Saturday, December 23, 2017

Bhinneka Community Zone: Cara Buat Video Blog ala Bella Panggabean


Halo, assalamualaikum. Hari Sabtu tanggal 9 Desember saya datang ke kantor Bhinneka.com di Gunung Sahari untuk mengikuti talkshow "Cara buat Video blogmu Jadi Kekinian." Saya datang sebagai anggota dari komunitas Kumpulan Emak Blogger dalam acara Bhinneka Community Zone. Senang deh di acara ini saya bertemu dengan puluhan emak yang sebagian besar baru saya kenal. 


Acara dibuka oleh Sarah dari Bhinneka.com. Sarah ini juga yang akan melayani kita kalau belanja di Bhinneka.com. Acara kali ini menghadirkan Bella Panggabean (Instagram @bellapangab) seorang Director of Photographi yang berpengalaman membuat video ciamik. Portofolionya bisa dilihat di www.bellapanggabean.com.  Jadi sebenarnya kenapa saya mau datang ke acara ini? Tentu karena ilmu yang dibagikan sangat berbobot. 

Perkembangan dunia digital terus meningkat. Tak cukup hanya menulis di blog, kini semakin banyak juga yang membuat Vlog (video blog), sebuah video yang bercerita. Alasannya karena orang mulai banyak yang lebih menyukai menonton video daripada membaca tulisan panjang di blog. Menceritakan suatu kejadian di video juga mengajak orang melihat secara nyata kejadian tersebut. 

Misalnya, saya menceritakan soal perjalanan ke suatu tempat di blog dalam bentuk tulisan. Apa yang saya ceritakan itu bisa jadi saya lebih-lebihkan atau malah saya kurangi. Alias, tak sesuai kenyataan. Lain halnya bila saya merekamnya ke dalam video sambil bercerita. Penonton melihat langsung lokasinya sesuai aslinya. 

Dari segi monetize, You Tube kini juga memberikan penghasilan yang lumayan jika diseriusi. Video yang diunggah ke Youtube dan ditonton oleh banyak orang, akan mendatangkan iklan baik dalam bentuk sponsored post maupun adsense. Penghasilannya melebihi iklan di blog. Konon bisa dapat ratusan juta rupiah per bulan. Salah satu seleb vlog itu Raditya Dika yang akun Youtubenya diikuti ribuan orang dan penonton videonya pun jutaan. 

Bhinneka Community Zone

Tertarik mau jadi vlogger? Saya juga berniat ke sana, makanya saya datang ke acara ini. Bella yang mengambil studi di Communication Adversiting Universitas Indonesia ini memberikan banyak ilmunya untuk dipraktekkan. Kami diajak menyaksikan video pendeknya yang berasal dari cerita sederhana tapi digarap dengan ciamik. 



Gimana caranya kita bisa membuat video secara personal? Bella memberikan tips-tipsnya sebagai berikut: 

Kita Harus Punya Cerita
Kita harus berusaha membagi cerita yang kita punya berdasarkan pengalaman pribadi. Cerita harus punya susunan yang rapi dari awal, pertengahan, hingga akhir. Sesuatu yang bisa kita sharing harapannya untuk menginspirasi, memotivasi, dan membangkitkan harapan.

Cerita bagus itu sebenarnya sederhana tapi berkesan secara personal. Cerita yang bisa kita bagikan adalah cerita yang membangkitkan semangat. Bahkan dalam sebuah perjalanan naik kereta ke Sukabumi, Bella mendapatkan cerita yang lebih powerfull saat dibuat dalam bentuk video daripada diungkapkan secara lisan.

Ide cerita itu bisa kita dapatkan dari kejadian sehari-hari. Cukup pasang mata dan telinga, lalu rangkai setiap momen yang terjadi. Nantinya cerita dikembangkan melalui editing. Sebagai profesional, tentu teknik mengedit video ala Bella sudah ahli. Tapi bukan berarti yang pemula seperti kita tak bisa mengedit video yang bagus. Ada banyak aplikasi edit video gratis di playstore yang bisa kita gunakan.

