Monday, May 22, 2017

Aneka Menu Berbuka Puasa di Rumah




Assalamualaikum. Alhamdulillah, sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadan  yang ke sekian kalinya. Semoga tahun ini hati dan fisik kita lebih siap dan mampu memberikan ibadah yang terbaik serta diterima semua amal ibadah kita. Salah satu yang disunahkan di bulan Ramadan adalah memberikan makanan berbuka puasa yang pahalanya sama dengan pahala berpuasa. 


Di bulan puasa, kita hanya makan di waktu petang hingga dini hari, setelah azan Maghrib berbunyi dan sebelum azan Subuh berkumandang. Rasa lapar membuat kita ingin menyantap semua makanan, tetapi sesungguhnya tidak banyak yang masuk ke dalam perut karena keterbatasan waktu. Daripada mubazir, bisa juga dibagikan ke tetangga atau orang yang membutuhkan. Atau sengaja mengundang tetangga untuk berbuka puasa di rumah kita dan memasak banyak makanan untuk dibagi-bagikan.

Menu masakan di rumah tak perlu ribet, menu yang biasa kita makan juga tak masalah. Kalau tak sempat memasak, kita juga bisa memesan makanan, misalnya di www.jakartacatering.com yang melayani area Jakarta, Depok, Tangerang, Bogor, dan Bekasi. Ingat, berbuka puasa itu yang penting membatalkan puasa. Jangan sampai usaha membuat masakan berbuka itu menyita waktu untuk beribadah.

Ikan Mas Bumbu Merah dan Tempe Goreng
Bagi orang Sunda, ikan mas itu seperti wajib ada di meja makan. Suami saya orang Sunda, jadi saya agak sering masak menu ikan mas, lebih sering sih digoreng biar cepat. Tinggal rendam dengan garam dan bumbu kuning, lalu goreng. Kemarin saya coba pakaikan bumbu merah, ternyata disukai. Teman makannya tempe mendoan goreng. 


Untuk bumbu merah, saya hanya menggunakan bawang putih, bawang merah, kunyit, dan jahe, lalu diblender dan ditumis bersama daun sereh, daun jeruk, dan daun salam. Masukkan sedikit air, lalu masukkan potongan ikan mas yang sudah digoreng sebelumnya. Tambahkan gula dan garam sebagai penyedap, kalau mau ditambah penyedap rasa juga dipersilakan. 

Tempe mendoan gorengnya juga mudah membuatnya, cukup mencampurkan tepung terigu, daun bawang yang sudah diiris tipis, dan garam. Balurkan ke potongan tempe yang diiris tipis, lalu goreng. Paling enak ya dimakan panas-panas, jadi memasaknya setengah jam sebelum berbuka puasa. Untuk menambahkan menu, bisa ditambah dengan kerupuk supaya praktis. 

Tumis Kangkung, Tahu dan Ati Ampela Goreng
Menu yang satu ini juga mudah dan cepat memasaknya. Tahu dan Ati Ampelanya hanya direndam dengan garam beberapa menit, lalu digoreng. Untuk menghemat minyak goreng, gorenglah tahunya dulu, baru ati ampelanya, karena memasak ati ampela akan langsung menghitamkan minyak sehingga tidak  bisa dipakai lagi untuk menggoreng. 


Tumis kangkung juga mudah membuatnya. Tinggal iris bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, lalu tumis dengan menggunakan dua sendok minyak goreng. Masukkan potongan kangkung, tambahkan garam dan penyedap rasa, tumis hingga kangkung agak lemas (tidak kaku). Bisa ditambahkan sedikit air, bisa juga tidak. Kalau saya biasanya tidak ditambahkan air lagi. 

Nasi Merah Goreng Teri dan Orak Arik Telur
Makan nasi goreng saat jam buka puasa? Bisa juga. Nasi goreng yang satu ini dibuat dari nasi merah karena kadar indeks glikemiknya rendah jadi bersahabat untuk penderita diabetes. Campurkan dengan sambal teri kacang dan orak arik telur. Kalau masih kurang asin, bisa ditambahkan garam.  


Sambal teri kacangnya bisa dimasak dulu dengan memblender cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Untuk mengurangi kadar keasinan pada teri, saya merendam teri di dalam air panas, kemudian ditiriskan, dan digoreng. Setelah kacang dan terinya digoreng, masukkan ke dalam tumisan sambalnya. Kemudian, dicampurkan ke dalam nasi goreng merahnya. 

Itulah beberapa aneka menu berbuka puasa di rumah yang bisa dijadikan inspirasi menu berbuka puasa.





32 comments:

  1. Waaa.. menunya bikin ngences lho mbak .. belum puasa ini lho, gimana puasa ntar klo liat postingan ini ?? Hahaha

    ReplyDelete
  2. Yummy banget keliatannya mbak :D tfs yaak, gak kerasa bentar lagi uda puasaa :D

    ReplyDelete
  3. waahhh jd laperrr bgt nih liat kangkungnya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. jadi pengen masak kangkung lagi.

      Delete
  4. Menu-menu nya kok kesenanganku semua mbak hihi

    ReplyDelete
  5. Ehm, enak2 banget yaaa, mbak Leyla pinter masak.bisa jadi inspirasi besok puasa mau masak apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu masak pas-pasan mbak, bisanya cuma itu hehe

      Delete
  6. tumis kangkung, tempe goreng, ati ampela... ih mantep

    ReplyDelete
  7. Menunya sederhana tapi sehaaat. Emang enak kl buka puasa langganan catering, ngk perlu mikir mau buka puasa pakai apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lebih praktis lagi pakai katering ya Mak.

      Delete
  8. buka puasa sukanya langsung makan berat kalok saya mbak hahahaha./

    ReplyDelete
  9. Saya nggak ikutan puasa tapi menu-menunya bisa jadi inspirasi masak sehari-hari, nih

    ReplyDelete
  10. Ramadhan ini pengin terapkan pola makan sehat aah, banyakin sayur dan buah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya mba Tite udah terbiasa makan sayur dan buah hehe

      Delete
  11. wah .. nasi gorengnya yg bikin nggak tahan

    ReplyDelete
  12. How about the modern woman wivh work 8-4 pm? Have u recomendation simply and healthy menu? Thankyou so much:)

    ReplyDelete
  13. waaah, foto masakannya bikin ngiler, kalau saya suka ga sempet masak hehehehe

    ReplyDelete
  14. Selama puasa ini aku jg minta ART ku masak yg simple2 aja mba.. Biar ga terlalu capek dan cepet makannya :D. Toh aku dan suami cm makan pas sahur.. Buka puasa kita di kantor masing2 :D. Aku pgn cobain nasi goreng merahnya ih.. Kyknya enaaak :D

    ReplyDelete
  15. duh untung bacanya pas udah buka yaa wkwkwk, bisa ngiler nihh

    btw, aku afra salam kenal. Main main ya ke blogku hehe :)

    http://ourbeautystory.blogspot.co.id/2017/05/khalisa-essential-lightening-skin-care.html

    ReplyDelete
  16. Menu andalan aku bgt tuh tumis kangkung. Cepet bikinnya, ga ribet.

    ReplyDelete
  17. kalau aku sih pernah nyoba kangkung sambal asam khas cirebon tp lbh suka yang tumis kangkung

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...