Monday, May 2, 2016

5 Cara Membangkitkan Semangat Ngeblog


Jalan-jalan ke Kebun Raya Bogor

Assalamu’alaikum. Alhamdulillah, beberapa hari ini saya bisa kembali menulis di blog setelah agak lama hiatus. Nggak lama amat sih, ya sekitar semingguan deh hehe…. Niatnya ingin bisa ngeblog sehari satu postingan, tapi apa daya ternyata susah sekali ya kalau semangat sedang turun. Penyebabnya macam-macam dari mulai kesibukan, jenuh, sampai tak ada ide. Untung nggak lama jedanya, saya berusaha membangkitkan semangat ngeblog dengan lima cara ini:


Jalan-jalan
Jalan-jalan memang jitu untuk mengusir jenuh dan bete. Nggak perlu jauh-jauh, yang penting bisa usir suntuk. Misalnya ke taman, berenang, mall, dan sebagainya. Hasil dari jalan-jalan itu bisa diposting ke blog juga. Lumayan kan dapat satu blogpost. 

Ikut Acara Blogger
Acara blogger itu sekarang banyak banget ya, tapi nggak semuanya saya ikuti sih. Biasanya saya pilih yang acaranya hari Sabtu atau Minggu. Bertemu dengan teman-teman di suatu acara blogger juga bisa menambah semangat ngeblog dari hasil obrol-obrol itu. Liputan acaranya juga bisa menambah postingan di blog daripada blognya nganggur, kan. 

Ikut event blogger
Chatting dengan teman blogger
Nggak bisa ketemu langsung dengan teman blogger, nggak masalah. Kita bisa chatting via messanger, wa, atau BBM. Asyiknya kalau chatting dengan teman blogger itu sedikit banyak ngomongin tentang blog. Kami bisa saling berbagi semangat ngeblog, termasuk berbagi info kalau-kalau ada job review atau lomba blog. Saya bersyukur sekali memiliki teman-teman blogger yang baik, yang sering kasih info job review atau undangan event. 

Blogwalking
Asupan menulis itu salah satunya adalah dengan banyak membaca. Kalau nggak mau membaca, apa yang mau ditulis? Blogwalking dapat menjaring inspirasi menulis, selain mempererat hubungan antar blogger. Buat saya sendiri, blogwalking itu jitu banget dalam membangkitkan semangat ngeblog. Saya bisa mendapatkan info lomba juga, bila ada teman blogger yang sedang mengikuti lomba. Yang tadinya saya nggak tahu infonya, eh jadi tahu. Syukur-syukur kalau teman blogger itu ikut lombanya beberapa hari sebelum deadline ya. Kalau sudah deadlinenya hari itu pas saya BW, ya nyerah deh hehehe…. 

Menghadiahi Diri Sendiri
Kenapa enggak? Terutama bagi blogger professional yang sudah mendapatkan pemasukan dari blog, sesekali bolehlah menghadiahi diri sendiri. Sedikit mengempiskan isi rekening dari hasil ngeblog, nggak apa-apa kan? Apalagi kalau hadiahnya itu juga dapat mendukung profesi ngeblog. Misalnya, handphone. Kebetulan saya juga sedang butuh handphone. Saya jalan-jalan ke situs belanja online yang ngehits banget, MatahariMall dan menemukan harga hp Oppo terbaru yang diskon lumayan. Misalnya, Oppo Neo 5 diskon sampai 43%! Aaaah… jadi pengen cepat-cepat ganti hape. 


Fungsi handphone bagi seorang blogger itu memang sangat penting. Saya sendiri lebih banyak melakukan aktivitas perbloggeran itu via handphone. Dari mulai chatting, membalas komen di blog, membagikan postingan blog, mencari info-info lomba blog dan job review, foto-foto pendukung tulisan di blog, mengedit foto, sumber referensi penulisan di blog, semuanya saya lakukan via handphone. Jadi, nggak ada alasan nggak bisa blogwalking karena nggak sempat buka laptop. 

Handphone merk Oppo sendiri sedang ngehits di dunia perbloggeran. Banyak teman blogger yang saya kenal telah menggunakan Oppo sebagai pendukung ngeblog. Saya jadi kepingin juga nih. Untuk membeli handphone nggak perlu capek-capek ke mall. Buka aja MatahariMall.com dan langsung lihat-lihat pilihan handphone yang ada. Mana diskonnya juga gede-gede. Melihat harga hp Oppo terbaru di MatahariMall bikin saya makin semangat menghadiahi diri sendiri supaya tenaga ngeblognya terisi kembali. Yuk, ah semangat ngeblog lagi! Sayang kan blognya nganggur.

8 comments:

  1. pengen menghadiahi diri dg ove nih blm kesampaian hehe

    ReplyDelete
  2. yang ke-4 itu Mba, saya juga sering dapat ide menulis dari kegiatan blogwalking :)
    ide dapat, teman dapat, silaturahmi juga lancar :)

    ReplyDelete
  3. Yang pertama itu ampuh banget menurutku. Aku juga sempat menghilang dari blog selama kurang lebih 1 bulan dan akhirnya bisa ngeblog lagi setelah jalan-jalan. Postingannya juga berkaitan dengan jalan-jalan xD

    ReplyDelete
  4. Wah, kayanya aku kurang jalan-jalan nih, kadang ide memang mentok ya mba

    ReplyDelete
  5. Pengen menghadiahi diri sendiri pake ASUS yang bisa muter-muter itu mba, tapi mahaaal :v

    Btw, aku sepakat soal blogwalking. Ga ada istilahnya 'ga ada ide' kalo rajin blogwalking :D

    ReplyDelete
  6. iya aku juga... kalo udah blogwalking dan liat blog milik temen jadi cantik atai PA DA nya meningkat jadi semangtas

    ReplyDelete
  7. Salam kenal. Nice info nih mbak krn saya jg srg turun smngat ngeblognya, apalagi sejak punya bayi. rasanya bdn capek terus. Hehee
    Oya, jika berkenan sekali-kali visit blog saya yg masih 'bayi' bgt ini www.coretan-sri.blogspot.com
    A

    ReplyDelete
  8. Wah.. Sepertinya saya musti lebih banyak jalan-jalan nih mbak, hehe.. Pasalnya mulai jarang update. Ntah karena kurang semangat atau apalah.. Dengan adanya tips diatas cukup membantu mengembalikan gairah menulis saya. Terimakasih banyak dan salam kenal dari Anwariz dot com

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...