Thursday, October 13, 2016

Tips Liburan Ceria bersama Anak, Persiapkan 7 Hal Penting Ini!

Assalamualaikum. Berlibur bersama anak-anak merupakan momen yang menyenangkan, terutama saat anak masih kecil. Mereka pun tentu senang diajak berlibur setelah setiap harinya berangkat ke sekolah. Berlibur dapat mengembalikan kepala yang penat karena tugas-tugas keseharian.



Usai berlibur, mereka bisa kembali mengisi kepala dengan pelajaran-pelajaran di sekolah. Berlibur bagi anak-anak setidaknya memiliki lima tujuan:

Penyegaran (refreshing): liburan dapat memberikan penyegaran dari tugas-tugas rutin di sekolah yang menguras otak dan energi.

Mengeratkan hubungan orang tua dan anak:  Setiap harinya orang tua dan anak bertemu hanya beberapa jam. Orang tua berangkat ke kantor dan anak-anak ke sekolah. Saat bertemu, sering kali orang tua tetap sibuk dengan urusannya sendiri, entah gadget atau menekuni hobinya. Ketika berlibur, orang tua punya kesempatan lebih banyak untuk berkomunikasi dengan anak-anaknya.

Edukasi: sambil berlibur bersama anak, orang tua dapat memberikan pendidikan dan nilai-nilai kehidupan yang diyakini dapat memberikan kebaikan di masa depan bagi anak-anaknya. Misalnya, berlibur ke museum, pantai, tempat wisata lainnya yang memiliki unsur pendidikan, merupakan bagian dari stimulasi kecerdasan pada anak dengan cara yang menyenangkan.

Hiburan: beberapa tempat berlibur memiliki unsur hiburan yang menyenangkan. Seperti wahana bermain, waterpark (kolam renang), bioskop (menonton film-film), dan lain-lain. Setiap orang membutuhkan hiburan, begitu juga anak-anak. Jika tidak, maka akan rentan terkena stres.

Mengajak anak bersosialisasi dengan orang baru: di tempat berlibur kita akan berjumpa dengan orang-orang yang baru ditemui. Anak-anak bisa belajar bersosialisasi dengan orang baru, meskipun nantinya belum tentu berjumpa lagi. Setidaknya anak-anak dapat mengasah kecerdasan interpersonalnya, yakni kemampuan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang baru. Diharapkan anak-anak nantinya menjadi pribadi yang supel dan mudah bergaul. Tidak menutup diri.



Tentunya masih banyak lagi manfaat berlibur. Keluarga kami paling senang berlibur bersama-sama, meskipun bukan di waktu liburan panjang sekolah. Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk berlibur, karena kalau menunggu liburan panjang sekolah pasti lama dong. Biasanya kami berlibur ke museum, tempat wisata, wahana bermain yang dekat dengan tempat tinggal kami di Bogor. Paling jauh ya ke Bandung.

Agar liburan bersama anak-anak tetap ceria, wajib menyiapkan tujuh hal ini:

Pastikan kondisi anak-anak sedang sehat dan bugar. 

Jangan berlibur saat anak sedang tidak enak badan. Pengalaman saya dulu pernah memaksakan berlibur saat si sulung sedang tidak enak badan. Dia sudah mengeluh capai, tapi saya paksakan karena toh nanti di hotel bisa beristirahat.

Ternyata sampai di hotel, tubuhnya panas dan dia tidak nafsu makan. Akhirnya liburan kami berakhir di rumah sakit karena si sulung diduga mengidap gejala tifus. Duh, kasihan... tidak lagi-lagi deh memaksa anak bepergian jauh kalau memang sudah terlihat tidak enak badan.

Pilih tempat berlibur yang cocok untuk anak-anak.

Ada tempat bermain yang disukai anak-anak dan sudah tentu menghibur. Jangan sampai anak merasa bosan di tempat liburan. Alih-alih ingin liburan malah minta pulang cepat-cepat.

Anak-anak saya suka diajak ke wahana bermain, seperti JungleLand Sentul, di mana ada banyak tempat bermain yang cocok untuk usia mereka. Pantai, juga tempat berlibur yang menyenangkan untuk anak-anak karena bisa bermain air dan pasir sepuasnya.

Kebun binatang, sudah tentu merupakan tempat yang disenangi anak-anak karena mereka bisa melihat aneka jenis binatang yang selama ini hanya dapat dilihat di televisi, seperti Jerapah, Singa, Gajah, dan lain-lain.


Pilih Waktu yang Cocok untuk Berlibur.

Bila hendak berlibur ke tempat yang jauh, sebaiknya pilih waktu-waktu tertentu. Misalnya, kalau mau liburan ke tempat terbuka seperti pantai, wisata alam, kebun binatang, jangan di musim hujan karena jadi tidak maksimal.

