Sunday, May 15, 2016

Pesona Buah Australia di Now in Season Melbourne Market Cilandak Town Square

Peluncuran Melbourne Market Now in Season
Assalamu'alaikum, bagaimana liburan akhir pekannya? Semoga menyenangkan, ya. Alhamdulillah, kemarin, Jumat 13 Mei 2016, saya diundang untuk menghadiri acara peluncuran Now in Season Melbourne Market di Cilandak Town Square yang memasarkan buah-buahan asli Australia. Hayoo... siapa yang tidak suka makan buah? Sayang sekali kalau tidak suka, karena saat ini sedang tumbuh kesadaran pola makan sehat, salah satunya dengan rutin mengkonsumsi buah. Saya sendiri sedang membiasakan makan buah, karena dulunya memang tidak terbiasa. Manfaatnya terasa sekali bisa melancarkan pencernaan dan kulit pun terasa lebih halus. 


Pada acara peluncuran Now in Season di Main Atrium Cilandak Town Square Jakarta ini, kita diajak melihat dan tentu saja diperkenankan membeli buah-buahan asli Australia yang dapat menambah konsumsi  buah sehari-hari. Ini pertama kalinya saya melihat dan mencicipi buah Plum asli Australia. Rasanya... ehmm.. cobain saja sendiri, deh. Nggak bakalan nyesel! Mata saya langsung berbinar-binar melihat deretan buah yang dipamerkan. Ranum-ranum dan segar-segar. Pengen borong semuanya, deh. Ada Strawberry, Blueberry, Pear Australia, Labu,  sayur-sayuran juga ada. Sekarang, buah-buahan ini bisa dibeli di Hypermart dan Foodmart mana saja dengan harga spesial dan selalu ada diskon. 




Sayuran

Acara Melbourne Market itu sendiri diadakan pada tanggal 13-14 Mei 2016. Kalau ketinggalan acaranya, masih bisa kok membeli buah-buahan asli Australia ini di Hypermart dan FoodMart yang didukung oleh PT. Matahari Putra Prima Tbk, sebagai salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia. Sekitar jam 10 pagi, acara dimulai dengan dibuka oleh Brett Stevens, Commissioner fo Government of Victoria Australia to Indonesia yang memperkenalkan buah-buahan asal Australia kepada masyarakat Indonesia untuk menambah dan memperkaya konsumsi buah yang mendukung gaya hidup sehat. Buah-buahan yang dibawa dari Australia ini terjaga kualitas dan kesegarannya. 

Pear Australia
Australia sendiri, sebagai negara tetangga Indonesia, ternyata bukan hanya terkenal sebagai destinasi wisata favorit tetapi juga penghasil buah dan sayur holtikultura yang segar dan berkualitas! Terutama di Kota Victoria, buah-buahan dibudidayakan di atas tanah yang baik, menggunakan air yang bersih, regulasi pangan yang ketat, dan praktek pertanian yang inovatif. Terlihat sekali dari hasil buah-buahan yang dipamerkan. Benar-benar memanjakan mata dan lidah. Selanjutnya, John Glover, Senior Advisor Merchandising & Marketing PT. Matahari Putra Prima, Tbk berbicara mengenai dukungannya terhadap Now in Season untuk meningkatkan konsumsi buah di Indonesia. Tentunya, buah-buahan ini ditawarkan dengan harga  terbaik dan pasti ada diskon. 

Aneka Lemon dan Jeruk
Mengapa kita harus rutin mengkonsumsi buah? Alasannya dikupas langsung oleh Jansen Ongko, seorang Konsultan Nutrisi. Ternyata konsumsi buah di Indonesia masih rendah. Tidak heran, sih, karena saya sendiri melihat di sekitar saya bahwasanya memakan buah itu belum menjadi kebiasaan. Buah hanya menjadi pencuci mulut setelah makan besar. Ada atau tidak ada buah pun tak masalah. Padahal, konsumsi  buah itu sangat penting. Kandungan gizi dan serat di dalam buah sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jansen mengungkapkan, sedikitnya harus ada tiga warna buah yang kita konsumsi setiap harinya. Misalnya, sehari itu kita makan tiga jenis buah: Apel (merah), Plum (ungu), dan Pear (hijau). Hayo lhoo... siapa yang belum memakan tiga jenis buah setiap hari? Duh, jadi malu saya. Saya pikir sudah cukup makan satu jenis buah setiap harinya. Hm, harus tingkatkan lagi konsumsi buahnya nih! 
Jansen Ongko

