Tuesday, November 14, 2017

Cara Mengatasi Biang Keringat dan Gatal pada Anak



Tubuh anak-anak mudah berkeringat saat banyak beraktivitas. Biang keringat adalah penyakit yang paling mudah mengenai kulit anak-anak. Bukan penyakit yang gawat, tetapi sangat mengganggu. Suatu kondisi di mana kulit anak-anak mengalami ruam kecil kemerahan yang menyebabkan gatal-gatal dan perih. Biasanya muncul pada daerah leher, dada,  dan punggung.


Ibu-ibu yang sudah punya anak, pasti mengalami momen-momen di mana si kecil terkena biang keringat karena kelenjar keringat pada bayi belum berkembang sehingga keringat tertahan di balik kulit. Anak-anak saya juga pernah mengalami momen terkena biang keringat, terutama di dahi (karena mudah berkeringat), punggung, dan dada. Saat meradang, tentu sangat mengganggu. Anak-anak jadi susah tidur karena gatal-gatal.

Kalau si kecil mengalami gatal-gatal dan biang keringat, terutama saat udara panas, berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasinya:

Hindari Udara Panas
Saat cuaca terik, hindari membawa si kecil ke luar rumah. Kalaupun terpaksa, sering-seringlah berteduh di tempat yang adem. Udara panas akan  memicu keluarnya keringat dan biang keringat. Di dalam rumah juga bukan berarti udaranya sejuk. Jika ventilasi tidak baik, udara di dalam rumah juga akan terasa panas saat cuaca terik. Pilihannya antara memakai kipas angin atau AC untuk mendinginkan ruangan.

Mandi Dua Kali Sehari
Mandikan si kecil secara teratur dengan air bersuhu normal, terutama bila anak sedang banyak berkeringat. Bersihkan dengan sabun yang dapat membantu mengatasi gatal dan biang keringat. Mandi juga dapat mendinginkan suhu tubuh anak yang meningkat akibat udara panas. Anak-anak akan merasa nyaman setelah mandi.

Memilih Pakaian yang Tidak Gerah
Beberapa jenis bahan pakaian justru akan memicu timbulnya keringat, misalnya saja bahan wol untuk membuat pakaian hangat. Sudah tentu saat udara panas, kita jangan mengenakan pakaian yang membuat gerah, apalagi anak-anak. Gunakan pakaian yang longgar dan dari bahan yang menyerap keringat. Beberapa bahan kaus dan katun ada yang dingin dan nyaman dikenakan, sehingga keringat tidak keluar berlebihan.

Menggunakan Produk Perawatan Tubuh Berbahan Calamine
Calamine adalah bahan aktif yang bermanfaat untuk mengobati atau menghilangkan gatal-gatal dan rasa sakit di kulit. Salah satu produk perawatan kulit untuk bayi dan anak-anak yang mengandung Calamine adalah Caladine. Produk ini sudah lama saya gunakan dan menjadi andalan, terutama kalau anak-anak mengalami gatal-gatal. Tentunya bisa digunakan pula untuk mencegah gatal-gatal.

Caladine Baby Liquid Soap Pouch
Produk ini adalah sabun cair yang digunakan untuk mandi. Caladine Baby Liquid Soap with Anti Irritant digunakan untuk membersihkan dan membantu merawat kulit yang kemerahan akibat iritasi ringan. Kandungannya ada: Alpha Bisabolol sebagai anti iritasi untuk merawat kulit yang kemerahan akibat iritasi ringan, Vitamin B5 untuk melembabkan kulit bayi, dan Olive Oil untuk melindungi kulit dari kemerahan.

Tersedia dalam ukuran botol 200 ml (Rp 23.490), 100  ml (Rp 13.860), dan pouch 200 ml (Rp 21.800). Jadi, kalau sebelumnya membeli kemasan botol, selanjutnya bisa membeli kemasan pouchnya dengan harga lebih hemat. Kemasan pouch ini selain lebih hemat, juga ramah lingkungan karena kita tidak perlu menumpuk sampah botol plastik.

