Monday, February 29, 2016

Cara Sederhana Merawat Lemari Pakaian Agar Lebih Terjaga




https://www.bukalapak.com/p/rumah-tangga/furniture-interior/lemari-1645/ycg03-jual-lemari-portable-jumbo?source=gravity-recPenyediaan lemari pakaian menjadi cukup penting, terutama bagi mereka yang memiliki koleksi baju lumayan banyak dan berharga. Beberapa orang memiliki koleksi baju-baju branded dengan harga yang lumayan mahal. Menjadikannya tahan lama perlu pemilihanlemari yang mendukung, dan tahu betul cara merawat lemari tersebut. Sebuah lemari dari material apa pun yang digunakan sebagai wadah baju-baju, membutuhkan perawatan tepat. Perawatan yang diberikan sebenarnya tidak sulit ataupun ribet, di antaranya adalah:


  • Membuat ruangan selalu dalam kondisi kering.
Menempatkan lemari khusus baju di dalam ruangan khusus sangat dianjurkan, sehingga bisa memilih ruang yang jauh dari kamar mandi. Sebab, menempatkannya di dalam kamar yang juga terdapat kamar mandi akan membuat ruangan lebih lembab. Akibatnya, jamur mudah sekali menyerang bagian luar maupun dalam lemari tersebut. Menjaga ruangan tetap kering menjadi pilihan yang sebaiknya dilakukan, bisa dengan memberikan ventilasi yang cukup. Setiap harinya, biarkan udara dan cahaya matahari masuk untuk mengurangi kelembapan.
  • Membersihkan bagian dalam dan luar lemari.
Biasanya pemilik lemari hanya memedulikan kebersihan baju-baju yang tersimpan di dalamnya, dan mengabaikan kebersihan lemari tersebut. Padahal, lemari yang kotor akan menjadikannya mudah rusak dan baju-baju pun ikut merasakan dampaknya. Solusinya ialah dengan menjaga kebersihan lemari, setiap dua minggu sekali dibongkar isinya. Kemudian membersihkan bagian dalam, menggunakan lap atau kemoceng untuk mengusir debu yang bisa masuk. Bagian luar lemari pakaian pun tidak boleh ketinggalan agar keindahan lemari terjaga dengan baik. Bisa memanfaatkan lap basah maupun cairan khusus pembersih material lemari tersebut.
  • Menambahkan kamper baju di dalamnya.
Dulu banyak orang yang enggan menggunakan kamper karena aroma yang diberikan kurang nyaman dan membuat baju pun beraroma aneh. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak produk kamper baju di pasaran dengan aroma yang lebih baik. Pilih kamper yang aromanya disukai untuk ditempatkan di dalam lemari khusus pakaian. Selain menjadikan baju tidak apek meski tersimpan cukup lama, juga menjadikan lemari lebih tahan lama. Sebab, tidak ada rayap, serangga, tikus, maupun jamur yang menyerang bagian dalam lemari tersebut. Pada akhirnya, kita merawat baju sekaligus tempat penyimpanannya.
  • Memastikan baju bersih dan kering,
Hindari kebiasaan menaruh baju kotor di dalam lemari, sebab bisa membuat lemari mudah bau. Hindari juga menaruh baju yang masih basah di dalam lemari. Sebelum merapikan baju, ada baiknya memastikan baju dalam kondisi yang sudah dicuci dan benar-benar kering. Baju yang kondisinya layak disimpan ternyata memberikan sumbangsih besar untuk membuat lemari lebih kuat dan tahan lama. Lemari yang dibeli dengan harga relatif murah pun akan tetap bertahan lama selama dirawat dengan baik. Bila lemari pakaian kita kuat dan awet, kita dapat menghemat pengeluaran untuk membeli lemari pakaian yang baru. 

8 comments:

  1. Perlu banget meletakkan kamper dalam lemari agar pakaian tidak apek ya Mba..

    ReplyDelete
  2. Benar juga ya Mba.. Kalo lemari pakaian terawat bakal awet dan gak perlu beli yang baru.. Menghemat pengeluaran..

    ReplyDelete
  3. memang harus diperhatikan ya mak...
    soal kamper masih dilema apalagi kalau ibu menyusui

    ReplyDelete
  4. selain pakai kamper kadang aku pakai serap air juga mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai serap air maksudny gmn mba Lidya?

      Delete
  5. aku kl mau ninggalin batam,pasti lemari aku kasih bnyk kamper...biar g didaengin kecoak

    ReplyDelete
  6. Wah makasih tipsnya.
    Iya nih, aku jarang membersihkan dalam dan luar lemari. Padahal wajib banget ya biar lemari tetap bersih terawat :)

    ReplyDelete
  7. Anakku suka main umpetan malah di lemari, jadi baju yang udah bersih pada keinjek-injek kakinya dia.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...