Friday, December 15, 2017

Tak Khawatir Lagi Beli Mobil Bekas, karena Ada mobil88



Tak terasa kita sudah sampai di akhir tahun. Biasanya para pegawai kantoran akan mendapatkan bonus akhir tahun nih kalau kinerjanya bagus. Setelah dapat, uangnya mau dipakai apa, hayoo... pasti buat liburan. Ya kaaan... Sama dong, saya juga. Upss.... 

Ya, akhir tahun kan memang waktunya liburan. Libur Natal dan Tahun Baru bersamaan waktunya dengan libur sekolah. Keluarga saya liburan ke rumah neneknya anak-anak. Liburan memang penting untuk menyegarkan pikiran. Anak-anak juga baru selesai ujian. Yang perlu diwaspadai, jangan sampai tabungan terkuras hanya untuk liburan. 

Terpikirkah oleh kita untuk menambah aset baru sebelum mendanai liburan? Beli mobil, misalnya. Mobil termasuk harta yang bisa menjadi modal usaha. Misalnya, rental mobil atau transportasi online. Tidak cukup uangnya? Bagaimana dengan mobil bekas? Khawatir nanti malah pengeluaran membengkak karena sering masuk ke bengkel? 

Saya punya cerita juga tentang membeli mobil bekas, yaitu mobil yang pertama kali dibeli oleh suami saya. Saat mau punya anak ketiga, saya kasih syarat ke suami agar membeli mobil dulu supaya kami bisa mudah bepergian. Terbayangkan dengan anak 3 kecil-kecil, kami naik angkutan umum saat bepergian di akhir pekan? Akan lebih mudah dan praktis kalau naik mobil pribadi. Kami bisa bebas berhenti saat anak-anak mau buang air kecil atau besar. Maklum, namanya anak-anak masih belum bisa ditahan keinginannya. 

Dana yang terbatas membuat suami memilih mobil bekas. Awalnya saya senang, yang penting punya mobil. Sampai kemudian kami berada di tengah jalan raya dalam keadaan lampu merah dan cuaca panas matahari. Mobil itu mogok dalam waktu lama. OMG! Panik dong. Suami berusaha menghidupkan mobil sebelum berubah lampu hijau dan mobil-mobil di belakang kami menjadi tak sabar. Alhamdulillah, mobilnya mau hidup lagi.

Eit, tapi bukan hanya sekali kejadian itu menimpa kami. Yang paling parah, mobil mogok sampai satu jam. Untungnya bukan di tengah jalan. Kami masih sempat meminggirkannya. Hampir setiap bulan kami mengeluarkan biaya ke bengkel untuk memperbaiki mobil bekas itu. Biayanya tak sedikit. Setelah kami pikirkan kok sepertinya jadi lebih mahal mobil bekas nih daripada mobil baru? Jadi, tak salah kan kalau akhirnya kami menjual kembali mobil bekas itu dan membeli mobil baru? 

Berhubung mobil baru harganya 3x lipat dari mobil bekas, kami harus membayarnya dengan mencicil atau kredit. Uang penjualan mobil bekas hanya bisa membayar DP mobil baru. Selama 3 tahun kami harus menyisihkan uang gaji suami untuk membayar cicilannya. Andai mobil bekas tak bermasalah, tentu kami bisa lebih hemat. Setelah berbagi cerita dengan teman-teman, ternyata banyak yang senasib dengan saya. Di mana ya kita bisa membeli mobil bekas berkualitas?  

Beruntung, hari Senin tanggal 11 Desember di The Hook Resto & Bar saya mendapatkan undangan dari mobil88, anak perusahaan PT Serasi Autoraya di bawah naungan PT Astra Internasional. Mobil88 adalah penyedia layanan jual beli aneka jenis kendaraan seken yang terpercaya dan berpengalaman selama 29 tahun.

Perencanaan Keuangan di Akhir Tahun
Ghita Argasasmita, Financial Planner, menjadi pembicara pertama yang memberikan informasi mengenai pentingnya perencanaan keuangan di akhir tahun. Terutama bila kita mendapatkan bonus akhir tahun. Sebelum dihabiskan untuk liburan, utamakan dulu untuk membayar utang dan membeli aset investasi. Sisanya, baru deh buat liburan.

