Monday, November 25, 2019

Cara Asyik Menikmati Masa Menyusui bersama PRENAGEN

Menjadi seorang ibu itu benar-benar penuh perjuangan, salah satunya pada saat menyusui. Sebagai ibu dari 3 anak, 2 dari anak saya itu berhasil mendapatkan ASI Eksklusif dan dilanjut sampai usia 2 tahun. Tentunya semua itu sangat banyak tantangannya. Terkadang saya hampir menyerah dan ingin memberikan susu formula. Akan tetapi, pengalaman si sulung yang terpaksa diberikan susu formula di usia 5 bulan sehingga badannya lemah, membuat saya bertekad untuk tetap memberikan ASI kepada adik-adiknya. 
ASI dari Dua Sisi

Alhamdulillah, suami saya termasuk Ayah ASI yang siaga dan sangat mendukung pemberian ASI. Yah, walaupun dia tidak bisa menyusui tapi dia berusaha memastikan stok ASI saya melimpah diantaranya dengan makanan bergizi, hati yang gembira, dan tentu saja susu menyusui. PRENAGEN susu ibu menyusui yang dapat membantu memperlancar produksi ASI. 

Nah, demi mendukung kesuksesan pemberian ASI, hari Sabtu tanggal 16 November 2019 lalu, saya menghadiri acara bertajuk “ASI dari Dua Sisi.” Acara ini diadakan di Kedai Kopi 89 Kemang, Jakarta Selatan. Para ibu datang bersama suaminya masing-masing, karena di acara ini memang sangat spesial. Tak hanya memotivasi ibu agar semangat menyusui, tapi juga para Ayah agar mendampingi proses menyusui istrinya dengan cinta.

Dipandu oleh MC Shahnaz Soehartono, Influencer Febbie Arimbhie yang juga masih menyusui menceritakan pengalamannya saat menyusui si kecil. Tantangan menyusui adalah saat harus bangun malam dan payudara bengkak. Suaminya sangat mendukung proses menyusui, bahkan ikut begadang meskipun jam kerjanya sangat padat. Biarpun hanya ditemani saat menyusui, Febby sudah bahagia.

Febbie Arimbhie


Sedangkan saat payudara bengkak itu sangat menyiksa. Badan panas dingin, posisi tidur tak menentu. Hanya ibu menyusui yang tahu rasanya. Saya juga pernah mengalami mastitis. Biasanya hal itu hampir membuat saya menyerah memberikan ASI. Untungnya saya berhasil melewatinya dan tetap memberikan ASI sampai usia 2 tahun. 

Selain dukungan suami, pemberian nutrisi untuk ibu menyusui juga penting. Banyak ibu yang Berhenti menyusui karena merasa ASI-nya kurang. PRENAGEN memiliki  varian susu untuk ibu menyusui dengan kandungan nutrisi yang cukup dan membantu produksi ASI. Saya juga merasakan manfaat meminum susu menyusui ini. ASI saya masih lancar keluar bahkan sampai 2 tahun. 

Ilona, Senior Brand Manager PRENAGEN menjelaskan bahwa PRENAGEN konsisten mendampingi ibu dari masa kehamilan hingga menyusui dengan memberikan susu bernutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan buah hati. PRENAGEN memiliki banyak varian dan rasa yang enak. Bahkan kini ada kemasan UHT yang tinggal minum, sehingga ibu tidak usah susah-susah menyeduh susu apalagi kalau si kecil sedang susah dilepas. Apa saja Varian PRENAGEN? 

Ada PRENAGEN Mommy Emesis, PRENAGEN Mommy, PRENAGEN Esensis, PRENAGEN LactaMom, PRENAGEN Mommy Moka, PRENAGEN UHT,  dan PRENAGEN Juice. Masing-masing memiliki manfaat yang disesuaikan dengan tahapan proses hamil dan menyusui.  Mau lebih hemat membeli PRENAGEN? 

