Wednesday, May 1, 2019

Pepsodent Herbal Sahur Amal dan Tips Jaga Kesehatan Mulut selama Puasa



Assalamualaikum. Tinggal menghitung hari, kita akan memasuki bulan Ramadhan. Bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim. Di bulan Ramadhan, kita diwajibkan berpuasa sebulan penuh, kecuali kalau ada uzur seperti sakit atau menstruasi (untuk kaum wanita). Saya senang kalau sudah masuk bulan Ramadhan, karena saya jadi bisa menahan nafsu makan. Biasanya, berat badan saya turun sampai 3 kilogram setelah  sebulan berpuasa. 


Eh, serius jadi bisa menahan nafsu makan? Iya dong, alhamdulillah hehe... Tapi tetap saja ya, ada makanan yang sulit saya hindari saat berbuka puasa karena itu makanan-makanan favorit saya. Yaitu makanan yang pedas dan manis. Saya baru tahu di acara Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019 Blogger dan Influencer Gathering yang diadakan pada tanggal 26 April 2019 di Seribu Rasa, Menteng. Dari pemaparan DrG. Ratu Mirah Afifah GCClindent, MDSc, Pakar Kesehatan Gigi dan Mulut yang memberikan tips tentang menjaga gigi dan mulut tetap bersih dan sehat saat berpuasa agar kita tetap nyaman beribadah. 

Talkshow oleh Ustazah Lulu, Drg Ratu, dan Distya Tarworo Endri

Namun, sebelum pemaparan dari Drg Ratu, sebelumnya kami mendengarkan tausiyah dulu dari Ustazah Lulu Susanti, yang berceramah tentang pentingnya menjaga kebersihan diri saat berpuasa.  Ada 3 hal yang harus dijaga, yaitu: pertama, menjaga makanan yang halal dan thoyyib. Artinya, kita hanya memakan makanan yang halal dan thoyyib (baik). Jangan memakan makanan yang tidak halal dan membahayakan kesehatan. 

Ustazah Lulu. Foto: Pepsodent Herbal 

Kedua, carilah pekerjaan yang halal dan thoyyib. Sebab, dari hasil kerja itu kan nantinya akan digunakan untuk membeli makanan juga. Kalau pekerjaannya tidak halal dan thoyyib, sudah pasti makanan yang dibeli juga jadi tidak halal dan thoyyib. Semoga pekerjaan yang kita lakukan sudah  halal dan thoyyib ya, supaya hasilnya berkah. 

Ketiga, jagalah lisan. Ucapkanlah perkataan yang baik, terutama saat berpuasa. Jangan sampai puasa jadi sia-sia  karena lisan tidak terjaga. Di era media sosial ini, lisan diwakilkan oleh jari jemari yang mengetik status dan komentar. Jagalah jemari kita dari mengetik status dan komentar yang tidak baik dan menyakiti orang lain ya. Jika mulut adem, hati pun adem. Banyak kejadian yang membuat hati tidak tenang akibat mulut yang tidak adem. Benar, kan?

Di dalam Islam, mulut termasuk anggota tubuh yang harus dijaga. Rasulullah Saw sangat menjaga kebersihan mulut, sehingga beliau akan mengosok gigi setiap pulang dari bepergian. Ketika hendak salat pun, kita harus membersihkan gigi dan mulut sehingga tidak tercium bau yang tak sedap. Begitu juga saat berpuasa, Rasulullah juga rajin membersihkan mulut meskipun katanya bamulut orang yang berpuasa itu sewangi kesturi.

Drg Ratu  memberikan tips menjaga kesehatan mulut saat berpuasa.

