Tuesday, March 1, 2016

Perlunya Merancang Keuangan



Panin Asset Management
Banyak banget yang jadi pertanyaan serta waktu yang harus disediakan berkaitan dengan rencana dan investasi. Pertama, kenapa juga harus mikirin investasi kalau ada yang namanya tabungan? Kedua, rencana apa yang mau dibuat kalau ujung-ujungnya melenceng? Ketiga adalah… kedua hal tersebut membuat siapa saja jadi merasa sulit bernapas karena satu dan lain hal.

Tap, iya…
Setelah dipikir-pikir, rencana dan investasi itu berguna untuk masa depan. Keduanya akan sama-sama menguntungkan jika dilakukan secara bersama dan terarah, serta memiliki tujuan yang sama. Rencana matang yang saya katakan di sini lebih ke arah di mana, siapa pun yang memiliki rencana untuk beberapa tahun ke depan, harus memikirkan solusinya.
Mudahnya seperti ini, beberapa tahun yang lalu saya berencana untuk kembali membangun rumah di kawasan yang cukup strategis di Jakarta. Tentu butuh biaya bukan? Selain itu, saya juga harus memikirkan rencana lainnya yang tidakhanya berhubungan dengan uang, tapi juga relasi. Dan rumah yang saya inginkan tidak akan tercapai jika saya tidak bertindak sesuai dengan rencana.
Nah…
Kalau saya bilang kenapa investasi perlu karena investasi merupakan dana simpanan yang bisa saya gunakan untuk membeli perlengkapan rumah. Cukup mahal bangun rumah di Jakarta lho. Selain itu, pembangunan rumah yang lama juga membuat saya berinvestasi dengan jangka pendek dan panjang. Pendek untuk keperluan mendesak dan panjang untuk keperluan lainnya yang lebih mendesak di waktu-waktu akan datang.
Investasi yang menyenangkan seperti ini saya dapat waktu berinvestasi Reksa Dana. Reksa Dana merupakan investasi yang cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Berinvestasi dengan Reksa Dana, saya tidak perlu mengurusnya sendiri, saya hanya melakukan setoran awal dan tiap bulannya nanti akan ada pemberitahuan selanjutnya, berapa keuntungan yang saya dapat. Tapi jika mau jelasnya, cek di salah satu perusahan reksadana seperti Panin Asset Management.  
(Sponsored post. Baca keterangannya di Disclosure).
Jika bicara hasil, maka investasi membantu saya merencanakan masa depan dengan lebih baik. Jadi, tentukan investasi dengan tujuan yang diinginkan.

8 comments:

  1. saya prnah invest deposite, tp tetep akhirnya diambil setelah habis masa nya

    ReplyDelete
  2. bukan cukup mahal, tapi mahal banget ya mbak biaya untuk bangun rumah

    ReplyDelete
  3. kadang.. memang investasi itu dibutuhkan ya...

    ReplyDelete
  4. saya sudah investasi di reksadana mbak

    ReplyDelete
  5. hmm, punya rumah sendiri itu, impian bgt emang ya mak :)

    ReplyDelete
  6. hmm sering banget denger denger reksadana akhir akhir ini, tapi belum begitu tertarik karna nggak terlalu ngerti. Ternyata semacam investasi toh ?
    wahh mau belajar.. biar bisa investasi

    ReplyDelete
  7. investasi reksadana ya mbak. jujur saja saya belum berani berinvestasi semacam ini. takut komitmen bayar jika tak terpenuhi. munkin karena masih wiraswasta kecil ya.
    terima kasih sudah sharing Mbak. semoga bisa membeli rumah di ibukota ya

    ReplyDelete
  8. Investasi Reksadana bisa jadi alternatif menyenangkan dalam menyisihkan uang ya Mbak. Bunganya pun lebih banyak, jadi target uang terkumpul lebih cepat

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...