Wednesday, November 16, 2016

Kreasi MPASI dengan Nestle Cerelac agar Bayi Lahap Makan

Assalamualaikum. Saya paling iri melihat bayi di atas 6 bulan yang lahap makan. Soalnya anak-anak saya dulu susah banget makannya. Setelah ASI selama 6 bulan, mereka masih tetap pilih ASI. Seharusnya ditambah Makanan Pendamping ASI yang sesuai usianya. 


Saya sudah bercita-cita memberikan MPASI untuk si kecil, dari mulai bubur susu buatan sendiri, buah-buahan yang diblender, atau menu-menu MPASI lainnya yang saya temukan resepnya di internet dan saya print. Suami juga membelikan buku menu MPASI untuk saya praktekkan dong. Nyatanya, buku itu hanya dipajang di rak buku. 

Sudah saya coba memasak menu MPASI dan menyuapkannya ke anak-anak. Hasilnya? Muntah! Katanya, bayi memang perlu adaptasi dengan makanan baru. Jadi Ibu harus sabar mengulang-ulang memberikan MPASI. Sayangnya, waktu yang terbatas juga menjadi kendala saya dalam mengolah bahan MPASI.

Yap, dulu usia anak-anak itu jaraknya dekat-dekat. Saat si bungsu masih bayi, dua kakaknya baru masuk TK. Pagi-pagi saya sibuk menyiapkan kedua kakaknya itu masuk TK. Alhasil, si bungsu saya kasih Nestle Cerelac, bubur instan supaya praktis. 

Ternyata, bubur Nestle Cerelac juga bisa dikreasikan macam-macam supaya bayi tidak bosan dan lebih banyak gizinya. Jujur saja, walaupun variasi Nestle Cerelac sudah banyak, si bungsu juga pernah bosan. Memang dibutuhkan kreatifitas ibu dalam menyajikan menu MPASI yang bergizi dan disukai si kecil.



Alhamdulillah, hari Minggu lalu saya diajak oleh Kumpulan Emak Blogger untuk menghadiri perayaan 150 tahun Cerelac di Main Atrium Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta. Wuaaah seneng banget deh. Walaupun anak-anak saya sudah tidak makan bubur Nestle Cerelac, tapi anak-anak adik saya masih bayi-bayi. Jadi bisa dibagi ilmunya ke adik-adik saya.



Acara utamanya yaitu demo masak oleh Chef Steby dengan menggunakan Nestle Cerelac. Ada tiga menu kreasi MPASI yang diajarkan oleh Chef Steby. Yaitu, Crepes Cerelac Apel Pisang, Puding Cerelac Kurma Madu, dan Bubur Sayuran Ungu dengan Cerelac Wortel Bayam Labu.



Ketiga kreasi MPASI itu benar-benar menggugah selera. Jangankan bayi, ibunya saja pasti suka. Cara membuatnya juga mudah dan cepat. Jadi tidak ada lagi yang namanya TIDAK SEMPAT. Mau tahu apa saja resepnya? 

Setelah Chef Steby melakukan demo masak di hadapan emak-emak blogger, emak-emak pun ditantang untuk mempraktekkannya langsung! Whops, ada hadiahnya dong. Juara satu dapat voucher MAP 1,8 juta, dan juara kedua 900 ribu. Bukan untuk satu orang, tapi dibagi per grup. 

Nah, saya dan grup yang berisi empat orang, kebagian membuat Puding Cerelac Kurma Madu. Sebenarnya gampang banget kok, tapi... tapi... ya memang dasarnya nggak bisa masak jadi gitu deh. Hasilnya jadi juara dua. Resep Puding Kurma Madunya bisa dilihat di foto di bawah ini ya. 

Ada juga resep Crepes Cerelac Apel Pisang dan Bubur Sayuran Ungu. Disimpan aja foto-foto resepnya ini, lalu dipraktekkan di rumah. Insya Allah bayi suka memakannya. Kalau belum suka, dicoba terus-menerus karena bayi perlu beradaptasi dengan makanan baru. 

Resep Crepes Cerelac Apel Pisang
Bahan utamanya, selain Nestle Cerelac Bubur Susu Pisang, juga Buah Pisang Raja dan Apel. Pasti kita tahu bahwa buah pisang dan apel kaya nutrisi. Anak-anak biasanya susah makan buah karena tidak dibiasakan.


Cara agar anak-anak suka makan buah ya dengan membiasakan makan buah sejak kecil. Kalau mereka tidak suka makan buah begitu saja, coba diolah ke dalam masakan. Seperti Crepes Apel Pisang ini. Pisang Raja memiliki kandungan vitamin A & C, juga kaya karbohidrat, protein, mineral, dan zat besi.

Pisang raja juga bermanfaat sebagai anti sariawan usus, sehingga baik untuk pencernaan anak. Kalau anak saya mencret, ibu mertua sering menganjurkan untuk menyuapi anak dengan pisang raja. Sedangkan Apel mengandung vitamin C, A, kalori, protein, zat besi, dan berbagai nutrisi lainnya.



Apel dapat mencegah diare dan sembelit, juga menghindari dehidrasi pada anak. Apel juga baik untuk kesehatan mata anak. Pokoknya, manfaat apel untuk kesehatan ini sudah tidak diragukan lagi deh.

