Monday, October 16, 2017

Menabung Untung Miliaran Rupiah di Tabungan Online SOBATKU


Tabungan adalah bentuk investasi sederhana yang sudah kita kenal sejak kecil. Dari masih duduk di Taman Kanak-kanak, kita sudah dikenalkan dengan menabung untuk menyimpan  uang di Bu Guru menggunakan buku tabungan mungil yang disetorkan setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu. Setelah memiliki kartu pelajar atau KTP, kita bisa membuka tabungan di Bank. Bahkan sekarang anak-anak pun sudah bisa membuka tabungan di Bank menggunakan KTP orangtuanya, tapi buku tabungannya tetap atas nama si anak. 


Di masa kecil itu, tabungan hanya digunakan untuk menyimpan uang. Setelah dewasa, tabungan juga dimanfaatkan untuk melakukan transaksi keuangan lain, seperti membayar tagihan listrik, membeli pulsa, transfer antar bank, dan lain-lain. Adakah teman-teman pembaca blog ini yang merasakan kerepotan menabung di Bank, entah karena kantor cabangnya sedikit atau sulit melakukan penarikan tunai karena tidak menemukan gerai ATM terdekat? Kalau iya, berarti senasib dengan saya. 

Perkembangan teknologi memang telah memudahkan kita untuk melakukan transfer antar bank, mengecek saldo rekening tabungan, membayar tagihan-tagihan melalui internet banking atau mobile banking. Akan tetapi, kita tetap harus melakukan setoran tunai ke Bank dan menarik uang melalui ATM. Belum lagi biaya administrasi yang didebet dari tabungan kita, yang jumlahnya berbeda-beda antar bank. Bahkan, untuk mengecek saldo di ATM saja terkena biaya. Untuk membuka tabungan di Bank pun kita harus mendatangi banknya, mengisi formulir yang banyak pertanyaannya, dan tentunya harus memiliki saldo minimum. 

Nabung di celengan? Sudah gak zaman!
Nah, terbayangkah bila ada Tabungan Online yang bisa mendaftar hanya menggunakan Smartphone, tanpa harus ke Bank, tanpa harus mengisi formulir pendaftaran dan menjawab banyak pertanyaan, dan tidak ada saldo minimum? Ini dia Tabungan Online SOBATKU yang bisa didownload di Google Play atau App Store, proses pendaftarannya mudah dan dilakukan secara online, gratis biaya administrasi dan tanpa saldo minimal, biaya transfer murah antar Bank, bisa setor dan tarik tunai di Alfamart dan Alfamidi, bisa melakukan berbagai transaksi keuangan hanya dari ujung jari, serta berkesempatan memenangkan Undian Milyaran Rupiah!

Tidak percaya? Saya sudah membuktikannya. Tanggal 12 Oktober 2017 lalu, saya menghadiri pengundian 3 bulanan Grand Prize berupa uang tunai Rp 100 juta untuk para nasabah SOBATKU. Pengundiannya diadakan di Lobi Sampoerna Strategic Square pukul 16.00-18.00 WIB dan disaksikan oleh Pejabat Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Sosial Republik Indonesia, Polsek Setiabudi, Notaris, undangan, serta anggota dan calon KSP Sahabat Mitra Sejati. Hadir juga Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Agus Muharram dan jajaran Pengawas dan Pengurus KSP Sahabat Mitra Sejati.



Lho, kok Koperasi? Yup, SOBATKU yang kepanjangan dari Simpanan Online Sahabatku dikeluarkan oleh Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati atau Sahabat UKM dan didukung oleh Bank Sahabat Sampoerna. Diluncurkan pertama kali di Makassar pada Hari Koperasi Nasional ke-70 tanggal 12 Juli 2017. Tujuannya adalah untuk mengembangkan dan memperkuat jaringan usaha koperasi dalam memasuki era fintech atau Financial Technology. SOBATKU adalah bentuk dukungan terhadap program Inklusi Keuangan yang dicanangkan pemerintah untuk seluruh masyarakat. 

Pemerintah menargetkan sekitar 72% masyarakat memperoleh akses layanan Perbankan melalui Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif. Tujuannya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, mempercepat penanggulangan kemiskinan, mengurangi kesenjangan antarindividu dan antardaerah, sehingga tercapai kesejahteraan masyarakat. Kebijakan keuangan inklusif ini adalah bentuk pendalaman layanan keuangan untuk masyarakat di piramida terbawah yang belum memanfaatkan produk dan jasa keuangan formal seperti menyimpan uang yang aman, transfer, menabung, maupun pinjaman dan asuransi. 

