Friday, August 2, 2013

Bahagia dan Sedih Bergantian Datangnya

WOW.. surprised saya melihat jumlah peserta lomba novel Bukune. Seribu orang peserta! Dan akhirnya, naskah saya mental, xixixixi.... Gak masalah sih buat saya. Alhamdulillah, kekalahan ini gak membuat saya down, karena sudah terbiasa kalah. Untuk lomba ini memang gak terlalu berharap. Biasa saja. Yang masuk 20 besar itu rata-rata penulis baru.


Naskahnya tergolong ngebut juga nulisnya, wajar sih belum mateng (emangnya kue). Kekalahan lain, saya gak menang-menang juga ikut ngaBLOGburit di Blogdetik, padahal udah ikut 3x. Saya merasa kayaknya mesti refresh otak, karena di rumah terus, jadi pikiran gak berkembang. Mentok. Buntu. Gak ada ide baru. Makanya udah gak sabar lebaran, pengen jalan-jalan. Siapa tau ntar dapat ide lain. Bingung ya, klo di rumah terus tuh, apaaa yang mau ditulis? Itu-itu aja. Suatu hari nanti, saya mau travelling keliling dunia, biar banyak hal yang bisa saya tuliskan.

Kan bisa googling? Hmm.. tetap saja kaku kalo cuman googling. Tapiiiii... alhamdulillah, hari ini dapat dua kebahagiaan. Satu naskah novel diacc, meskipun dengan revisi. Lalu, ada kiriman surat laporan royalti. Pas banget datangnya mau lebaran. Buku TAARUF penyumbang royalti terbanyak. Lumayan buat THR, secara si BOS belum juga ngasih jatah THR saya (dikantongi sendiri).

Eh, kok saya bisa kalah ya dalam lomba novel? Itu menunjukkan bahwa saya masih harus banyak belajar menulis, meskipun sudah banyak novel yang diterbitkan. Kekalahan ini mengajarkan saya untuk terus menunduk ke bawah, bahwa saya belum apa-apa. Ada banyak yang lebih baik dari saya. Saya bersyukur diberikan kekalahan-kekalahan, coba kalau menang terus, pasti saya sudah takabur. Merasa sudah jago.

Saya senang berkompetisi, biarpun dalam even-even kecil. Dari situ saya belajar untuk terus memperbaiki tulisan dan rendah hati. Pengennya sih nulis lagi buat lomba, tapiii... revisi dua novel menunggu, hiks....

17 comments:

  1. seringkali kita bs dpt byk elajaran dr kekalahan, ya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak,, banyak pelajaran yg didapat :-)

      Delete
  2. Dukung Mbak buat keliling dunia. Ayo let's go traveling. Membuka hati membuka fikiran dan membuka wawasan. Tentu saja itu bisa menyebabkan membuka dompet lebih dalam lagi hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... klo bisa travelingnya gratis dari hadiah lomba :D

      Delete
  3. yang penting sudah berani mencoba ya mbak

    ReplyDelete
  4. gleg
    **mandangin naskah, ditimang2

    ternyataaa susyeh juga ya? saya baru nyadar kalau sesusah itu. kalau mbak gak masuk, gimana saya yang nulisnya males2an >.<

    ReplyDelete
  5. Memang hidup itu nano-nano~

    Wiii alhamdulillah mbak...

    ReplyDelete
  6. Keliling dunia dari royalti buku mbak ley, moga sukses revisi bukunya ^_^

    ReplyDelete
  7. Ah..kalau kalah sih sering pake banget Mbak
    Hahaha
    Selamat ya Mbak, unuk THR-nya *eh :)

    ReplyDelete
  8. Menerima kekalahan dengan lapang itu pun sebuah kesuksesan menurut saya mbak Leyla.

    Iya link di gambar itu dari scriptnya. Link yang di atas (tulisan) yang diklik mbak. Ini dia:

    http://emmakim28.blogspot.com/2013/07/psychology-giveaway-dl-30-sept13.html

    Ternyata penyelenggaranya BaWer ya. Saya baru tahu.

    ReplyDelete
  9. Ngablogburit gak ikut mak, waktunya gak bisa manage, gelagepan kalau yg spt itu. Novel kalah kan bukan berarti gak bagus mak, tp gak satu selera aja sama jurinya hehehee... Selamat royaltinya. Kapan aku dapat royalti ya?

    ReplyDelete
  10. tetap semangat, bun. kirim ke penerbit lain aja kalo belum nemu jodohnya. semoga dimudahkan. aamiin

    ReplyDelete
  11. Samaaa hihi...ayo kita cari jodohnyaa :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...