Saturday, June 11, 2016

Lebih Dekat dengan Alam di Tempat Wisata Puncak Bogor



Assalamu’alaikum. Siapa yang masih kuat puasa sampai hari ini? Alhamdulillah ya kalau masih diberi kekuatan sampai hari kemenangan nanti. Lebaran mau ke mana? Kalau saya seperti biasa ke Garut, rumah mertua. Perjalanan ke Garut itu biasanya melalui dua jalan: Tol Cipularang atau Puncak Bogor. Dilihat situasinya mana yang lebih aman, karena keduanya sama-sama padat pada hari menjelang lebaran. Omong-omong soal kawasan Puncak Bogor, ini memang ramai dikunjungi wisatawan karena di sini banyak terdapat tempat wisata yang menarik dan dekat dengan alam. 


Udaranya masih sejuk, dengan banyak pepohonan di kanan kiri jalan. Kalau kita mau sekalian mampir dan mengunjungi tempat-tempat wisata itu juga bisa, lho. Kapan-kapan saya mau mampir ke tempat-tempat wisata di kawasan Puncak Bogor ini. 

Taman Safari Cisarua
Siapa yang belum kenal Taman Safari? Kalau Anda pernah menonton film Jurassic Park, nah seperti itulah kira-kira konsep Taman Safari. Sebuah kebun binatang di mana binatang-binatang itu tidak berada di dalam kandang dan kita bisa masuk ke dalamnya. Dengan catatan: tetap berada di dalam mobil hihihi….. Waktu itu saya ke Taman Safari menemani adik saya dalam acara yang diadakan oleh sekolahnya. Sudah lama sekali, ya. Ada area terbuka di mana kita bisa keluar dari kendaraan tanpa takut diterkam binatang, dan ada arena tertutup di mana kita harus berada di dalam kendaraan yang aman untuk bisa masuk ke dalamnya. Area terbuka itu berisi wahana-wahana permainan untuk anak-anak, kolam tempat pertunjukan Singa Laut dan Lumba-Lumba, dan sebagainya. Berhubung kami datang saat hari kerja (Jumat), jadi suasananya agak sepi. Rata-rata pengunjungnya adalah anak-anak dari sekolah-sekolah. Wahana permainannya juga terkunci. Kami pun hanya menyaksikan pertunjukan Singa Laut.
www.bentaran.com
Setelah puas menyaksikan Singa Laut, baru deh kami masuk ke dalam area tertutup dengan menggunakan bus, tentu saja. Busnya harus tertutup semua jendela dan pintunya. Bus berjalan perlahan melewati sarang-sarang binatang dari binatang yang jinak sampai buas. Bahkan, seekor Rusa besar dengan tanduknya yang melingkar sempat menghadang bus dan membuat kami berteriak sambil terkagum-kagum. Jangan terkejut kalau tiba-tiba ada harimau atau kerbau besar yang melintas. Asal jangan harimau nangkring di kap mobil aja ya, hihihi…. Seolah-olah kita sedang masuk ke dalam hutan yang dipenuhi binatang beraneka jenis. Ada kalanya binatang itu berada dekat dengan kendaraan yang kita naiki, ada kalanya jauh. Sebuah pengalaman yang luar bisa, terutama untuk mengenalkan anak-anak dengan aneka jenis satwa dan serunya berinteraksi dengan satwa. 


Taman Matahari
Tempat wisata Taman Matahari letaknya tak jauh dari Taman Safari. Dulu saya ke sana bersama tetangga-tetangga satu RT. Ceritanya ada sisa uang iuran RT selepas pergantian ketua RT dan digunakan untuk pelesiran. Hanya saja kami datang saat Peak Season, alias sedang padat-padatnya pengunjung. Cobalah datang saat sepi pengunjung, supaya bisa lebih menikmati. Ada beraneka ragam wahana permainan yang bisa dicoba. Untuk masuk ke dalam Taman Mataharinya saja antrian mengular. Di depan juga banyak pedagang aneka macam, dari mulai sayur mayur, kerajinan tangan, sampai makanan khas Bogor.

