Monday, June 30, 2014

Perjalanan Itu Bermula Darimu

Pantai Sayang Heulang

Pagi adalah awal kehidupan. Sebagian besar aktivitas manusia dimulai ketika cahaya matahari membias di ufuk cakrawala. Tuhan telah menisbatkan dalam firman-Nya, bahwa siang adalah waktunya bekerja dan malam untuk beristirahat. Tapi tidak demikian bagi makhluk nocturnal, yang memulai pekerjaannya di malam hari dan menutup matanya di siang hari seperti kelelawar dan burung hantu. Bagaimana denganmu? Kudengar suara gemuruh ombakmu terus-menerus mengisi gendang telingaku, meskipun gelap telah menutup malam.

Sunday, June 29, 2014

Kasus Tawuran Remaja dalam Novel Aku, Juliet

Sumber

Ide menulis bisa didapatkan dari mana saja, termasuk dari berita televisi. Novel Aku, Juliet—novel terbaru saya yang diterbitkan oleh Penerbit Moka—ini juga idenya dari berita televisi. Jadi, tahun lalu ada kasus tawuran antara anak SMA yang bersebelahan dan menyebabkan satu orang meninggal dunia. Beritanya heboh banget, sampai-sampai kedua sekolah yang berseteru itu harus mengadakan perjanjian damai yang disaksikan oleh Dinas Pendidikan DKI.

Saturday, June 28, 2014

Marhaban Ya Ramadhan: Selamat Datang Bulan Penuh Berkah

Gambar dari sini
Alhamdulillah, insya Allah besok kita mulai puasa Ramadan. Semoga Allah Swt menyampaikan umur kita untuk beribadah di bulan ini. Bulan puasa bukan berarti aktivitas dihentikan, justru harus makin banyak aktivitasnya biar gak kerasa lagi puasa hehehe.... Semoga saya bisa mewujudkan resolusi ramadan tahun ini untuk lebih banyak interaksi dengan Al Quran serta ibadah-ibadah sunah lainnya. Sebuah tantangan yang masih menantang sejak punya anak-anak dan sering gerecokin pas ibunya sedang salat atau ngaji.

Friday, June 27, 2014

Swing Voter: Pemilih Rasional?

Swing voter? Apa itu? Terjemahannya, pemilih terbang haha... betul, gak? Pilpres 2014 ini cukup membingungkan buat saya. Pilpres lima tahun yang lalu, saya mantap memiliki Jusuf Kalla sebagai Capres, walaupun partai yang saya ikuti menginstruksikan untuk memilih SBY. Nah, lho! Gak ikut perintah pimpinan dong? Lah, lima tahun sebelumnya, saya udah pilih SBY dengan harapan tinggi, tapi menurut saya untuk lima tahun berikutnya, saya harus ganti pilihan, yaitu ke Pak JK. Bagaimana dengan tahun ini? Kan ada Pak JK juga di Capres No. 2.

Thursday, June 26, 2014

Apa Buku Mbak yang Bestseller?


Gimana perasaanmu kalau kamu seorang penulis buku yang sedang mengadakan talkshow kepenulisan, lalu MC atau moderator menanyakan hal tersebut kepadamu? Ternyata bukan hanya saya yang mengalaminya. Seorang teman pernah juga ditanyai hal serupa. Dia tidak langsung menjawab karena sepengetahuannya, belum ada satu pun bukunya yang mencapai bestseller. Saya juga diam sejenak, karena saya bingung mau menjawabnya. Bukan berarti buku saya gak ada yang bestseller. Dulu pernah ada novel pertama saya, “Oke, Kita Bersaing” terjual di atas 10 ribu eksemplar. Mestinya sih itu sudah masuk bestseller, tapi saya gak yakin semua orang tahu judul buku tersebut. Gak seperti novel “Ayat-Ayat Cinta,” misalnya.

Monday, June 23, 2014

Dilema Pulsa Internet

Gak internetan, jadi bisa baca banyak buku :D

Hah? Tiba-tiba saya kaget membaca sms dari operator seluler yang saya pakai, memberitahukan kalau kuota internet sudah hampir habis dan harus isi ulang. Yang bener aja dong? Kan ngisinya baru sepuluh hari yang lalu. Berlangganan paket internet selama sebulan sebanyak tiga giga, masa udah habis?! Dulu pernah juga kejadian begitu, pas saya komplain, ternyata ada kesalahan di sistem mereka dan internet saya pun berfungsi kembali. Yang enak sih pas kesalahan itu menguntungkan saya, yaitu kuota internet gak habis-habis walaupun sudah lewat sebulan hehehe….. Sayangnya, untuk kali ini, saya yang dirugikan huhu… Biarpun udah dikomplain, tetep aja emang kenyataannya udah habis tuh paket sebulan.

Wednesday, June 18, 2014

Rahasia Penulisan dan Penerbitan Novel Aku, Juliet


Masih dalam rangka promosi novel “Aku, Juliet” yang baru saja edar di toko buku. Menulis novel—apalagi menerbitkannya—bukan pekerjaan sehari dua hari. Makanya saya agak tersengat juga pas baca status seorang “teman” yang malas membeli buku seorang penulis yang adalah juga temannya. Ditambah lagi, temannya itu juga hobi ngeblog. Jadi, daripada membeli buku temannya itu, mending baca blognya aja. Walaupun saya gak tau siapa teman yang dimaksudkannya itu, tapi sejak dulu saya memang gak mengandalkan teman-teman untuk membeli buku saya. Soalnya, pengalaman membuktikan, teman-teman memang biasanya minta gratisan, wkwkwk….