Saya pernah mendengar berita seorang pedagang beras yang dirampok dalam perjalanan pulang ke rumah karena membawa dua tas berisi uang hasil berdagang. Mengapa dibawa pulang ke rumah? Karena di tempatnya berdagang itu jauh dari akses Perbankan atau Bank. Padahal, uang tersebut bisa disimpan di Bank daripada dibawa pulang ke rumah tanpa penjagaan maksimal yang berpotensi dirampok. Akses Perbankan yang masih jarang atau sulit, terutama di kalangan masyarakat bawah itulah yang membuat mereka masih menabung di rumah. Tentunya itu akan meningkatkan risiko kehilangan uang akibat perampokan. 

Tabungan Online SOBATKU dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan Perbankan hanya melalui Smartphone. Saat ini, siapa yang tidak  memiliki Smartphone? Banyak keuntungan dari membuka tabungan online SOBATKU, yaitu: 

Dapat Diunduh dengan Mudah dan Gratis Melalui Google Play atau App Store
Di lokasi acara, saya mengunduh aplikasi SOBATKU dengan mudah dan cepat. Proses pendaftarannya pun mudah, yaitu dengan hanya mengisi beberapa data penting seperti nama, tanggal lahir, alamat email, nomor handphone, PIN, dan menjawab satu pertanyaan keamanan. Kita bisa memilih satu dari dua jenis registrasi, yaitu Registrasi Pengguna Standar atau Registrasi Pengguna Upgrade.


Pada Registrasi Pengguna Standar, hanya melakukan pengisian data tapi belum dilengkapi dengan dokumen yang dibutuhkan sehingga hanya bisa memiliki saldo maksimal sebanyak 1 juta rupiah dan belum bisa mengikuti undian SOBATKU meskipun memiliki poin. Sedangkan untuk melakukan Registrasi Pengguna Upgrade, kita diminta melengkapi dokumen yaitu nomor dan foto KTP, alamat domisili, dan nama ibu kandung. Kemudian kita dapat memiliki saldo maksimal 20 juta rupiah dan tentunya dapat mengikuti undian SOBATKU.

Baca dulu syaratnya


Nomor Handphone = Nomor Rekening
Yup, hanya dalam waktu 5-10 menit, kita sudah bisa memiliki rekening SOBATKU dengan nomor rekeningnya adalah nomor handphone kita sendiri. Jadi, tidak ada deh yang namanya peristiwa lupa nomor rekening kecuali kalau kita belum hapal nomor handphone sendiri ya. Masa berlaku nomor rekeningnya sama dengan masa berlaku nomor handphone kita. Kalau nomor handphonenya sudah tidak digunakan ya tabungan SOBATKU juga ditutup dengan sendirinya. Untuk login lagi juga hanya tinggal memasukkan nomor handphone dan PIN.

No HP = No Rekening
Untuk saya, ini sangat memudahkan karena kalau membuka rekening baru, saya paling susah menghapal nomornya. Nomor KTP saja sampai sekarang belum hapal. Otak saya sulit menghapalkan angka-angka. Bisa hapal kalau memang sudah digunakan berkali-kali, seperti nomor handphone. Kalau ada tabungan yang nomor rekeningnya sama dengan nomor handphone kita, pastinya sangat membantu mengingat. Kecuali kalau kita juga tidak ingat nomor handphone sendiri. Beli nomor cantik dong supaya ingat, hihihi.... 

GRATIS Biaya Administrasi dan Tanpa Saldo Minimal
Wuhuu... siapa yang tidak suka gratisan? Ibu-ibu macam saya ini sudah tentu sangat suka gratisan, termasuk menabung di Bank pun maunya gratis biaya administrasi. Ya iya, coba kalau biaya administrasi perbulan Rp 20.000 saja kan lumayan. Apalagi kalau rekeningnya tidak banyak isinya. Sudah sedikit, dipotong biaya administrasi pula. Bisa-bisa tabungan kita habis untuk biaya administrasi.

Nah, tabungan online SOBATKU ini gratis biaya administrasi dan tanpa saldo minimal. Jadi, untuk memiliki tabungan SOBATKU kita tidak perlu mengisi saldo minimal dulu. Tanpa saldo minimal pun, tabungannya sudah langsung jadi. Nanti kalau mau melakukan transaksi keuangan, baru deh kita isi dengan saldo. Cara pengisiannya mudah. Setor tunai dan tarik tunai dilakukan di Alfamart dan Alfamidi terdekat. 

