Tuesday, May 27, 2014

Inggris, Surganya Penulis Legendaris


Nonton Harry Potter sambil meringis
Kadang-kadang sampai menangis
Kenapa saya harus pergi ke Inggris?
Gak lain dan gak bukan supaya bisa nulis
Novel bersetting Inggris yang legendaris


HAH? Mimpi kali ye bisa nulis novel setting Inggris yang legendaris. Sumpah, saya belom pernah jalan-jalan ke luar negeri, apalagi sampe ke Inggris. Kan ada yang bilang, jalan-jalanlan sampe ke Inggris. Eh, yang bener sih, Tuntutlah ilmu sampe ke negeri Cina. Namanya juga penulis, boleh deh mlesetin dikit. Intinya, bagi seorang penulis, jalan-jalan itu penting untuk menambah wawasan. Terutama bagi penulis novel seperti Nyonyah JK. Rowling, tentu kita butuh setting-setting yang memikat dong. Walopun Harry Potter settingnya di negeri khayalan, tetep aje properti filmnya itu khas Inggris. Selain Harry Potter, Inggris adalah surganya tokoh-tokoh legendaries yang diangkat dari novel:

1. Sherlock Holmes: detektif pintar rekaan Sir Arthur Conan Doyle ini adalah salah satu tokoh novel legendaries yang kisah-kisahnya juga sudah difilmkan. Doi emang detektif plus-plus, karena memiliki ketajaman penalaran logis, kemampuan menyamar, dan jago menggunakan ilmu forensik untuk memecahkan berbagai kasus. Gak heran sih, lah itu si Conan Doylenya juga dokter. Walaupun kisah Holmes sudah muncul sejak tahun 1887, sampe sekarang itu novel dan filmnya masih dapat dinikmati oleh siapa saja, saking cakepnya. Si Holmes ini tentu saja asli Inggris, karena doi menyewa tempat praktik di sekitaran London.

2. Harry Potter: nah, yang ini kamu pasti kenal banget kan. Tokoh penyihir popular karangan JK. Rowling. Si cowok abege berkacamata yang jago nyihir dan sering dapat gangguan dari penyihir lain. Imajinasi JK. Rowling memang luar biasa. Ngiri deh sama dia, tapi ngiri aja gak cukup. Saya harus bisa nulis novel yang melebih karyanya. Beuuh.. pede amiir.

Harry Potter
Harry Potter

3. James Bond 007: hoho.. siapa yang gak kenal tokoh intelijen Inggris ini? Kalau gak pernah baca novelnya, pasti pernah nonton filmnya, kan? Tokoh legendaries yang diangkat dari novel karya Ian Flemming ini terkenal flamboyan, playboy, tapi jago mengalahkan musuh-musuhnya. Karakter Bond yang kuat, sukses mengangkat novel dan filmnya hingga sulit dilupakan oleh penduduk dunia. Lah iya, memang kisahnya sudah mendunia. Hadooh.. penulis Inggris emang jago bikin kisah yang dikenang sepanjang masa.

Karikatur James Bond 007
Karikatur James Bond 007

Trus, di mana aja sih tempat-tempat yang memikat di Inggris yang bisa kita jadiin tempat mengkhayal dan pastinya nanti bakal jadi novel yang legendaries? (aamiin... aamiin aamiiin.)

Ada tujuh ikon Inggris yang pingin saya datengin (dan barangkali bisa jadi setting novel-novel saya berikutnya):

BIG BEN
Nama sebuah menara jam di gedung parlemen, Westminster London Raya. Tingginya mencapai 96,3 meter, bergaya gothic Victoria. Jadi berasa kembali ke zaman Victorian, yak. Pasti cakep banget nih kalau tokoh-tokoh novel yang nanti saya tulis, ketemuan di depan menara jam ini.

Menara Jam Big Ben
Menara Jam Big Ben

BUCKINGHAM PALACE
Huaaaah siapa yang gak mau ke istana Buckingham? Ini tempat bener-bener deh bikin imajinasi terbang. Ini kediaman resmi Ratu Inggris. Sudah tentu, Kate dan William juga menempati salah satu flat di sono. Di tempat ini juga diadakan acara-acara kerajaan. Ruangan-ruangan di dalamnya, aje gile, mirip di film-film kerajaan. Dan tentu aja tentara penjaganya itu yang pake baju merah dan topi tinggi.

WESTMINSTER ABBEY
Ini adalah bangunan bersejarah yang menjadi salah satu World Heritages Sites UNESCO. Di sini ada banyak makam orang-orang terkenal, eit tapi jangan salah.. di tempat ini juga William dan Kate menikah!

Gereja Westminster Abbey
Gereja Westminster Abbey

TRAFALGARE SQUARE
Sebuah alun-alun di bagian tengah London untuk mengenang pertempuran Trafalgar. Di tengahnya ada monument yang memuat patung Laksamana Horatio Nelson, pahlawan dan pimpinan AL Inggris yang terbunuh dalam pertempuran itu.

LONDON EYE
Ini jadi ngingetin sama salah satu film James Bond yang berjudul Golden Eye. Ini adalah sebuah roda pengamatan terbesar di dunia, dengan tinggi 135 meter! Roda-rodanya itu berbentuk kapsul yang bisa dinaiki orang, lho! Berputar di seputar sungai Thames, London, dan Britania Raya, luar biasa menakjubkan!

London Eye
London Eye

BEATLES MUSEUM
Siapa yang gak kenal The Beatles, band legendaries asal Inggris. Walaupun saya bukan penggemarnya, boleh juga jalan-jalan ke museumnya untuk mengenal sejarahnya lebih dekat. Tak kenal maka tak sayang, kan? Siapa tau dari mempelajari sejarahnya, saya jadi suka hehehe.

KINGS CROSS STATION
Ini sebenarnya stasiun kereta biasa, tapi menjadi luar biasa karena ada platform 9 3/4 yang menjadi pintu masuk Harry Potter ke Hogwart. Tentu saja aslinya sih gak bisa ditembusi. Hanya untuk menimbulkan daya tarik bagi pengunjung, seakan-akan Hogwart itu ada.

Platfrom 9 1/2 pintu masuk ke Hogwart
Platfrom 9 3/4 pintu masuk ke Hogwart

Woooow! Tempat-tempat itu menarik banget ya. Baru liat fotonya aja udah bikin ngences. Apa bisa nih penulis dengan kantong pas-pasan kayak saya gini, pelesiran ke Inggris?

Penulis narsis pengin ke Inggris
Nyemil Mr. Potato Chips yang kriyes-kriyes
Plis dong kabulin harapan aye ke Inggris
Demi setting romantis yang legendaris.

OMG! Mister Potato lagi bikin kontes blog berhadiah tur tujuh hari ke tujuh tempat yang saya sebutin di atas! Kudu ikutan, nih. Makanya saya bikin tulisan ini, plus beraniin selfie sama cemilan yang mantep ini. Yuk, ke Inggris gratis bersama Mister Potato Chips!



Yuk, ngemil Mister Potato
Yuk, ngemil Mister Potato


Ehm... enak juga....
Ehm... enak juga....


Enak bangeeeet
Enak bangeeeet

3 comments:

  1. moga bisa sampai inggris ya mbk,pokoknya oleh2....hahahaha

    ReplyDelete
  2. hehehhee ngemilnya aseeek mak,,, sambil keliling dunia ke Inggris, mau juga dong :D

    ReplyDelete
  3. Mbak Ela, pinter banget ngarang pantun, jadinya cakep gitu
    Gutlak ya mbak

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...