Thursday, May 26, 2016

Asyiknya Bermain Air di Cirebon

Assalamu'alaikum. Ada yang berasal dari Cirebon? Ngomongin Cirebon, saya jadi ingat sambal terasi asli Cirebon yang katanya endeuus (enak bangeet). Dulu waktu masih sering mudik ke Jawa Tengah, pasti saya melewati Cirebon walaupun nggak mampir. Cirebon merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat, lebih tepatnya terletak di bagian timur dan sangat dekat dengan Jawa Tengah. Daerah ini merupakan daerah perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Ada sebuah jalur di Cirebon yang sangat populer bagi para wisatawan yaitu Jalur Pantura.

Mungkin selama ini kita hanya mengenal Pantura dengan kondisi jalan yang rusak, dan juga dengan dengan Dangdutnya. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa ada Kota Cirebon di Jalan Pantura ini. Kota yang terletak sangat strategis ini menjadikan Cirebon sebagai sebuah lokasi penting dalam transportasi antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Selain terkenal dengan kesenian Tari Topengnya, Cirebon juga menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang bisa kita kunjungi. Kapan-kapan kalau saya ke Jawa Tengah lagi, saya mau mampir deh ke Cirebon.

Ternyata ada banyak wisata di Cirebon yang bisa kita kunjungi. Namun, obyek wisata yang ingin saya kunjungi kalau ke Cirebon adalah wisata air! Anak-anak pasti senang sekali bermain air di cirebon. Ada banyak wisata di Cirebon yang bisa membuat kita merasakan sejuknya belaian angin laut dan juga segarnya cipratan-cipratan air.

Pantai Kejawanan
Foto: cirebonberintan.com

Pantai Kejawanan merupakan satu di antara pantai yang keren di wilayah Cirebon, Jawa Barat. Lokasi yang berada di pesisir utara membuat Cirebon memiliki banyak pantai yang indah salah satunya adalah Pantai Kejawanan ini. Pantai yang terletak di Jalan Yos Sudarso Kota Cirebon ini ternyata dekat dengan Pelabuhan Cirebon.

Uniknya, sebelum tahun 2000 pantai ini hanya dijadikan sebagai Tempat Pelelangan Ikan (TPI) oleh para nelayan, dan juga sebagai tempat memancing bagi masyarakat Cirebon. Kini pantai ini dijadikan sebagai tempat wisata baik untuk masyarakat Cirebon maupun oleh wisatawan lainnya.

Wisata Pantai Kejawaan ini ternyata baru-baru ini ramai. Ini disebabkan adanya sebuah rumah makan yang menghidangkan makanan khas Pantura. Terutama adalah menu ikan bakarnya. Awalnya orang-orang ke sini hanya untuk menikmati masakan yang ada di rumah makan yang terletak di bibir pantai. Lambat laun lokasi ini diketahui dari mulut ke mulut. Kemudian mulai banyak orang yang mulai berdatangan untuk sengaja menikmati udara dan pemandangan laut.

Kondisi pantai ini cukup landai dan dangkal sehingga kita bisa dengan mudah bermain air hingga ke tengah pantai. Kita juga bisa menyewa perahu motor untuk bisa berkeliling pantai. Kita akan melihat banyak kapal nelayan yang sedang melaut dan bisa langsung membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan.

Kita juga menikmati sunset persis di tengah laut, karena pantai ini menghampar sampai ke tengah laut. Tiket masuknya hanya sebesar Rp 2.000 untuk sebuah keindahan sunset, kemudahan membeli ikan segar dari para nelayan, dan masih banyak hal lainnya. Saya jadi ingat Pantai Santolo di Garut, ya seperti ini juga tepatnya. Liburan murah meriah, nih!


Ade Irma Suryani Waterland
Telusurindonesia.com

Jika Jakarta punya Waterboom, dan Bogor punya The Jungleland. Maka Cirebon juga punya sebuah wisata bermain air bernama Ade Irma Suryani Waterland atau lebih dikenal sebagai Cirebon Waterland. Berlokasi di jalan Diponogoro persis di seberang Bank Indonesia. Lokasi ini merupakan tempat wisata yang baru bagi Cirebon. Tanggal 1 Juli 2015 baru diresmikan oleh Walikota Cirebon, Nasrudin Aziz.

Berdiri di atas lahan seluas 3 Ha dengan penambahan dari Taman Ade Irma Suryani yang merupakan aset milik Pemkot Cirebon. Di dalamnya terdapat tiga jenis kolam renang di dekat pintu masuk. Yaitu, Waterboom untuk anak-anak, kolam berarus untuk anak dan dewasa, terakhir ada kolam renang Olympic yang memiliki kedalaman 1,5 meter untuk orang dewasa. Selain kolam renang, masih ada wahana taman yang bisa untuk bermain. Kita hanya cukup membayar Rp 50.000 untuk bisa merasakan asyiknya bermain air dan semua wahana yang ada di Ade Irma Suryani Waterland.