GRATIS Tarik Tunai di Alfamart dan Alfamidi
Alfamart dan Alfamidi pasti mudah ditemukan di mana-mana bahkan jarak satu sama lain terkadang hanya 300  meter. Lain dengan Bank atau Gerai ATM yang lokasinya hanya di tempat tertentu, khususnya di perkotaan. Nah, bila memiliki tabungan online SOBATKU, kita tidak lagi risau mau tarik tunai atau menyetorkan tabungan.

Tinggal mendatangi Alfamart atau Alfamidi terdekat dari jam 7 pagi sampai jam 9 sembilan sesuai waktu buka dan tutupnya kedua toko di atas. Mudah, kan? Berbeda dengan layanan di Bank yang baru buka jam 8 pagi dan tutup jam 5 sore. Untuk melakukan tarik tunai pun gratis, jangan takut terkena biaya. Bahkan, biaya Rp 1000 pun tidak ada. Ih, gampang banget ya!


Selain tarik tunai melalui Alfamart dan Alfamidi, juga bisa dilakukan cabang sahabat UKM terdekat dan melalui teman yang juga menggunakan SOBATKU. Jadi, kalau kamu sedang butuh uang banget dan kebetulan teman di sampingmu itu juga pakai SOBATKU, kamu nggak perlu lagi ngutang. Tarik tunai saja melalui temanmu itu. Dengan catatan, di tabungan SOBATKU kamu ada saldonya hehe...


GRATIS Biaya Beli Pulsa
Biaya pulsa pastinya sudah menjadi kebutuhan utama generasi milenial. kalau tiba-tiba kehabisan pulsa, kita ke mana? Meluncur ke toko pulsa terdekat? Keluar biaya transportasi lagi dong. Sekarang gampang. Bisa beli pulsa menggunakan tabungan online SOBATKU. Tentunya, beli pulsanya sebelum pulsanya benar-benar habis ya, karena aksesnya menggunakan internet. Tak ada biaya tambahan pula untuk membeli pulsa melalui SOBATKU. 

Mudah Melakukan Transaksi Perbankan Lainnya
Mau bayar tagihan listrik, tagihan TV Berbayar, transfer ke rekening bank lain, dan traksaksi perbankan lainnya, tinggal buka aplikasi SOBATKU. Buat Bu ibu yang suka kehabisan token listrik dan mendadak listriknya mati, sekarang tinggal pakai SOBATKU nggak khawatir lagi nggak bisa nyuci karena pulsa listriknya habis.


Biaya Transfer Ke Bank Lain Lebih Murah
Sebagai Bu ibu yang suka belanja online, saya sering merasa rugi membayar biaya transfer lain bank. Harga barang jadi lebih mahal kan. Sudah ditambah biaya ongkir eh biaya transfer lain banknya juga lebih mahal. Nah, melalui rekening SOBATKU ini, biaya transfer lain bank hanya Rp 4.000. Lebih murah sedikit daripada di bank lain. Contohnya kalau dari bank saya yang sebelumnya, biaya transfernya Rp 6.500.

Langkah 1

Langkah 2

Langkah 3

Kalau belanja onlinenya cukup sering ya lumayan selisihnya. Apalagi barangnya benar-benar dibutuhkan ya saya belain beli online. Seperti baju renang anak yang baru saya bayar ini. Baju renangnya memang dibutuhkan untuk Salim, si bungsu yang belum punya baju renang. Baju renang yang saya pesan ini katanya memiliki inovasi baru, yaitu bisa mengapung. Baju renang sekaligus pelampung. Alhasil, saya kan tidak perlu beli pelampungnya lagi. Kalau mau berenang, pelampung dan ban renangnya juga sering ketinggalan atau hilang. Intinya, baju renang ini saya butuhkan jadi saya rela beli online.

Undian Milyaran Rupiah
Nah, ini dia informasi yang ditunggu-tunggu. Setiap 3 bulan, tabungan online SOBATKU mengadakan undian ratusan jutaan rupiah untuk para nasabahnya. Tujuannya untuk menjalin komunikasi, meningkatkan relasi, dan memberikan apresiasi kepada seluruh anggota dan calon anggota yang mempercayakan kebutuhan dan melakukan transaksi keuangannya di KSP Sahabat Mitra Sejati. Grand Prize 3 bulanan itu senilai Rp 100 juta! WOW, kaya mendadak nih! 

