Monday, June 22, 2015

Memajukan UKM bersama Tokopedia



Sabtu, 30 Mei 2015, saya menghadiri undangan Temu Blogger Tokopedia yang diadakan di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. Saya mendaftar melalui Kumpulan Emak-emak Blogger  (KEB) dan itu pertama kalinya saya datang ke acara Blogger atas nama KEB. Sudah lama sebenarnya saya mau ikut acara-acara blogger gathering, tapi ada syaratnya: harus akhir pekan dan lokasinya mudah dijangkau. Hari kerja, saya nggak bisa ke mana-mana karena harus menunggui anak-anak. Maklum, nggak punya pengasuh anak. Lokasinya juga harus mudah dijangkau, karena saya suka nyasar *nyasar kok suka. Kebetulan acara Temu Blogger Tokopedia itu diadakan di dekat kantor suami saya, jadi saya sudah tahu rutenya, hihihi….


Disambut dengan Goodiebag
Alhamdulillah, di sana saya bisa ketemu dengan Emak-emak Blogger yang selama ini hanya saya sambangi blognya. Beberapa saya sapa, lainnya nggak saya sapa karena takut salah. Ada untungnya juga lho kalau sering memajang foto wajah kita di facebook dan blog, pas kopdar gitu, saya lebih mudah mengenali dan menyapa. Emak-emak blogger yang saya sapa duluan, diantaranya: Lidya Fitrian, Evrina Budiastuti, Caroline Adenan, Bunda Yati Rachmat, Melly Feyadin, Suriya Riza (Echa), dan lain-lain. Ada juga yang ragu-ragu mau saya sapa, seperti Mak Ermayani Novia dan Mia Fauzia. Duo emak itu saya liatin  terus, tapi ragu mau menyapa hihihi…. Takut salah orang. 

Foto milik: Arin Murtiyarini
“Sudah cek Tokopedia?”

Ingat nggak iklan itu? Iklannya familiar banget di teve lho. Yap, Tokopedia adalah salah satu Online Market Place di Indonesia, semacam pasar online tempat kumpul para penjual online. Visinya adalah membangun Indonesia yang lebih baik melalui internet. Seperti yang kita ketahui, saat ini E-Commerce di Indonesia telah semakin berkembang seiring dengan meluasnya pemakaian internet. Transaksi jual  beli pun bisa dilakukan melalui internet. Nah, Tokopedia ingin menjembatani transaksi jual beli itu, terutama menjadi wadah bagi para pengusaha UKM  (Usaha Kecil Menengah) agar produknya semakin dikenal di seantero Indonesia, bahkan dunia. Coba kalau hanya dijual di toko fisik, ya hanya warga di sekitar toko itu yang beli, kan?

Banyak dapat ilmu di sini

Dari acara ini, saya jadi tahu bahwa pemakaian domain pribadi itu untuk meningkatkan kepercayaan pembaca terhadap tulisan di blog kita. Dipikir-pikir ada benernya juga ya. Kalau lagi googling, nyari info ini itu, saya sendiri lebih percaya informasi dari blog berbayar daripada blog gratisan.


Testimoni blogger yang bekerjasama dengan Tokopedia
Wah, senengnya ikut acara kayak gini, karena memperbanyak ilmu dan kesempatan memperoleh penghasilan dari ngeblog. Pulangnya, ditraktir minum kopi pula sama Mak Nunung Yuni, dan kongko-kongko bareng Mbak Arin Murtiyarini juga. Serasa me time ala emak-emak. Mudah-mudahan kapan-kapan saya bisa ikut acara kayak gini lagi, aamiin…. Yuk, semangat ngeblog!

27 comments:

  1. Tokopedia memang top ya mak, banyak membangun kerjasama dengan blogger

    ReplyDelete
  2. Dapet ilmu banyak ya mba setelah ikutan gathering kayak gini :))

    ReplyDelete
  3. Selamat mak...akhirnya pindah ke dot com juga hehehe.

