Friday, February 24, 2017

6 Cara Agar Ibu Semangat Belajar Memasak



Assalamualaikum. Halo, Bu Ibu, ada yang nggak bisa memasak seperti saya? Kalau nggak bisa masak nanti ditenggelamkan lho, xixixi. Penting banget ya ibu-ibu harus bisa masak? Memasak itu keahlian dasar yang akan dibutuhkan, setidaknya pada saat terdesak. Emang sih dalam keadaan aman kita bisa beli masakan jadi, tapi bisa aja nanti kita kesulitan beli makanan jadi dan terpaksa harus memasak. 


Nah, makanya deh, setelah nikah saya belajar memasak walaupun prakteknya nggak setiap hari hehehe.... Saya salut sama ibu-ibu yang rajin masak dan sering masak, apalagi bikin-bikin kue untuk keluarganya. Saya pingin juga begitu. Setidaknya, ini enam cara supaya saya jadi semangat belajar memasak: 

Kuatkan Tekad dan Niat untuk Belajar Memasak
Belajar masak juga butuh tekad dan niat yang kuat. Kalau enggak ya pasti bakalan males. Bayangin ya, memasak itu kan pekerjaan yang buang-buang waktu. Dari mulai belanja bahan, mengolah, sampai mencuci peralatan dapur yang selesai digunakan. 

Mending langsung beli aja kan, cepet. Setelah menikah, saya semangat belajar masak karena dorongan suami yang pengen makan masakan istri dan anak-anak yang sering minta makanan ini itu tapi harus mamanya yang buat. Sidiq sering ngomong, "Mama, kok Mama nggak bikin kue lagi sih?" 

Padahal sih ya kue buatan mamanya itu biasa banget, jauh sama kue yang dijual di toko dari segi penampilan dan rasa. Tapi nggak tau kenapa anak-anak sering nanyain. Itu yang namanya cinta kali ya, hehe... Ge-er. 

Koleksi Resep Sederhana yang Mudah Dipraktekkan
Untuk awalan, gunakan resep-resep masakan yang sederhana saja dulu. Bahan-bahan yang digunakannya mudah ditemukan dan cara pembuatannya juga mudah. 

Resep masakan bisa kita dapatkan dari ibu, ibu mertua, teman, tetangga, bahkan Googling. Tapi kalau Googling sih mesti hati-hati ya, karena belum tentu bener. Pengalaman saya memasak memakai resep hasil Googling, sering gagal hahahaha.... 

Paling bagus sih coba bandingkan antara resep yang satu dan yang lain. Kalau gagal, ya namanya juga belajar memasak. Kayak orang pertama kirim tulisan ke majalah aja. Bisa langsung lolos seleksi, bisa juga nggak lolos. 

Ikut Kursus Memasak
Kursus memasak sekarang ini udah banyak banget, yang berbayar maupun nggak berbayar. Dari awal nikah, suami sudah nyuruh saya ikut kursus masak yang berbayar malah, tapi saya belum pernah ikutan. 

Nah, belakangan ini saya sering ikut event blogger yang ada acara masak-masaknya. Yang begitu itu bikin semangat memasak. Belajar masak langsung dari pakarnya, insya Allah anti gagal karena kita melihat langsung cara memasaknya. 

Gaul dengan Teman yang Suka Masak
Di komplek saya, ibu-ibunya sering masak bareng dan dimakan bareng. Dijamin yang kayak gini bikin kita semangat belajar masak. Udahlah diajarin masak gratis sama tetangga, habis itu dimakan bareng pula. Ngumpul sambil ngerumpi itu kan hobi ibu-ibu. 

Punya Peralatan Masak yang Mumpuni
Serius, ini penting banget. Saya sudah buktikan. Dulu peralatan masak saya cuma wajan biasa, panci biasa, sodet biasa, dan semua itu jumlahnya hanya satu. Bwahaha... Gimana mau bisa masak?

Saya coba cicil beli peralatan masak. Pas baru punya oven saja, saya jadi rajin masak kue yang dipanggang. Impian saya banget punya teflon berkualitas, karena saya mau bikin kue-kue praktis pakai teflon, seperti martabak dan pie susu Bali. Duh, kesukaan anak-anak banget itu. 

Jadi wajar kan ya, pas saya ke Alfamart dekat rumah, kaki saya langsung stag, nggak bisa bergerak. Apa sebabnya? Di rak depan ada peralatan masak yang dipajang, mana cakep-cakep! Alamaaak....

Royal Cookware VKB diskon 85%

Semuanya dari Teflon. Tinggal dipilih atau kalau perlu diborong semua. Hah?! Diborong? Teflon kan mahal, apalagi teflon berkualitas yang nggak lengket, mudah dibersihkan, tahan lama dan nggak mudah rusak, panas merata, dan pegangannya nggak panas jadi nggak perlu pakai serbet. 

Namanya Royal VKB Cookware, peralatan masak premium yang sudah lolos uji standar kualitas Eropa. Harganya didiskon sampai 85%! Mata ibu-ibu pasti udah bling-bling deh lihat diskon sampai 85%. Ini memang Kejutan Awal Tahun 2017 dari Alfamart.