Ghita Argasasmita

Mobil, adalah salah satu aset yang perlu dipertimbangkan untuk dibeli. Tak hanya untuk dipakai sendiri tapi juga bisa dikaryakan. Contohnya ya disewakan atau kerja sampingan sebagai pengemudi transportasi online. Mobil untuk disewakan ini saya berkaca dari teman saya. Dia juga membeli banyak mobil tapi bukan untuk dipakai sendiri. Mobilnya disewakan ke para ekspatriat atau orang-orang asing yang bekerja di Indonesia.

Para ekspatriat itu tidak berniat hidup lama di Indonesia. Jadi, daripada membeli aset di sini, lebih baik menyewa. Nanti kalau kembali ke negaranya, mereka tak perlu repot menjual asetnya. Itu mengapa mereka juga lebih suka menyewa mobil daripada membeli. Kalau mereka mau bepergian ke luar negeri pun, mobil sewaannya tinggal dikembalikan kepada pemiliknya.

Bisnis rental mobil juga menghasilkan keuntungan besar di musim liburan seperti sekarang ini. Banyak keluarga yang akan bepergian ke luar kota dan tidak memiliki mobil pribadi, memilih untuk menyewa mobil daripada menggunakan transportasi umum.

Sedangkan bekerja sampingan sebagai supir transportasi online saat ini sudah banyak dilakukan orang-orang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Mereka melakukannya di jam pulang kantor atau akhir pekan. Hasilnya lumayan, bisa mencapai ratusan hingga jutaan rupiah per hari. Belum bonusnya dari penyedia aplikasi transportasi online yang diberikan kepada pengemudi yang banyak mengambil penumpang.

Jadi, berminat membeli mobil untuk investasi? Yah, masalahnya bonus akhir tahun tidak cukup untuk membeli mobil baru. Mobil bekas saja, gimana? Hmmm... pikirkan juga risikonya kalau membeli mobil bekas. Namanya juga bekas dipakai orang. Mbak Ghita menyarankan agar kita membeli mobil bekas di tempat yang terpercaya. .

Mobil88, Jaminan Kualitas Mobil Bekas 
Selanjutnya, Bapak Halomoan Ficher, Chief Operating Officer mobil88 menjelaskan tentang pentingnya membeli mobil. Mobil bukan hanya alat transportasi tapi juga gengsi. Hayo, siapa yang beli mobil untuk gaya-gayaan. Ngaku aja deh. Yang belum punya mobil juga sering memposting foto di depan mobil orang hihihi....

Bapak Halomoan Ficher

Mobil memang menjadi simbol status ekonomi mapan. Akan tetapi, soal gengsi urusan ke sekian. Bagi saya pribadi, kebutuhan membeli mobil lebih pada manfaatnya. Ke depannya bisa saja untuk investasi. Dibandingkan dengan aset lain seperti rumah, tanah, dan emas, nilai mobil memang mengalami penyusutan atau depresiasi. Bapak Ficher menjelaskan bahwa depresiasi itu paling tinggi hanya terjadi di tahun pertama dan kedua. Selanjutnya, harga mobil bekas akan stabil. Tidak mengalami penurunan lebih banyak.

Membeli mobil baru memang menguntungkan, tapi dananya juga besar. Ibu Ghita sebelumnya menambahkan bahwa untuk beli mobil sebaiknya menggunakan uang tunai karena adanya depresiasi itu. Kalau beli mobil baru, uang tunai yang dibutuhkan tentu sangat banyak. Makanya, pilihan membeli mobil bekas juga patut dipertimbangkan.

Apa yang paling ditakutkan dari membeli mobil bekas? Bapak Ficher memberikan jawabannya. Pertama, mobil sering rusak. Nah ini seperti yang saya alami. Baru dibeli eh harus masuk bengkel berkali-kali karena mogok. Akhirnya jadi keluar uang banyak untuk bayar bengkel. Kedua, mobil tersandung kasus hukum sehingga terancam disita pihak berwenang.

Konsumen harus pintar memilih tempat membeli mobil bekas. Rekomendasinya adalah mobil88 yang sudah memiliki 21 cabang di Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, Bandung, Palembang, Medan, Surabaya, Semarang, Denpasar, dan Balikpapan.

Apa kelebihan yang ditawarkan oleh mobil88?

Jaminan Kepercayaan dan Pengalaman 
Mobil88 telah berdiri sejak 11 November 1988. Selama 29 tahun melayani kebutuhan perusahaan dan perorangan. Layanannya mencakup jual beli dan tukar tambah kendaraan.

