Wednesday, December 9, 2015

Menghadiahi Diri Sendiri dengan Belanja Online

Assalamu'alaikum. Alhamdulillah, hari ini punya waktu di sela mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Sambil menggiling cucian (untung ada mesin cuci), saya curi-curi waktu mengetik walaupun mesti direpotkan oleh anak-anak yang ingin nimbrung. Untunglah si kecil dibawa ayahnya ke rumah neneknya (halah, ibu macam apa, anaknya dibawa pergi kok seneng xixixi). Soalnya tadi pagi dapat kabar kalau mamang ayahnya (paman) meninggal dunia karena serangan jantung. Si ayah pun buru-buru pulang ke Garut untuk melayat. Tadinya sih mau bawa semua sekeluarga, tapi dua anak yang lain masih UAS (Ujian Akhir Semester). Eh, si kecil minta ikut ke rumah nenek. Dia nggak tahu bakal ditinggal seminggu, hehe... Ih, kok tega? Tenaang... minggu depan juga udah dijemput lagi karena insya Allah kami ke Garut lagi untuk  menghadiri acara keluarga. 


Di rumah, setiap hari saya bersama si kecil sementara si ayah dan dua kakaknya sekolah. Nah, berhubung sedang UAS, dua kakaknya ini pulang jam 11 siang. Alhasil, rasanya capek banget yah, rumah berantakan nggak ada rapihnya. Yah, maklumlah namanya juga anak-anak kreatif (alhamdulillah). Mereka jarang nonton teve, jadinya hobi berantakin rumah dengan gunting-gunting kertas. Intinya mah, butuh kesabaran seluas samudera dan butuh menghadiahi diri sendiri, hahaha... modus. Selain takluk dengan rayuan laki-laki, wanita juga takluk dengan.... diskon 70%!

Naaah... kalau yang kedua itu, saya banget. Maklum deh, suami saya jarang ngerayu tapi sering mau transferin pesanan belanjaan istrinya. Cuit... cuit....  Sebagai wanita normal, saya juga demen belanja walaupun tetap tahu diri yah. Untuk belanja keperluan pribadi, seperti baju, gamis, hijab, dan lain-lain, saya lebih sering belanja online. Kenapa? Soalnya kalau belanja ke mall itu repotnya minta ampun harus bawa anak-anak yang sering berlarian dan berisik. Belum lagi suami suka cemberut kalau saya lama pilih-pilih baju. Saking betenya, tahu-tahu suami udah jalan ke mana, sementara saya masih pilih-pilih. Pernah kami terpisah dan saya sampai kesel nyariin suami yang udah ngacir entah ke mana hihihihi.... Apalagi hari gini, musim hujan, enaknya di rumah aja. 

Jadi, memang mendingan belanja via online, setidaknya ada beberapa keuntungan:



  1. Banyak diskon: beneran deh, belanja online itu banyak diskonnya. Tiap hari adaaa aja diskonnya. Dari diskon normal 10% sampai diskon ancur 99%, gimana nggak keren? Sebentar lagi ada Halbolnas, Hari Belanja Online Nasional yang mana toko-toko online bakal kasih diskon hancur-hancuran. Siap-siap deh borong barang-barang yang kita butuhkan, tapi ingat jangan boros ya. Jangan sampai barang itu nggak dipakai, alias cuman numpuk doang.
  2. Nggak Capek: Ya pastinya belanja via  online nggak perlu keluar rumah dan mengitari mall sampai kaki bengkak, karena kita tinggal tekan layar hape (kalau pakai hape android). Saya biasanya belanja via hape. Gerakin jari ke atas dan ke bawah, tekan, dan begitu ketemu barang yang cocok, langsung pilih deh.
  3. Lebih gampang pilih barang: Kalau saya sih merasa lebih gampang pilih barang saat belanja via online, karena tinggal buka-buka aja situsnya. Apalagi kalau situsnya itu rapi dan terkategori dengan baik. Mau beli gamis, tinggal klik kategori gamis. Beli hijab, klik kategori hijab. Gampang, kan daripada mesti muterin satu mall. 
  4. Hemat waktu dan tenaga: Buat saya, waktu adalah uang. Soalnya, ya gimana enggak, saya harus mengerjakan semua urusan rumah tangga sendirian. Kalau nggak dikerjain, pasti numpuk. Setelah urusan RT selesai, saya lanjutkan dengan kerjaan sampingan, nulis dan ngeblog. Lumayan hasilnya, udah bisa belanja pakai uang sendiri dari kerja sampingan itu. Nah, kalau saya mesti ke mall untuk belanja, ya bisa buang waktu dan tenaga. Kalau ada yang mudah (belanja via online), kenapa pilih yang susah? 
  5. Dapat info promo terbaru: Kalau kita berlangganan newsletternya via email, kita akan mendapatkan info promo terbaru. Lumayan lho kalau pas kita emang lagi butuh barang itu, eh ada promo diskon tertentu kan enak.
  6. Bisa retur: Bisa retur? Ada beberapa situs belanja yang melayani pengembalian barang, kalau memang nggak pas dengan keinginan. Beda yah dengan belanja di mall, seringnya sih ada ketentuan: "Barang yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan." Proses pengembalian barang ini bergantung pada kebijaksanaan masing-masing situs. 

