau Sun Protection Factor (SPF). Saya pilih Marina Hand and Body Lotion dengan SPF 15, karena kandungannya lengkap tapi harga terjangkau. Saya jadi rajin pakai hand and body lotion dengan SPF, sejak pindah ke Citayam, Bogor. Meskipun lokasinya di Kota Hujan, tapi cuacanya puanaaas banget. Baru beberapa minggu saja, kulit saya sudah menghitam. Padahal, tadinya lumayan cerah hehe….Itu membuat saya kehilangan percaya diri. 


Untuk menangkal pengaruh buruk matahari, saya memakai lotion yang mengandung tabir surya. Matahari memang banyak manfaatnya, tapi juga banyak dampak buruknya. Matahari pagi (di bawah jam 9), mengandung vitamin D yang berguna untuk tulang. Bayi-bayi yang baru lahir juga harus dijemur di bawah sinar matahari pagi, untuk membantu pematangan organ hati dan mencegah penyakit kuning. Matahari juga bermanfaat untuk mematikan bakteri-bakteri pathogen, misalnya bakteri yang ada di pakaian. Itu kenapa pakaian harus dijemur di bawah sinar matahari. Bukan hanya supaya kering, tapi juga bakterinya hilang. Matahari diperlukan juga untuk proses fotosintesis tumbuhan. Intinya mah, matahari itu pentiing….

Namun, sinar matahari di atas jam 9 berbahaya bagi kulit manusia, karena mengandung UV A dan UV B. Sinar Ultraviolet atau UV, disebut juga sinar ultraungu, karena warnanya yang ungu. Perbedaan antara UV A dan UV B ditentukan oleh panjang gelombang. UV A, adalah sinar UV yang paling panjang gelombangnya, antara 315-400 nanometer. Otomatis, dampaknya pun lebih buruk, bisa menyebabkan kanker kulit. Sedangkan, UV B memiliki panjang gelombang 280-315 nanometer, dan ini masih berbahaya karena dapat terserap ke dalam kulit. Sinar UV yang relatif aman adalah UV C, yang dapat diminimalisir atau diserap oleh atmosfer bumi. Cara kerja UVA dan UV B ini  yaitu dengan mencuri electron dari pigmen kulit seseorang yang terkena sinar matahari. Berdasarkan penelitian, orang yang memiliki pigmen kulit lebih banyak, akan lebih aman dari dampak sinar UV. Mereka adalah orang yang berkulit gelap dan cokelat. Jadi, yang kulitnya cokelat dan hitam, lebih aman dong? Ya, relatif lebih aman daripada orang yang kulitnya putih. Orang yang berkulit putih akan lebih sensitive terhadap sinar UV. Terpapar sedikit saja, langsung memerah, gatal, bahkan menghitam.

Namun, jangan lupa bahwa sekarang ini kita sedang menuju kepada era Pemanasan Global. Sinar matahari terasa lebih panas dan panjang, dibandingkan puluhan tahun lalu. Di mana-mana, taman-taman dan pepohonan ditebangi, sehingga  udara tidak sejuk lagi. Sulit untuk mencari tempat berlindung dari panas matahari, bahkan di dalam ruangan pun, sinar matahari dapat menembus kaca. Di pedesaan pun, matahari begitu panas menyengat, terutama di areal persawahan. Saat saya pulang kampung ke Garut, Jawa Barat, banyak pekerja tani yang pada kulitnya timbul flek-flek hitam akibat terpapar sinar matahari. Padahal, mereka awalnya juga berkulit cokelat dan hitam.

Efek dari sinar UV, yang paling ringan adalah menghitamkan kulit, menimbulkan bercak-bercak kecokelatan yang tidak rata. Itu yang sering disebut flek-flek hitam atau kulit belang. Biasanya, ada perbedaan warna kulit antara yang terlindung pakaian dan tidak. Efek sinar UV yang paling berat adalah kanker kulit, semacam timbulnya gatal-gatal, perih, nyeri, benjolan-benjolan di kulit, dan tentu saja bisa berakibat kematian. Sinar UV bisa mempercepat penuaan dini, bila tak segera ditangkal. Kulit menjadi cepat keriput, tak heran banyak orang yang terlihat lebih tua daripada usia sebenarnya.

