Wednesday, November 30, 2016

Hidupkan Suasana Rumah yang Produktif dan Kreatif bersama Philips Hue



Apa yang terbersit dalam pikiran Anda bila menyebut kata “Rumah”? Tempat untuk pulang dan beristirahat? Bagi saya, rumah tak sekadar tempat untuk pulang dan beristirahat. Justru dari dalam rumahlah saya bekerja, berproduksi, dan berkreasi. Sebagai penulis dan blogger, sebagian besar waktu bekerja saya dilakukan di dalam rumah.


Kadang-kadang saya memang keluar rumah untuk mencari inspirasi, penyegaran, atau melakukan tugas liputan sebagai blogger, meskipun tetap saja proses menulis dihasilkan dari dalam rumah. Saya memimpikan punya kamar kerja sendiri di mana saya bebas meletakkan benda-benda yang mendukung produktivitas dan kreativitas.

Pekerja lepas seperti saya sangat diharuskan untuk terus produktif dan kreatif. Kalau tidak, dari mana saya mendapatkan penghasilan? Persaingan di dunia digital juga semakin kencang. Mereka yang tidak kreatif, akan tertinggal. Menulis buku atau novel pun membutuhkan ide-ide baru yang segar dan dapat membuat pembaca terpukau.

Sering kali, semangat menulis terjun bebas karena kekosongan pikiran dan rasa malas. Wajar saja, namanya juga manusia. Rasa malas bisa dihilangkan dengan berjalan-jalan sebentar, berbincang dengan sesama pekerja kreatif, mencari motivasi dari orang-orang sukses, dan membuang kemalasan pada tempatnya. Yang sulit adalah kehilangan ide untuk menulis. Mau menulis apa kalau tidak ada ide?

Nah, saya berusaha memunculkan ide dengan membaca banyak buku, menonton film, mendengarkan musik, berselancar di internet, membaca media sosial yang menampilkan ragam pikiran orang-orang, dan tentu saja saya butuh sesuatu yang dapat membantu saya memunculkan ide. Tahukah Anda bahwa cahaya yang mengandung warna-warna tertentu dapat membangkitkan imajinasi, dan sudah tentu memunculkan ide-ide yang tak terduga?

Jika Anda menyaksikan film horor, warna apa yang cenderung sering muncul? Hitam putih? Sebaliknya, kalau Anda menyaksikan film romantis, yang sering muncul adalah warna-warni pastel nan cerah. Sebagai penonton, Anda pasti akan ikut berimajinasi saat warna-warna itu muncul. Mengapa dominasi warna hitam membuat ngeri? Karena warna itu lekat dengan misteri, rasa takut, dan kegelapan.
Warna-warni Philips Hue

Ada enam belas juta warna yang diberikan oleh Philips Hue, produk lampu terbaru dari Philips. Tanggal 16 November 2016 lalu, saya menghadiri Blogger Community Gathering Philips Lighting Week 2016 di Main Atrium Senayan City Jakarta. Narasumbernya adalah Indah Suzanti, Product Marketing Home PT Philips Indonesia dan Ario Pratomo, Pengusaha dan Tech Vlogger.

Tema acaranya adalah Connected Home Lighting System, yaitu mengkoneksikan rumah dengan sistem pencahayaan. Indah Suzanti menjelaskan mengenai Philips Hue, Inovasi Lampu Philips terbaru yang dibuka preordernya di konter Lazada yang ada di area Philips Lighting Week dari tanggal 14-20 November 2016.
Indah Suzanti

Philips Hue Indonesia adalah lampu terkoneksi paling pintar di dunia yang menawarkan cara revolusioner untuk pengalaman berinteraksi dengan cahaya di rumah. Saat ini, siapa yang bisa hidup tanpa lampu? Terutama para pekerja kreatif yang sering bekerja di malam hari, pasti butuh sekali dengan lampu. Keberadaan lampu membuat kita memiliki waktu lebih panjang untuk berproduksi dan berkreasi. Entah mengapa, ide-ide memang lebih sering muncul di malam hari.

Ibu rumah tangga seperti saya juga lebih enak bekerja di malam hari, karena sudah bebas dari rongrongan anak-anak dan pekerjaan rumah tangga. Mengetik di malam hari saat suasana sunyi itu lebih enak, walaupun saya tidak sering begadang. Yah, kadang-kadang saja saya begadang seperti saat menyelesaikan tulisan ini. Philips Hue memberikan inovasi lampu yang berbeda karena ada 16 juta warna yang bisa berganti-ganti sesuai selera.

APA?! Enam belas juta warna! Yap, itulah yang disebutkan oleh Indah Suzanti. Keunggulan Philips Hue, selain memiliki 16 juta warna, juga terkoneksi dengan internet. Jika Anda sedang mudik dan meninggalkan rumah dalam waktu lama, Anda tetap bisa menyalakan dan mematikan lampu di rumah Anda. Bagaimana bisa? Ya, asal di rumah tetap ada koneksi internet. Anda bisa melakukannya melalui portal Hue www.meethue.com. Saat malam hari, Anda nyalakan lampu di rumah Anda dari lokasi tempat Anda berada sehingga orang yang berniat jahat akan mengurungkan niatnya karena mengira di rumah Anda ada penghuninya.