Nah, bagaimana tips menjaga kesehatan mulut selama berpuasa? Drg Ratu memberikan tips-tipsnya, yaitu: 

  1. Menyikat gigi dan lidah minimal 2 kali sehari. Di saat berpuasa, tentunya hal ini dilakukan setelah berbuka puasa dan setelah sahur. Sikat gigi ini penting agar sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi dapat dibersihkan dan tidak berkembang menjadi bakteri yang akan membuat gigi keropos dan berlubang. Ibadah juga lebih tenang dong, kalau gigi dan mulut bersih. Coba bayangkan jika masih ada sisa makanan saat kita salat Tarawih atau mulai berpuasa, pasti tidak nyaman beribadah kan. 
  2. Berkumur yang optimal saat berwudhu. Kita salat wajib saja sudah 5 kali sehari. Belum ditambah dengan salat sunahnya. Sebelum salat, kita wajib berwudhu yang salah satunya adalah berkumur. Lakukan berkumur secara optimal, jangan hanya sekadarnya. Gunanya untuk membilas bakteri di mulut dan gigi. 
  3. Banyak minum air putih saat sahur dan setelah berbuka puasa. Kebiasaannya kita saat berbuka puasa itu lebih dulu minum minuman yang manis.  Boleh saja sih, tapi jangan banyak-banyak. Justru yang harus diperbanyak adalah minum air putih karena air putih adalah komponen utama dari air liur yang berfungsi untuk menyimpan mineral-mineral yang dibutuhkan oleh gigi. Air putih juga dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Berbeda dengan minuman manis yang justru akan membuat gigi keropos dan berlubang. Pun untuk makanannya, kurangi makanan manis dan pedas karena dapat merangsang air liur yang membuat persediaan air liur berkurang selama puasa sehingga mulut menjadi kering.
  4. Banyak makan sayur dan buah saat berbuka puasa dan sahur. Tak hanya mengandung serat dan vitamin, sayur dan buah juga pembersih gigi alami yang dapat membersihkan plak dan sisa makanan serta mengandung antioksidan untuk kesehatan gigi dan mulut. 
  5. Jangan lupa makan kurma. Tak hanya sunah Rasulullah Saw yang memakan 3 butir kurma saat berbuka puasa, ternyata buah kurma mengandung fluoride untuk mencegah gigi berlubang. Memang sih rasanya manis, tapi kandungan gulanya itu termasuk golongan fruktosa yang tidak punya efek samping terhadap kesehatan gigi. Buah kurma yang dipilih adalah buah kurma yang belum dijadikan manisan kurma ya, biasanya buahnya itu masih segar dan masih ada tangkainya. 
Wah, bermanfaat sekali ya tips dari DrG Ratu ini. Ada yang baru saya ketahui seperti berkumur secara baik untuk membilas bakteri dan mengonsumsi kurma yang ternyata mengandung fluoride. Tak hanya itu, selanjutnya Distya Tarworo Endri, Senior Brand Manager Pepsodent merekomendasikan Pepsodent Herbal

Oya, sebelum Pepsodent Herbal Sahur Amal Blogger dan Influencer Gathering ini, pada pagi harinya juga diadakan konferensi pers "Pepsodent Herbal Sahur Amal, Mulut Adem Hati Adem" yang dihadiri oleh para pembicara: 

  • Distya Tarworo Endri, Brand Manager Pepsodent PT Unilever Indonesia, Tbk. 
  • DrG. Ratu Mirah Afifah, Pakar Kesehatan Gigi dan Mulut. 
  • Ustazah Aini Aryani
  • Tantri Syalindri atau Tantri Kotak, Celebrity Mom
  • Bapak Dr. Ir. H. Lukmanul Hakim, MSi, Direktur LPPOM MUI. 

Tantri Kotak, Celebrity Mom
Foto: Pepsodent Herbal 

Pepsodent Herbal dapat digunakan untuk membersihkan gigi dan mulut karena mengandung bahan-bahan alami yang halal dan thoyyib seperti daun sirih, jeruk nipis, dan garam. Memberikan sensasi dingin setelah digunakan, sehingga mulut terasa segar meskipun sedang berpuasa. Pepsodent Herbal telah mendapatkan penghargaan Halal Award dari LPPOM MUI pada tahun 2014 dan 2018. Jadi, kita yang muslim tak perlu khawatir lagi ya saat menyikat gigi dengan Pepsodent Herbal. 

