Sunday, December 24, 2017

Baby Carrier Membuat Bayi Manja Ternyata Hanya Mitos


Apakah Anda sering menggunakan baby carrier atau menggendong bayi dengan menggunakan gendongan biasa? Mungkin Anda sering mendengar jika menggendong bayi akan membuat bayi menjadi lebih manja.



Di Indonesia istilah ini sering disebut dengan bau tangan. Menurut ahli perkembangan anak, hal tersebut tidak benar serta hanya mitos belaka. Orang tua oleh memeluk bayi dan menggendong bayi sesering mungkin. Bayi memerlukan perhatian dengan disentuh secara langsung, seperti kebutuhan dasar lain agar bisa berkembang dengan baik.


Otak bayi bukan seperti otak anak-anak atau orang dewasa yang memiliki ukuran lebih besar dan mustahil untuk memanjakannya. Bayi yang baru saja lahir akan sering menangis. hal tersebut sebenarnya adalah cara bayi untuk memberi tahu orang tua jika ia sedang tidak nyaman, kesepian, lapar dan yang lainnya. Bayi tetap memerlukan pelukan agar ia merasa lebih tenang. Penelitian mengungkapkan jika bayi yang didekati secara fisik pada orang tua mempunyai perkembangan otak, suhu tubuh hingga berat badan yang jauh lebih baik.

Berbicara sembari menggunakan baby carrier adalah dasar untuk mengembangkan kemampuannya dalam berbahaya. Menggendong bayi bahkan bisa menguatkan hubungan bayi serta orang tua. Selain itu agar bisa mendukung interaksi antara anak dan orang tua. Berbeda dengan situasi ikatan dari Anda yang mengandung serta berhubungan lebih awal dengan buah hati, ayah disarankan lebih memperbanyak waktu untuk menggendong bayi serta menjalin hubungan lebih dekat.

Apalagi untuk bayi prematur, ada sebuah metode perawatan kanguru yang member petunjuk jika orang tua harus memeluk bayi dengan sesering mungkin. Metode ini terbukti bisa menghangatkan tubuh bayi, mengurangi tangisan serta menstabilkan pernapasan. Metode ini tanpa kita sadari juga bisa mendukung pertambahan berat badan bayi, serta pertumbuhan dengan keseluruhan. 

Seorang ahli menuturkan, sebetulnya penanganan yang sama juga diperlukan oleh bayi normal. Bayi memerlukan kehangatan pelukan orang tua agar bisa merasakan rasa aman serta nyaman. Berdasarkan beberapa penelitian, bayi yang kebutuhannya lekas terpenuhi bisa menjadikannya tidak cengeng dan lebih percaya diri ketika lebih besar.

Bayi akan menangis ketika membutuhkan atau ingin sesuatu. Tetapi, mereka belum memahami konsep seperti memanipulasi. Seringnya sesudah usia 6 bulan, bayi akan mulai memahami lingkungan yang berada di sekitarnya. Bagian otak lah yang mengatur kebiasaan-kebiasaan baru dan mulai tersambung di usia tersebut. Ketika itulah orang tua bisa membatasi. 

Setelah usia 6 bulan, bayi akan memiliki kemampuan membaca ekspresi serta belajar untuk membedakan situasi yang berbeda. orang tua harus membiarkan bayi bereksplororasi dengan duanya sendiri, Anda tidak perlu cemas atau khawatir. Selain itu, bayi akan mulai bisa mengembangkan kemampuannya sendiri.

Tetapi, seorang ahli menyebutkan jika bayi dapat memperlihatkan bila dirinya membutuhkan sesuatu dengan cara menangis sesudah berusia 9 bulan. Di masa ini, orang tua dapat menilai reaksi pada tangisan bayi. Jadi, apakah masih ragu menggendong bayi? 

Jangan pernah mempercayai mitos dengan mudah begitu saja, lebih-lebih bila hal tersebut bisa menganggu tumbuh kembang dari bayi. sehingga, nikmatilah saat-saat ketika menggendong bayi seperti di bulan-bulan pertama usianya tanpa perlu cemas. Bila ragu, Anda bisa mengkonsultasikan hal tersebut pada ahli yang berkaitan dengan hal ini. jadi, tidak perlu takut menggunakan baby carrier. 

Untuk pembelian gendongan bayi ini, Anda bisa menemukan banyak gendongan di situs belanja online atau toko online yang khusus menjual kebutuhan bayi.

6 comments:

  1. Justru kupuas2in saat menggendong anak, karena masa itu tidak akan kembali begitu dia besar. :D Kalau nurutin mitos, apa2 jadi nggak boleh. :'D

    ReplyDelete
  2. Aku dulu gitu gendong si Alfi pakai baby carrier, jadi kangen pingin gendok anak lagi hihi

    ReplyDelete
  3. Beberapa kali ada teman yang baru melahirkan, aku kasih kado baby carrier. Ternyata manfaatnya banyak yaaa

    ReplyDelete
  4. Waktu anak-anak saya masih bayi saya suka menyusui mereka sambil digendong di atas pangkuan, tapi ibu mertua sering seklai bilang kalau sudah tidur ditaruh aja di aksur supaya nggak "bau tangan". Saya sempat sebel juga karena pengen puas gendong dan mendekap bayi saya. Ternyata toh "bau tangan" hanya mitos yang tidak benar. Untung saya tetap banyak gendong anak-anak saya :)

    ReplyDelete
  5. klo saya sih pake baby carier warisan leluhur aja, "Kain Panjang" lebih kece mbak dengan motif batik

    ReplyDelete
  6. setidaknya itulah yg dikatakan banyak orang mbak
    disatu sisi mungkin ada benarnya, soalnya berdasarkan pengalaman orang tua jaman "now" yah begitu adanya :-) anak jadi manja dan terlebih jadi cenderung "malas".

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...