Sinar UV
Gambar dari sini

Beberapa cara untuk menangkal pengaruh buruk sinar UV, diantaranya:

  1. Mengenakan pakaian tertutup, untuk aktivitas di luar rumah yang padat, ada baiknya kita mengenakan pakaian tertutup. Itupun sering kali ada perbedaan warna kulit antara kulit yang terbuka dan tertutup pakaian. Contohnya, bagian wajah saya yang tidak terkena jilbab dengan yang tertutup jilbab, sering mengalami belang, seusai berpanas-panasan. Begitu juga dengan telapak tangan dan kaki.
  2. Mengenakan topi dan kacamata, ini juga bisa dijadikan alternatif solusi.
  3. Memakai payung, saya sering menggunakan payung kalau panas matahari sangat menyengat dan terpaksa harus keluar rumah.
  4. Memakai Lotion Pelembab yang mengandung SPF. Sinar UV masih dapat menembus pakaian, topi, bahkan payung. Saya masih sering merasakan panas menyengat, meskipun sudah mengenakan semua itu saat terpaksa harus berpanas-panasan. Perlindungan terakhir adalah mengenakan lotion pelembab yang mengandung Sun Protection Factor, dengan kandungan SPF 15. SPF adalah satuan tabir surya yang lazim digunakan untuk menunjukkan berapa lama kita bisa terpapar sinar matahari tanpa menjadikan kulit terbakar. Kadar SPF, diantaranya 8, 15, 30, 45, dan 60. Penghitungan SPF disesuaikan dengan dosis minimal timbulnya eritema atau kemerahan. Jadi, semakin tinggi kadar SPF, ada kemungkinan semakin besar terjadi iritasi kulit. Oleh karena itu, pilihlah lotion yang kandungan SPF-nya cukup untuk kulit kita dan tidak menimbulkan iritasi kulit.

Marina UV White dengan extra SPF 15, cocok digunakan setiap hari, sebelum beraktivitas di luar ruangan. Selain mengandung SPF 15, Marina UV White juga mengandung Yogurth yang bermanfaat untuk kecantikan kulit. Ups, Yogurth bukan minuman yang diolah dari susu fermentasi itu? Yup, selain enak dimakan, yogurt juga bagus untuk kecantikan kulit. Yogurth bisa digunakan dari ujung rambut sampai ujung kaki. Kandungan asam laktatnya mampu memperhalus kulit. Kulit yang kering dan kusam, akan menjadi lebih sehat setelah menggunakan yogurth. Di dalam Marina UV White dengan SPF 15, yogurt bekerja bersama dengan Vitamin B sebagai Biowhitening  Complex, mencerahkan kulit sehingga tampak lebih putih merata. Nah, kalau sering terpapar sinar matahari, kulit kita kan belang-belang. Marina UV White meminimalisir potensi risiko kulit belang itu.

Marina UV White dengan Ekstra SPF 15

SPF 15 berfungsi sebagai UV B Protection yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sedangkan PA+ berfungsi sebagai UV A Protection yang membantu menghambat penggelapan kulit. Keduanya ada di dalam Marina UV White dengan SPF 15 sehingga optimal melindungi 94% dari pengaruh buruk sinar UV. Sebagai pelembab tubuh, tentunya Marina UV White dengan SPF 15 juga mengandung Vitamin E dan Moisturizers yang bermanfaat untuk melembabkan kulit agar halus dan lembut, tapi tidak lengket. Marina UV White akan langsung meresap ke dalam kulit seusai digunakan, apalagi kalau langsung dipakai setelah mandi, di saat pori-pori kulit masih terbuka. Harganya juga sangat terjangkau, Rp 8.000 untuk ukuran 200 ml. Mudah didapatkan di toko mana pun, hypermart, supermart, minimart, maupun pasar tradisional. 

Kandungan Marina UV White dengan Ekstra SPF 15

Efek buruk sinar matahari? Gak takut lagi kalau pakai Marina UV White dengan Ekstra SPF 15!

Saya juga pakai Marina UV White dengan Ekstra SPF 15


10 comments:

  1. Pantesan awet cantik...Marina rahasianya ^_^

    ReplyDelete
  2. Wah, kita ram-rame disini ya.. Sukses lombanya Mak....

    ReplyDelete
  3. komplit banget ceritanya :-)
    salam kenal mbak
    di tunggu kunjungan baliknya ke blog aku + komentarnya ya hehehe

    ReplyDelete
  4. semoga lombanya sukses . . . hihihi . . . sepertinya sehabis ini saya akan tertarik memakai make-up

    ReplyDelete
  5. semoga sukses kontesnya mak...btw tinggalnya di citayam? deketan dong kita, sy bojonggede :)

    ReplyDelete
  6. good luck tantee ;)
    aku mau nulis juga, tapi kok hilang mood. hmmm

    ReplyDelete
  7. Ceritanya keren mbak..
    good luck ya.. jangan lupa mampir ke blog cinta..
    hehe

    ReplyDelete
  8. Mba Arin, jiyaaaaah.... jadi malu dibilang awet muda :D

    Mak Sari, ayo rame-rame maak

    Yulianti, sama-sama semoga sukses juga. Insya Allah dikunjungi balik.

    Sinna, hahaha... ini bukan make up. Ini mah perawatan tubuh.

    Mak Sri, aamiin... ayo kopdar Maak


    Syifa, amiin.. makasih ya cantik..

    Luvly, makasih, oke deh

    ReplyDelete
  9. makasih ya dear udah share infonya :)
    yuk rawat terus kulit cantikmu :)


    Marina

    ReplyDelete
  10. Permisi , marinanya bisa buat di muka gk mbq ?

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...