Penghargaan ini juga diberikan karena Pepsodent Herbal telah konsisten mengadakan program Sahur Amal sejak tahun 2013. Tahun ini, Pepsodent Herbal juga mengadakan Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019 yaitu dengan membagikan ribuan paket sahur kepada masyarakat yang membutuhkan. Nah, di tahun ini, Pepsodent Herbal mengajak kita untuk ikut beramal.

Cukup beli Pepsodent Herbal 190 gram, bisa ikut Sahur Amal. 

Caranya mudah sekali, cukup dengan membeli Pepsodent Herbal 190 gram kemasan khusus Ramadhan, kita sudah ikut beramal Rp 1000 untuk didistribusikan dalam bentuk paket sahur ke ratusan panti asuhan di berbagai daerah di Indonesia. Saat membagikan paket ini, nantinya Pepsodent Herbal akan melibatkan berbagai tokoh inspiratif untuk membangkitkan semangat anak-anak Panti Asuhan agar termotivasi untuk berpuasa sebulan lamanya.


Nah, para blogger dan influencer juga diajak membuat scrapbook dengan menggunakan kemasan Pepsodent Herbal dan ditulisi kata-kata yang memotivasi anak-anak panti asuhan itu.  Mumpung di bulan Ramadhan,  yuk kita berlomba-lomba memberikan paket makanan sahur dengan cara yang mudah, yaitu hanya dengan membeli Pepsodent Herbal kemasan edisi khusus Ramadhan. 

Bersama Ayana Moon

Di acara ini, saya juga senang sekali bisa berjumpa dengan influencer dan celebrity mom seperti Zaskia A. Mecca dan Ayana Moon, selebgram mualaf dari Korea. Sepulang dari acara ini, saya mengajak Salim untuk menyikat gigi sendiri tentunya dengan menggunakan Pepsodent Herbal. Alhamdulillah, anak-anak saya sudah rutin diajarkan menyikat gigi sejak kecil sehingga gigi mereka terawat. Gigi Salim juga sampai hari ini belum ada yang bolong. 

Mengajak Salim sikat gigi dengan Pepsodent Herbal 

Bismillah, semangat menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan jangan lupa mengikuti program Sahur Amal dari Pepsodent Herbal ini ya. 

Yuk sikat gigi dengan Pepsodent Herbal 

46 comments:

  1. Wah habisn= ini sudah Ramadhan nih. Waktunya beli nih hehe, buat persediaan

    ReplyDelete
  2. Bener banget nih Bun. Saya juga suka banget kok pakai pepsodent herbal ini.

    ReplyDelete
  3. Ternyata nggak hanya membersihkan mulut, namun juga menjaga kesehatan mulut juga ya

    ReplyDelete
  4. Wah bermanfaat sekali nih tipsnya. Bisa dicoba nih ya Bun. Terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete
  5. Wah dengan membeli pepsodent herbal kemasan khusus sudah bisa membantu sesama ya Bun

    ReplyDelete
  6. Baru tau aku mba kalo kurma bisa mencegah gigi berlubang ya. Gula di kurma gula alami sih ya, jadi nggak bikin rusak gigi. Btw, aku pangling sama Tantri Kotak... :)

    ReplyDelete
  7. Wah seru ya acara ny. Aku biasa suka liat ini juga sih di supermaket.. cm belum coba. Jd pengen coba deh..

    ReplyDelete
  8. seru ya acaranya, aku juga pake ini sih mbak kebetulan, karena aku suka sensasi kesetnya abis kumur hahahaa :)

    ReplyDelete
  9. Selamat menjalankan puasa yaaa... semoga sehat2 selalu dan makin banyak amalan ibadahnya selama Ramadhan ini. Tetap jaga kesehatan mulut dengan Pepsodent Herbal yang bikin mulut berasa adem.

    ReplyDelete
  10. wah menarik nih acaranya seru ya pasti, ramai juga yang datang.

    ReplyDelete
  11. Seneng deh kalo pasta gigi favorit punya program bagus kayak gini. Berdonasi tanpa rasa donasi. Jadi semangat deh belinya. Dan manfaatnya, aku dulu bei karena bikin sariawan cepet sembuh, sekaligus mencegahnya. Dan kalo puasa iya, bikin mulut seger kalo abis sahur sikat gigi pake ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, dengan produk kayak gini, bau mulut seharian, bisa sedikit berkurang dengan sikat gigi pake Pepsodent ini di saat sahur.