Omong-omong soal nama Ade Irma Suryani ini pastinya mengambil nama putri Jenderal Nasution yang gugur saat pemberontakan PKI, ya. Harga tiketnya cukup terjangkau jika dibandingkan dengan tingkat kepuasan yang didapat. Anak-anak saya bisa nggak mau diajak pulang kalau sudah ke tempat ini, huhuhu.....

Situ Sedong
Cireboner.com

Situ (waduk) Sedong memiliki sejarah yang cukup panjang, karena  sudah dibangun sejak zaman kolonial Belanda. Situ ini terletak di wilayah Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon. Memiliki fungsi sebagai penampung air hujan dan juga penghubung aliran sungai.

Kita bisa menikmati embusan angin dan suara gemericik air.  Tempat yang tepat untuk bisa berileksasi. Bagi kamu yang memiliki hobi memancing, tempat ini juga bisa dijadikan salah satu tempat yang tepat untuk  menyalurkan hobimu. Selain memancing, kita bisa bisa berkeliling Situ dengan menggunakan becak air.

Awalnya, waduk atau situ ini dibangun untuk perairan pertanian di Kecamatan Sedong. Sekarang selain untuk perairan pertanian, juga dijadikan sebuah obyek wisata untuk bisa dinikmati keindahan alamnya.


Telaga Remis

Piknikasik.com

Kelihatan ya dari  gambarnya, suasananya sejuk dan juga permai dengan dikelilingi keindahan Pohon Pinus. Terletak di kaki Gunung Ceremai, Desa Kaduela, Kuningan, Cirebon. Memiliki air yang sangat jernih, bahkan kita bisa melihat langsung dasarnya. Mungkin penamaan Telaga Remis ini karena  terdapat Remis atau sejenis kerang air tawar yang dinikmati. Remis ini memiliki rasa yang lezat dan mengandung protein yang tinggi. Ah, saya jadi teringat Situ Bagendit di Garut, di danaunya juga banyak terdapat remis yang bisa diambil dan dibawa pulang.

Ups, tempat ini juga bisa dijadikan tempat foto pernikahan lho, hihihi.... Pepohonan Pinusnya akan menjadikan foto kita memiliki  latar belakang yang indah dan natural. Untuk menikmati keindahan dan bermain-main di sini, tiket masuknya hanya  Rp 5.000,- Wah, murah sekali yaa....

Banyu Panas Palimanan
Obyekwisata.info

Ingin merasakan mandi dengan air panas alami, Cirebon menyajikan tempat wisata bernama Banyu Panas Palimanan. Selain kita bisa merasakan hangatnya merendam di air panas, ada fasilitas lainnya yang bisa kita nikmati seperti joging track dan juga gazebo.

Dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 4 hektar dan memiliki kolam berendam berukuran 10 x 15 meter. Ada hal unik dari tempat ini. Yaitu sumber mata airnya berpindah-pindah. Banyak manfaat jika merendam diri di air panas ini, seperti menyembuhkan penyakit kulit, luka cidera, dan merelaksasikan tubuh. Dengan segala fasilitas dan manfaat yang kamu dapatkan, kita cukup hanya membayar tiket masuk seharga Rp 7.000,- Wah, lebih murah daripada di Cipanas Garut.

Itulah destinasi bermain air di Kota Cirebon ini, semoga saya punya kesempatan mengunjunginya. Berhubung saya berasal dari luar daerah, tentunya saya harus memesan hotel atau penginapan di sekitar Cirebon. Harga hotel yang ditawarkan bervariasi dan cukup terjangkau juga. Ada banyak hotel di Cirebon ini seperti Amaris Hotel Cirebon, Cordela Hotel Cirebon, Hotel Lotus Cirebon dan masih banyak lagi. Untuk mencari hotel lain yang ada di Cirebon klik di sini (Sponsored Post. Lihat Disclosure). Bisa disesuaikan dengan biaya yang tersedia. 

Ternyata Cirebon itu nggak hanya terkenal dengan terasinya, ya. Cirebon juga menawarkan banyak tempat wisata yang menarik. Kapan ya saya ke sana? Doain ya semoga saya cepat ke sana. Aamiin....

3 comments:

  1. Kalo Ela ke Cirebon, mampir ke kampungku ya di Kuningan tetangganya Cirebon

    ReplyDelete
  2. Aku kalau pulang Kudus, selalu ngelewatin Cirebon, mba. Tapi sayangnya nggak pernah mampir lama. Ingatku hanya makan empal gentong bareng teman aja, mba :)

    ReplyDelete
  3. Ada rencana mau jalan ke cirebon nih mba.. pas banget baca tulisan ini. Jadi punya plan dan gambaran di sana nanti mau ngapain. Makasih mba Leyla...

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...