Thursday, June 25, 2015

Blogger Muslimah: Saatnya Muslimah Berdakwah Melalui Blog

Beberapa hari yang lalu, saya menyaksikan tayangan talkshow di televisi yang dipandu oleh Ustazah Pipik Dian Irawati (istri almarhum Ustadz Jefri Al Bukhari) dan Okky Setiana Dewi. Temanya tentang berdakwah. Okky menyebutkan hadist yang berbunyi: "Dari Abdullah bin 'Amr, sesungguhnya Nabi Saw bersabda, "sampaikanlah dariku walaupun hanya sepotong ayat," (HR. Bukhari, Tarmidzi, Ahmad).


Saya sudah mengetahui hadist itu sejak kuliah dan menjadi salah satu yang memotivasi saya untuk berdakwah melalui tulisan. Mengapa melalui tulisan? Karena saya tidak piawai berdakwah melalui lisan. Maklum deh, suara saya level 2 kalau bicara di muka umum hehehe.... Berhubung saya sudah suka nulis dari SD, ya kenapa tidak berdakwah melalui tulisan? Saya mulai sering memasukkan nilai-nilai agama yang saya pahami melalui cerpen-cerpen yang saya kirimkan ke Majalah Annida (sekarang berubah menjadi situs Annida Online). 

Kesulitannya berdakwah di media cetak adalah harus menunggu lama agar tulisannya dimuat. Itupun kalau dimuat. Sebelum cerpen pertama saya dimuat, saya harus menerima penolakan sebanyak 9 kali! Lumayan deh, karena mengarang cerpen itu kan tidak mudah. Kita harus berkhayal dulu, apalagi kalau cerpennya mengandung muatan Islam. Kita harus bisa memasukkan muatan Islam tersebut supaya tidak terkesan menceramahi.

Sebenarnya sudah sejak 8 tahun lalu saya mengenal blog. Blog pertama adalah Multiply, tapi jarang dibuka dan diisi. Sekali diisi, isinya curhat-curhat hihihi.... Saya belum terpikir untuk berdakwah melalui blog, karena memang saya sendiri jarang baca-baca blog orang. Komunitas blogger? Sama sekali tidak ada. Buka blog hanya sesempatnya. Saya lebih fokus menulis  buku dan cerpen. Baru tahun 2012, saya tertarik ngeblog lagi. Blog Multiply sudah ditutup, jadi saya membuka blog di Blogspot ini. 

Awalnya, saya ngeblog tanpa tendensi apa-apa. Hanya ingin memindahkan tulisan ke blog, eh tapi kolom komentar kok sepi ya? Paling hanya satu dua orang saja yang komentar. Sampai kemudian saya bergabung dengan beberapa komunitas blogger, baru deh saya mengetahui seluk beluk blogging. Yap, bergabung dengan komunitas blogger memang menuai banyak manfaat. Selain jadi dapat teman baru, ilmu baru, saya juga mendapatkan penghasilan lumayan dari ngeblog. Malah sekarang keasyikan ngeblog daripada nulis buku T_T

Lalu, kembali lagi ke tayangan beberapa hari itu. Tentang berdakwah dan menyampaikan kebaikan walaupun hanya satu ayat. Ah, iyaa..... Saya keasyikan ngeblog buat nyari penghasilan, kapan berdakwahnya? Alhamdulillah, saya bertemu komunitas blogger lain, yang baru dibentuk: BLOGGER MUSLIMAH. Saya lupa apakah saya masuk sendiri atau dimasukkan orang lain ya, saking  banyaknya komunitas blogger. Begitu masuk, ternyata foundernya Uni Novia Syahidah, penulis yang sudah tidak asing lagi buat saya. 

Tagline Blogger Muslimah: Gerakan Menuju Sholehah, itu menarik sekali buat saya. Kenapa tidak, blog dijadikan wadah untuk berdakwah, sekalipun hanya satu ayat? Jika selama ini kita berbondong-bondong mencari penghasilan melalui blog, kenapa tidak sekalian mencari pahala melalui blog?  Selain diniatkan untuk menyampaikan kebaikan, kita juga sembari belajar. Belajar Islam harus dilakukan terus menerus, karena ada kalanya kita berada pada titik terendah keimanan. Jadi, kita harus terus memperbarui keimanan kita dengan mempelajari ayat-ayat Al Quran dan hadist.

Komunitas blogger seperti Blogger Muslimah dapat menyemangati untuk terus bergerak menuju sholehah. Menyampaikan dakwah Islam yang indah melalui blog. Kita tidak perlu menunggu tulisan diacc dulu oleh media cetak atau penerbit, bisa langsung diposting di blog dan dibaca orang banyak. Yuk, ah, semangat berdakwah melalui blog bersama komunitas Blogger Muslimah! Mumpung bulan Ramadan, di mana pahala kebaikan dilipatgandakan.

