Sunday, September 8, 2013

Verifikasi Kata Hilang, Spammer Pun Datang

Sekitar dua minggu lalu, ada pengguna domain.com yang mengeluh karena tidak bisa meninggalkan komentar di postingan saya. Memang kolom komentar saya setting hanya untuk pengguna akun google.com dan harus melewati verifikasi kata pula. Masalahnya, dulu banget, blog ini pernah diserang oleh robot spam. Sebel kan bacain komennya di imel yang bertubi-tubi, apalagi dulu masih pake hape android sehingga bisa nerima imel di hape. Hape bunyi terus, tapi isinya komentar spam dari blog. 


Setelah dipikir-pikir, kayaknya spammer udah kapok, gak muncul lagi. Jadilah saya bikin kolom komentar tanpa moderasi dan verifikasi kata, juga bisa dikomen oleh siapa saja, termasuk pengguna akun domain.com dan anonim. Eh, baru juga dua minggu, blog ini kembali diserang spammer. Ini salah satunya:


Mengganggu banget, deh, soalnya dia komen di banyak postingan dan isinya sama. Mana pula isinya nyuruh kita main togel >.< Aduuuh.... ogah banget yaaa, Pak Rustaaan.... Terpaksa mulai hari ini, harus pakai verifikasi kata lagi. Maaf ya kalau merepotkan teman-teman yang mau komen. 

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. yup yang kayak gtu emng harus di hapus aja kak >,< gk guna :p

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...