Masalahnya, memang nggak ada gading yang nggak retak. Belanja online juga ada minusnya. Pengalaman saya belanja online, pernah juga merasa kecolongan. Ada barang yang didiskon gede, eh pas datang ternyata barang itu memang kualitasnya setara dengan harga diskonnya. Jadi dinaikin dulu dong sebelum didiskon? Untungnya saya belum pernah mengalami pengalaman yang lebih buruk seperti penjual yang hilang jejak padahal udah transfer pembayaran, atau dikirimin kardus kosong alias ditipu. Itu karena saya sangat selektif memilih penjual.

Kalau belinya di facebook, saya pilih beli di teman yang sudah kenal dekat dan sudah ketemu muka. Kalau belinya di situs-situs, saya pilih situs yang terpercaya. Bukan situs abal-abal. Bagaimana tahunya? Nah, kita pelajari saja semua sosial media situs yang bersangkutan, kan ada tuh twitternya, fanspagenya, bahkan instagram. Kita baca-baca testimoni pembelinya, kalau kira-kira ada testimoni yang buruk, kita tanya aja langsung ke si pembeli. Bener nggak kayak gitu? Kalau cuma satu dua testimoni yang buruk sih nggak bisa dijadikan patokan. Kita baru boleh waspada kalau banyak pembeli yang merasa kecewa belanja di situs tersebut. 

Semangaaat belanjaaa! Sesekali menghadiahi diri sendiri dengan berbelanja kebutuhan pribadi, rasanya wajar saja. Tapi ingat, jangan boros dan hanya membeli yang benar-benar dibutuhkan saja yaa. Sebab, semua barang yang kita miliki itu kelak akan dimintai pertanggungjawaban-Nya. Saya mau selesaikan cucian dulu yaa, kasihan udah nunggu lama tuh. Moga nggak jadi bau apek. 


21 comments:

  1. aseeek, akhirnya ikut juga
    yeaaah emak-emak, ga dimana-mana rempong uiiii
    tapi eksis mah tetep..perluuuuH

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. PicsArt dan FotoRush, Mbak. Download di google play store.

      Delete
    2. PicsArt oke juga ya..download ah:)

      Delete
  3. Wihhhh, hayooo borong di harbolnas. Naksir kerudung" kece nih

    ReplyDelete
  4. Belanja k mall belum jajan anaknya ya

    ReplyDelete
  5. Rayuan diskon hihih

    awas tanggal 12. Kudu siap2 diskonan

    ReplyDelete
  6. Ihiiyy, bener ya mbak. Setelah bercapek-capek ria, nggak ada salahnya menghadiahi diri sendiri dengan ...... belanjaaaa *dan dibayarin wkwk :D

    ReplyDelete
  7. Aku sering tergoda rayuan diskon OL Shop...hahaha

    ReplyDelete
  8. Belanja online emang bikin ketagihan ya mak apalagi bila koleksi barang yang dijual bikin lapar mata...

    ReplyDelete
  9. plus ga diliatin sama penjaga tokonya :D

    ReplyDelete
  10. Jalan ke mall cape. Mending belanja on line

    ReplyDelete
  11. Aku sudah selasa kemarin belanja online. Sekarang tinggal nunggu barangnya datang. Heheh. Jadinya ga dapat diskon gede ya

    ReplyDelete
  12. Aku semalam begadang sampai setengah satu demi dapetin vocher gratis untuk pelanggan pertama lho di salah satu ol shop gede.Awalnya seneng.Belanja bejibun gratis.Bayar ongkir doang.Eh pas email datang ternyata gak kepotong vocher.Kayaknya sistemnya eror.Jam 12 malam pas diserbu byk konsumen

    ReplyDelete
  13. Jadi penasaran ama buku Diajeng Lestari, baca ulasan mba Leyla dulu deh.

    ReplyDelete
  14. Aku jarang belanja online, kebanyakan sech belanja nya tiket atau booking hotel doang

    ReplyDelete
  15. Saya mau voucher belanjanya aja. :D

    ReplyDelete
  16. Duh ketinggalan, aku gak ikut GA nyah..huhuuuuhuuu, alasan belanja online buatku, karena lebih praktis, enggak cape dan enggak keluar rumah

    ReplyDelete
  17. Waaa...mba Lelya suka belanja online ya?

    ReplyDelete
  18. Sesekali menghadiahi diri sendiri dengan berbelanja kebutuhan pribadi, rasanya wajar saja.
    Aseeek sepakat banget niiih *nyengir lebarrrr

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...