Tuesday, July 25, 2017

Agar Kebaya Tak Hanya Dipakai Saat Pernikahan



"Astaghfirullah!" 
Terkejut saya melihat kebaya akad nikah yang susah payah dijahit Mamah sudah sobek bagian bawahnya karena digerogoti tikus. Kebaya itu digantung di lemari tapi rupanya disukai tikus-tikus yang berhasil masuk ke dalam lemari. 

Kebaya disain saya lho itu, kebaya yang panjang di bagian belakangnya. Justru bagian belakangnya yang panjang itu yang digerogoti tikus. Sejak dijahit oleh alharhumah Mamah, kebaya itu hanya dipakai sekali. Iya, sekali saja dipakai, sewaktu akad nikah. 

Bu Ibu coba lihat koleksi kebayanya di lemari. Sama nggak nasibnya dengan kebaya-kebaya saya? Hanya dipakai sekali seumur hidup? Saya punya beberapa helai kebaya. Ada kebaya akad nikah sendiri dan beberapa kebaya seragam nikahan adik-adik. 

Sebenarnya sayang memandangi kebaya-kebaya itu yang harganya nggak murah tapi manfaatnya hanya sekali. Lho kenapa nggak dipake aja tuh kebaya? Yah mau dipakai ke mana? Ke undangan nikahan? Ntar ngalahin yang nikah. 

Kebaya seragam itu ada yang harganya hampir sejuta. Buat saya, itu harga yang mahal. Kebaya yang disain sendiri dan dijahit di tukang jahit. Harga bahannya aja 800 ribuan. Sisanya ongkos jahit. Mau dijual tapi kok nggak enak ya kan kenang-kenangan. 


Apakah modelnya yang terlalu ribet dan mewah sehingga kebaya itu hanya bisa dipakai di acara tertentu? Yup, memang saya akui modelnya ribet dan bahannya mewah. Padahal, kebaya bisa dibuat santai. Jadi nantinya kebaya itu bisa dipakai untuk acara-acara yang lebih santai, bukan hanya acara pernikahan dan semacamnya. 

Kita juga nggak harus mendisain dan menjahit kebaya sendiri karena justru biayanya lebih mahal. Mendingan beli aja langsung kebaya modern di Zalora Indonesia. Ada banyak model dan harga yang bisa dipilih sesuai budget. Dan kalau lihat model-modelnya sih kebaya itu nanti bisa dipakai lagi di acara yang lebih santai.

Beberapa tips ini bisa dilakukan agar kebaya tak hanya dipakai saat pernikahan: 

  1. Pilih model yang sederhana dan menyerupai atasan blus atau tunik. 
  2. Untuk kain brokat yang biasa digunakan pada baju model kebaya, sebaiknya hanya sebagai hiasan di ujung tangan, leher, & bawah kebaya agar tidak terlalu berkesan mewah. 
  3. Jika tidak menggunakan kain brokat pun tak mengapa. Beberapa model kebaya tidak menggunakan kain brokat tapi tetap berkesan kebaya. 
  4. Kain kebaya juga bisa bermotif batik dan semakin bisa digunakan untuk berbagai kepentingan. 

16 comments:

  1. klo aku mo pake kebaya nikah, kudu nurunin berat badan dulu :D tipsnya dicatet nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebaya nikahnya udah gak muat ya 😂

      Delete
  2. kebaya encim yg sederhana cuma bordiran gitu paling aman, bisa digabungin sm jeans kl lg pengen santai

    makasih tips nya mbaaakk

    :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah betul itu.. kebaya encim cuma hiasan bordir di tepinya ya. Santai.

      Delete
  3. aku malah pakai kebayanya emakku mbak. Masih bagus soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti cuma dipake sekali juga ya kebaya emaknya hehe

      Delete
  4. Aku sih kebaya pasti sering dipakai. Tapi ya memang modelnya dibikin yanh simpel.
    Dalam sebulan minimal 2 atau 3 kali pasti ada aja acara dimana aku pakai kebaya. Baik buat ke Pura atau acara adat lainnya. Jadi kalau dapat pembagian seragam, kubuat modelnya yang simel sehingga bisa menyesuaikan dipakai kemana aja

    ReplyDelete
  5. Kebaya model kutubaru juga bisa dibuat jalan-jalan ya mba.. Aku kalo bikin kebaya agak menghindari bahan brokat supaya nantinya lebih bisa kepake memang.. :D

    ReplyDelete
  6. aku suka pakai bawahan kain tp atasannya blus biasa, tp tetep kece mbak.

    ReplyDelete
  7. Sekarang kebayanya bisa dijual lewat online yah. Karena banyak pilihan atasan lengan pendek dan 3/4. Jadi nggak perlu repot lagi deh buat jahit kebaya ke tukang jahit dengan biaya yang sangat mahal.

    nurazizahkim.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Kebaya emang bikin galau. Abis acara suka bingung mau dipake apalagi...

    Akhirnya udah dari 2009 pilihan saya jatuh ke model atas bawah atau gamis aja Mb, biar bisa dipakai lagi maksudnya . Meski kainnya brokat

    ReplyDelete
  9. aku kebanyakan pakai kebaya kutubaru.. soalnya bentuknya casual banget dan masih bisa dipadupadanin sama bawahan lain.. bisa dipakai santai pula..

    ReplyDelete
  10. Iya, sekarang kebaya modelnya up to date. Dipake sama jeans aja cocok

    ReplyDelete
  11. For the scarce event like weeding or graduation sometimes I don't know when I can use this Kebaya again. But this article is so inspiring!! Thankyouuu so much

    ReplyDelete
  12. Aku juga pakai kebaya dan memang awet dan bisa digunakan dimana aja. Duh pengen liat Zalora ah :)

    ReplyDelete
  13. Kebaya jaman sekarang lebih enak dipakai formal or non formal ya...

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...