Saturday, March 29, 2014

Hi Nyah! Surat dari Sesama (Mantan) Editor

Pakai Pashmina dari Nyonyah Besar

Hi, Nyah! Haaseeek… akhirnya daku ikutan giveawaynya lagi. Pertama kali kenal di Nyonyah Besar ini, daku langsung dapat kado pasmina dan bros cantik, lho! Ini ada foto daku yang lagi pakai pasmina plus brosnya. Kejadiannya waktu itu daku lagi iseng di twitter, biasa deh mantengin cuitan yang wara-wiri. Trus, tiba-tiba dari TL Emak-Emak Blogger muncul retweetan dari twitter @edapoenya yang bilang gini, “cuman nulis I’m in bisa dapat hadiah!” wuiih.. penasaran, dong…. Langsung deh daku buka linknya. Ternyata, lima komentar pertama dapat hadiah, dan komentarnya cuman I’m in! Halaah, ini namanya rejeki nomplok, karena daku masuk komentar ketiga (kalo gak salah). Gak berapa lama, daku dapat deh kiriman hadiah ituh.


Eh, sekarang ada giveaway lagi dari si Nyonyah. Kira-kira daku bakal dapat hadiahnya lagi gak yah? Hahaha… maruk. Namanya juga emak-emak, selalu kalap kalau lihat hadiah. Tapi sebenarnya sih daku ikut giveaway ini biar sekalian ngucapin terima kasih atas hadiah itu. Apalagi si Nyonyah kayaknya ramah banget. Laaah… kok “kayaknya”? Ya iya, soalnya daku baru kenal setelah dikasih hadiah itu. Baru deh daku ubek-ubek blognya, biar sekalian ikutan giveaway yang ini juga *modus. Akhirnya ketemu juga sama postingan yang judulnya ini, “Curhatan (Mantan) Editor Galau—Menguasai Bahasa Menulis.” Daku pilih membahas postingan yang ini, soalnya daku juga (mantan) editor, sekaligus penulis.

Sebagai mantan editor, daku merasakan benar suka duka menjadi editor, terutama kalau menemukan naskah yang amburadul. Daku pernah menemukan naskah yang luar biasa kacau, tapi karena ceritanya lucu dan menarik hati si bos penerbitan, terpaksa deh daku permak habis-habisan itu naskah. Si penulis memang benar-benar masih sangat pemula dan baru belajar menulis. Syukur aja ide dan ceritanya cakep, jadi lolos terbit tuh meskipun editornya kerja keras.

Perlu gak sih penulis belajar mengedit tulisannya sendiri? Perlu bangeeeet! Jangan males deh belajar editing. Bukan sekali dua kali aja daku membaca novel yang editannya parah, terutama dalam hal typo dan EYD. Penyebabnya ada tiga: penulis yang masih belum pinter EYD, editor yang males atau sibuk banyak deadline, atau karena gak ada proofreader (editor kedua yang meneliti kesalahan-kesalahan typo). Seorang teman penulis, pernah dihina-hina novelnya di sebuah review gara-gara editannya! Penulis itu emang mengakui kalau dia gak jago ngedit. Nulis sih  nulis aja. Ngedit kan urusan editor, begitu kata dia. Hasilnya? Ya, penulis juga yang dicaci maki pembaca. Apesnya, editor juga kebagian, wakakaka….

Kalau udah tau gitu, mendingan kita (yang ngakunya penulis) juga belajar ngedit biar karya kita gak jelek-jelek banget pas dilempar ke penerbit. Belum tentu kan kita dapat editor yang teliti banget atau gak lagi sibuk sehingga fokus mengolah naskah kita? Siapa tau dapet editor yang sibuk, jadi naskah kita diedit semampunya.  Selebihnya, baca dah tulisan di Nyonyah di atas itu biar kamu makin sadar.

Buat Nyonyah, semoga di usia blognya yang ketiga ini, semakin lancar ngeblog, tulisannya juga makin caem dan mengundang pembaca banyak. Kalau diliat dari komentar-komentar yang masuk sih, sepertinya Nyonyah ini seleb blog, bejibun gitu komentarnya. Bangga juga nih bisa kenalan sama seleb blog *modus. Happy Birthday, blog Nyonya Besar. Wish u all the best :* 










7 comments:

  1. Rejeki mah nggak kemana ya Mbak, cuma twitteran, eh...dapat jilbab sama bros cantik :)

    Semoga sukses GA nya Mbak Leyla :)

    ReplyDelete
  2. aku belum kenalan nih pingin ikutan GAnya juga :)

    ReplyDelete
  3. ya emang kerjaan editor juga begitu mbak. meriksaain editor kata temen saya = tukang edit.

    ReplyDelete
  4. hallo mbaa.. nyonya besar datang *dadah dadah ala miss universe*
    makasih sudah berpartisipasi ;)

    ReplyDelete
  5. Wahh...belom sempat ikutan GA ini. Smg menang GA nya ya mak:)

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum dan salam perkenalan ibu leyla, bila ada waktu saya tunggu kunjungan baliknya, saya punya banyak produk cd interaktif dan vcd pembelajaran untuk anak2, barangkali ibu mempunyai anak, keponakan atau adik yang masih kecil, cd vcd ini sangat bagus sekali untuk mendidik dan membangun karakter serta moral anak sejak dini. atas perhatian nya saya ucapkan terima kasih dan tdk lupa ditunggu kunjungannya ^_^

    ReplyDelete
  7. Tulisan yang dibahas Mba Leyla di marih juga menyita perhatian sayah banget, jadi tahu sudut pandang tulis-menulis buku dari sisi editor.
    Sukses ya Mba GAnya.. :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...