Saturday, May 27, 2017

Libur Lebaran Ceria dari Kota Budaya ke Kota Wisata


Assalamualaikum. Tak terasa kita sudah memasuki bulan Ramadan. Selain mempersiapkan ibadah sebaik-baiknya, kita pasti juga sibuk mempersiapkan rencana mudik dan libur lebaran. Apalagi libur lebaran kali ini bersamaan dengan libur semesteran anak-anak. Tahun-tahun lalu, kami berlebaran di Garut, kampung suami, lalu ke Pekalongan, seperti yang saya ceritakan di Mudik Lebaran Ceria dari Selatan ke Utara. Tahun ini sepertinya tidak. Kami akan berlebaran di rumah dulu, lalu ke rumah orangtua saya.


Rencananya, akan ada silaturahim keluarga besar saya di Solo. Semoga saja kami bisa ikut ke Solo. Kalau jadi ke Solo, berarti kami akan berangkat dari Solo ke Bandung. Lho, kok ke Bandung dulu? Ya kan di Garut tidak ada landasan udara. Kemungkinan kami berangkat ke Bandungnya seminggu setelah lebaran. Liburan dulu di Bandung dua hari, sekaligus bersilaturahim dengan keluarga suami di Bandung. Sudah lama saya ingin mengunjungi beberapa tempat wisata untuk anak-anak yang ada di Bandung ini, seperti:

Kampung Gajah Wonderland
Jujur, saya baru mendengar ada tempat wisata ini di Bandung yang memiliki puluhan wahana permainan. Anak-anak saya paling senang diajak ke tempat wisata yang ada banyak wahana permaianannya. Kelihatannya menarik dan berbeda dari wahana permainan lainnya, karena konsepnya mengambil ide dari film-film seperti Aladdin, Sun Go Kong, dan Pirates of The Carribean. Ada Mini Zoo dan Waterparknya juga.

Kebun Binatang Mini di Atas Atap
Nah, ini lagi yang baru saya ketahui padahal saya sudah pernah ke Mal Paris van Java. Ternyata di atas atapnya ada dua kebun binatang mini, yaitu Bird Park dan Lactasari Mini Farm. Bukan hanya bisa menambah pengetahuan anak mengenai binatang-binatang yang ada di sana, anak-anak juga diperbolehkan memberikan makanan dan minuman kepada binatang-binatang itu. Jadinya kan bisa mengasah rasa kasih sayang anak kepada binatang.

Bandung Carnival Land
Uang terbatas tapi anak-anak masih mau bermain di wahana permainan? Ajak saja ke Bandung Carnival Land yang biaya tiketnya merakyat, tapi wahana permainan yang ada di dalamnya cukup memuaskan. Biayanya hanya sekitar Rp 40-000 – Rp 50.000 / tiket dan bisa menikmati semua wahana permainan yang ada di sana.

Tiga saja dulu rencana tempat yang akan kami datangi di Bandung, karena waktu liburannya juga terbatas. Sekarang saya coba estimasi biayanya di traveloka. Pertama, saya estimasi biaya tiket pesawat dari Bandara Adi Soemarmo Solo ke Bandara Husein Sastranegara Bandung, paling murah per orangnya Rp 1.346.100 per orang. Jadi untuk 5 orang, biaya tiket pesawatnya Rp 6.730.500. Mungkin karena lebaran, jadi harganya wow banget ya. Putar otak deh nih. Kalau naik bus atau mobil, khawatir terjebak macet. Tahu sendiri kan lebaran gitu lho. Tahun lalu malah banyak orang yang meninggal dunia karena kelelahan saat mudik di jalur Pantura. 


Untuk biaya hotelnya, saya juga estimasikan di Traveloka biaya menginap di hotel selama dua malam. Saya pilih hotel dengan rating 3 tapi biaya terjangkau, demi kenyamanan anak-anak. Per malamnya Rp 250.011, dua malam jadi Rp 250.022. Nah, kalau digabungkan biaya tiket pesawat dan hotel itu jadinya saya harus mengeluarkan Rp 7.230.522. Itu kenapa ya kita butuh THR (Tunjangan Hari Raya), karena biaya transportasi untuk bersilaturahim saja butuh sebesar itu. Adakah cara untuk mengurangi biayanya lagi? 


Ternyata cara memesan tiket dan hotel secara terpisah itu cukup menghabiskan waktu ya. Bayangkan, saya melakukannya dari habis salat subuh sampai jam 7 pagi ini karena menginginkan tiket pesawat dan hotel yang murah tapi pelayanannya bagus. Ya iya dong, namanya juga ibu-ibu dengan anak kecil kan. Maunya sih harga murah, tapi kualitas bagus karena anak-anak harus nyaman. Kalau tidak, bakal repot di perjalanan dengan kerewelan mereka.

Setelah saya lihat-lihat lagi, ternyata di Traveloka sekarang ada layanan yang namanya Paket Wisata Traveloka berupa paket pesawat dan hotel yang lebih mudah dan menghemat waktu pemesanan daripada memesan satu-satu. Sekali pesan, kita langsung mendapatkan tiket pesawat dan hotelnya. Saya pilih yang hotelnya sama dengan estimasi di atas, ternyata setelah dihitung lagi, saya bisa dapat kembalian! Iya, harga paket tiket pesawat dan hotelnya Rp 6.941.300. Saya bisa menghemat Rp 289.222 yang uangnya bisa untuk biaya kulineran di Bandung.
Harga Paket Tiket Pesawat dan Hotel Per Orang

Untuk pembayarannya, lebih mudah lagi. Tidak hanya menggunakan kartu kredit lho, tapi bisa juga dengan transfer bank dan ATM (BCA, BNI, Mandiri, BRI, ATM Bersama, ATM Prima, Alto), Direct Debits (CIMB Clicks, Mandiri Debit, BCA KlikPay, Mandiri ClickPay), dan yang paling mudah lagi bisa bayar di Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi!

Buat teman-teman yang juga mau liburan lebaran dan butuh pesan tiket pesawat dan hotel, lebih baik memanfaatkan layanan Paket Wisata Traveloka itu karena memang benar-benar menghemat pengeluaran.



15 comments:

  1. Baca ini jadi latah pengin juga liburan :(

    ReplyDelete
  2. Aku dan keluarga belom pernah lho main ke 3 tempat wisata itu. Aduuuuh malu. :)))

    ReplyDelete
  3. kangeeen liburaaan jadinyaa mbak :" tahun lalu ke bandung cuman sebentar banget hikss jd gasempet jalan" deh. ..:"

    ReplyDelete
  4. wah aku malah sering kebandung belum ke sana.

    ReplyDelete
  5. Aku yang tinggal di Bandung malah belum pernah ke 3 tempat itu Mbak.. hiks.

    ReplyDelete
  6. Belum pernah ke semua tempat yang disebut hiks...

    Terakhir ke Bandung, liat jalan ke atas yang macet bikin nangis aja

    ReplyDelete
  7. Jadi semakin mudah, bisa pesan sekaligus tiket pesawat dan hotel.

    ReplyDelete
  8. Kampung Gajah keren banget meski letaknya agak jauh ke atas dan sedikit 'agak' mahal. Harusnya lebih diperdalam lagi ceritanya biar 'adil' hehehehe

    ReplyDelete
  9. liburan keluarga harusnya selalu bawa kamera siap siaga mengabadikan momen,nah klo males bawa kamera bisa bawa yi action camera saingan dari go pro tuh,siap tinggal masuk saku celana coba check deh kualitas mana yang lebih bagus GoProatauYoiActionCamera

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...