Caladine Baby Liquid Soap

Meskipun sudah bukan baby, Salim juga mandi pakai Caladine Baby Liquid Soap. Setelah mencoba mandi memakai sabun ini, kulit Salim di bagian siku yang sebelumnya berbintik-bintik kemerahan dan gatal, mulai berkurang bintik-bintik dan gatalnya.


Selain itu, sabunnya juga tidak membuat perih di mata dan tidak membuat kulit jadi kering. Kulit yang kering juga bisa menyebabkan gatal-gatal, karena itu sangat penting memilih sabun yang tidak mengeringkan kulit. Sebaliknya, setelah mandi dengan sabun Caladine, kulit Salim justru jadi lembab. Wanginya juga lembut dan tidak menyengat.


Caladine Powder 220 Gram Original dan Soft Comfort
Bedak paling baik digunakan pada anak-anak di atas usia 3 tahun, karena mereka sudah banyak bergerak dan berkeringat. Nah, hal ini cocok banget dengan Caladine Powder.


Caladine Powder bedak tabur ini fungsinya untuk mencegah gatal-gatal karena biang keringat.  Ukuran 220 gram ini adalah kemasan yang paling besar dan awet digunakan. Bedak tabur selain untuk mencegah gatal juga berfungsi untuk menyerap keringat. Caladine Powder 220 gram kemasan Original berwarna hijau ini harumnya lembut. Mama jadi sering menciumi si kecil. Harganya Rp 25.020. Sedangkan yang kemasan Soft Comfort berwarna biru memiliki harum bunga yang juga enak diciumnya. Harganya Rp 24.660.



-->
Caladine Powder mengandung Talk, Calamine, Zinc Oxide, Fragrance, Camphor, dan Menthol. Taburkan setelah anak-anak mandi atau saat tubuhnya gatal-gatal. Produk ini telah mendapatkan penghargaan ICSA 2012 (Indonesian Customer Satisfaction Awards) dan Superbrands Indonesia’s Choice 2013.


Penghargaan ICSA 2012
Penghargaan Superbrands 2013


Caladine Powder 100 Gram Active Fresh, Soft Comfort, dan Original
Untuk kemasan sedang, bisa menggunakan Caladine Powder 100 gram. Caladine Powder Active Fresh dengan kemasan merah jambu harganya Rp 12.960, sama dengan harga Caladine Powder Soft Comfort. Sedangkan Caladine Powder Original 100 gram harganya Rp 13.140. Apa sih bedanya? Kalau yang original, menurut saya harumnya itu harum bedak asli tempo dulu. Sedangkan yang Active Fresh dan Soft Comfort sudah ditambah wewangian lain untuk menambah keharumannya.

Bermacam pilihan ukuran Caladine Powder


-->
Ketiga keharuman itu bisa dipilih sesuai selera atau mau bergantian memakainya supaya tidak bosan. Caladine Powder Active Fresh wanginya memang segar, cocok untuk anak yang sangat aktif dan mudah berkeringat supaya tetap nyaman. Untuk pemakaian di rumah, saya memilih kemasan 220 gram dan 100 gram, supaya lebih awet. Untuk bepergian, ada lagi kemasan kecil yang praktis.

Caladine Powder 60 Gram Active Fresh, Soft Comfort, dan Original
Ukuran 60 gram ini lebih kecil dan harganya juga lebih terjangkau yaitu Rp 9.180 untuk Active Fresh dan Soft Comfort, dan Rp 9.270 untuk Original. Kalau mau bepergian juga lebih mudah dibawanya, meskipun ada kemasan yang lebih kecil lagi yaitu ukuran 35 gram. Caladine Powder 60 gram bisa dibawa bepergian oleh Mama yang punya anak lebih dari satu, seperti saya.




Ukuran yang lebih kecil dan imut, yaitu 35 gram harganya hanya Rp 5.580. Bisa untuk kurang lebih 10 kali pakai. Cukuplah dibawa traveling beberapa hari untuk Mama yang anaknya hanya satu. Jangan lupa dibawa saat bepergian karena anak-anak akan lebih mudah berkeringat saat jalan-jalan. Daripada rewel sepanjang jalan karena gatal-gatal, lebih baik dicegah dengan Caladine Powder.

