Wednesday, April 6, 2016

Empat Ide Bisnis UKM dengan Target Anak Muda



Bisnis UKM (sponsored post, baca keterangannya di Disclosure) menjadi pilihan yang sangat tepat bagi mereka yang memiliki modal dalam jumlah yang kecil, ada banyak cara bagi seorang calon pelaku usaha untuk memulai bisnis mereka, diantaranya adalah melihat dari tingkat kebutuhan masyarakat, ada yang mendasarkan pada jumlah modal yang dimiliki namun juga ada beberapa yang lebih senang melihat dari trend atau peluang pasar yang ada pada saat itu. Nah, semuanya dapat kamu jadikan sebagai pilihan Anda sebelum terjun ke bidang usaha mandiri.


Jika dulunya ada anggapan bahwa menjalankan bisnis membutuhkan modal yang cukup besar, maka sejalan dengan perkembangan zaman hal ini mulai ditepis, lihat dulu jenis bisnis yang memang menarik perhatian Anda. Sebagian orang lebih senang mengandalkan keberadaan internet dalam memulai bisnis saat ini, tentunya tak memungkiri bahwa ada banyak pilihan bisnis yang dapat dijalankan bahkan tanpa modal sepeserpun, contoh paling mudahnya adalah dengan menjadi seorang dropshipper.

Bagi kamu yang sudah memantau perkembangan bisnis ini tentunya mengenal bukan bahwa sistem kerjanya sebenarnya hanya tawarkan barang saja, dengan gambar tanpa ada tuntutan kamu memiliki barang tersebut, namun sebelumnya tentu sudah menjalin kerjasama dengan supplier, pihak yang kapanpun bisa menyetok barang kepada Anda selagi dibutuhkan, ini termasuk pilihan bisnis UKM juga, namun dengan sistem langsung, bukan lagi offline.

Saat kamu tertarik untuk terjun ke dalamnya ada salah satu cara untuk membuat peluang bisnis sendiri, salah satunya adalah mendasarkan pada target, lihat lingkungan kamu maka mayoritas ada siapa saja, jika anak muda lebih mendominasi berikut ini ada beberapa pilihan UKM yang bisa kamu jalankan, yaitu:


  1. Warung kopi, terlalu banyak modal yang harus dikeluarkan saat kamu memilih membuat sebuah kafe, tak ada salahnya memulai dari yang paling kecil modalnya yaitu warung kopi, kebanyakan anak muda apalagi laki-laki memiliki kebiasaan nongkrong, nah Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang, cukup menyediakan sebuah tempat, tak harus lurus dengan beberapa meja dan kursi di tambah beberapa furniture dapur saja. 
  2. Jualan hijab, sekarang kebanyakan remaja wanita memiliki kebiasaan berhijab, ini bukan hanya sebuah bentuk penghormatan terhadap agama mereka namun juga bagian dari trend di dalam negeri, pilihan bisnis yang satu dapat kamu jalankan dengan 2 cara sekaligus yaitu online dan offline, bergantung lagi pada modal yang dimiliki. Jika kamu termasuk orang yang cukup update terhadap model-model terbaru menjadi nilai plus tersendiri untuk meningkatkan penjualan bisnis tersebut. 
  3. Jualan pulsa, dijamin tak ada anak muda yang tidak memiliki perangkat teknologi sekarang ini, bahkan bisa dikatakan jumlah yang gadget yang membutuhkan konsumsi pulsa ini lebih dari satu, bisnis yang satu ini terbilang anti rugi, karena meskipun kurang banyak pembeli nantinya kamu pasti bisa menggunakannya sendiri. 
  4. Jual produk kosmetik, pilihan yang satu ini cocok untuk segmen wanita, tak hanya yang masih muda melainkan juga usia tua, kebanyakan tak menjadi penjual secara langsung melainkan menggunakan sistem MLM atau dropship bagi mereka yang sudah menjadi member untuk sebuah produk kecantikan dengan brand tertentu, ini juga termasuk langkah dalam meminimalisir resiko kerugian.


Tertarik untuk memulai bisnis UKM dengan target kalangan muda tersebut, modal tak terlalu besar dengan resiko yang kecil juga, namun persiapan juga harus matang, paling penting lagi dalam mempertimbangkan lokasinya.

8 comments:

  1. Yang belum coba buka warung kopi hehehe..trimz idenya mba ^^

    ReplyDelete
  2. Saya baru mulai menjalankan yang no 3 mbak hehe...kebetulan aja ditempat kerja sering yg bingung kehabisan pulsa. Jadinya dicoba deh meskipun kecil2 an modalnya.Alhamdulillah sih setidaknya untungnya bisa buat ngisi pulsa sekeluarga hehe

    ReplyDelete
  3. Saya baru mulai menjalankan yang no 3 mbak hehe...kebetulan aja ditempat kerja sering yg bingung kehabisan pulsa. Jadinya dicoba deh meskipun kecil2 an modalnya.Alhamdulillah sih setidaknya untungnya bisa buat ngisi pulsa sekeluarga hehe

    ReplyDelete
  4. aisyah mau seperti kak Leyla Hana aja deh, jadi penulis, he.. ^^

    ReplyDelete
  5. Betul, bisnis kios pulsa bagus, sepupu sy sampai bisa beli Mobil karena jualan pulsa

    ReplyDelete
  6. Paling gampang jualan pulsa sih. Modalnya nggak banyak, tapi muternya cepet.

    ReplyDelete
  7. Kalau tips agar bisnis pulsa perputaran uangnya selalu lancar gimana kak? Secara banyak orang yang ngutang pulsa tapi bayarnya lama.

    ReplyDelete
  8. Warung kopi memang usaha yang memiliki pangsa pasar potensial. Di sini juga sudah mulai banyak bermunculan usaha warung kopi, meski tempat saya termasuk pedesaan, tapi warung kopi selalu ramai dikunjungi konsumen.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...