Selain itu, ada juga hadiah saldo SOBATKU sebesar Rp 10 juta, Rp 5 juta, Rp 1 juta, dan Rp 100 ribu untuk ratusan pemenang. Nanti akhir periode, akan ada ribuan hadiah dengan total milyaran rupiah. Luar biasa sekali ya. Saya menyaksikan sendiri pengundian hadiah ratusan juta rupiah itu yang disaksikan juga oleh ratusan orang. Meskipun harus menembus hujan untuk bisa sampai ke gedung Sampoerna Strategic Square, suasana ramai di dalam ruangan menghapus mendung yang sebelumnya memayungi. 

Disediakan snack dan minuman gratis untuk semua yang hadir. Tidak lupa pula hiburan dari Jui Purwoto, komika atau Stand Up Comedian yang menyemarakkan suasana sore itu. Pengundian tak hanya untuk nasabah SOBATKU tapi juga ada doorprize untuk peserta yang hadir. Hanya mengunduh aplikasi SOBATKU, kita sudah bisa mendapatkan kupon doorprize dan berkesempatan memperoleh saldo SOBATKU senilai Rp 100.000 untuk puluhan pemenang.

Komika Jui Purwoto

Selanjutnya pengundian untuk nasabah SOBATKU yang telah memiliki saldo minimal dan berhak memperoleh hadiah Rp 1 juta rupiah untuk 10 orang yang beruntung. Pengundian ini disaksikan oleh notaris dan pejabat terkait dengan menggunakan sistem yang terkomputerisasi. Walaupun pemenangnya tidak hadir, tetap berhak mendapatkan hadiahnya karena akan dihubungi melalui telepon. Ruangan lobi pun semarak oleh sorak sorai penonton saat nama pemenang terpampang di depan layar. 

Selain itu, ada juga undian hadiah Rp 5 juta rupiah yang tak kalah hebohnya. Kali ini, perwakilan dari Blogger diminta untuk memencet tombol komputer yang mengacak nama calon pemenang. Hadiah 5 juta rupiah disediakan untuk 5 orang nasabah yang beruntung. Dan yang berikutnya adalah pengundian untuk 1 orang nasabah yang berhak mendapatkan Rp 10 juta rupiah. Hm, bagaimana rasanya ya mendapatkan puluhan juta rupiah dalam sehari hanya dari menabung di SOBATKU?

Pemenang Rp 5 juta

Ini dia yang ditunggu-tunggu, undian Grand Prize senilai Rp 100 juta rupiah. Suasana semakin tegang karena nominalnya yang luar biasa. Keluarlah nama Bapak Agung Saputra yang memenangkan undian senilai 100 juta rupiah! Terdengar teriakan dari Bapak Agung yang bersemangat mendapatkan hadiah ratusan juta. Ya iyalah, sudah pasti senang sekali. Katanya sih hadiahnya untuk modal menikah. Widiwww... semoga berkah ya Pak.

Pemenang Rp 100 juta

Tertarik ingin mendapatkan hadiah ratusan juta rupiah dari undian milyaran rupiah juga? Segera buka tabungan online SOBATKU hanya dengan mengunduh aplikasi SOBATKU di Google Play atau App Store. Nabung uang nganggur? Ya, di SOBATKU saja! Informasi lebih lengkap mengenai SOBATKU, bisa ditemukan di: 

Facebook: @SobatkuID
Instagram: @sobatku_id


Artikel ini disertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan SOBATKU. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi.


Referensi:
http://sobatku.co.id
http://sahabat-ukm.com
http://keuanganinklusif.co.id/page/3-apa-itu-keuangan-inklusif


52 comments:

  1. Jadi pengen coba nabung di sana. :D

    ReplyDelete
  2. Bisa untung milyaran rupiah? :o Aku melongo. :V

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, siapa tau hoki dapat undiannya.

      Delete
  3. keren ya sekarang nabung nggak harus di bank lagi

    ReplyDelete
  4. Dulu aku pernah pakai, dan mmg praktis, tinggal ke Alfa, tapi saat itu mereka agak bingung dan skrg kayaknya sudah teralisasi dgn baik ya, jadi makin banyak yang pakai pastinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sekarang sudah lebih baik realisasinya.