21 comments:

  1. saya juga selama ini mencari-cari komunitas blogger muslimah. alhamdulillaah sudah ada. kayaknya pertama kali gabung karena baca tulisan mbak Tetty Hermawati tentang BM, terus join dan alhamdulillaah diterima :-)

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah ketemu komunitas blogger muslimah..
    Setuju ama mba, mari berdakwah melalui blog ;)

    ReplyDelete
  3. betul mba,kalau utk menjadi ustadzah yg banyak ceramah, saya gak bisa, kenapa gak menyampaikan hal yg bermanfaat lewat blog? :)

    ReplyDelete
  4. wah udah nulis aja untuk blogger muslimah, saya belum nih

    ReplyDelete
  5. Baru sadar saya kalo tulisan Mak Leyla dulu udah sering saya baca (kemana aja saya :(( ). Dulu saya langganan Annida pas jaman sekolah. Sampe skrg masih tersimpan rapi dalam box. Pantes, awal2 saya merasa agak familiar sama nama di badge FB-nya. *salimmohonmaaf :D

    ReplyDelete
  6. Pengen gabung deh mbak sama Blogger Muslimah :))

    aahh ya, awal2 mba leyla ngeblog lagi lewat blogspot saya termasuk yg rajin sekali mengikuti tiap tulisan mbak leyla. Iya, dulu blognya masih biasa banget, sekarang udah luaarrr biasa. Malah saya yg masih tetep biasa2 aja :(((

    ReplyDelete
  7. Aku langsung meluncur ke web bloggermuslimah begitu baca ini. Keren deh webnya, tampilannya rapi dan isinya juga TOP!

    ReplyDelete
  8. kayanay aku dapat emailnya deh padahal aku gak daftar

    ReplyDelete
  9. Wah sebagai blogger pemula saya merasa terbantu dengan tulisan mbak hari ini.
    saya mau ikutan gabung juga :-)
    makasih mbk atas infonya...
    salam kenal dari Mutiah di Gorontalo ^_^

    ReplyDelete
  10. Wihh, keren nih komunitas blogger semacam ini, tapi untuk yang ikhwan ada nggak ya?

    ReplyDelete
  11. Dakwah memang via apa aja, termasuk blog. Para Da'i harus terbuka dengan kemajuan teknologi dan informasi. Karena dunia sekarang udah ada dua, dunia nyata sama dunia maya. Pilih keduanya atau salah satunya :)

    ReplyDelete
  12. iya seru banget ketemu para muslimah ya

    ReplyDelete
  13. wah mau juga ah gabung sama komunitas ini

    ReplyDelete
  14. Mampir duluan ah sebelum di-BW hehe... Maksudnya mau ngeduluin Tetty eh tetep aja doi yg duluan komen wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  15. Cara daftarnya gimana ya mba? Minat gabung ^^

    ReplyDelete
  16. Semoga selalu betah ya ukhti di Blogger Muslimah

    ReplyDelete
  17. Saya setuju dengan tag line grup ini, gerakan menuju Solehah.. Amin. Salam kenal mba :))

    Http://beautyasti1.blogspot.com

    ReplyDelete
  18. Seneng banget bisa menjadi bagian di komunitas ini. Semoga misi menuju solehahnya terus dibawa dan konsisten. Aku juga mau kebawa sama temen2 yang solehah. Aamiiiin :)

    ReplyDelete
  19. alhamdulillah, saya juga senang sekali bisa gabung dengan blogger muslimah, salam kenal ya mbak, sekalian minta ijin keliling blognya.. :D

    ReplyDelete
  20. Partisipasi dan amal jariyah dalam perluasan dan pembangunan masjidil
    haram dan masjid Nabawi

    1. Niat Ibadah ( dari Allah,Karena Allah dan untuk Allah)
    2. Membawa beberapa batu kerikil kecil yang Haq dari tanah air
    3. Point no 2 dapat dibawa sendiri/ dititipkan kepada Jamaah yang akan
    berangkat Umroh dan Haji
    4. Batu kerikil diletakkan diarea yg sedang dibangun/di Cor semen
    5. Atau dititipkan kepada pekerja pembangunan agar diletakkan ditempat
    tersebut
    6. Mudah-mudahan Allah Ridho dengan apa yang kita kerjakan

    * Umumnya waqaf qur'an
    * Tidak ada kotak amal di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi
    * Mungkin Batu kerikil tidak berarti untuk sebagian orang,akan tetapi
    jika diletakkan di kedua Masjid tersebut,paling tidak batu kerikil ini
    akan menjadi bagian terkecil dari bangunan tersebut.
    * Moment Perluasan dan Pembangunan Masjidil haram dan Masjid Nabawi

    ReplyDelete
  21. Assalaamu 'alaikum Mbak Leyla, Mbak saya tertarik bergabung di komunitas blogger muslimah, bagaimana cara gabungnya ya?

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...