Dengan motto “Recreation and Education Park,” Taman Matahari menyajikan wahana wisata air seperti waterpark, arung jeram, water ball, paddle boat, perahu karet, perahu motor, dan sebagainya. Ada juga wahana permainan, diantaranya Dinopark, Citra Playland, dan Trampolin Park. Kemudian ada Wahana Petualangan yang menguji adrenalin, seperti Flying Fox, Padamoto, Motor ATV, Rumah Hantu, Wara Wiri, dan lain-lain. Tidak lupa pula Wahana Edukasi yang berisi pengenalan terhadap sawah (Agro Sawah), sayur mayur (Agro Sayur), Fun Games, Taman Satwa, dan Taman Lalu Lintas. Wow, seru-seru, yaa…Harga tiket masuknya pun terjangkau, hanya Rp 25.000/ orang sudah gratis 5 permainan (per April 2016).

www.tamanmatahari.co.id

Curug Cilember
Terletak di Jalan Raya Puncak KM 10 Cisarua Bogor, kita bisa melihat 7 air terjun di Curug Cilember. Harus menyiapkan tenaga yang super untuk menjelajahi ketujuh air terjun ini, tapi biasanya sih wisatawan mengunjungi Curug 5 atau 7. Semakin kecil angkanya, semakin sulit medannya. Kita bisa bermain air terjun di sini, tapi hati-hati ya. Kalau saya sih memilih duduk-duduk saja di atas batu, takut hanyut hehe…. Kita juga bisa berteduh di bawah Pohon Pinus yang teduh. Kalau tidak membawa bekal, jangan khawatir karena ada banyak warung tenda di sana. Ada konservasi kupu-kupu juga. Tiket masuknya cukup terjangkau, sekitar Rp 10.000. Yang pasti, kita bisa menikmati keindahan alam di Curug Cilember ini, dari mulai rindangnya Pohon Pinus, metamorfosis kupu-kupu, dan tentu saja dinginnya air terjun. 

www.hellobogor.com

Telaga Warna
Telaga Warna berada tak jauh dari kawasan Puncak Pass. Terletak di Desa Tugu, Kecamatan Cisarua, Bogor. Air danaunya dapat berubah-ubah warnanya, terkadang hijau, cokelat, kuning gelap, dan kuning terang. Kalau ingin mengelilingi danau, disediakan perahu kecil atau sepeda air. Ada juga fasilitas Jogging Track, Outbond, Flying Fox, dan Menara untuk mengamati satwa yang ada di sini. Lagi-lagi kita bisa dekat dengan alam saat berkunjung ke Telaga Warna ini.

www.liputan6.com


Agro Wisata Gunung Mas
Di Puncak juga terdapat banyak perkebunan teh lho ya! Salah satunya Agro Wisata Gunung Mas yang bisa dikunjungi ini. Omong-omong, saya baru sekali mengunjungi perkebunan teh bisa dibaca di tulisan di Jeda Sejenak di Perkebunan Teh Batu Cikajang Garut. Agro Wisata Gunung Mas ini terletak di Jl. Raya Puncak KM 85, Cisarua, Bogor. Pemandangannya sama, hamparan kebun teh memanjakan mata. Bedanya, di sini kita bisa masuk ke perkebunan, melihat cara penyemaian dan panen daun teh yang dilakukan oleh warga. Kemudian kita juga bisa berkuda, memancing, paralayang, dan sebagainya. Harga tiketnya juga sangat terjangkau, hanya Rp 10.000.
www.ayo-kebogor.com
Jadi kapan nih mau keliling Bogor? Siapkan dulu fisik dan staminanya ya. Enaknya memang setelah lebaran. Oya, berhubung kawasan Puncak ini sangat padat kalau hari libur, jadi untuk penginapan harus disiapkan jauh-jauh hari. Supaya lebih praktis, pesan saja di Traveloka (baca Disclosure). Untuk pemesanan di Traveloka, bisa klik di sini Jangan sampai setelah tiba di Puncak, kita bingung mau menginap di mana karena semua penginapan sudah full booked. Wiidiih… nggak jadi jalan-jalan dong, untuk mengunjungi semua tempat itu tidak cukup hanya sehari, bukan?


7 comments:

  1. Padahal sejak kecil pengen banget ke Taman Safari Bogor, tahun lalu dapat tiket gratis ke Taman Safari tetap gak bisa berangkat. Huhuhu entah kapan bisa ke sana.

    ReplyDelete
  2. gegara harimau jadi baca blog ini dah 0_0
    Promosi Bogor, nih ceritanya...
    Sayangnya enggak jadi kabur kesana[eh?]

    ReplyDelete
  3. Sebelum puasa kmrn sempet ke puncak terbang layang di puncak gantole

    ReplyDelete
  4. Iyess..traveloka udah jadi agen pribadiku nih. Tiket pp lebaran udah tersimpan di hp

    ReplyDelete
  5. Waah, aku belum kunjungi semua tempat wisata di seputar Bogor. Biasanya sih sesudah lebaran

    ReplyDelete
  6. Bogor oh Bogor, selalu menjadi idaman buat yang ingin menikmati suasana alam indah. tapi sayang, aku sudah lama banget gak singgah di situ..

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...