Saya tanya ke kasir Alfamart, gimana cara mendapatkannya? Eh, ternyata disuruh ngumpulin stamp dulu. Setiap belanja Rp 30.000 bisa dapat satu stamp. Kalau belanja produk sponsor, ya dapat lagi satu stamp. Wah, saya jadi semangat ngumpulin stamp. 

Produk Sponsornya 

Ternyata produk sponsornya banyak! Kebetulan semua produk sponsornya itu memang saya butuhkan. Jadilah hari itu saya belanja berhasil mengumpulkan 8 stamp. Kalau udah sampai 10 atau 15 stamp, bisa ditukarkan dengan teflon idaman.

Bayangin aja, untuk panci dengan tutup (Casserole) 20 cm aja dari harga normal Rp 499.900, bisa dibayar dengan menukarkan 15 stamp fisik dan uang Rp 139.900. Whoaaa murah banget. Saya aja udah nggak sabar bawa pulang. 

Casserole 20 cm

Selain mengumpulkan stamp fisik yang ditempel, bisa juga pakai stamp digital dengan mendownload aplikasi Alfastamp Apps versi 2.0. Pada awal pengaktifan sudah langsung dapat 5 stamp. Harga teflonnya juga jadi lebih murah, ya tapi jumlah stamp yang ditukarkan juga lebih banyak. Untuk mendapatkan frypan ukuran 20 cm seharga Rp 269.900, harus mengumpulkan 30 stamp digital dan uang Rp 39.900. 


Eit, ada kejutan lainnya. Setelah semua stamp dikumpulkan dan ditukar dengan teflon idaman, kita bisa ikut undian lagi dengan mengisi formulirnya. Kalau yang pakai stamp digital sudah dihitung secara otomatis melalui database member Alfastamp. Kumpulkan formulirnya di kasir, siapa tau kita bisa dapat hadiah 2 paket liburan ke Belanda! 

Promo ini hanya berlangsung dari tanggal 16 Januari sampai 8 Mei 2017. Stampnya bisa ditukar sampai tanggal 21 Mei 2017. Informasi lebih lengkap, klik saja: www.alfamart.com.

Ikut Kontes Memasak
Nah ini dia tips terakhir supaya kita jadi semangat memasak, yaitu dengan mengikuti kontes memasak. Saya kenal beberapa orang teman yang rajin banget ikut kontes masak. Selain jadi rajin masak, mereka juga bisa menang hadiah hingga puluhan juta rupiah! 

Ternyata, kita bukan cuma bisa berkesempatan liburan ke Belanda dengan ikutan Kejutan Awal Tahun Alfamart ini. Kita juga bisa ikut kontes memasaknya! Caranya mudah banget. Kita hanya harus belanja Rp 30.000, lalu dapat satu stamp, plus bisa ikutan kontes memasaknya dengan membagikan foto masakan dan resepnya ke Facebook,  IG, & Twitter dengan menyertakan nomor struk belanja disertai hastag #PilihanBundaAlfamart. 


Resepnya harus karya sendiri lho ya. Sepuluh finalis akan menguji resep tersebut di hadapan juri si cantik Farah Quinn. Hadiahnya, mantaaap! Ada hadiah juga untuk pengirim resep terbanyak, yaitu voucher belanja Alfamart senilai Rp 500.000. 

Kontes resep ini hanya berlangsung dari tanggal 16 Februari sampai 31 Maret 2017 ya. 

Alhamdulillah, saya sudah punya Royal Cookware VKB Fry Pan 24 cm. Rencananya saya mau bikin martabak atau pie susu Bali, makanan favorit keluarga. Tungguin ya hasilnya hehehe.... 



Nah, ini dia hasil membuat Pie Susu Bali. Jujur, saya benar-benar puas karena akhirnya saya bisa membuat sendiri makanan favorit ini. Apalagi pas pienya matang dan diangkat, sama sekali nggak lengket. Ini pertama kalinya saya puas punya teflon. Dulu juga saya pernah punya teflon, tapi tetap aja lengket.

Langkah-langkah membuat Pie Susu Balinya, lihat saja di foto ya. Penampilannya sih nggak sekece yang di toko kue, karena nggak pakai cetakan pie hehe...  Tapi untuk orang yang baru pertama kali masak pie, boleh dong tepuk tangan. Terima kasih. Sudah dulu, ya. Saya mau cicipin dulu pienya hehe....

Bahan kulit Pie




Bahan Fla 









46 comments:

  1. Punya perlaatan masak yang mumpuni..aduh cita-cita bgt mba ,,,

    ReplyDelete
  2. Jadi tambah semangat masaknya ya mba, wuah anak-anak pasti seneng nih dibikinin pie susu. Bener nggak lengket ya, asyik!

