Wednesday, July 20, 2016

Kenalan dengan Jenis-jenis Reksa Dana Panin

Assalamu'alaikum....
 Sudah tahu kan apa itu Reksa Dana? Reksa dana merupakan salah satu jenis investasi yang sedang banyak dilakukan oleh investor. Bukan hanya dari kalangan kelas atas atau mereka yang memiki kekayaan lebih dan ingin dapat keuntungan dengan cara berinvestasi. Tapi juga dari berbagai kalangan bahkan mahasiswa sekali pun.


Kenapa investasi ini bisa dilakukan siapa saja? Singkat cerita tentang reksa dana.
Reksa dana adalah wadah bagi para investor untuk berinvestasi di berbagai instrument investasi seperti saham ataupun pasar modal. Di mana setiap dana dari investor akan diatur oleh manager investasi sehingga investor tidak perlu melakukan pengelolaan sendiri.  Karena reksa dana melibatkan banyak investor dan dikelola dengan baik oleh manager investasi, maka dana yang dibutuhkan setiap investor tidak begitu besar, (bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing) dan low risk nih.

Anda harus memiliki rencana sebelum memulai. Seperti #iamplaned for study in US. Dengan #iamplaned,  Anda telah menentukan tujuan dan menjadi acuan untuk terus berinvestasi. Nah... sebelum itu ada baiknya Anda tahu jenis-jenis reksa dana untuk mempermudah.

Reksa Dana Pasar Uang
Jenis reksa dana satu ini yang paling aman karena memiliki resiko yang kecil. Selain itu, reksa dana pasar uang melakukan investasi 100%  pada efek pasar uang yang berjangka kurang dari satu tahun.

Reksa Dana Pendapatan Tetap
Pada jenis ini, investasi reksa dana diibaratkan sebagai surat utang yang berisi tentang ketentuan pihak berutang akan membayar sejumlah bunga dan pokok pinjaman dalam jangka waktu yang sudah disepakati.

Reksa Dana Saham
Reksa dana saham merupakan reksa dana yang sekurang-kurangnya 80% dikelola ke dalam bentuk saham. Jenis reksa dana ini lebih menguntungkan dari pada dua reksa dana yang aku sebutkan di atas.

Reksa Dana Campuran
Reksa dana sampuran merupakan jenis reksa dana yang menggabungkan beberapa jenis seperti saham, pasar uang dan obligasi menjadi satu. Reksa dana campuran memiliki risiko lebih besar dari pada reksa dana pendapatan tetap dan pasar uang akan tetapi lebih kecil dari pada reksa dana saham.

Jenis umum reksa dana di atas bisa melibatkan siapa pun dan jika Anda mau tahu lebih banyak tentang jenis investasi, bisa langsung cari di perusahan investasi yang Anda inginkan.

Saat ini ada beberapa jenis investasi reksa dana di salah satu bank yang menyediakan jasa Reksa dana yaitu Panin Asset Management. Panin AM sendiri memiliki kurang lebih 15 jenis investasi reksa dana. Setiap jenis memiliki keuntungan dan jangka waktu yang berbeda.

Dengan jenis reksa dana yang cukup banyak itu, Anda bisa melakukan #Iamplaned terlebih dahulu untuk mengetahui jangka waktu dan dana yang dibutuhkan sesuai dengan tujuan Anda berinvestasi.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...