Tuesday, December 20, 2016

4 Langkah Mengurangi Bising di Rumah dan Apartemen

Foto: Urban Indo
Tinggal di  kota besar adalah suatu hal yang tentunya menjadi impian bagi sebagian orang. Apalagi, jika tinggal di sana juga memberikan keuntungan finansial seperti bekerja di perusahaan prestisius yang banyak berada di perkotaan.


Hanya saja, tinggal di perkotaan juga berarti rumah Anda akan banyak mengalami kebisingan dari aktivitas kota yang sibuk. Misalnya saja, beberapa rumah dijual di Jakarta Selatan berada dekat dengan jalan besar atau dekat dengan tempat hiburan seperti kafe yang banyak kegiatan di dalamnya. Alhasil, rumah tersebut menjadi sering bising.

Untuk mengatasi hal tersebut simaklah beberapa tips berikut. Tips mengurangi kebisingan di rumah berikut bisa membantu Anda.

Weather Stripping
Weather stripping adalah cara untuk meredam suara dengan menggunakan jendela yang menghadap ke jalan. Hal ini umumnya digunakan oleh mereka yang memiliki apartemen. Pemilik hanya tinggal mengisi celah jendela dengan karet khusus untuk mengurangi atau meredam suara. Selain dengan karet, bisa juga menggunakan kaca tiga panel untuk mengurangi suara yang masuk ke dalam ruangan.

Pintu Kayu
Mengganti apartemen dengan cara mengubah dinding atau bangunan tentunya akan sangat repot. Ada banyak regulasi yang harus dipastikan. Untuk mengurangi kebisingan dan renovasi apartemen yang terbatas, Anda bisa mengganti daun pintu apartemen anda dengan daun pintu berbahan kayu. Dengan begitu, kebisingan apartemen anda akan berkurang. Tidak hanya itu, apartemen juga akan menjadi lebih menarik penampilannya.

Gipsum
Papan gipsum adu drywall sebenarnya sangat efektif untuk meredam suara secara maksimal. Hanya saja, belum banyak yang berani menggunakannya. Anda bisa memasang papan gipsum ini di tempat yang membutuhkan ketenangan. Misalnya kamar tidur utama, kamar tidur anak/bayi, hingga ruang kerja.

Panel Akustik
Jika memang suasana sekitar rumah Anda sangat bising, Anda bisa memasang panel akustik. Panel akustik dapat dipasang di seluruh bagian ruangan seperti layaknya di sebuah studio musik. Panel akustik ini bisa sangat efektif untuk digunakan. Hanya saja, biaya untuk mengaplikasikan panel akustik sendiri cukup mahal. Sehingga Anda perlu untuk merogoh kocek lebih banyak.

6 comments:

  1. Bisa diterapkan di rumah biasa juga kan? Rumahku dekat jalan dan sangat bising. :'D

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat sekali. Kupikir pintu kayu malah nambah berisik. Ternyata tidak, ya?

    ReplyDelete
  3. Mau langsung dicoba deh. Daerah sini super berisik soalnya.

    ReplyDelete
  4. Untung saya tinggal di daerah terpencil. :D

    ReplyDelete
  5. Sudah resiko tinggal di perkotaan yang bising gini. :D Tapi kalau ada alternatif buat mengurangi kadar keberisikannya, cara ini bisa dicoba. :)

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah komplekku masih sepi mba...blom bising, dan gak ngadep jalan besar banget

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...