Monday, May 16, 2016

Cek Jaringan Listrik dalam Rumah Anda sebelum Menjual Rumah



Assalamu'alaikum. Siapa yang mau menjual rumahnya? Sebelum menjual rumah, baca dulu tips yang satu ini ya. Kegiatan menjual rumah memang bukanlah suatu hal yang mudah yang bisa dilakukan oleh siapa pun, tetapi yang paling penting adalah upaya dalam menjual rumah ini benar-benar sudah diniatkan dalam hati. Banyak sekali tips menjual rumah yang bisa Anda dapatkan dari website, dan akhirnya dikembalikan kepada diri Anda masing-masing.


Siapa pun yang ingin menjual rumah harus memerhatikan segi estetika darirumahnya. Jangan sampai menjual rumah yang tampak menyeramkan dan memberikan aura negatif  Apalagi kalau di dalamnya ada sarang ular, hiiiyyy..... Bukan karena bentuk bangunan, tapi  juga bisa karena rumah kurang dirawat. Membersihkannya dari asap debu dan kotoran adalah rutinitas yang biasa kita lakukan. Jangan mentang-mentang rumah mau dijual, lalu kita membiarkannya kotor. Ingat, bagaimanapun sesuatu itu dinilai dari penampilannya. Kalau penampilannya buruk, siapa yang mau melirik? Terlebih lagi kalau rumah kita ada di seputaran Jakarta. Tentunya pembeli menginginkan rumah yang cantik dan terawat.

Jika kita mendapatkan calon pembeli yang akan berkunjung ke rumah dijual di Jakarta (sponsored post. Baca keterangannya di Disclosure) milik Anda, maka yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan segala sesuatunya yang ada di dalam rumah Anda. Pastikan rumah Anda cukup bersih dan cek setiap jaringan listrik dalam rumah Anda. Jika ada beberapa titik yang rawan terjadi korseleting, maka Anda dapat memanggil petugas PLN atau Anda perbaiki sendiri sebelum rumah itu jatuh ke tangan orang lain. Jangan sampai terjadi kecelakaan seperti kebakaran karena pemilik rumah yang baru tidak mengetahui adanya jaringan listrik yang korslet di rumah tersebut.

Persentasikanlah rumah Anda dengan sejujur-jujurnya dan tanpa ada yang ditutupi. Pastikan Anda sudah menyiapkan surat-surat dokumen rumah Anda agar sewaktu-waktu bisa Anda tunjukkan kepada calon pembeli. Pastikan Anda menunjukkan surat sertifikat rumah yang asli agar pembeli percaya legalitas rumah Anda.

Lakukan perbaikan fisik pada rumah Anda, misalnya memperbaiki genteng yang bocor, mengecat tembok yang sudah kotor,  atau bahkan mengubah sedikit bentuk bangunan sehingga lebih kekinian, agar Anda bisa mendapatkan harga jual rumah yang lebih tinggi dibandingkan Anda membiarkan rumah dalam bentuk standar. Menjual rumah dengan harga yang tinggi tentu saja bisa memberikan keuntungan kepada Anda agar Anda bisa merasakan hasil atau keuntungan dari return of investment yang cukup besar.

Cara paling mudah untuk mendapatkan harga yang pas di sini adalah dengan melakukan riset pasar dan menanyakan harga NJOP kepada beberapa bank setempat atau jika Anda mengenal teman yang menggeluti profesi sebagai agen properti, Anda tanyakan saja kepadanya. Banyak faktor yang memengaruhi harga jual rumah Anda dan salah satunya adalah faktor usia bangunan. Lokasi rumah Anda juga menjadi salah satu faktor penentu harga jual rumah Anda.

1 comment:

  1. Mengecek jaringan listrik itu penting banget emang, sebelum kita beli juga kalau bisa ada denah listrik ya apalagi kalau ditanam di tembok. Saya pernah nih kena, tinggal dirumah yang jaringan listrinya amburadul dan itu ngeselin huhu
    Artikelnya membantu, makasih mba Hana

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...