Sunday, February 19, 2017

5 Cara Mencari Ide Menulis di Blog


Assalamu'alaikum... Hayo, siapa yang blognya belum update? *Tunjuk tangan sendiri. Ternyata menulis di blog juga gampang-gampang susah ya. Kalau sedang tidak ada ide menulis, ya bingung mau menulis apa. Alhasil blognya menganggur, nggak ada postingan sama sekali.



Menulis di blog itu sebenarnya santai, karena kita bisa menulis tentang apa saja. Curhat keseharian, pengalaman mencicipi kuliner tertentu, catatan perjalanan, bahkan fashion yang kita kenakan sehari-hari. Kalau masih kekurangan ide menulis, lima cara ini mungkin bisa membantumu:

1. Cari berita yang sedang viral, lalu ulas dengan bahasa sendiri. 

Yang satu ini bisa jadi cara mendapatkan ide menulis. Kita tinggal baca status orang-orang di media sosial, setiap hari pasti ada berita yang sedang viral atau jadi bahan pembicaraan. Ulas dengan bahasa dan opini sendiri, lalu posting di blog. Jadi deh punya bahan tulisan.

Contohnya apa sih? Misalnya yang sekarang viral itu tentang DP rumah 0%, salah satu program kerja dari calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Kalau kamu suka riset, nah boleh deh tuh diulas setelah melakukan riset dari berbagai sumber. Agak berat sih, memang.

Banyak juga berita viral yang ringan. Misalnya, dulu pernah ada berita viral tentang anak-anak muda yang menginjak tanaman bunga di sebuah tempat wisata. Coba bahas dari sudut pandangmu.

2. Nonton film dan ulas filmnya.

Ada yang suka nonton film? Pasti banyak. Saya juga sebenarnya suka banget nonton film, tapi sayangnya nggak selalu sempat. Nonton film bisa memancing ide menulis di blog. Kita bisa mengulas film tersebut dari mulai aktor-aktornya, isi ceritanya, pesan moralnya, bahkan latar filmnya.

Mau nonton film terbaru tapi belum sempat ke bioskop? Kita bisa nonton streaming movie online terbaru. Zaman sudah canggih. Nonton film terbaru juga bisa online. Jadi kita nggak ketinggalan zaman walaupun kita malas ke bioskop.


Bahkan drama Korea yang panjang durasinya pun bisa ditonton secara online. Teman-teman saya bisa update drama Korea terbaru, padahal dramanya saja belum masuk ke Indonesia (ditayangkan di teve Indonesia). Ternyata mereka menonton secara online. 

3. Jalan-jalan dan mencari inspirasi di luar rumah. 

Pikiran suntuk, coba jalan-jalan. Sebab jalan-jalan selain bisa menyegarkan pikiran juga bisa memancing ide. Dari sekadar melihat perilaku orang-orang di jalan, kita bisa dapat ide. Kejadian-kejadian yang kita alami di jalan, juga bisa menerbitkan ide. 

Itu kenapa sekarang saya rajin ikut event blogger, nggak lain dan nggak bukan ya untuk mencari ide menulis. Selain menulis reportase acara, saya juga bisa mendapatkan bahan tulisan lain. Sekali jalan, dua tiga tujuan terlampaui. Asyik kan. 

4. Membaca buku. 

Ide yang disampaikan penulis buku itu bisa memunculkan ide-ide baru lho. Siapa yang sudah lama nggak baca buku? Coba dibaca lagi. Kalau sudah habis bahan bacaan, ya beli buku baru. Saya sendiri sering mendapatkan ide menulis setelah membaca buku. 

Kok bisa? Iya, bisa dong. Misalnya, kita nggak setuju dengan pendapat yang disampaikan si penulis buku. Itu bisa jadi ide menulis buat kita. Kita sampaikan argumentasi sesuai pikiran kita. 

Atau, kita juga bisa mengulas buku tersebut, kan bisa jadi postingan tersendiri di blog. Nantinya bisa banyak penulis dan penerbit yang ingin bukunya diulas di blog kita. Minimal kita jadi punya buku baru tanpa harus membeli. Dengan catatan, bukunya harus diulas di blog kita. 

5. Ngobrol dengan teman.

Ngobrol dengan teman juga bisa memunculkan ide. Kita mendengarkan pengalaman teman akan sesuatu, itu bisa jadi bahan tulisan lho. Asalkan bukan sesuatu yang rahasia. Kalau teman kita bilang,jangan diceritakan ke siapa-siapa ya jangan diceritakan. 

Terus, apa dong yang bisa diceritakan? Ya hal-hal umum saja yang bukan merupakan aib dan jadi pembahasan bersama teman-teman, lalu diangkat lagi di blog. Pasti banyak deh. 

Pastinya masih banyak cara mencari ide menulis lainnya. Semua bergantung pada niat dan kemauan untuk menulis. Jangan biarkan blogmu menganggur. Sayang aja kalau sampai nganggur. Yuk ah, nulis lagi! 


11 comments:

  1. Sip, makasih masukannya mbak. ☺☺ aku salah satu yang sering miskin ide.. Kadang mo nulis..tp kok bingung mo nulis apaan

    ReplyDelete
  2. Punya ide banyak tapi bingung menggoreskan pena nya... Ehh ngetiknya

    ReplyDelete
  3. Thank you mba sarannya, selama ini tulisan berdasarkan pengalaman pribadi.. seru juga ni kalau nulis dari film ;)

    ReplyDelete
  4. Mba hana sih sudah pasti produktiv ngeblog.beda sama sy yg labil...hehehe.
    Thanks mba tipsnya, hmmm....baca buku mb hana aja yaaa
    www.niefem.com

    ReplyDelete
  5. Mba hana sih sudah pasti produktiv ngeblog.beda sama sy yg labil...hehehe.
    Thanks mba tipsnya, hmmm....baca buku mb hana aja yaaa
    www.niefem.com

    ReplyDelete
  6. makasih mbak, masih perlu lihat2 kiri kanan nih pa yang bisa dijadikan ide nulis

    ReplyDelete
  7. Kalo aku malah overload ide mb, dan mesti antri eksekusinya,.hahai

    ReplyDelete
  8. Aku nih belum update, mbak. Ada banyak yang pengen ditulis. Buku, film, kuliner, venue sama curcol.Eh tapi kok pas mau ngetik malesnya ga nahan hihihi

    ReplyDelete
  9. Sama nih mbak, baca buku memunculkan ide baru memang hehe

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  10. mantap idenya Mbk. Nonton itu aku yang jarang bangets secara repot bawa anak2 ke bioskop.

    ReplyDelete
  11. Klo aku jalan2 tuh, bisa dapat ide dengan cepat.. Sangking banyaknya ide ga sempet mulu ditulis

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...