Caladine Lotion 60 ml dan 95 ml
Minggu lalu, adik saya mengirimkan whatsapp. Anaknya mengalami bengkak di penis. Kondisi itu disebut juga Balanitis atau peradangan pada kepala penis, umumnya menyerang pada anak laki-laki yang belum disunat. Gejalanya adalah nyeri, gatal, ruam, dan kemerahan. Anak-anak laki-laki saya juga sering mengalaminya. Kalau ayahnya sih bilangnya karena gigitan kutu.


Caladine Lotion

Keponakan saya itu sudah dibawa ke dokter dan dikasih antibiotik, tapi gatalnya tidak sembuh. Saya langsung menyuruhnya mengoleskan Caladine Lotion. Pengalaman saya, anak-anak memang saya oleskan Caladine Lotion kalau terkena gatal yang memerah dan bengkak seperti itu. Hanya sekali dioleskan, besoknya sudah sembuh. Ternyata benar. Keponakan saya juga langsung sembuh setelah dioleskan Caladine Lotion. Jadi, Caladine Lotion memang wajib ada di rumah saya sejak anak-anak kecil.

Harga yang ukuran 60 ml Rp 12.960 dan ukuran 95 ml Rp 18.270. Produk ini juga mengandung Calamine, Zinc Oxide, dan Diphenhydramine HCL. Cara menggunakannya yaitu dioleskan pada kulit yang gatal sebanyak 2-4 kali sehari. Terutama setelah mandi sore dan pagi. Rasanya dingin dan sama sekali tidak perih. Jadi jangan khawatir mengoleskannya kepada anak-anak. Justru anak-anak merasa nyaman setelah menggunakannya.

Caladine Gel Mosquito dan Cream
Sepertinya sudah sepaket ya udara panas dan serangan nyamuk. Untuk membantu meredakan gatal akibat gigitan nyamuk, gunakan Caladine Gel Mosquito dan Cream yang mengandung Camphor dan Menthol. Jauhkan dari anak-anak di bawah usia 3 tahun. Harga Caladine Gel Rp 20.250 dan Cream Rp 6.570.


Caladine Gel Mosquito

Caladine Cream


Bagi saya, menyimpan Caladine di rumah adalah keharusan karena Caladine adalah brand heritage yang sudah lama ada dan turun temurun sejak 34 tahun lalu. Untuk bisa membelinya sangat mudah karena tersedia di minimarket atau melalui official store Galenium di www.g-store.id. Harga-harga yang tertera di atas adalah harga yang ada di website tersebut.


Caladine ukuran mini untuk traveling 

30 comments:

  1. Makk, postingannya kenapahh?

    btw anakku juga suka di pakein produknya caladine. Mulai dari bedak hingga lotion gatalnya.

    ReplyDelete
  2. Caladine ini produk andalan sejak naeema kecil Mba. Tapi aku pakai yang cair warna ungu, wanginya enak dan lembut.

    ReplyDelete
  3. wiii... ada yang mandi bedak. Anakku juga auka biang keringetan, gatel, panas... renyem kalo kata orang Sunda mah. Dipakein Caladyne adem.. dingin katanya

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata produknya banyak macamnya ya. Saya tahunya selama ini cuma bedak aja. Selalu bawa bedak ini kalau mudik. Karena cuaca di rumah ortu maupun mertua panas. Kalau di Malang sih aman, hawanya masih sejuk

    ReplyDelete
  5. Sekarang ada Caladine Liquid Baby Soap juga toh? Pas banget ini buat bayiku nanti biar ga gatal-gatal.

    ReplyDelete
  6. Aku sejak lamaaa sudah langganan pakai bedak Caladine loh. Sekarang udah ada yg cair dan segala macam ternyata ya mb Leyla. Aku dan anak2ku tuh kulitnya sensitif dan mudah kegerahan. Memang Caladine ini solusi mantap buat keluarga.

    ReplyDelete
  7. Caladine memang kepercayaan para Bunda...

    ReplyDelete
  8. Caladine ini wajib ada di rumahku karena lengan Pendar rawan biang keringat dan aku rawan alergi kain yang ga cocok,pembalut yang ga cocok.
    Caladine solusinya

    ReplyDelete
  9. Terima kasih sharingnya mbak, anak bungsu saya juga sensitif sekali badannya. Tapi saya lebih suka memakaikan lotion ketimbang bedaknya...