Banyak Jenis dan Modelnya
Kita bisa bebas memilih mobil dengan jenis, tipe, dan merk kendaraan yang komersial maupun non-komersial, disesuaikan dengan tujuan pemakaian dan isi kantong. Setiap tahunnya rata-rata terjual lebih dari 13.000 di mobil88. Bagi Anda yang mau menjual mobil juga bisa. Data mobil diupload di formulir dan nanti akan diteliti kelayakannya oleh mobil88.

Jaminan Kualitas
Setiap mobil yang dijual terjamin kualitasnya karena lulus proses seleksi, rekondisi, dan quality control sesuai standardisasi mobil88. Sebelum dijual, mobil akan diinspeksi secara menyeluruh di 228 titik seperti eksterior, interior, rangka, dan mesin.

Buyback Guarantee 
Nah ini dia nih kelebihan mobil88 yang belum tentu ada di tempat lain. Mobil bekas yang kita beli memiliki garansi pembelian kembali meliputi:

  1. Dokumen asli dan bebas kasus hukum.
  2. Tidak pernah mengalami tabrakan yang menyebabkan perubahan struktur rangka. 
  3. Tidak pernah terendam banjir. 
  4. Nomor rangka dan mesin sesuai dengan yang tertera di BPKB dan STNK. 
  5. Kilometer pada odometer tidak diputar balik (asli). 
Maksudnya, jika ternyata mobil yang kita beli tidak sesuai dengan poin-poin di atas, maka kita bisa mengembalikan mobil tersebut dan menggantinya dengan yang lain. Diputar juga video testimoni dari Bapak Heri yang membeli mobil di mobil88. Ternyata belakangan Bapak Heri dihubungi oleh polisi karena mobil tersebut tersandung kasus hukum, yang baru ketahuan setelah mobilnya ada di tangan Pak Heri.

Pihak mobil88 mengambil tanggungjawab itu dan menerima pengembalian mobil Pak Heri. Pak Heri mendapatkan mobil lain sebagai pengganti, tentu dipilih sendiri oleh Pak Heri. Tak berbelit-belit prosesnya. 

Prestasi Mumpuni
Tak heran dengan jaminan kualitasnya ini, mobil88 mendapatkan World Class Quality Achievement Award dari Majalah SWA pada tahun 2013 dan dinobatkan pula sebagai World of Mouth Marketing Award. 

Year and End Sale
Hanya 3 hari lho, dari tanggal 15-17 Desember ini, mobil88 mengadakan sale akhir tahun dengan hadiah spesial: cashback 29 juta, DP mulai 8 juta, dan diskon sampai dengan 20 juta. Wow! Tak hanya itu, ada free service 1 tahun di Auto2000. Nah, buat yang mau investasi mobil, langsung hubungi saja: 

Website www.mobil88.astra.co.id
Facebook mobil88 Astra
Twitter @mobil88astra
Instagram @mobil88astra
You Tube mobil88 Astra 

Atau langsung ke cabang terdekat mobil88 di kota Anda. Yuk, cerdas pilih mobil impian di mobil88.











42 comments:

  1. ini khusus mobil aja ya mba? ada ga ya di mobil 88 ini menjual/beli kendaraan bermotor roda dua, the next semoga ada untuk motor juga. Kalau sama mobil 88 ini udah familiar ya di telinga sering lewat di TB Simatupang ada deh showroom nya ya.

    ReplyDelete
  2. Solusi nih buat yang budgetnya kurang buat beli mobil baru, bekas kalo bagus dan terjamin, ya kenapa ngga.

    ReplyDelete
  3. Sejak 1988 ,.sudah lama banget ya.Kalau mau cari mobil bekas berkualitas ke mobil 88 aja ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah berpengalaman bertahun-tahun ya

      Delete
  4. Aku pernah ,e,beli mobil di mobil 88 ini mba. Dan memang terjamin bukan bekas banjir atau tabrakan. Pelayanannya pun ramah banget dan prosesnya cepat :)

    ReplyDelete
  5. wahhh sale cuma 3 hari dan mulai dari hari ini ya. thanks infonya, cuss langsung aku share ke temen2 yg kemaren2 berencana beli mobil

    ReplyDelete
  6. Haduh Mbak kebayang bawa 3 krucils dengan posisi mobil Mogok di tengah jalan. Memang harus selektif pilih mobil bekas, murah tapi ga murahan.