    ReplyDelete
  3. Ngebayangin makan pie susu segede itu. Puas banget xixixi. Kan kalo beli, kicik2, gak puas makannya :v Bikin ah. Nyontek resepnya ya, Mak ... ��

    ReplyDelete
  4. Cara terakhir paling jitu deh. Iya banget, dengan makin lengkapnya peralatan masak, apalagi yang bagus-bagus, kita makin semangat masak. Ya, walopun menunya masih sederhana. Aaaah... Belom lengkap nih koleksi Royal VKB aku dari Alfamart. Semoga blom keabisaaaaan...

    ReplyDelete
  5. Ya ampun, aku baru tahu ada cara buat pie susu bali di wajan. Keren mba Leyla makin kreatif. Ntar pas ketemuan bawain ya aku incip. Hehhee

    ReplyDelete
  6. Panci casserolenya Mbak naksir, ukurannya pasvitu yah 20 cm, ini juga lagi ngpulin stampnya aku.

    ReplyDelete
  7. Pie susunya gede bangettt..puas deh makannya.

    ReplyDelete
  8. wah jadi mau coba deh Mba, kayanya ga terlalu sulit (buat saya yg ga jago masak) hehehe

    Salam hangat
    www.fennysugih.com

    ReplyDelete
  9. oh gitu ya mbak, kalau aku tergantung mood kalau masak

    ReplyDelete
  10. Jadi pingin nyoba ori susunya....

    ReplyDelete
  11. Klo masak pie susunya di kompor gas mungkin masak rata,lah klo dikompor minyak piye mak wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang masih pakai kompor minyak, Manda???

      Delete
  12. waaa asik nih...pengeon nyoba tp masih malas-malasan nih :)

    ReplyDelete
  13. Kalo mau koleksi resep enak install Cookpad, dijamin termotivasi juga karena usernya rajin pamerin hasil resep :D

    Waaah ternyata gampang ya bikin pie susu. Aku juga mau bikin ahhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya Googling ke situ juga tapi emang harus trial & error' hehe

      Delete
  14. Bener banget mba, peralatan masak yang bagus itu bikin semangat masak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, apalagi kalau koleksinya lengkap hehe

      Delete
  15. itu rasanya gimana ya?pengen nyoba jadinya

    ReplyDelete
  16. Setuju dengan enam-enamnya :)

    ReplyDelete
  17. aku kalau masak (kalau masak hahaha) resep selalu googling dan ga pernah gagal. tapi harus dari blog resep gitu kaya diahdidi atau justtryandtaste. dijamin ga gagal lah udah.

    ReplyDelete
  18. Gak pernah bisa ngumpulin full stamp nya. Selalu tercecer dimana2.

    ReplyDelete
  19. Infonya bermanfaat, resepnya praktis gampang bikinnya, murah , namun lezat dan spesial super . Terimakasih ya , mau coba belanja dulu ke Alfamart biar tambah praktis dan mudah dengan alat masak kerennya.

    ReplyDelete
  20. Aku ga jago masak nih. Mau kursus tapi males. Nanti lah private sama calon suami aja. Eh gimana ini? Hihihi... Kalau cookwarenya Royal KVB mah ga usah khawatir masakannya ancur, ya.

    ReplyDelete
  21. beberapa kali pengen bikin pie susu juga, ternyata bisa pake telfon dari alfamart yaa.. cobain aaah :D

    ReplyDelete
  22. Asikknyaa bikin pie susu sendiri. Hehehe makasihh tips tipsnya mbak 😁 bisa dipraktekkaan. . 😊

    ReplyDelete
  23. Wah, teflon dari Royal cookware nggak lengket ya, mbak? aku sering bikin kuli lumpia pake teflon dan hasilnya suka lengket. :D

    ReplyDelete
  24. koleksi resep mah banyak mbak cuma ya itu minim eksekusi hahaha... tapi aku kok penasaran ama pie susu nya pengen nyoba buat

    ReplyDelete
  25. Hai mbak Leyla.... mantap banget resepnya. Kpn2 aku coba ah. Pake teflon anti lengket bikin acara masak-memasak makin gampang yach mb.

    ReplyDelete
  26. Mau pie susunyaa...
    Aku jg ga bisa masak. Belajar masak bukan krna takut ditenggelemin. Pan bisa berenang ahaha

    ReplyDelete
  27. Wah, ibu saya juga koleksi teflon diskonan dari alfa, mbak. Mulai dari yang bentuknya panci sama penggorengan. Sebelum itu juga udah beli yang satu set pisau dan wadah anti tumpah juga pake stamp dari alfa. Dan emang bener sih ya kalo ibu2 punya banyak alat masak unik, jadi makin semangat masaknya. :D

    ReplyDelete
  28. Pingin bikin, mba Leyla.
    Bisa buat camilan sehat untuk bekal anak-anak sekolah.

    Tapi sepertinya lebih enak kalau dimakan saat masih hangat yaa, mba..

    *kriuuk...kriuk pinggirannya.
    Nyaamm~~

    ReplyDelete
  29. Aku suka pie susu 😍😍😍 ahh jadi pengen coba, makasih sharingnya mba 😁😁

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...