Jika perjalanannya panjang dan lama, sudah tentu kita harus menunggu musim liburan dulu, baru bisa mengajak anak-anak berlibur. Jangan memaksa berlibur ketika anak-anak akan mempersiapkan ujian atau ulangan harian di sekolahnya.

Persiapkan Kebutuhan Anak-anak.

Sebagian besar anak akan rewel saat menempuh perjalanan jauh di atas kendaraan. Ibu harus membawa kebutuhan yang akan menenangkan mereka.

Biasanya saya membawa makanan ringan kesukaan anak-anak, mainan favorit mereka, dan Tablet untuk menonton kartun atau bermain games.  Jangan lupa juga membawa selimut dan bantal agar anak-anak tetap nyaman tidur di kendaraan.

Bawa juga baju ganti yang cukup untuk anak-anak, karena mereka sering berganti pakaian akibat ketumpahan minuman, makanan, bermain kotor, dan sebagainya.

Persiapkan Kendaraan yang Nyaman untuk Anak-anak.

Ada banyak pilihan transportasi untuk berlibur. Alhamdulillah, karena sudah punya mobil sendiri, jadi kami naik mobil sendiri. Eit, tapi itu juga tidak selalu bebas masalah.

Mobil harus dibuat nyaman agar anak-anak betah. Sebelum pergi jauh, mobil diservis dulu di bengkel untuk memastikan tidak ada masalah dengan mesinnya dan onderdil lainnya. Kemudian, mobil dicuci bersih dan diberikan pewangi segar agar anak-anak betah.

Kalau belum punya mobil sendiri, bagaimana? Pastikan alat transportasi massal yang dipilih itu dapat membuat anak-anak nyaman. Misalnya, saya lebih pilih bus AC Eksklusif daripada yang biasa. Kasihan juga kalau anak-anak berdesakan di bus biasa.

Kalau naik kereta juga saya pilih yang eksklusif, dengan kursi nyaman dan ber-AC. Mahal? Makanya, kita juga harus mempersiapkan dana untuk berlibur.

Persiapkan Dana untuk Berlibur.

Liburan itu kebutuhan tersier, bukan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap hari. Jadi kita bisa merencanakan waktunya, apakah sebulan sekali, tiga bulan sekali, setahun dua kali, dan sebagainya.

Kita bisa menabung untuk berlibur, agar tersedia dana yang cukup dan bisa berlibur dengan nyaman dan menyenangkan. Dengan dana itu, kita bisa memilih alat transportasi yang nyaman dan ramah anak, juga tempat liburan yang pasti disenangi anak-anak.

Persiapkan Obat-obatan yang Dibutuhkan.

Jangan lupa membawa obat-obatan yang dibutuhkan seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak. Kalau saya, wajib membawa obat masuk angin, demam, batuk pilek, dan balsam untuk pijat kalau badan pegal-pegal.

Demam, misalnya, bisa tiba-tiba menyerang anak-anak. Apalagi anak bungsu saya, Salim, beberapa kali terkena demam saat liburan. Terutama di usia dua tahun.

Pengalaman yang paling traumatik itu ketika kami sedang liburan ke Bandung. Dalam perjalanan pulang, di kendaraan, Salim mendadak kejang. Ya, Salim memang sering mengalami kejang demam kalau suhu udara turun drastis.

Memang cuaca sedang tidak bersahabat. Hujan turun deras dan udara Bandung sangat dingin. Saya hanya memeluknya karena tidak membawa obat penurun demam. Alhamdulilla, Salim bisa melewatinya.

Namun, kejadian itu menjadi peringatan buat saya agar kalau bepergian jauh harus membawa obat-obatan, terutama obat demam. Kami memeriksakan Salim ke dokter dan dokter memberikan Tempra Paracetamol, karena telah dipercaya dan diberikan turun temurun.

Saya memberikan Tempra Syrup untuk usia 1-6 tahun, rasa anggur. Biasanya anak-anak tidak suka minum obat karena pahit, tapi Tempra ini tidak pahit. Apalagi rasanya buah-buahan. Setiap 5 ml Tempra Syrup mengandung 160 mg Paracetamol dan bekerja langsung di pusat panas.



Untuk pemberian dosisnya, saya mengacu pada resep dokter. Anak seusia Salim (4 tahun), diberikan Tempra 4 ml, tiga kali sehari sesudah makan. Bila tidak ke dokter, ada aturan pemberiannya juga di kemasan Tempra.

Usia 2 tahun ke bawah harus dengan resep dokter. Usia 2-3 tahun, 5 ml. Usia 4-5 tahun, 7,5 ml. Usia 6-8 tahun 10 ml atau gunakan Tempra Forte. Pemberiannya juga per 4 jam dan tidak lebih dari 5 kali sehari.