    ReplyDelete
  7. Mau tukar tambah nih mba,,, biar bisa ajak tetangga sekalian ok noted nih di mobil 88 biar bapaknya suruh lihat-lihat dulu

    ReplyDelete
  8. Ooooooohhhh ternyata nama Mobil 88 itu ada maknanya ya. 11 November 1988 mulai berdiri usaha mobil ini �� Memang bagus kok kualitas mobil bekas yg ditawarkan mobil 88. Aku tau soalnya beberapa tahun lalu pernah ke Mobil88 di TB. Simatupang. Dulu sih jualnya merk Toyota tapi sekarang ini aneka merk ada �� Rnaknya kita bisa tukar tambah di sini. Pelayanannya juga oke. Puas deh sama pelayanan dan produk mobil 88.

    ReplyDelete
  9. Mobil88 sudah terkenal dengan kualitas mobil bekas yang berkualitas, sekarang diera digital orang-orang makin mudah membeli mobil bekas di Mobil88 karena sudah ada aplikasinya

    ReplyDelete
  10. Kalau lewat TB simatupang aku suka perhatiin kantor ini. udah familiar banget ya jaminan mutu buat yang cari mobil bekas

    ReplyDelete
  11. Mobil88 ada tuh deket terminal Depok. Lumayan luas tempatnya dan banyak pilihan mobilnya

    ReplyDelete
  12. Nah ini ni, pas banget dengan apa yg aku cari. Pengen beli mobil cash, ga pake kredit2an. Tapi harganya aduhai, solusinya cocok banget bekas tapi berkualitas ya mba, ok deh buru2 bilang suami ��

    ReplyDelete
  13. Wah cuma 3 hari ya promonya, harus buru buru ke Mobil88 tuk lihat mobilnya,mkch infonya

    ReplyDelete
  14. Aduh, mama paling sebel deh kalau aku mau beli mobil bekas. Soalnya dulu, keluarga besar pernah beli mobil bekas, eh malah banyak jajan.
    Enak ya, sekarang ada mobil88, jaminan mobil bekas berkualitas. Kalau gini sih, nggak usah khawatir sama mobilnya.

    ReplyDelete
  15. Aduh, mama paling sebel deh kalau aku mau beli mobil bekas. Soalnya dulu, keluarga besar pernah beli mobil bekas, eh malah banyak jajan.
    Enak ya, sekarang ada mobil88, jaminan mobil bekas berkualitas. Kalau gini sih, nggak usah khawatir sama mobilnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dijamin kalo rusak bisa dikembalikan lagi

      Delete
  16. Keren loh sampe ada buy back garranty nya... Bikin customer makin tenang beli mobil di mobil88

    ReplyDelete
  17. Tertarik banget dengan program YES nya diskon sampai 29jt ya. Kira-kira suamiku mau ga ya beliin aku.

    ReplyDelete
  18. Bapakku dulu beberapa kali beli mobil bekas, kami enggak pernah punya mobil baru, ada yg mulus, ada jg yang soak duh :D Tapi kalau di tangan bapak alhamdulillah mobilya terawat :D
    Ya emang kudu beli dari dealer yang terpecaya ya mbk, kalau misalnya gak ngerti mesin, ajak yang paham mesin saat beli monil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu emang blm tau banyak soal mobil tapi pengen punya mobil

      Delete
  19. Ooo 88 tuh tahun berdirinya?
    Sekarang memang segala dimudahkan dengan aplikasi ya. Jadi tinggal main jempol aja.

    ReplyDelete
  20. Kemarin waktu beli mobil sekend pertamakalinya pasti gak kepoin dulu Mobil88.Sampai dapat mobil sering mogok dan trouble begitu.

    ReplyDelete
  21. Kalau beli mobil bekas kudu teliti banget ya kalau ga gitu nanti bukanya untung malah buntung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget daripada mogok di jalan ya

      Delete
  22. Mobil 88 itu anak perusahaannya Astra ya mbak?

    Jadi inget waktu kecil dulu, mobil pertama yang dibeli Bapak juga mobil bekas. Tiap kali hujan, mobilnya mogok. Padahal di Bogor kan hampir tiap hari hujah hihihi...

    Sejak itu agak anti sama yang namanya mobil bekas. Tapi kalau di Mobil 88 keliatannya kualitasnya juga cukup terjaga ya mbak

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...