Choose Your Word Carefully
Kata-kata yang disampaikan di video adalah inti dari video tersebut. Saat ingin membuat video blog, harus dibuat script-nya dulu. Tulis kata-katanya dan apa yang akan ditunjukkan dalam bentuk gambar visual.

Wah, ini pengetahuan baru bagi saya. Ternyata kita harus membuat skenarionya dulu sebelum mengambil gambar. Walaupun videonya sederhana, tapi ada pesan yang ingin disampaikan dari video itu. Jadi bukan sekadar video ya. Sebutkan 3 pesan yang ingin disampaikan, antara lain: 

Manfaatnya apa bila orang melihat video tersebut?
Gunakan bahasa yang dikuasai oleh sebagian besar pengikutmu. Perlu riset siapa yang lebih banyak melihat video kita lalu gunakan bahasa yang sama dengan mereka. Konten video juga dibuat sesuai dengan pengikut kita. Misal, video lebih banyak dilihat oleh ibu-ibu maka buatlah konten yang bermanfaat untuk ibu-ibu.

Bella memberikan contoh vlogger asal Indonesia yang tinggal di luar negeri tapi membuat vlog berbahasa Indonesia karena kebanyakan penontonnya adalah orang Indonesia yang penasaran dengan kehidupan di luar negeri. Ada juga vlog komunitas ibu-ibu muda yang membahas kehidupan sehari-hari dari pengasuhan anak sampai kosmetik yang sedang dipakai.

Ternyata video personal seperti itu juga banyak penontonnya lho. Ada ya orang yang mau tahu merk kosmetik yang kita pakai meskipun kita bukan artis. 

Bangun Interaksi
Jangan pernah takut atau ragu untuk memberitahukan apa yang harus dilakukan oleh orang lain. Bahasa interaksinya antara lain: Kalau mau tahu informasi selanjutnya, klik di sini. Ini sama seperti saat kita menulis di blog. Kita juga mengajak pembaca untuk membaca artikel lainnya. Disarankan juga membalas komentar penonton di video Youtube kita sebagaimana kita membalas komentar di blog. 

Kepada siapa video ini diperlihatkan.
Gunakan perspektif orang yang menonton, jadi berhati-hatilah mengupload video. Kalau penonton kita ibu-ibu dan anak-anak, jangan mengupload video berisi kekerasan dan hal-hal negatif lainnya. 

Cahaya dan Suara
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah teknis pembuatan video, seperti: 

  1. Cara mengambil video, menggunakan alat seperti web cam, mobile phone, DSLR Camera, Go Pro.
  2. Cara merekam kamera, beberapa aturan komposisi seperti rule of thirds, foreground, backlighting, dll. 
  3. Untuk suara, gunakan mik (wireless mic). Selalu ambil video di lokasi yang sepi, jangan ramai dengan suara. Matikan juga suara handphone. Perhatikan echo ruangan (gaung), misal dengan menggunakan karpet untuk meredam gaung. Gunakan peralatan pencahayaan tapi lebih baik syuting di luar ruangan saat cahayanya bagus. 
Terakhir, just shoot it. 

Jika syuting di dalam ruangan, gunakan background yang menarik, jangan hanya tembok putih. Berdiri kurang lebih 100 meter di depan background. 

Ada 3 kunci utama saat membuat channel Youtube: 
Kualitas: video harus bagus. 
Konsistensi: mau dikenal sebagai apa. Buatlah satu tema untuk Youtubenya. Misal, masak memasak, traveling, beauty, dll.
Konten: buatlah konten yang bermanfaat.

Bella mencontohkan cara ambil foto

Setelah sesi Bella, Bhinneka.com memperkenalkan Windows 10 dari Microsoft yang memiliki fitur creator untuk mengedit video. Dapat dipakai sampai 2030 dan bisa dibilang Windows terakhir. Update Windows 10 gratis. Windows 10 dapat dibeli di Bhinneka.com. Software ini memiliki fasilitas edit video dan gambar 3 dimensi yang menakjubkan.


