Sunday, February 19, 2017

Panggil Dokter ke Rumah dengan Aplikasi Medi-Call


Assalamu'alaikum. Siapa yang suka nonton film atau sinetron dan sering menemukan adegan tokohnya tiba-tiba pingsan atau sakit, lalu keluarganya bilang, "Cepat panggil Dokter!" Dokter pun datang ke rumah dan dengan cepat mendiagnosa juga memberikan obat kepada orang yang sakit itu. 


Dalam kehidupan nyata, saya sendiri belum pernah memanggil dokter ke rumah kalau tiba-tiba sakit. Yang ada juga cepat-cepat berangkat ke dokter bagaimanapun kondisinya. Di rumah sakit pun, kalau bukan Gawat Darurat, ya harus antri dulu untuk bisa mendapatkan pengobatan dari dokter. 

Jadi, saya pikir yang bisa mendapatkan layanan pribadi dari dokter itu hanyalah orang-orang kaya. Widiih, manggil dokter ke rumah bo. Berapa biayanya coba? Kepingin nggak sih kita mendapatkan pengobatan dari dokter yang datang ke rumah, kantor, atau hotel tempat kita berada dengan biaya yang sudah diketahui sebelumnya? Seperti kita memanggil ojek atau mobil online? 

Kemarin, 18 Februari 2017, saya dari Kumpulan Emak Blogger (KEB) menghadiri peluncuran aplikasi Medi-Call di Hotel Puri Denpasar Kuningan, sebuah aplikasi pemesanan layanan kesehatan berbasis smartphone yang telah sukses digunakan di Bali oleh warga lokal dan turis. Penasaran kan seperti apa cara kerja Medi-Call?

Aplikasi Medi-Call diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika KOMINFO, Ketua Komisi IX DPR RI, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM, Ketua Terpilih Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pusat, Ketua Umum Asosiasi Klinik Indonesia (ASKLIN), Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI), Ketua Umum Perhimpunan Klinik dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer Indonesia (PKFI), Ketua Umum Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), dan Satgas Imunisasi Dewasa Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PB. PAPDI). 

Sambutan dr. Daeng Muhammad Fatih SH. MH

Semula, aplikasi Medi-Call baru digunakan di Bali tapi kini sudah bisa dipakai di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Aplikasi Medi-Call bisa diunduh di Playstore secara gratis. Berbasis GPS, kita bisa memesan pelayanan kesehatan yang terdekat dari rumah, kantor, atau hotel tempat kita berada. Demikian penuturan dr. Stephanie Patricia, Chief Marketing Officer Medi-Call.

Peluncuran Aplikasi Medi-Call

Serius kita bisa memesan dokter ke rumah? Yup. Medi-Call memiliki fitur lengkap, di antaranya: emergency call ke nomor telepon rumah sakit atau klinik untuk memanggil ambulans berdasarkan lokasi terdekat, layanan dokter ke rumah, klinik, laboratorium, dan layanan farmasi online yang terintegrasi dengan apotek K-24 melalui www.k24klik.com.


Jadi, kita bisa memanggil ambulans, dokter, bahkan memesan obat melalui aplikasi Medi-Call ini. Dalam kondisi darurat, tidak perlu ke rumah sakit lagi. Ini adalah aplikasi pertama di Indonesia yang melayani kunjungan dokter ke rumah dengan tarif yang kompetitif dan transparan. Tentunya hal ini dapat mengubah paradigma dokter yang hanya dapat kita temui pada jam praktek, menempuh perjalanan ke rumah sakit yang sering kali macet, dan antri panjang di rumah sakit. Dengan Medi-Call, layanan dokter jadi lebih praktis dan dapat diakses di mana saja selama 24 jam. Pasien yang sulit ke mana-mana, tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Demikian penjelasan dr. M Candra Wijanadi, CEO Medi-Call. 

Untuk bisa terdaftar di aplikasi Medi-Call ini caranya sangat mudah. Setelah mengunduh di Playstore, saya hanya mengisi beberapa data umum seperti nama, telepon, tanggal lahir, dll. Saat sedang membutuhkan jasa dokter, saya cukup menuliskan keluhan dan beberapa data penting, lalu akan diberitahu biaya panggilan yang ditentukan secara otomatis. Dokter terdekat yang saat itu sedang mengaktifkan panggilan, akan menerima pesanan kita. 