Ingat ya, Bu, pemberian Tempra Paracetamol ini harus mengikuti dosis di atas. Jadi jangan sembarangan dan melebihi dosis hanya karena ingin demamnya cepat turun. Untuk membuat anak nyaman saat demam, bisa dikompres dengan air hangat pada bagian dahi, ketiak, dan punggungnya.

Nah, kalau anak masih demam setelah dua hari, harus segera dibawa ke dokter untuk lebih jelas diagnosa penyakitnya. Karena bisa jadi ada penyakit yang membutuhkan obat lain.

Alhamdulillah, pengalaman saya, Tempra cepat menurunkan demam. Andalan saya banget, terutama saat liburan. Liburan pun kembali ceria karena anak-anak terbebas dari demam.



55 comments:

  1. Liburan bersama anak emang banyak persiapannya, tapi sepadan dengan keceriaan dan kenangan indah yang terukir nanti. Sukses buat lombanya Mbak.

    ReplyDelete
  2. harus siap semuanya kalo bepergian sama anak ya

    ReplyDelete
  3. Memastikan anak-anak sehat dan bugar itu penting banget ya, Mbak...

    ReplyDelete
  4. pstikan anak selalu ceria ke tempat wisata yang akan dituju

    ReplyDelete
  5. Liburan selalu jadi momen menyenangkan ya mak

    ReplyDelete
  6. iya klo punya anak memang wajib bawa obat2 an ya saat liburan

    ReplyDelete
  7. Wuihhh paten dah sedia obat suoaya aman dan nyaman juga selagi jalan jalan

    ReplyDelete
  8. Anak hepi, Ibu hepi yess.. Liburan emang bikin bahagia seluruh keluarga, jangan sampe demam menyapa, jadi harus selalu sedia tempra :D *yeay rhyming*

    ReplyDelete
  9. Aku klo liburan sama anak-anak juga selalu bawa tempra

    ReplyDelete
  10. Paling penting memang dananya mba kalau mau liburan :D

    ReplyDelete
  11. Liburan memang bisa bikin fresh lagi, walaupun suka malas lihat pakaian kotor menumpuk hehehe

    ReplyDelete
  12. Jadi semua harus diperhatiin yaa mak, waktu, tempat dan sikon utk liburan anak. Makasih mak ^^ good luck

    ReplyDelete
  13. Kalau mau liburan saya suka bawa obat-obatan biasa sih untuk kaga-jaga, btw tempra memang cepet menurunkan demam.

    ReplyDelete
  14. Kalo kejang anaknya, aku udah panik duluan >.<
    wajib banget kayaknya bawa paracetamol ya

    ReplyDelete
  15. emang kudu wajib bawa P3K terutama Tempra saat berlibur ya mba supaya kita juga tenang :))

    ReplyDelete
  16. Tempra memang manjur dan praktis dibawa kemana2 ya mbak... cara penyimpanannya juga mudah

    ReplyDelete
  17. Wah betul banget harus menyiapkan segala sesuatu hal ya termasuk obat-obatan. Makasih sharingnya Mbk.

    ReplyDelete
  18. Yes mba, setuju jg buat gak memaksakan tetap berlibur klo anak lg gak enak badan, bisa2 liburan tp jd gak happy yaa.. Good luck mba :D

    ReplyDelete
  19. momen liburan dengan anak itu menyenangkan sekali, sekarang jadi kenagan indah karena sekarang anak-anak sudah besar sudah merantau sulit untuk bisa kumpul , apalagi berlibur bersama

    ReplyDelete
  20. Bener banget,kudu komplit perlengkapannya kalau bawa anak-anak liburan :)

    ReplyDelete
  21. iya bener banget ya klo berpergian jauh sama anak2 harus sedia obat2an

    ReplyDelete
  22. fitry cocok banget dengan tempra ini..selalu disediakan di rumah dan dibawa kalau jalan2

    ReplyDelete
  23. moga aja anaknya tambah tahu wawasan yang luas yah

    ReplyDelete
  24. LIburan bareng anak kudu prepare macem2 ya mbaaa, ya dana, ya kondisi fisik, dll. JAngan lupa juga bawa obat-obatan, takutnya tiba-tiba sakit, slaah satunya obat turn panas, seperti tempra. AGak rempong tapi menyenangkan :)

    ReplyDelete
  25. Liburan emang seru ya bun kalau bisa bawa anak-anak, tapi kalau mereka demam jadi sedih deh :(
    Pintar-pintarnya kita sebagai ibu yang harus menyiapkan segala sesuatunya agar anak kembali sehat, seperti membawa Tempra yang cepat menurunkan demam anak :)

    ReplyDelete
  26. Setujuuuu!!! Obat-obatan wajib hukumnya disiapin. Serem saya kalo denger ada anak kenapa-kenapa di jalan karena sakit di jalan dan terlambat pertolongan pertamanya T.T

    ReplyDelete
  27. Tipsnya ok banget mba, catet ah. Kondisi anak saat liburan memang harus tetap terjaga dengan baik ya mba.