Wednesday, June 11, 2014

Kenapa Penulis Harus Mempromosikan Bukunya?


Gambar dari sini
Kemarin saya baru dapat informasi dari seorang editor mengenai waktu tayang sebuah buku di toko buku. Ternyata, sebuah buku baru hanya mendapatkan waktu SATU bulan untuk dipajang di meja depan dalam posisi buku terlihat semuanya. Di bulan kedua, buku sudah dipindahkan ke lemari bagian tengah atau atas, dengan posisi terlihat depan atau menyamping. Di bulan ketiga, buku pindah tempat lagi ke lemari bawah, yang barangkali hanya orang yang sedang iseng berjongkok saja yang bisa melihatnya. Di bulan keempat, buku sudah kembali ke gudang.

Tuesday, June 10, 2014

Pentingnya Menunjukkan Prestasi

Sumber gambar di sini

Pasti banyak yang menonton acara debat capres semalam? Saya juga. Alasannya sederhana. Bukan ingin melihat kekurangan pasangan lawan, lalu memperdebatkannya di sosmed. Saya ingin memastikan capres mana yang akan saya pilih besok. Lho? Belum punya  pilihan? Ya, belum. Keduanya bukan capres idaman saya, jadi milihnya benar-benar harus berdasarkan pertimbangan matang. Kampanye-kampanye hitam di seputar kedua capres itu bikin saya ilfil. Memang, kampanye hitam itu belum tentu benar, tapi ada kemungkinan benar juga lho. Contohnya gossip-gosip artis si ini selingkuh, si itu nikah siri, dan sebagainya, yang dibantah oleh artis tersebut, belakangan banyak yang terbukti benar.

Monday, June 9, 2014

Momen-Momen Spesial dari Ngeblog

7 Desember 2012, Menang Lomba Blog
"Lawan Korupsi, Siapa Takut?"

Sebagai ibu dari tiga anak balita, masih bisa menulis saja saya sudah bersyukur. Dulu ketika baru pertama buka facebook, saya sempat terbawa arus juga. Kebanyakan ngobrol di facebook, bahkan sering debat komen dan ujung-ujungnya bertengkar dengan teman facebook yang mestinya bisa menjadi teman dekat. Sebenarnya, setelah membuka facebook, saya lumayan produktif juga menerbitkan buku. Tapi, rupanya masih lebih banyak waktu luang yang tersisa. Biasanya, saya facebookan dan ngetik disambi ngurus anak. Anak-anak, saya taruh di sebelah saya ditemani banyak cemilan, jadi mereka sibuk ngemil deh hehehe.... 

Sunday, June 8, 2014

Serunya Sharing Novel Perjanjian yang Kuat di Gramedia Pejaten Village

Leyla Hana, Eni Martini, Annisah Rasbell, Riawani Elyta,
dan Anik Nuraeni
Hari ini acara sharing novel Perjanjian yang Kuat dan Rainbow di Pejaten Village, seru banget. Beberapa teman dari komunitas BAW juga hadir untuk memeriahkan. Yang heboh adalah kedatangan Mbak Riawani Elyta dari Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, dan Mbak Annisah Rasbell dari Doha, Qatar! Yah, tentu aja mereka datang bukan semata pengin lihat sharing novelnya, melainkan memang kebetulan sedang berada di Jakarta, hehehe.... Apa pun, kebetulan hari ini sungguh menyenangkan.

Friday, June 6, 2014

Jangan Terlalu Baik kepada Orang Lain, Nanti Dimanfaatkan Lho!

Sumber gambar di sini

Itu adalah bunyi status seorang teman yang muncul di twitter saya. Hmm... saya senyum-senyum sendiri. Saya juga pernah berpikir begitu. Menjadi orang baik belum tentu akan disayangi banyak orang. Lebih seringnya yang terjadi adalah “air susu dibalas dengan air tuba.” Sudah dibaikin eh malah dikhianatin. Pikiran itu membuat saya jadi pilih-pilih untuk berbuat baik. Tapi pada akhirnya saya menyadari bahwa hal itu salah.

Thursday, June 5, 2014

Novel Aku, Juliet Siap Edar!

foto punya Mba Sasa-Editor
Alhamdulillah, kemarin dikabarkan oleh editor saya di Penerbit Moka, kalau novel "Aku, Juliet" (novel remaja) sudah selesai cetak dan siap edar. Berdebar-debar menunggu terbitnya. Insya Allah, kapan-kapan saya ceritakan proses penulisan dan penerbitannya. Oh ya, saya tahu nih ada beberapa teman dari organisasi penulis yang dulu pernah saya ikuti, memprotes kover novel ini yang katanya tidak sesuai dengan gaya saya selama ini. Semoga saya ada kesempatan untuk cerita soal itu juga, tapi kover ini mutlak keputusan penerbit.

Tuesday, June 3, 2014

Ralat Acara Sharing Novel Perjanjian yang Kuat di Gramedia Pejaten Village

Assalamu'alaikum, temans...

Insya Allah, hari Sabtu besok, 7 Juni 2014, saya ada acara sharing novel Perjanjian yang Kuat dan Rainbow, keduanya terbitan Elex Media. Sebelumnya, saya sudah menginformasikan acara ini, ternyata jadwalnya berubah. Tadinya jam satu siang, dimajukan menjadi jam setengah sebelas (10.30 WIB). Alhamdulillah, artinya saya bisa punya waktu lebih untuk bincang-bincang dengan teman-teman penulis di luar jadwal talkshow hehehe.... 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...