Ya, kalau dibayangkan seperti kita memesan ojek online deh. Semudah itu. Kita sudah tahu tarifnya di awal, jadi tidak usah ragu. Apalagi para profesional yang terdaftar di Medi-Call ini sudah memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) dan SIP (Surat Izin Praktik). 

Medi-Call ini telah sukses di Bali. Sekarang di Jakarta. Semoga ke depannya juga bisa digunakan di kota-kota lain selama ada jaringan internet. Aplikasi ini dibuat oleh PT. Medika Nusantara Gumilang, sebuah start up di bidang kesehatan yang didirikan di Bali oleh para dokter lulusan Universitas Udayana Denpasar Bali, yaitu dr. M Candra Wijanadi, dr. Stephanie Patricia, dr. Budhi Riyanta, dan alumnus Universitas Gadjah Mada dr. Gideon Hartono. Diluncurkan di Bali pada Desember 2016 dan bisa diakses dari ponsel android. Awal Maret 2017, baru bisa diakses pada pengguna Apple iOS. 

Panggil Dokter ke rumah dengan Aplikasi Medi-Call? Bisa! 



19 comments:

  1. Wah kalau begini enak ya, enggak repot lagi antri apalagi pakai BPJS lamaaa.... Semoga segera banyak di kota lain ya.

    ReplyDelete
  2. Ya ampun ini penting bngt aplikasinya ya, memudahkan banget buat urgent saat butuh bantuan medis

    ReplyDelete
  3. Wah boleh juga kalau misal butuh ambulance langsung bisa menggunakan aplikasi ini ya

    ReplyDelete
  4. Mempermudah ya ,kalau sakit jangan panik tinggal tlfn MEDICALL sekarang

    ReplyDelete
  5. Sekarang apa2 jadi lebih mudah ya mba. Teknologi yg membantu. Rekom3nded bgt ya untuk diunduh biar jaga2

    ReplyDelete
  6. wah jaman sekarang segala hal dipermudah ya

    ReplyDelete
  7. wah kalau ada yg emergency jadi jauh lebih dipermudah ya :D

    ReplyDelete
  8. Enak ya,ga perlupusing nyari dokter.Ketikaemergency tinggal buka aplikasi ini

    ReplyDelete
  9. Makin mudah saja. Harus ada aplikasi ini. Apalagi kadang kita gak memungkinkan untuk bisa pergi

    ReplyDelete
  10. Mudah, ya? Kalau waktu emergency jadi gak repot lagi.

    ReplyDelete
  11. butuh banget ya kita terutama kalau punya anak kecil, atau wanita hamil, atau yang sedang merawat orangtua sakit

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah ya mak, udah ada aplikasi seperti Medi-Call jadi bisa cepat jika memerlukan bantuan layanan kesehatan.

    ReplyDelete
  13. Hebat ya mak sekarang, bener2 serba canggih.. Nanti mau coba ah kalau layanan vaksinnya sdh bs diakses

    ReplyDelete
  14. Semua canggih ya. Semoga segera bisa untuk BPJS jadi masyarakat bakal tambah dimudahkan hihi

    ReplyDelete
  15. Sayangnya baru untuk wilayah jakarta saja ya. Depok belum dijangkau ��. Makin canggih deh layanan kesehatan sekarang.

    ReplyDelete
  16. aplikasi kayak gini emang butuh banget apalagi kalau bisa di implementasi ke seluruh indonesia, makin enak

    ReplyDelete
  17. Aku udah mampir, ke klik lagi ,biarlah coment lagi

    ReplyDelete
  18. Sedap mak, semoga nggak hanya hadir dikota besar aja. Ini aplikasi bsa merambah ke desa2 soalnya desa kan lbh penting dijamah dokter drpd kota

    ReplyDelete
  19. Terimakasih mbak Leyla atas review nya!

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...