    ReplyDelete
  28. liburan sama anak2 itu memang menyenangkan walaupun persiapanya harus bener2 matang, tapi terbayar juga nantinya.. anak senang kita juga senang.. Insya Allah...

    ReplyDelete
  29. Liburan bersama si buah hati adalah hal yang paling menyenangkan. Namun kalo tiba2 si anak malah sakit atau demam, duh, kacau deh semua rencana. Untungnya ada tempra yang siap sedia menurunkan suhu tubuh si buah hati. Jadi ingat waktu Intan kecil dulu, deh, Tempra tuh setia selalu di dalam tas perlengkapan baby kemana pun kami pergi. :)

    ReplyDelete
  30. Nggak kebayang Salim kejang, kasihan banget, inget pinter dan lucunya Salim...

    ReplyDelete
  31. setuju ...liburan tetap harus persiapan obat-obatan

    ReplyDelete
  32. Liburan semakin ceria bila anak-anak sehat ya mbak, makanya untuk menunjang liburan jauh hari harus benar2 dipersiapkan kebutuhan penunjangnya termasuk obat-obatan

    ReplyDelete
  33. Sedih kalo anak demam. Rasanya dunia jadi muram, krn selain panik, anak juga kehilangan keceriaannya. Untung ada tempra ya Mbak

    ReplyDelete
  34. paling g enak klo lg jalan2 pas lagi sakit.. noted tips nya ni mba :)

    ReplyDelete
  35. Asyik.. liburan sekeluarga baru asyik klo semua pada sehat ya mba. Tipsnya bener banget, liburan ceria perlu direncanakan dan berkesan buat anak.

    Senangnga punya mama yg selalu siap sedia tempra..

    ReplyDelete
  36. noted untuk tips liburannya, aku pakai tempra juga, ampuuuh mengatasi anakku klo demam

    ReplyDelete
  37. alweys bawa tempra kalo jalan2. buat jaga2 :)

    ReplyDelete
  38. Kalau aku mau liburan kudu siap mental, apalagi ngebayangin anak yg bakal aktif banget....

    ReplyDelete
  39. catet,pilih tempat berlibur yang cocok untuk anak2nya bukan cuma cocok buat emak-bapaknya :D

    ReplyDelete
  40. Obat penurun panas juga slalu masuk dalam list obat yg wajib dibawa keluargaku maaak. Supaya liburan anak ttp asiik..

    ReplyDelete
  41. Yang paling penting juga selain edukasi juga pilih tempat liburan yang sesuai budget agar belajar mengelola keuangan mbak ;)

    ReplyDelete
  42. Bener banget.. aku noted liburan hrs nyiapin dana yg ckup dan obat2an. Utk antisipasi segala hal yg di luar plan

    ReplyDelete
  43. Waduh, saya belum punya istri sob. Apa lagi anak.
    Tapi, mungkin artikel ini cocok untuk bapak saya :D , terima kasih banyak......

    ReplyDelete
  44. nice tips.
    salam kenal dari saya :)

    ReplyDelete
  45. Serunya liburan keluarga mbak Ela..suka ekspresinya si bontot euy

    ReplyDelete
  46. Serunya liburan keluarga mbak Ela..suka ekspresinya si bontot euy

    ReplyDelete
  47. Aku malah seringnya kalau liburan malah mikirin si anak Mba. Maksudnya tujuan liburnya, hahaha. Emak bapaknya cuma ngikut dan momong :D *nasip

    ReplyDelete
  48. Alhamdulillah kami belum pernah mendapati anak sakit pas perjalanan. Justru sehabis perjalanan. Dulu sempat pakai tempra juga. Kini lebih banyak herbal aja aku mbak. Jalan jalan sama anak mah enak walau cuma ke tukang sayur hehr

    ReplyDelete
  49. Intinya well prepared ya mba.
    Klo ada yg gak terduga jd gak terlalu panik

    ReplyDelete
  50. Saya juga selalu bawa Tempra mbak, buat jaga2 kalo si kecil panas, sukses lombanya yaa

    ReplyDelete
  51. Tempra memang crpat menurunkan demam anak, moga menang mbak leyls

    ReplyDelete
  52. banyak yg cocok pake tempra ya mbak:)

    ReplyDelete
  53. Kalau bawa anak2 emang bawa obat2an itu penting ya mbak, apalagi kalau liburannya ke tempat yang juh dr apotek.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...