Kita hanya menggambar sederhana di laptop eh gambarnya bisa jadi 3 dimensi yang hidup seperti di film kartun. Sepertinya kalau tulisan saya di blog ini menggunakan gambar 3 dimensi bakalan keren deh ilustrasinya. Ada juga laptop yang sudah diinstal Windows 10, jadi kita nggak perlu beli lagi softwarenya. Laptopnya juga bisa dibeli di Bhinneka.com. Seperti Asus Zenbook Flip ini yang sudah diinstall Windows 10. 


Harganya memang mantap tapi ini bisa jadi modal kerja yang mumpuni. Apalagi sekarang kan persaingan blogger luar biasa ya. Tak sekadar menulis di blog tapi juga dibutuhkan gambar dan video yang ciamik. Ah, andai ada yang mau ngasih laptop ini ke saya. Jiyaah... beli donk di Bhinneka.com ada garansi dan gratis ongkir untuk barang tertentu. Semua produk yang dijual dan dikirim oleh Bhinneka.com dijamin asli no kw.

Kalau mau beli produk gadget kan kita takut ditipu ya. Entah barangnya nggak dikirim-kirim atau produknya palsu. Kalau di Bhinneka.com ya nggak perlu khawatir karena saya saksinya. Lah saya datang sendiri ke kantornya jadi tahu lah kalau perusahaan ecommerce ini memang ada. Bhinneka.com sudah ada sejak tahun 1999, merupakan ecommerce pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai produk penunjang bisnis maupun kebutuhan rumah tangga.

Ada layanan COD atau bayar di rumah lho. Kalau mau datang langsung ke tokonya juga bisa karena tokonya ada di Jakarta (5 toko) dan Surabaya (1 toko). Didukung oleh distribution center service center resmi dan concept store di berbagai kota.

Informasi lebih lanjut:
Website: www.bhinneka.com
Instagram & FB: @bhinnekacom

Kumpulan Emak Blogger

Hujan, pulang bawa payung semua 

44 comments:

  1. Wah asik di ajarin juga cara nge shoot nya. I honestly lebih suka baca ketimbang nonton hehehe jadi aku pribadi lebih suka cari sesuatu via web, and then youtube

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi boleh juga mak sesekali bikin video utk menunjang tulisannya xixi

      Delete
  2. Wah keren bimint Vblog, kudu modal gede ya. Laptopnya canggih euy. Mau juga bisa berhasil jadi YouTuber heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih modalnya lebih gede. Kuota inetnya jg

      Delete
  3. Tema vlog ku masih campur banget mbak, jadi nichenya gak jelas, apa aja aku bikin

    ReplyDelete
  4. Yang penting Just Shoot it ya Maakk :)...Makasih sharing nya

    ReplyDelete
  5. ayo mak kita praktek terus shoot anda edit biar channel youtube kita makin ramai xixixi salam kenal mak

    ReplyDelete
  6. Duhh masih harus belajar buat vlog. Alat seadanya hiks..btw ilmu vlog berguna banget buat akuu..makasih

    ReplyDelete
  7. Tertarik bgt utk bikin vlog tp blm pernah nyoba krn ngga pede ih dengan suara sendiri hahaha. Berasa cempreng bgt gitu. Tp hrs dicoba sih wkwkwk.

    ReplyDelete
  8. Aku masih punya PR buat teknik dubbing-nya Mbak Ley pas ngevlog. Kadang masih ga PD karena medok suaranya.ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho siapa tau malah jadi terkenal karena suara medoknya hihi

      Delete
  9. Aku masih belum PD untuk ngevlog, dan belom nguasain editingnya. Plus kamera yang aku pake sekarang, kurang banget untuk vlog. Hihihiii. Tapi kece nih acaranya, makasi sharingnya ya maaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Dian keliatannya malah lebih jago deh

      Delete
  10. Noted ilmunya. Makasih udah dirangkum, Mbak. Banyak ya persiapan di balik sebuah vlog. Tahun depan mau coba-coba lebih sering buat video.