Sedangkan di dalam rumah, Anda bisa terkoneksi dengan Philip Hue melalui ponsel pintar dengan mengunduh aplikasi Philips Hue di internet. Anda bisa mematikan dan menghidupkan lampu Philips Hue melalui aplikasi tersebut. Anda juga bisa memilih warna-warna lampu Philips Hue yang Anda inginkan. Misalnya, saat mau tidur, Anda pilih warna yang redup. Saat sedang mengobrol dengan pasangan, pilih warna kebiruan yang romantis. Saat sedang bermain dengan anak-anak, pilih warna pastel yang lembut. Semua bisa dilakukan melalui ponsel pintar.



Mudah, bukan? Ario Pratomo telah melakukan Unboxing dengan Philips Hue. Sebagaimana saya yang berproduksi dan berkreasi dari dalam rumah, Ario pun demikian. Dia telah merasakan manfaat Philips Hue untuk membangkitkan ide dan semangat. Untuk membuat video dengan nuansa zaman dulu, dia menghidupkan lampu dengan cahaya hitam putih. Saat mendengarkan musik pun, Philips Hue bisa disetel warna-warni mengikuti irama musik. 

Video Unboxing Philips Hue oleh Ario Pratomo


Philip Hue menggunakan teknologi LED yang dapat menghemat energi hingga 90%, tahan lama sampai 15 tahun, aman dan ramah lingkungan, cahaya lebih nyaman di mata, lebih kuat terhadap fluktuasi tegangan listrik, tidak mengandung sinar UV, dan bergaransi hingga dua tahun. Harganya memang lebih mahal daripada lampu pijar, tetapi sebenarnya kalau dihitung-hitung dengan umur pemakaiannya tetap lebih lama LED Philips. Apalagi ada garansinya yang bisa digunakan jika lampu tak berfungsi sebelum masa garansi habis.

Selesai talkshow, blogger diajak berjalan-jalan mengeliling area Philips Lighting Week. Ada miniatur Monas yang terus mengeluarkan aneka warna dari Philips Hue. Ada juga miniatur interior rumah dengan aneka warna lampu dari Philips Hue. Bayangkan ada warna hijau, merah, biru, oranye, bahkan ungu di rumah Anda. Indah, bukan?



Ah, jika rumah saya menggunakan Philips Hue, saya yakin bisa menjadi lebih produktif dan kreatif dengan permainan warna-warni yang membangkitkan semangat dan memunculkan ide. Saya bisa menonton film, mendengarkan musik, membaca buku, mengetik, atau sekadar bersantai dengan warna-warni yang bisa diganti-ganti sesuai suasana.

Saat bepergian jauh pun dan tidak  pulang untuk beberapa hari, saya bisa mengatur mati hidupnya lampu dari jauh. Setidaknya bisa meminimalkan risiko kedatangan orang jahat. Dan juga seperti kata Indah Suzanti, Philips Hue dengan sensornya yang tajam, bisa langsung hidup saat pemilik rumah mendekati rumah atau akan memasuki rumah. Begitu juga bisa langsung mati ketika pemilik rumah menjauhi rumah. 

Hal itu tentu saja bisa menghemat listrik, karena kalau kita lupa mematikan lampu saat akan bepergian, lampunya akan mati dengan sendirinya. Untuk  bisa selalu terkoneksi dengan Philips Hue, internet harus selalu hidup. Baik untuk Anda yang berlangganan wifi per bulan. Perangkat Philips Hue meliputi: bohlam, cahaya dekoratif, strip LED, dan sistem pengontrol. 


Anak-anak pun bisa lebih bergembira bersama warna-warni Philips Hue. Namanya anak-anak, suka sekali dengan permainan cahaya. Bila anak-anak sedang rewel atau sukar didiamkan, saya bisa mengajak mereka bermain-main dengan Philips Hue. Masih menurut Indah Suzanti, konon warna-warni juga bisa mengatur suasana hati anak. Anak yang pendiam, bisa sering dipaparkan warna kuning supaya lebih aktif. Sebaliknya, anak yang super aktif, bisa dipaparkan warna biru supaya lebih kalem. 

Wah, jadi tak sabar deh menghidupkan suasana rumah yang produktif dan kreatif bersama Philips Hue. Life Starts with Hue.

21 comments:

  1. Wah pengen bikin kerlap kerlip juga dirumah dengan philips hue ini.Harganya berapa ya mbak?

    ReplyDelete
  2. bisa ga tidur deh kayanya ya anak2 kalo philips hue saking senengnya dengan lampu warna warni

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Keluarga biru harus pakai yang warna biru 😊

      Delete
  4. Heehehehe kayanya bisa bikin suasana rumah jadi lebih romantis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak. Pakai warna yang biru atau merah jambu 😊

      Delete
  5. Sekitar dua setengah juta, ya? Termasuk terangkau kalau mengingat kualitasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena lampu pintar bisa mati hidup sendiri dan warna-warnanya banyak.

      Delete
  6. Ini nih yang disukai anak-anak. Hehehehehe

    ReplyDelete
  7. Aku cari di toko elekstronik deket rumah masih belon ada :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang belum ada. Baru pre order di Lazada 😊

      Delete
  8. Naksir yang ungu. Unyu da romantis

    ReplyDelete
  9. Inovasinya keren yo mbakyu. Hmmm...kayane rumah sederhana aja juga bisa instagram-able banget tu kalo pasang philips hue ini.

    ReplyDelete
  10. pengen deh saya punya lampu ini ^_^

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...