      Delete
  12. dari dulu kluarga ku selalu pake pasta gigi pepsodent ������ kayaknya yg herbal ini pas bgt dipake pas bulan puasa ya biar lebih seger naafasnya ����

    ReplyDelete
  13. wah seru banget nih acaranya, btw aku juga rasajya pernah pake pasta gigi inj juga, seger wanginya yaaa

    ReplyDelete
  14. Pasta gigi ini dulu aku pakai buat transisi pasta gigi anakku dr pasta gigi bayi ke dewasa, soalnya gak pedes. Emang herbalnya kyknya bagus buat menjaga kesehatan gigi dan mulut.

    ReplyDelete
  15. Darell suka sekali rasa dari Pepsodent Herbal. Katanya seger dan gak pedes. Jadi gak bikin dia banyak alasan buat males gosok gigi karena rasa pasta giginya gak pedes lagi

    ReplyDelete
  16. Aku tim yg gaberalih dari si ijo pepsodent ini mbaa. Soalnya ga bikin mulut jadi pedas dan dengan membeli ini saat bulan ramadhan, bisa menjadi ajang beramal ya

    ReplyDelete
  17. Seru ya mbak ikut acaranya , nambah ilmu juga nih pastinya . Btw, pepsodent herbal ini seger juga ya mbakkk aku pernah cobain sih waktu itu tp skrg gak repurchase yg herbal, selalu repurchase yg pepsodent seperti biasanya merah hehehe

    ReplyDelete
  18. waaa ada tantri! *salfok*. pepsodent udah jadi pasta gigi wajib sih dirumahku, pasti pake pepsodent. kadang beli pepsodent herbal juga kalo lagi bosen sama yg biasa :D

    ReplyDelete
  19. Seru banget mbak acaranya, setelah baca ini aku juga jadi tau tips tips nya gimana

    ReplyDelete
  20. seru banget acaranyaa yaa mba. Aku tu dirumah selalu pake pepsodent karena udah kebiasaan juga dari dulu dirumah hehe

    ReplyDelete
  21. acaranya seru banget ya Mbak di rumah juga pakainya pepsodent dan jadi kebiasaan banget kalau nggak ada pepsodent ada yang kurang

    ReplyDelete
  22. Aku pernah coba juga pasta gigi ini bikin fresh dimulut dan cocok bgt dipakai pas bulan puasa gini biar mulut lebih sehat

    ReplyDelete
  23. Pepsodent ini pasta gigi keluarga kami yang sudah dipakai sejak saya kecil. Sampai sekarang masih setia dong.

    Apalagi Pepsodent ada untuk anak-anak juga. Dan kini malah ada Pepsodent yang bisa dipakai oleh dewasa dan anak sekaligus ya. Makin setia aja deh pastinya.

    ReplyDelete
  24. Aq dari dulu suka pakai pepsodent, yang herbal juga enak:)

    ReplyDelete
  25. Keren ya pepsodent, seingatku program amal sahur ini sudah beberapa tahun yang lalu. Dan di lanjutkan sampai sekarang, keren..

    ReplyDelete
  26. Air putih memang sederhana dan itu juga yang dianjurkan nabi ketika berbuka, kurma dan air putih.

    Sederhana ya tapi manfaat sangat besar. Sama halnya kebiasaan gosok gigi menggunakan pepsodent herbal terasa sekali manfaatnya, bisa berbagi sahur

    ReplyDelete
  27. Banyak orang melewatkan menyikat lidah, biasanya cuma gigi aja ya. Aku sampai beli alat pembersih lidahnya tuh. Kalau sikat gigi biir pun aku sikat giigi

    ReplyDelete
  28. Aku udah sedia Pepsodent Herbal untuk membersihkan gigi sepanjang ramadhan. Kayaknya malah lebih nih, karena kemarin belanja 3 buah untuk stok bulan berikutnya

    ReplyDelete
  29. Mbak Leyla kerudungnya matching sama pepsodent cantik hehe. Btw pepsodent ini udah jadi merk turun temurun apalagi ada bahan herbal alaminya mbak makin asik dan segar.