Marissa  dan Ilona

Marissa, Head of Marketing Kalbe Family menjelaskan cara menghemat pengeluaran untuk membeli PRENAGEN yaitu dengan bergabung bersama Kalbe Family. Cukup mengunduh Aplikasi Kalbe Family di Playstore, lalu mendaftar. Setiap pembelian akan mendapatkan poin. Kumpulkan poinnya dan nanti bisa ditukar dengan voucher belanja, perlengkapan rumah tangga, bahkan gadget . Hemat, kan. Apalagi kalau produknya memang kita konsumsi ya. Makin banyak belanja, makin besar kesempatan menangnya. Langsung saja kunjungi www.kalbefamily.co.id untuk info lengkapnya. 

Kejutannya, para ibu mendapatkan gift special dari PRENAGEN yang berisi PRENAGEN LactaMom dan PRENAGEN Almond Barley Soya Varian UHT yang praktis. Kami diajak untuk mencoba PRENAGEN Soya bersama-sama. Rasanya enak seperti susu kedelai. Sepertinya akan membuat ketagihan nih. Praktis pula tinggal sedot.

PRENAGEN UHT

Acaranya masih belum berakhir lho. Acara pamungkas adalah tutorial pijat Oksitosin oleh Bidan Israna Atikah S.Keb. Pijat ini bermanfaat untuk merangsang produktivitas ASI dan bisa dilakukan oleh Ayah. Makanya di acara ini para ibu diminta mengajak suaminya, rupanya supaya bisa ikut belajar mempraktekkan pijat Oksitosin.

Pijat Oksitosin


Pijat Oksitosin ini termasuk ke dalam rangkaian Breast Care yng sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui. Ada 3 tahapan Breast Care: Pijat Payudara, Pijat Oksitosin, dan Cold and Heat Therapy. Tujuannya untuk menjaga kebersihan payudara, melenturkan dan menguatkan putting susu, mengeluarkan putting susu yang tenggelam, dan memperbanyak produksi ASI. 

Siapkan alat yang dibutuhkan untuk Pijat Oksitosin, yaitu: handuk, waslap 4, kapas, hand sanitizier, baby oil, air panas, dan air dingin. Kemudian Ayah ASI dalam posisi berdiri di belakang istrinya. Bersihkan tangan Ayah terlebih dahulu, siapkan kapas dan basahi baby oil. Lalu, tempelken kapas di putting susu selama 3 3 menit. Lepaskan kapas sambil ditekan lembut dan diputar untuk membersihkan area putting susu dan aerola. 

Kemudian lakukan pemijtan payudara, yaitu dengan gerakan tangan memutari payudara, lalu menekan payudara dari atas seperti adegan memerah susu. Terakhir, jari memijat putting susu. Untuk proses Cold and Heat Therapynya, kompres kedua payudara secara bergantian dengan kompres hangat dan dingin masing-masing 2-3 menit. Dan selanjutnya Pijat Oksitosin dilakukan dengan memijat punggung istri dari pangkal leher sampai pinggang. Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan payudara secara sistematis,menjaga kebersihan sehari-hari, dan  mengenakan BH yang menopang payudara. 

Wow, mudah sekali ya. Dijamin istri pasti suka kalau Ayah ASI mau melakukan pemijatan tersebut. Apalagi kalau sedang mastitis. Ah, andai saya tahu dari dulu ya. Proses menyusui tak lagi diwarnai dengan drama mastitis deh. Memang, kalau kita memiliki pengetahuan dalam proses menjadi ibu ini, kita dapat melaluinya dengan bahagia ya Mom. Nah, makanya jangan berhenti mencari ilmu dan pengetahuan dalam hal parenting ini. Salah satunya dengan membaca artikel parenting di Hello Sehat.

Begitulah Cara Asyik Menikmati Masa Menyusui bersama PRENAGEN. Semoga artikel ini dapat membantu Mama-mama yang masih dalam proses menyusui agar tidak galau lagi memberikan ASI. 

PRENAGEN Lacta Mom



4 comments:

  1. Wah, program yang sangat bermanfaat sekali ya Mbak, terimakasih sudah mau berbagi ilmu.

    ReplyDelete
  2. Iya Mbak, menjadi seorang ibu itu memang membutuhkan perjuangan yang ekstra, apalagi ketika sedang menyusui.

    ReplyDelete
  3. Iya Mbak, ketika payudara bengkak itu memang sangat menyakitkan, tidur dengan posisi apa pun terasa sakit.

    ReplyDelete
  4. Baru tau ada pijat Oksitosin, wah ntar praktekin deh pas lahiran 😍

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...