Resep Puding Cerelac Kurma Madu
Bahan utamanya selain Cerelac Kurma Madu, juga ada Kurma. Yap, pakai buah kurma asli dong. Buah kurma sangat banyak manfaatnya bahkan termasuk buah yang dianjurkan dikonsumsi setiap hari oleh Nabi Muhammad Saw.


Buah kurma karya nutrisi, yaitu karbohidrat, glukosa, protein, serat, kalsium, zat besi, vitamin A, B, C, dan lain-lain. Serat larut dalam kurma berbentuk pektun yang dapat membersihkan usus sehingga baik untuk pencernaan bayi. Kurma juga merupakan sumber energi yang dibutuhkan bayi agar perkembangan motoriknya berjalan dengan baik.



Resep Bubur Sayuran Ungu
Bahan utamanya adalah Cerelac Wortel Bayam Labu, plus Ubi Ungu. Ubi ungu ini kaya nutrisi. Saya dulu pernah juga memberikan rebusan ubi ungu ke Ismail. Ubi ungu direbus, ditumbuk, dan disuapkan ke bayi. Ada juga yang menganjurkan ubi ungu direbus bersama sayur bayam.

Ubi ungu kaya akan karbohidrat, serat makanan, dan Beta karoten (pro vitamin A). Ubi ungu dapat bermanfaat sebagai anti radang. Kalau bayi tidak suka ubi ungu yang hanya direbus, boleh dikreasikan dengan bubur Nestle Cerelac ini.



Alhamdulillah, banyak sekali ilmu yang saya peroleh dari acara 150 tahun Cerelac ini. Terima kasih, KEB yang sudah mengajak saya ikut acara ini. Semoga bisa saya praktekkan resep kreasi MPASI-nya ini.




20 comments:

  1. Seru ya Mba acaranya. Tinggal praktekkin resepnya aja nih, tp nunggu anakku gedean dikit hehe. Sekarang masih 6 bulan makannya masih yg simple banget :D

    ReplyDelete
  2. Anak-anakku sebelum usia 1 tahun makannya lahap dan banyak Mbak, nah pas udah bisa jalan, udah tahu main, du duuu duuuh, susah sampai mogok makan sembari tutup mulut gak mau buka pas aku sodorin sendok isi nasi ;(

    ReplyDelete
  3. Ada bagusnya kalau para suami tahu dan mempelajari hal ini. Bisa direkomandasikan ke istri. :D

    ReplyDelete
  4. Wah, tulisan yang begitu bermanfaat. Ternyata dari cerelac bisa dijadikan banyak kreasi. :D

    ReplyDelete
  5. Mau coba resepnya buat Baby Aira. Barangkali aja suka. :)

    ReplyDelete
  6. Aku setuju. Pengenalan rasa pada bayi memang penting agar tidak bosan. Untunglah cerelac punya banyak resep untuk menangani itu.

    ReplyDelete
  7. Resepnya bervariasi yaa mak.. Bisa dicobain karena lg mpasi kmbali nih aku, tfs yaaa mak :)

    ReplyDelete
  8. hehe ah masa sih gak bisa masak, karena grogi aja kali nih diliatin Chefnya, jadi juara 2.. acaranya seru ya mbak, MPASInya juga lezat dan inovatif menggabungkan bahan segar dan bubur bayi Cerelac

    ReplyDelete
  9. Anakku suka banget ubi ungu. Ternyata bisa dibuat kreasi MP-ASI campur cerelac ya. Makin enak dan bergizi

    ReplyDelete
  10. kalau dikreasikan begini bisa menyembunyikan sayur dan buah yg anak-anak ga suka ya

    ReplyDelete
  11. Menunya nyam nyam banget, anak pasti suka. Saya biasa bikin bubur sendiri sih dulu memang masa mpasi penting bngt mengatur pola makan anak jg bisa dilakukan sejak masa mpasi

    ReplyDelete
  12. Thanks sharingan resepnya ya mak. Yummy banget deh itu puding cerelac kurma madu. Anak-anak pasti suka

    ReplyDelete
  13. Grogi, maaaak...bukan ga bisa masak wkwk

    ReplyDelete
  14. wah resepnya bisa direkomendasiin nich mb, adek saya punya baby 1 th-an. tapi ya itu, dia males masak. hehe.

    ReplyDelete
  15. Pisang raja juga bermanfaat sebagai anti sariawan usus, sehingga baik untuk pencernaan anak.Wah.... Bagus ya mba. Soalnya, cerelac juga punya rasa pisang ya ...

    ReplyDelete
  16. Asyik banget ya belajar banyak kreasi Mpasi. Dulu jaman anak2 masih kecil mpasi mereka biasa2 aja hihihii... Ibu2 sekarang memang kreatif luar biasa, semoga anak2 makin sehat di tangan ibu2 tangguh yg penuh kasih sayang.

    ReplyDelete
  17. iiih keren ya anak dengan jarak umur dekat masih sempat berikan mpasi home made.

    ReplyDelete
  18. Ga papa, juara dua juga keren koq..
    😀😀😀

    ReplyDelete
  19. Wewh, ini para mak2 kece badai yg diundang acara besar kayak gini. Selamat juga sudah jadi juara 2 (asyikk). Btw dulu anak2ku juga pada dpyan nestle cerelag apalagi banyak varian rasanya ^_^

    ReplyDelete
  20. Anakku juga dulu gitu Mbak..susah makannya. Sekarang sih yang kecil makannya pinter, tinggal kakaknya nih yang picky eater...

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...