Saturday, February 28, 2015

Blog Buku Bikin Baca Buku Makin Seru

Buku koleksi pribadi yang sudah laku dijual :D
Ada penulis yang nggak suka baca buku? Wuih, kebangetan! *bukanmaksudmenyindirlho*. Saya suka membaca buku, tapi masalahnya saya ini suka pilih-pilih baca buku. Dulu, saya pernah menang lomba menulis novel yang salah satu hadiahnya adalah mendapatkan buku senilai Rp 3 juta! Sebanyak apa bukunya? Banyak bangeeeet! Sayang, buku-bukunya jenis buku nonfiksi yang mana saat itu saya malas membaca buku nonfiksi kecuali buku-buku kuliah hehehe.... Ada juga buku fiksinya, tapi bisa dihitung jari. Alhasil, buku-buku nonfiksinya hanya teronggok di lemari buku. Ada yang saya bagi-bagikan juga ke orang-orang. 


Baru dua tahun terakhir, saya membuka blog buku untuk menampung review buku yang sudah saya baca. Tahun pertama, hanya ada beberapa saja reviewnya. Kemudian, ada teman blogger yang mengajak ikutan sebuah Reading Challenge. Sayang, saya masih belum konsisten membaca dan mereview, sehingga hanya ikut beberapa kali. Lumayan sih dapat pulsa Rp 10 ribu. Tahun kedua, baru deh saya ikut Indiva Readers Challenge, karena hadiahnya super wow: Notebook dan Smartphone. Aiih.. matre yaah? Xixixi... 

Terlepas dari matrenya, saya menjadikan lomba itu sebagai tantangan membaca buku. Bayangin kalau saya nggak ikut lomba itu, pasti masih banyak buku yang hanya ditimbun dan nggak dibaca. Mubajir, sedangkan Allah Swt nggak suka orang mubajir. Alhamdulillah kan, gara-gara ikut tantangan itu, saya jadi bisa membaca 100 buku sekaligus mereviewnya. Padahal tadinya saya males banget mereview buku. Dulu, saya sering membaca buku hanya satu sampai dua bab. Kalau nggak menarik ya ditinggal. Sejak ikut tantangan baca buku, sekuat mungkin saya usahakan menyelesaikan buku yang sudah dibaca. Ternyata banyak sekali buku yang kurang menarik pada halaman awal, tapi akhirnya sangat berkesan. Kalau sudah gitu, saya suka nyesel karena dulu nggak selesai dibaca. 

Blog buku memang bikin baca buku makin seru. Apalagi kalau ditambah dengan mengikuti tantangan membaca dan mereview buku. Kalau lagi nggak mood, inget-inget aja hadiahnya, hehehe.... Sebagai penulis, bukan sekadar hadiahnya saja, tapi juga wawasan dan ilmu yang bertambah. Buku juga investasi. Sudah jamak terjadi di dunia maniak buku, kalau lagi nggak punya uang, bisa menjual buku-buku koleksinya. Saya sudah sering melakukannya lho, walau hanya sekadar kerjaan sampingan. Kalau benar-benar nggak punya uang, baru deh saya keluarkan koleksi buku saya untuk dijual, dan entah mengapa selalu laku. Heran. 

Tahun ini saya mengikuti empat tantangan membaca dan mereview buku. Semoga saya konsisten mengikutinya. Hadiahnya memang nggak sebesar tantangan tahun lalu, yang penting saya bisa mengalahkan kemalasan membaca dan mereview buku. Mereview buku juga bisa membuat saya menganalisa hal-hal menarik dan tidak menarik dari suatu buku dan menjadikannya semacam pijakan dalam menulis buku. Ini link blog buku saya, kapan-kapan mampir ya :D 



8 comments:

  1. Selamat, Mbak Juara 2 IRC Indiva.
    Meresensi buku emang seru, apalagi ada tantangan berhadiah (aih, ikutan matre). Waktu IRC kemarin dibuka, hadiah Juara 1 lah yang saya incer. Tapi, rezekinya emang Juara 3. :)
    Tapi, meresensi juga bisa buat modal "menjarah" buku-buku baru dari penerbit. :) Sejak 2011-2015, saya sudah dapat 500-an judul buku dari belasan penerbit. Siapa yang nggak mau buku gratisan, coba? :)
    Titip blog-ku, ya. www.untungwahyudi.com

    ReplyDelete
  2. Kalo aku udah bener-bener nggak ada waktu Mbak.. Aku juga punya blog khusus review yang sekarang sedang hiatus. :( Keren nih Mbak Ela selain aktif menulis, masih sempat baca banyak buku plus meresensi :')

    ReplyDelete
  3. wah keren nih mak, sampe sekarang belom berani bikin blog buku.. hmm, blom ada budget buat beli buku banyak sih :D

    ReplyDelete
  4. mbak..maaf ya komen pakai blog jualan :D
    keren..belum pernah ikut tantangan reading challenge..udah lamaa gak meresensi
    juara 2 kemarin hadiahnya apa mbak?

    ReplyDelete
  5. wh elaa..aku juga baru bikin blog bukuu hihihi memacu semangat baca, walaupun review ku amburadul hehe...selamat yaa menang lomba indiva, aku pengen ikut ahh nanti...udah daftar bbi ela? blogger buku indonesia..

    ReplyDelete
  6. Wah mantap mbak...
    Pengen juga kyak mbak leyla

    ReplyDelete
  7. Waahhh asyikk nih, pengen juga kedepannya seperti mbak Leyla....semoga bissaaa....hihihi

    ReplyDelete
  8. BUkunya banyak banget mbak ya

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...