    ReplyDelete
  11. Bhineka ini salah satu penyedia barang paling Larus utk pemerintahan mbak, sekarang merambah ke olshop utk umum lagi yaa, yaampun mupeng sama windows 10 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mupeng yaa.. aku jg mau windows 10 nya

      Delete
  12. Mau nggak mau memang harus belajar hal baru nih, yaitu bikin vlog. Kalo nggak bakal ketinggalan banget ya.

    ReplyDelete
  13. jadi maksudnya video di blog itu harus dari youtube dulu yaa mbak?? selama ini bikin video hanya berani untuk diri sendiri aja aku , belom pede di sebar luaskan . apalagi masuk youtube ... masih banyak harus belajar nih sm mbak leyla untuk bikin video di blog ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau dimonetize ya di Youtube mba. Bukan belajar sama aku mba, yg expert banyak wkwk

      Delete
  14. Selain gawai yang mumpuni modal pede juga harus sih kalau mau nge-vlog.
    Kek saya nih orangnya gak pedean. #duuhh

    Btw saya hapal kantor Bhinneka, masa-masa berangkat pagi pulang sore, dulu, sering ngelewatin.

    ReplyDelete
  15. Wah.. kayaknya seru banget acaranya, aku juga pingin belajar video editing deh, siapa tau bisa jadi vloger, any way.. isi goody bag nya banyak tuh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk.. goodybag jadi perhatian ya mak xixi

      Delete
  16. Di generasi saat ini. Bidang creative ky buat2 video jd suatu aktifitas yg menghasilkan pundi-pundi keuangan

    ReplyDelete
  17. Wah ilmu baru ni tentang vlog... Laptop ny jg keren. Hadeeuh sy masih jauh sampe ke situ ya mba tapinubtyk tambah ilmunboleh laa coba2 bikin vlog

    ReplyDelete
  18. Sekarang ini orang segitu keponya sama kehidupan orang lain ya, sampai pengen tahu keseharian orang itu ngapain aja. Kalau perlu sak kulit2nya pun dikupas, dibuatin video yaa.

    Btw, Bhineka ini langganan suami kalau beli perlengkapan computer secara online, sejak dulu, sejak belum banyak ol shop seperti sekarang. Selalu puas kalau belanja di Bhineka.

    ReplyDelete
  19. Waktu awal2 nge blog aku suka bikin Vlognya, tapi skrng udah ga pernah, soalnya ko lama2 jadi ga pede setelah sering liat vlognya kaka2 senior. Hehehe

    ReplyDelete
  20. Oh jadi harus bikin script dulu ya kalo bikin video. Pantesan saya bikin video bingung mau ngomong apa, hahah

    ReplyDelete
  21. Butuh dana yang tidak sedikit ya untuk jadi vblog, belajar dulu deh dengan bahan yang ada baru sambil nabung

    ReplyDelete
  22. Keren ya cara Bella bikin videonya..hasilnya juga oke banget. Beruntung bisa ikut di acara itu mendengarkan langsung Bella membagi ilmunya. Makasih sharingnya ya.

    ReplyDelete
  23. Wah mba Leyla beneran mau beli Asus Zenbook flip? Wuihh.. keren. Benaran ini ilmu bikin videonya bagus banget. Bisa buat belajar dari artikel mba leyla. Jadi senang dapat ilmu.

    ReplyDelete
  24. Wah, ini sih materi yg aku butuhin banget mba. Sampe sempet komen di IG mu bagi ilmunya ya. Dan di postingan ini lengkap banget. Tp masalahnya aku belum punya kamera yg mumpuni nih, smoga taun depan bisa kebeli yaa *jadicurhat

    ReplyDelete
  25. Acaranya seru banget ya... kmren aku ikutan tapi karena bekasi hujan seharian akhirnya cancel deh... ternyata acaranya bagus banget.

    ReplyDelete
  26. Kaya ane perlu beli microphone, suka hak bagus kalau dari handphone

    ReplyDelete
  27. Mpo masih belajar blog dan vlog. Makin kesini makin banyak saingan perlu konsep yg beda

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...