Thursday, November 23, 2017

Waspada Nyamuk Mematikan dan Cegah dengan HIT Expert

Nyamuk Bandel atasi dengan HIT Expert

Assalamualaikum. Di balik tubuhnya yang kecil, seekor nyamuk ternyata bisa membunuh manusia? Sebagai ibu dengan anak kecil-kecil, saya tersentak kaget mendengar berita kematian seorang bayi baru lahir yang tinggalnya tak jauh dari rumah saya. Sedihnya, bayi itu meninggal karena gigitan nyamuk! 


Segera setelah itu, di komplek perumahan saya diadakan fogging untuk memusnahkan nyamuk demam berdarah. Kalau sudah ada satu kasus kematian akibat demam berdarah, itu artinya wilayah tersebut masuk kategori waspada tinggi serangan nyamuk demam berdarah. Nyamuk mudah berpindah tempat. Kalau tidak segera dicegah, bisa-bisa ada korban lainnya. 

Mitos atau Fakta: nyamuk adalah binatang yang mematikan, terjawab dalam games pembuka acara HIT Community Gathering bersama Blogger Perempuan tanggal 16 November 2017 lalu. Acara yang diadakan di Ev Hive D' Lab Jl. Riau 1 Menteng ini menghadirkan Lula Kamal sebagai Brand Ambassador HIT Expert. Ternyata, faktanya, nyamuk adalah binatang yang mematikan. 

Nyamuk Bandel atasi dengan HIT Expert


Gigitan nyamuk biasa memang hanya menimbulkan gangguan kecil seperti gatal dan bentol, tapi kalau nyamuk demam berdarah atau malaria, hmm... Harus hati-hati benar. Kita juga tidak tahu kapan datangnya serangan nyamuk demam berdarah itu. Seperti di komplek perumahan saya. Awalnya aman-aman saja. Kalaupun ada gangguan nyamuk ya hanya nyamuk biasa. Tiba-tiba ada bayi meninggal karena gigitan nyamuk demam berdarah! Bagaimana tidak panik, khususnya ibu-ibu yang punya anak bayi dan balita. Jangankan anak kecil, orang dewasa pun bisa meninggal karena DBD. 

Apalagi di sekitar rumah saya masih ditumbuhi banyak ilalang atau rumput tinggi, karena masih banyak rumah kosong yang belum dihuni dan pekarangannya tidak terawat. Terutama saat musim pancaroba, serangan nyamuk sangat ganas sampai tidak bisa tidur.  Itu hanya nyamuk biasa ya, yang efeknya bentol dan gatal. Belum kalau nyamuk demam berdarah. Makanya wajib sedia obat nyamuk. 

Menurut data WHO tahun 2016, nyamuk adalah  binatang yang paling mematikan di dunia karena penyakit yang ditularkannya lebih dari 17% dari semua penyakit menular. Ada sekitar 725.000 orang meninggal setiap tahunnya akibat gigitan nyamuk. Wow! Tidak disangka kan? Nyamuk ini masih menjadi masalah kesehatan yang besar di masyarakat, bahkan Kementerian Kesehatan Indonesia menyebutkan bahwa Incidence Rate penyakit Demma Berdarah Dengue akibat nyamuk, masih berperan besar dalam meningkatkan jumlah kasus kematian akibat nyamuk, yaitu 1.585 orang meninggal dari 201.885 orang di 34 provinsi yang terkena DBD tahun 2016.

Lula Kamal

Nyamuk Berevolusi dan Semakin Bandel? 
Sejak kecil, saya sudah akrab dengan nyamuk. Maklum, di rumah orang tua saya dulu juga banyak nyamuk. Saat kos di Semarang, nyamuknya juga luar biasa banyak karena Semarang sangat panas. Ternyata, Indonesia ini memang surganya nyamuk karena iklim tropisnya. Suhu yang hangat membuat nyamuk lebih cepat berkembang dan ukurannya kecil-kecil sehingga butuh banyak darah. 

Pemanasan global membuat daratan yang bersuhu hangat pun meluas, sehingga wilayah penyebaran nyamuk semakin banyak. Sekarang ini, tren traveling juga meningkat. Raja Ampat, misalnya, sejak beberapa tahun lalu menjadi destinasi populer walaupun diketahui di tempat tersebut ada nyamuk Malaria yang berbahaya. Penyebaran penyakit akibat nyamuk pun meluas saat kita mendatangi tempat yang merupakan sarang nyamuk mematikan. 