Kandungan antioksidan di dalam buah dapat meminimalkan risiko terkena kanker. Eh, ada peserta yang bertanya. Lalu, bagaimana dengan Pestisida yang disemprotkan ke buah-buahan untuk menangkal hama? Bukannya itu malah berbahaya? Jansen menjelaskan, bahwasanya Pestisida  yang digunakan di dalam pertanian itu masih dalam taraf aman dan bisa dibersihkan dengan cara menggosok buah tersebut. Jadi, harus dibersihkan benar-benar ya. Makan buah ini harus dibiasakan sejak kecil. Mengapa anak-anak tidak suka mana buah? Itu karena orangtuanya tidak membiasakan anak-anak untuk rutin memakan buah. Coba deh dibiasakan, pasti lidah mereka akan mampu menikmatinya. 

Demo masak bersama Chef Yudha

Untuk menyiasati, ibu harus pandai-pandai mengolah buah menjadi makanan yang enak. Terakhir, giliran Chef Yudha Bustara yang mendemonstrasikan cara mengolah buah menjadi dua jenis makanan enak: Baked Pears with Creme Anglais dan Plum Australia with Buffalo Mozzarella Salad. Ibu-ibu pun segera berkerumun di depan Chef Yudha untuk menyaksikan langsung cara mengolah buah menjadi masakan enak. Kami kebagian icip-icipnya juga. Saya menyicipi Baked Pear itu dan rasanya... enaaak...! Ternyata buah Pear bisa dimasak, ya. Jangan khawatir kehilangan kandungan gizi dari buah. Walaupun dimasak, kandungan gizinya tetap ada. Spesial nih, saya bagikan juga resep kedua masakan tersebut:

Baked Pear with Creme Anglais
Bahan: 
4 Pir Australia dibelah dua memanjang
2 sd sirup maple
2 sdm air
375 ml susu
1 vanilla bean
4 telur
55 gram gula

Cara Membuatnya:
Panaskan oven sampai 200 derajat celsius. Tempatkan Pear dalam pinggan tahan  panas. Campur sirup maple dan air dalam wadah dan tuangkan di atas Pear. Panggang dalam oven, balik sekali, selama 30 menit atau sampai lunak. Sementara itu, tuang susu dalam panci, masukkan vanilla bena, didihkan di atas api sedang. Kocok kunin telur dan gula dalam mangkuk hingga kental dan pucat. Secara bertahap, campurkan kocokan susu ke dalam campuran telur. Masak di atas api sedang dan aduk terus selama 5 menit atau sampai mengental, kemudian saring dan tuang di atas Pear.


Plum Australia with Buffalo Mozzarella Salad
Bahan:
3 buah Plum Australia, potong-potong
100 gram Anggur Australia
3 cangkir daun bayam
2 buah Buffalo Mozzarella
1/2 cangkir daun mint
60 ml minyak zaitun extra virgin
2 sdm jus lemon/ jeruk

Cara membuat:
Campurkan daun bayam, buffalo mozzarella, potongan buah Plum dan Anggur Australia dan daun mint dalam mangkuk besar, lalu sisihkan. Kocok mintak dan jus lemon dalam mangkuk kecil dan bumbui dengan garam dan merica. Sajikan dengan salad. 


Mudah, kan membuatnya? Bahan-bahannya bisa dicari di Hypermart dan FoodMart. Yuk, berkreasi dengan buah supaya kita bisa lebih enak menikmati buah. Ayo lebih sehat dengan rutin mengkonsumsi buah! 

3 comments:

  1. Aku suka pear Australia itu...sangat menggoda selera tuh..

    ReplyDelete
  2. Duh..itu buah-buahnya pada segar semua o.O
    Jadi mupeng heuheuheu~

    ReplyDelete
  3. bisa cantik gitu saladnya???

    si pear nya seksi bangeet... pengen gigit!

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...