    ReplyDelete
  30. Wii....ketemu sama Ayana Moon.
    Iya, kak Leyla...aku suka makan dan minuman manis. Kebayang aja gitu..keadaan gigiku saat ini menahan gempuran gula luar biasa.
    Camilannya diganti kurma, mantap yaa...
    Fruktosa yang tidak merusak flora mulut.

    Pakai Pepsodent Herbal, sehat sekaligus beramal.

    ReplyDelete
  31. Biasanya di rumah aku juga pakai Pepsodent herbal yang daun sirih. Btw senang banget ya ada program sahur amal seperti ini setiap tahunnya bisa berbagi dengan anak-anak yatim.

    ReplyDelete
  32. merk pasta gigi pertama yg kukenal sejak kecil ya pepsodent mak. seneng banget sekarang ada yg varian daun sirih, biasanya daun sirih juga dipake buat kumur2 kalau lagi sakit gigi kumat nih hehehe

    ReplyDelete
  33. Bau mulut saat puasa memang menjadi pekerjaan rumah tersendiri ya, maka itu membutuhkan pasta gigi yang bisa memberikan kesegaran di mulut yang tahan lama, jadi bisa terhindar dari bau mulut, pepsoden herbal dengan daun sirih ini selain menyehatkan gigi dan mulut juga bisa terhindar dari bau mulut saat puasa ya

    ReplyDelete
  34. Wah penting emang jaga kesehatan mulut terlebih saat puasa nih..

    ReplyDelete
  35. pepsodennya yang gede banget di foto pertama kalo dipake kira-kira habisnya berapa lama ya mba, hihi. Selamat berpuasa mba

    ReplyDelete
  36. Dari sekian jenis varian Pepsodent, aku tuh paling suka yang herbal warna hijau ini. Ada sensasi asin gitu pas pake, ternyata dari garam yang digunakan sebagai salah satu unsur pembunuh kuman ya.

    ReplyDelete
  37. Pepsodent yang ini kayaknya wangi, ya. Cocok untuk saat puasa memang. Biar fresh terus.

    ReplyDelete
  38. pepsodent herbal ini rasa nya enteng menurut aku.. enak banget! aku baru tau klo kurma juga mengandung fluoride, jadi makin senng makan kurma

    ReplyDelete
  39. Bau mulut pas puasa bikin gak pede seharian deh

    ReplyDelete
  40. Saya di rumah juga sudah pakai pasta gigi yang satu ini loh mba, lebih nyaman dipakai apalafi saat puasa

    ReplyDelete
  41. Pepsodent pasta gigi andalan ini, malah sudah ada sejak saya kecil. Sekarang ada banyak varian baru yang disesuaikan dengan kebutuhan ya. Saya belum coba sih yang herbal ini. Boleh deh kapan-kapan coba.

    ReplyDelete
  42. Pepsoden yg varian ini favoritnya ibukku. Emang nyaman bgt sensasinya di mulut.

    ReplyDelete
  43. Ayana moon cantik sekali ya. Alhamdulillah semoga mualafnya mendapatkan barokah. Aku juga pake pepsodnt herbal mba. Semua keluargaku.

    ReplyDelete
  44. Enak ya, beli sekaligus beramal.

    Keren nih, pepsodent herbal. Jadi secara ga langsung mengajak semua orang berbuat baik.

    ReplyDelete
  45. Jadilah jutawan mendadak sekarang juga hanya bermain di sentapoker,com. Hanya deposit 15ribu kamu sudah bisa mendapatkan bonus 10ribu dan berkesempatan memenangkan hadiah ratusan juta hingga milliaran Rupiah! Jangan sampai ketinggalan dengan bonus yang akan datang nantinya hanya di sentapoker,com

    WHATSAPP : +6285921063064
    BBM : SENTA88
    LIVE CHAT : SENTAPOKER,COM

    AGEN POKER TERPERCAYA
    SITUS POKER ONLINE RESMI

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...