      Delete
  5. Liat hadiah Rp 100 juta benar-benar wow banget. Rejeki nomplok itu ya mba. Asiknya ada Sobatku jadi ga ada alasan lagi ga menabung ya

    ReplyDelete
  6. wah menarik nih di zaman yang serba digital memang urusan keuangan nggak dibikin ribet ya. Kak yang berhak ikut undian keseluruhan saldo betapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka statusnya sudah upgrade dan saldo rata-rata harian 100 rb mak

      Delete
  7. Menarik banget nih mbak, kebetulan aku ga punya rekening bank, bisa banget nih pake sobatku.

    ReplyDelete
  8. Wah..baru tau ada tabungan yang bebas biaya administrasi, ga ada minimum saldo, ga mesti nabung di bank pulan. Jadi nomor HP kita itu yang jadi nomor rekening ya? Simple banget deh.

    ReplyDelete
  9. Keren banget ini rekening di handphone.. Mau transaksi apa-apa jadi gampang ya mba, gak ribet.. Keuntungannya juga banyak ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang banget transaksinya gak sampe 10 menit

      Delete
  10. Makin mudah aja nih nyimpen uang. Bisa lewat aplikasi lagi. Udah gitu banyak gratis dan untungnya. Mau nyoba ah nabung di SOBATKU

    ReplyDelete
  11. Sekarang untuk membuka rek tabungan mudah dan ngga pake lama ya? Bisa secara digital dan pastinya akan lebih cepat transaksinya. Apalagi Sobatku ini ya? Banyak hadiahnya lagi. Bikin mupeng ajah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga pake lama dan ga perlu keluar rumah. Kecuali mau setor & tarik tunai. Tinggal cus ke Alfamart terdekat.

      Delete
  12. Aku udah download dan daftar Sobatku, sekarang jadi lebih jelas sknya baca ini, thanks mba

    ReplyDelete
  13. Paling seneng kalau ada tabungan bebas biaya admijn dan gak pakai saldo minimal kyk gini jd gak rugi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak ya kalo gak ada biaya adminnya hihi

      Delete
  14. Wahhhh M M an... koq bisa yahhh.. jadi kepengen deh ngerasain di kasih M

    ReplyDelete
  15. Wahhhh M M an... koq bisa yahhh.. jadi kepengen deh ngerasain di kasih M

    ReplyDelete
  16. Ternyata dr KSP ya. Hebat. Aku pikir bank mana.

    ReplyDelete
  17. Weeew enak yaa no hp = norek. Jd gampang hafalinnya.

    ReplyDelete
  18. Nomer handphone = No Rekening jadi mempermudah banged yaa.. Aplikasi ini memudahkan banged untuk siapapun ya Mba, dan yg paling penting bebas biaya administrasi dan nggak ada saldo minimum.

    TFS Mba Leyla

    ReplyDelete
  19. Mba ini kenapa menggiurkan banget ya, aku mau dong nabung untungnya miliaran rupiah

    ReplyDelete
  20. Aplikasi menabung yang sangat mudah digunakan, saya kehabisan pulsa, bisa langsung isi dengan saldo yang ada di SOBATKU, tanpa ada biaya adm.
    Semoga bisa ikutan menang 100 juta nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kehabisan pulsa, gak perlu repot ke konter hape ya

      Delete
  21. Cucok banget ini untuk org malas kayak aku, sumpeh mbak aku punya tabungan di b*i sampe skrg blm aku ambil krn bukunya ilang.. Uangnya lumayan padahal

    aiih coba kenal sobatku ini dr dulu, enak nabunh cara begini mah..

    Tp aman kan ya mb

    ReplyDelete
  22. Gratis biaya admin. Nggak takut tahu-tahu tabungan kesedot, ya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixi pengalaman ya dengan biaya admin yg nyedot

      Delete
  23. Saya sedang download, ga sabar menabung..dengan Sobatku ga ada alasan lagi tuk menabung

    ReplyDelete
  24. Terbantu sekali dengan kehadiran SOBATKU, nabung jadi gampang, gak perlu repot-repot ke bank & bisa berkesempatan dapat hadiah ratusan juta rupiah lagi. Kecee! :D

    ReplyDelete
  25. Lengkap banget kak, makasih infonya.. mampir juga ke blog ku ya kak.. :) hadipemalang.blogspot.com

    ReplyDelete
  26. Bolak balik baca ternyata belum komen. Hehehe
    Mbak, ini satu nomer hp bisa buat berapa rekening? Atau hanya satu rekening aja?

    ReplyDelete
  27. solusi buat toko onlineku nih.. pembayaran via sobatku

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...