Saturday, June 28, 2014

Marhaban Ya Ramadhan: Selamat Datang Bulan Penuh Berkah

Gambar dari sini
Alhamdulillah, insya Allah besok kita mulai puasa Ramadan. Semoga Allah Swt menyampaikan umur kita untuk beribadah di bulan ini. Bulan puasa bukan berarti aktivitas dihentikan, justru harus makin banyak aktivitasnya biar gak kerasa lagi puasa hehehe.... Semoga saya bisa mewujudkan resolusi ramadan tahun ini untuk lebih banyak interaksi dengan Al Quran serta ibadah-ibadah sunah lainnya. Sebuah tantangan yang masih menantang sejak punya anak-anak dan sering gerecokin pas ibunya sedang salat atau ngaji.


Bulan ramadan ini juga spesial, karena dua buku antologi saya terbit berbarengan. Padahal sih gak janjian, lho. Yang satu "Serunya Puasa Ramadan di Luar Negeri (SPRLN)" diterbitkan oleh Qibla, Penerbit BIP dan satunya lagi "Once More Ramadan (OMR)" diterbitkan oleh Penerbit Grasindo. SPRLN ngumpulin naskahnya udah lamaaaa banget, sampe lupa kapannya, tapi jodohnya baru terbit tahun lagi. Kalau OMR itu pesanan penerbit, jadi langsung terbit hehehe....

Keduanya bercerita tentang pengalaman beribadah puasa ramadan dari masing-masing penulis. Kalau SPRLN itu nyeritain pengalaman puasa di luar negeri. Saya hanya menyusun cerita-ceritanya saja lho. Sewaktu membaca semua ceritanya, saya sendiri sampai ter-wow, wow. Masya Allah... luar biasa deh cerita-ceritanya. Ada yang berpuasa di Taiwan, Hongkong, dan Singapura sebagai Buruh Migran Indonesia. Bayangin perjuangannya. Selain harus berpuasa di negeri minoritas muslim di mana gak ada azan magrib dan penghuni rumah lainnya gak berpuasa, juga harus tetap bekerja dengan jam kerja yang sama seperti hari-hari biasa. 

Dan juga cerita puasa ramadan di negara-negara Arab (Mesir, Oman, dsb), yang menarik banget, bikin pengetahuan kita makin terbuka. Misalnya aja nih, ternyata anak-anak Arab itu belum boleh masuk masjid kalau umurnya masih di bawah tujuh tahun. Trus, mereka juga tidak harus ikut berpuasa. Kalo orang Indonesia kan anak-anak juga udah diajarin puasa ya. Namanya juga di negara mayoritas muslim, bulan ramadan itu meriah sekali dengan hiasan-hiasan seperti karnaval.  Banyak lagi deh cerita dari negara lain yang gak kalah menarik. Untuk para penulisnya belum menuliskan cerita tersebut di blog, hehe.... 

Nah, kalo OMR ini menceritakan tentang pengalaman syahdu, lucu, seru, penuh hikmah selama menjalankan ibadah puasa ramadan. Saya hanya sebagai salah satu penulis lho, bukan penyusun. Yang punya link ke penerbitnya nih, Mba Adya Tuti Pramudita. Intinya, insya Allah semua kisah ini layak dibaca pas bulan ramadan atau sesudahnya, terutama untuk ngisi waktu sebelum berbuka. Semoga sudah tersedia di tokoh-toko buku yaaa..... 






























3 comments:

  1. berkah ramadhan ya, bun. bukunya berojol satu2 :D maaf lahir batin, bun

    ReplyDelete
  2. نهنئكم بقدوم شهر رمضان المبارك

    ReplyDelete
  3. Ramadhan selalu pernuh berkah ya mbak

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...