Friday, August 14, 2015

Manfaat Jus Tomat untuk Menghilangkan Sariawan dan Melembutkan Kulit

Jus Tomat
Sedih sekali karena harga tomat sedang turun drastis. Beredar kabar bahwa para petani Garut membuang tomat ke selokan. Lalu, orang-orang ribut nyalahin petaninya. Kenapa nggak diolah jadi apa gitu. Sebagai menantu dari mertua yang petani di Garut, saya merasa prihatin. Setiap hari, bapak mertua pergi ke sawah untuk menanam, lalu disuruh mengolah juga. Dananya sudah habis untuk bertani, keahlian untuk mengolah pun nggak ada. Kalau sedang suplus seperti ini, jadinya malah rugi. Kemarin pulang lebaran pun saya dapat dua kardus tomat, karena harga tomat sedang anjlok. Hanya Rp 200/ kilo. Bayangkan! Saya beli di tukang sayur saja masih Rp 1.000 dua butir. Masa itu sekilo cuma Rp 200?


Selama ini masih banyak masyarakat kita yang menggunakan tomat hanya untuk memasak, jadi kebutuhannya nggak banyak. Padahal, jus tomat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan lho. Yah, cari yang gampangnya aja. Jus tomat. Soalnya kalau bikin pasta tomat kan nggak semua orang bisa, termasuk saya hihihi..... Jadi, tomat pemberian bapak mertua itu selain saya bagi-bagikan, juga dibikin jus tomat. Ternyata, khasiatnya sangat terasa, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat Jus Tomat untuk Menghilangkan Sariawan
Kebetulan pas kebagian tomat itu, saya sedang sariawan.  Menurut dokter, sariawan disebabkan oleh kekurangan vitamin C. Saya nggak nyangka, begitu minum satu gelas jus tomat, sariawannya langsung hilang! Alhamdulillah, manjur sekali ya tomat ini untuk menghilangkan sariawan. Nah, kalau Anda sariawan, nggak usah susah-susah ke apotik beli obat sariawan. Cukup ambil 5 butir tomat dan dijus. Kalau nggak punya juicer, ya dipotong-potong kecil, taburin gula, lalu makan. Rasanya gimana? Enak bangeeeet.... Pilih tomat yang sudah merah dan matang lho yaa.... Kalau yang masih kuning atau hijau, sebaiknya dibikin sambal terasi saja. Nyummyy....

Manfaat Jus Tomat untuk Melembutkan Kulit
"Bu... Bu... makan tomat itu bikin kulit jadi gimana gitu ya... enak dipegangnya...." celetuk si Bibi, asisten rumah tangga di rumah saya yang kelimpahan tomat juga. Dia sampai membawa dua kantong plastik besar. Berhubung nggak punya juicer, dia makan tomatnya seperti makan buah lainnya. Dijadikan lalapan. 
"Maksudnya, kenyal-kenyal, gitu?" saya ingin memperjelas maksud ucapannya.
"Iya, Bu.... kenyal...."
"Lembut gitu ya?"
"Iya, iya... lembab gitu...."

Ternyata bukan hanya saya yang merasakan perubahan pada kulit setelah mengonsumsi jus tomat. Si bibi juga! Kulit jadi halus, lembut, dan kenyal. Seperti pakai pelembab wajah, padahal enggak. Jadi, buat apa pakai pelembab wajah yang mahal-mahal kalau minum jus tomat saja sudah bikin kulit jadi lembut? Kabarnya, tomat juga mengandung antioksidan tinggi untuk mencegah kanker. Informasi selanjutnya, bisa digoogling saja yaa....

Nah, ibu-ibu (bapak-bapak juga boleh deh), ayo kita borong tomat dari para petani Indonesia. Lalu kita bikin jus. Rutin minum jus tomat, insya Allah semakin sehat dan cakep. Mumpung sekarang tomat sedang murah, kita bisa beli sebanyak-banyaknya. Yuuuksss.....

7 comments:

  1. tomat dijadikan cocolan sambel enaaaaaaaak dan segar banget :)

    ReplyDelete
  2. Nah kan harga tomat yg anjlok tidak hanya di tempat saya saja. Pernah posting sekilo 1000 pada heran.
    Saya sendiri termasuk penikmat tomat mbak. Seringnya sih tak buat jus juga. Lezaaaattt bgt mbak..

    ReplyDelete
  3. Jiahh!
    ngompor.. ngompor!!
    Yuk kita makan tomat!
    Katanya ahli gizi tuh jus itu daripada tidak makan buah atau sayuran sama sekali..
    langsung makan aja kali ya, Bund.. he..he.. he.. [* bilang aja kalo males ngebersihin blendernya 0_o

    ReplyDelete
  4. kadang kalau males ngejus aku mah di gadoin aja tomatnya mbak

    ReplyDelete
  5. masa sih mba, sekilo cuma 200? pasti dijualnya ke tengkulak ya? di tukang sayur, kan masih wajar-wajar saja.

    bener banget mba, tomat memang ampuh buat ngobatin sariawan. setiap sariawan pasti saya nyari-nya tomat. meskipun perih banget kalau kena sariawannya.

    ReplyDelete
  6. Boleh juga ini dicoba mba, saya paling senang tomat.. apalgi di jus + madu.. pasti manteb :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...