    ReplyDelete
  4. Selamat ya Mak..sekarang pake domain baru...makin semangat ngeblog dong tentunya ya.. Aku juga sdh 6 bula pake domain sendiri, alhamdulillah rejeki mulai lancar... ada aja yg ngajak kerjasama, hihi.. Top banget ya Mbak Tokopedia visinya...pengen aku jadi mitranya...sayangnya DA ku blm 15, hihi.. mungkin kalo sdh memenuhi syarat mau daftar lagi...

    ReplyDelete
  5. akhirnya rumah baru juga..yeay..selamat :)

    ReplyDelete
  6. Belanja di tokopedia juga puas mbak

    ReplyDelete
  7. Uhuuy...selamat mbak sudah ganti TLD..

    ReplyDelete
  8. Selamat udah punya domain baru, bun. Kalo rajin dalam 2 bulan udah balik pagerank, alexa, dll. Rajin disubmit di vivalog juga, bun.

    ReplyDelete
  9. Sekali lagi selamat atas domain pribadinya ya mbak Elaaaa....
    Untuk Domain Authority, karena baru ganti dmain, posisinya memang nol, semuar ank juga balik ke nol, tapi Insya Allah blog Ela gak akan pakai lama nih untk bisa naik DA-ya. Karena blog mba Ela memang sudah bagus rank-nya sebelum berdomain. Kayak saya, cuma butuh dua bulan sejak hari pertama beli domain, DA-nya naik lagi secara drastis. Mbak Ela aku yakin juga akan akan kayak gitu :D

    ReplyDelete
  10. hacikkk selamattt domain baru....bikin ga mak..biar cepet nae ^^

    ReplyDelete
  11. Wah itu acaranya khusus emak-emak ya? Kira-kira bakal diadain lagi gak ya? Pengen ikutan :D

    ReplyDelete
  12. Waah akhirnya ganti TLD ^^
    Aku udah kerjasama dengan Tokopedia jauh sebelum ganti TLD dan kayaknya nggak fair kalo aku ganti saat kontraknya belum habis. Soalnya pasti quality blogku langsung menurun drastis dan mulai dari nol lagi kalo ganti domain. :)

    ReplyDelete
  13. Wah, pastas sudah pakai domain pribadi. Tapi optimis Layla Hana bisa memenuhi persyaratan itu. Member dan pengunjung blog-nya ramai!

    ReplyDelete
  14. Keren nih tokopedia. Semoga aja programnya berjalan lama.

    ReplyDelete
  15. wahh baruu aja mau bisikin ela biar ganti doamin, udah jadi duluan, kereeen..semoga berkah ya ela blognya aamiin..toped emang oke, tajir yaa kerjasama dengan segit byk blogger, aku udah mau tiga bln alhamdulillah..

    ReplyDelete
  16. Selamat ya Mak untuk rumah barunya ^_^

    ReplyDelete
  17. Aku nyimak tweetnya, langsung daftar & cepet kok diapprovenya. Skrg sdh jalan bbrp artikel. Makasih yg sdh ngetweet dr acara tsb. Selamat ya domain barunya. Nunggu GA selamatannya nih :)

    ReplyDelete
  18. aku langganan setia tokopedia.. hahaha.. suka kalap kalo buka webnya :D

    ReplyDelete
  19. Program yang kereeeeennn abiss, semoga terus bertahan lama ^^

    ReplyDelete
  20. mbak, mau tanya... yang blogger kerjasama dengan tokopedia itu prosedurnya gimana ya?

    ReplyDelete
  21. ekarang pake domain baru...makin semangat ngeblog dong tentunya ya.. Aku juga sdh 6 bula pake domain sendiri, alhamdulillah rejeki mulai lancar...

    ReplyDelete
  22. Selamat ya Mak..sekarang pake domain baru...makin semangat ngeblog dong tentunya ya.. Aku juga sdh 6 bula pake domain sendiri, alhamdulillah rejeki mulai lancar... ada aja yg ngajak kerjasama, hihi.. Top banget ya Mbak Tokopedia visinya...pengen aku jadi mitranya...sayangnya DA ku blm 15, hihi.. mungkin kalo sdh memenuhi syarat mau daftar lagi...

    ReplyDelete
  23. Congrats for your shop Tokopedia Blogger.
    Kelinci

    ReplyDelete
  24. keren banget toko pedia.... toko pedia memang top :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...