    ReplyDelete
  10. Caladine ini memang merk lawas ya, dari dulu banget bisa buat ngatasin biang keringat dan gatal di badan, sejak jaman kakakku bayi, aku bayi sampe skrg pada punya anak masih aja percayain bedak Caladine buat ngatasin biang keringat dan gatal

    ReplyDelete
  11. Mpo udah gede tapi masih ada biang keringat. Biasanya di Tangan

    ReplyDelete
  12. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/black-walet-facial-soap/

    ReplyDelete
  13. Jangankan anakku, aku aja kalau gatel dikasih itu. :D Ampuh banget. :D

    ReplyDelete
  14. Caladine emang turun temurun. :D Kualitas produknya masih terjaga.

    ReplyDelete
  15. Anakku juga di rumah pake caladine cair, ampuh bgt buat numpas gatel akibat biang keringet

    ReplyDelete
  16. Cuma tau & sering pake caladine powder, tnyt banyak jenis lainnya ya

    ReplyDelete
  17. Ponakan saya kalo gatal biasa saya kasih bedak herocilin mba

    ReplyDelete
  18. Wuah aku baru tau loh ada caladine baby, biasanya pake yg kemasan putih ada bunga2nya itu. Ampuh deh buat biang keringat.

    ReplyDelete
  19. Anak kecil biasanya suka aja maen panas2an ya Mba, aku pas kecil kayaknya sempet pake produk ini juga :)

    ReplyDelete
  20. Aku suka wangi caladine, nggak bikin pusing. Tapi sayangnya Sagara kurang cocok pakai sabun cairnya, langsung timbul bintik merah. Ya udah aku aja yang pake sabun cairnya...

    ReplyDelete
  21. Caladine baby agak sulit ditemukan di pulau saya mbak Leyla. Padahal anak saya cocok sekali dgn Caladine lotion

    ReplyDelete
  22. Anakku banget nih, suka biang keringat, sampai dibela-belain beli AC. Dulu pas bayi tahunya caladine cuma bedak dan lotion aja. Ternyata ada sabun, gel dan lain-lain.
    Alhamdulillah caladine gel mosquito baru nyobain.

    ReplyDelete
  23. Ooh iya SID waktu bayi pernah pakai sabun cair Caladine. Brand ini udah terkenal mengatasi biang keringat

    ReplyDelete
  24. Waktu ibuku sakit kemarin, mengurangi gatal gatal ditubuh beliau jg pakai bedak cair caladine mbak, alhamdulillaj lumayan membantu ya, bisa jg u orang tua

    ReplyDelete
  25. Wah produk Caladine semakin lengkap ya. Aku juga pakai bedak ini buat anak-anak dan selalu stok di rumah. Sempat juga pakai yang cairnya untuk ngobatin jerawat (dikasih tahu sama blogger lain ). Hehehe

    ReplyDelete
  26. Samaan mbk...anakku juga kalo pas gatal2 biang keringat pake calladine cocok, ga panas juga wanginya seger. Kebetulan lotion anti gatalnya juga punya. Makasih sharing infonya ya mbk.

    ReplyDelete
  27. Iya sangat cocok ini untuk musim saat ini hujan dan bisa menyebabkan gatal-gatal. Menyebabkan bakteri jahat ya Mba.
    Cocok ga ya buat orang dewasa?.

    ReplyDelete
  28. baru nyoba caladin cair + bedak, blom nyoba caladin kuning

    ReplyDelete
  29. Wah Caladine. Aku pake sejak SMA lho. Sekitar 23 tahun yang lalu. Aku dulu pake Caladine cair buat jerawat. Biar cepet kering. Abis itu anak-anak di rumah juga pake. Ampuh banget buat biang keringat. Bikin yang gatel jadi adem.

    ReplyDelete
  30. Aku pakai semua itu produk caladine, tapi liquid soap nya belum pernah. Jangankan anak2 kalo gatel juga aku pake lotionnya. Enak nih makin lengkap ya produk caladine

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...