Eit, ternyata nyamuk itu suka bersarang di tempat tersembunyi lho. Bahkan, dia bisa ikut kita ke mana pun kita pergi. Di dalam mobil, misalnya. Nyamuk juga suka bersembunyi di dalam pakaian yang berwarna hitam dan merah. Jadi, nyamuk juga bisa ikut traveling bersama kita? Iya! Hati-hati kalau kita baru pulang  dari wilayah yang merupakan sarang nyamuk mematikan, jangan-jangan ada nyamuk yang ikut pulang. 

Nyamuk juga mampu hidup di air tergenang, meskipun hanya 1 cc. Yang perlu diwaspadai pula, nyamuk tidak hanya aktif di mana hari tapi juga siang hari. Perhatikan gambar di bawah ini, tempat-tempat tersebut adalah sarang nyamuk yang selama ini tidak kita sadari.


Berikut ini tips dan pengalaman saya menghadapi nyamuk bandel: 
  1. Rutin membersihkan rumput di pekarangan rumah saya dan sekitarnya. Hitung-hitung olahraga juga, walaupun pekarangannya cukup luas karena mencakup pekarangan tetangga yang rumahnya belum dihuni. Selain membersihkan sendiri, suami juga kadang-kadang membayar tetangga yang sering diminta membersihkan rumput. Nyamuk bandel suka bersarang di ilalang atau kebun. Coba saja kalau sedang main di kebun, pasti tidak lama akan digigiti nyamuk. 
  2. Tidak banyak menggantung atau menumpuk pakaian kotor sembarangan. Kebiasaan kita suka menggantung pakaian yang sudah dipakai di balik pintu, padahal nyamuk suka bersarang di pakaian kotor. Kalau saya, pakaian kotor langsung saya masukkan ke mesin cuci tertutup. Ternyata nyamuk itu suka mencium bau manusia, makanya dia menempel di pakaian kotor atau pakaian yang baru dipakai dan digantung sembarangan.
  3. Rajin membersihkan rumah. Ini wajib dan jangan sampai terlewatkan disapu dan dikemoceng tempat-tempat tersembunyi seperti kolong tempat tidur, tumpukan buku, belakang pigura, kolong sofa, dan lain-lain. 
  4. Rutin membersihkan kamar mandi. Alhamdulillah, kami menggunakan ember kecil untuk menampung air jadi tidak perlu menguras bak mandi. Air yang ada di dalam ember pun sedikit dan nyamuk tidak sempat menyebar benih. 
  5. Memakai obat nyamuk yang ampuh untuk mengatasi nyamuk bandel. 

HIT Expert, Solusi untuk Nyamuk Bandel 
Saya sudah berpengalaman memakai berbagai macam varian obat nyamuk dan hasilnya: nyamuk sekarang makin bandel! Sudah disemprot, eh dia hanya pingsan. Tidak lama, dia bangun lagi dan menghisap darah lagi. Pakai obat nyamuk bakar, mat, atau non-stop pun hanya mengusir tapi bukan mematikan si nyamuk. 

Salah seorang peserta pun bertanya, obat nyamuk apa yang paling ampuh untuk mengatasi nyamuk bandel dari keempat jenis tersebut: semprot, bakar, mat, atau non-stop? Lula Kamal menjawab, bahwa yang paling ampuh sudah tentu yang semprot karena bukan sekadar mengusir tapi juga mematikan. 

HIT Expert merk insektisida ternama dari PT Godrej Indonesia sudah berpengalaman selama 18 tahun membasmi nyamuk. Apalagi HIT Expert memiliki fasilitas Research & Development di Indonesia dan India sehingga memahami iklim tropis yang ada di sini dan produknya sesuai untuk memusnahkan nyamuk bandel.

Nyamuk Bandel atasi dengan HIT Expert

Kini ada Generasi Baru HIT Expert dengan 5 kelebihan:

  1. Formula baru dengan Microsoft Particles yang efektif membasmi nyamuk bandel. 
  2. Double Nozzle, lubang semprotan yang memastikan semprotan lebih jauh dan menyebar sehingga seluruh ruangan dapat terkena jangkauan HIT Expert. 
  3. Ergonomic Shape, disain ergonomis yang lebih nyaman digenggam dan semprotan lebih halus. 
  4. Ada 2 wangi baru yang premium, yaitu Sweet Floral dan Citrus.
  5. Disain kemasan yang premium, sehingga terkesan eksklusif tapi harga tetap terjangkau. 
HIT Expert juga sudah menggunakan formula U atau Unlikely to present acute Hazard, aman terkena kulit manusia tapi tetap harus diperhatikan cara pemakaiannya ya. 


Lula Kamal juga memberikan tips menggunakan obat nyamuk semprot ini. 
  • Gunakan 2x sehari, yaitu pagi dan sore hari. Kenapa? Karena nyamuk tidak hanya aktif di mana hari tapi juga siang hari. 
  • Semprot saat tidak ada orang di dalam ruangan. Pagi hari, Lula menyemprot ketika semua orang sudah pergi beraktivitas. Sore hari pun, dia memastikan tidak ada orang di dalam ruangan yang akan dia semprot dengan HIT Expert ini. 
  • Biarkan ruangan yang sudah disemprot itu selama 2 jam dalam keadaan kosong, setelah itu baru deh ruangannya bisa dimasuki. 
  • Bagaimanapun, HIT Expert adalah produk insektisida pembasmi nyamuk, jadi walaupun wangi ya jangan dicium-cium dengan sengaja dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. 
  • Jangan disemprot saat ada makanan dan minuman. Jadi harus disingkirkan dulu makanan dan minumannya. 
  • Matikan AC saat menyemprot HIT Expert ke dalam ruangan. 
  • Utamakan menyemprot ke daerah-daerah yang bisa menjadi sarang nyamuk, yaitu daerah yang jarang ada pergerakan seperti belakang pintu tempat baju-baju digantung, belakang pigura, lemari buku yang jarang disentuh, belakang tirai jendela, dan lain-lain. 
Satu fakta menarik lainnya yang saya dapatkan dari Dr. Lula adalah bahwa nyamuk suka bersembunyi di buku-buku yang jarang dibaca. Nah lho, sebagai pengoleksi buku, buku-buku saya memang banyak nih.  Bukannya tidak dibaca, tapi kalau sudah selesai dibaca kan ya disimpan saja. Kecuali kalau ada yang mau meminjam, tapi jarang hehehe. 

Jadi, selain menyemprot ruangan dengan HIT Expert, kita tetap wajib membersihkan rumah terutama tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk. Tirai jendela, misalnya. Kapan terakhir  kali dicuci? Pasti setahun sekali ya hehe.... Perhatikan  juga imbauan pemerintah tentang 3M untuk mencegah nyamuk Demam Berdarah:

Menutup tempat-tempat yang menyebabkan air tergenang.

Menguras bak mandi agar jentik-jentik nyamuknya terbuang. Kalau saya sih sudah tidak perlu menguras lagi, karena tidak ada bak mandi.

Mengubur barang-barang bekas yang bisa menjadi tempat tergenangnya air atau sarang nyamuk.

Informasi lainnya mengenai cara membasmi nyamuk bandel, bisa langsung telusuri di media sosial HIT Expert:

Facebook: HIT Terinspirasi Ibu
Twitter: @ibuinspirasiHIT
Instagram: @ibuinspirasiHIT
YouTube: Ibu Inspirasi HIT





49 comments:

  1. Tapi wanginya itu emang enak banget yaah.. Jadi pengen nyium2 mulu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya wanginya enak tapi jangan sengaja dicium-cium ya Buk

      Delete
  2. aku juga pakenya HIT, krn baunya manis gak nyengat bikin anak batuk2. bukan cuma nyamuk pula yg K.O, kecoa ikut bergelimpangan klo aku abis semprot HIT. hihihi

    ReplyDelete
  3. Aku pernah kena DB, heu ga enak bgt pokoknya. Nyamuk kudu dibasmi ya, biar keluarga kita sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kena DBD memang bahaya bisa mematikan.

      Delete
  4. Serem bgt ya Mba, 1 cc udah bisa bertelur disana

    ReplyDelete
  5. HIT banyak pilihan dans ekarang hadir dengan teknologi terbarukan ya mak

    ReplyDelete
  6. Mesti rajin gerakan 3M ya mbak selain pakai HIT Expert tentunya. Biar nyamuk bandel ga berani deketin kita lagi 😀

    ReplyDelete
  7. Malaria dan DBD emang serem banget Mba :(
    Btw ini brand andalanku, biasanya pake yg elektrik.

    ReplyDelete
  8. Terimakasih mba Leyla tips mya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Raja ampat banyak nyamuk nya. Oh no, bisa kabur tuh Turis. Malaria bahaya banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan ada HIT Expert. Bawa aja selama traveling.

      Delete
  10. Jgn jauh jauh, kesel pastinya kalau ada nyamuk. Dbd waspada, bisa mematikan.

    ReplyDelete
  11. Iya baiknya jangan gantung2 baju, langsung masuk mesin cuci atau bak khusus baju kotor yg ada penutupnya itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku selalu suruh penghuni rumah masukin baju kotor ke mesin cuci tapi biasalah justru bapaknya anak2 yg bandel naruh baju sembarangan hehe

      Delete
  12. Nyamuk itu binatang yg paling mematikan. Sekaligus nyebelin. Sering nekat datang dan mengganggu. Untungnya sekarang ada HIT Expert sih. Membantulah mengusir nyamuk bandel

    ReplyDelete
  13. Kaleng bekas sekarang bisa disalurkan ke bank sampah. Apa tetap harus dikubur? 3M itu penting banget didukung HIT Expert oke nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bisa disalurkan ke bank sampah ya dikasih ke bank sampah aja

      Delete
  14. Aku udah lama pakai hit, menurutku formula hit yg paling ampuh, dan wanginya jg ga bikin sesak kok.

    ReplyDelete
  15. Wah good news banget ya informasinya.
    Kebetulan aku juga dirumah pakai Hit Anti Nyamuk.
    Kalau coba merek yang lain nyamuknya kok tambah banyak ya.

    ReplyDelete
  16. Tipsnya dr lula kamal tuh boleh juga tuh. Nyemprot 2x sehari. Hmm.. Saya masih malam saja. Noted laah.

    ReplyDelete
  17. Makasih tipsnya Mba Leyla, penting banget di "musim nyamuk" seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  18. Wah pas banget nih infonya soalnya tau knp dirumah lg banyak nyamuk... Biasanya aku pake yg hit bakar itu... Baiklah kita harus perangi nyamuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending pakai yang semprot deh, apalagi HIT Expert ini lebih ahli mengenyahkan nyamuk.

      Delete
  19. Nyamuk pagi siang malem pas ndelalah kondisi gak fit bisa bahaya. Maaf ya nyamukkk kau ku basmi aku biasa pakao sekali semprot. Kalau pakai ini bisa irit juga, bersihin tirai dan biasanya cantelan jilbab hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa semprot sedikit aja, nyamuk bubaar

      Delete
  20. Ada 2 wangi baru yang premium, yaitu Sweet Floral dan Citrus, jadi enggak bau ala ala obat nyamuk dong ya. kalau saya pake hit saat sebelum tidur. Jadi nyamuk kabur duluan dan tidur tenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi sebelum disemprot, pastikan gak ada orang di dalam ruangan itu ya..

      Delete
  21. Aku biasa pake HIT yg elektrik mba, tapi jadi penasaran nh sama varian baru ini, beli ah, soalnya nyamuk nyebelin banget nih di rumah

    ReplyDelete
  22. Kalau saya dirumah pakai HIT bukan untuk nyamuk saya, kecoa sampai semut ampuh dengan HIT. mantap deh pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,kecoa aja mati, apalagi nyamuk yaa

      Delete
  23. Nyamuk bisa di mana saja bersembunyi ya Mbak, di belakang pigura foto yang menurut saya enggak mungkin, bisa jadi dia ada di sana. Di rumah juga pakai HIT Mbak, cuma belum coba yang baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuull... harus sering bersihkan tempat tersembunyi dan semprot pake HIT ya..

      Delete
  24. Apalagi rumah dekat kebun ya,nyamuknya gede-gede. Setiap sore janganupa HIT Expert

    ReplyDelete
  25. Wah bukuku di rumah banyak banget numpuk. Banyak yang udah sering ga dibaca. Jadi sarang nyamuk juga ya mbak ternyata.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...