Thursday, June 29, 2017

Anyang-anyangan, Penyebab dan Cara Mengatasinya dengan Prive Uri-cran


 
anyang-anyangan, prive uri-cran
Anyang-anyangan, Prive Uri-cran



Anyang-anyangan. Setelah ratusan purnama, akhirnya saya tahu kalau kondisi yang sering saya alami saat puasa adalah anyang-anyangan. Setiap memasuki bulan Ramadan, saya merasa was-was karena sudah hapal kebiasaan yang berulang selepas makan sahur. Saya akan berkali-kali buang air kecil dan rasanya tidak tuntas. Entah mengapa, padahal saat puasa kita tidak minum air. Mengapa justru jadi banyak buang air kecil? 


Kondisi itu sudah tentu sangat mengganggu. Terutama saat akan berangkat beraktivitas ke sekolah maupun kampus. Berkali-kali harus ke kamar mandi untuk buang air kecil dan masih ada perasaan tidak tuntas. Alhamdulillah, kondisi tersebut tidak diperparah dengan kemunculan bakteri E.Coli yang bisa memperburuk keadaan. 

Ternyata, anyang-anyangan harus diwaspadai karena merupakan gejala infeksi saluran kemih (ISK). Anyang-anyangan saat puasa terjadi karena kita kekurangan cairan selama berpuasa. Dari segi makanan, saat sahur sebaiknya menghindari makanan pedas dan berlemak, minuman yang mengandung kafein (teh dan kopi), pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks (kacang-kacangan dan oatmeal), serta perbanyak minum air putih. 

Wanita paling sering terkena anyang-anyangan, karena saluran kemihnya lebih pendek dan dekat dengan saluran anus yang menjadi markas bakteri E. Coli, penyebab anyang-anyangan. Kalau anyang-anyangan sudah diperparah oleh campur tangan bakteri E. Coli, maka kita akan merasakan sakit  buang air kecil, bau urine yang menyengat bahkan terkadang mengandung darah, nyeri panggul, dan demam.

Anyang-anyangan, Uri-cran
Penyebab Anyang-anyangan

Setidaknya ada 12 penyebab anyang-anyangan, tetapi 80-85% disebabkan oleh bakteri E. Coli. Bakteri ini markasnya di anus dan bisa masuk ke saluran kemih bila tidak menjaga kebersihan organ intim tersebut. Dari ke-12 penyebabnya, potensi saya terkena anyang-anyangan sangat besar karena saya memakai alat KB Spiral, aktif berhubungan seksual dengan suami, dan akan mengalami menopause. Saat hamil pun, saya pernah mengalami anyang-anyangan.

Kondisi saat hamil tua, saya memang sering merasakan ingin buang air kecil karena janin menekan saluran kemih. Apalagi disertai keputihan yang banyak menyebabkan vagina terasa gatal dan panas. Alhamdulillah, saya terhindar dari masalah serius anyang-anyangan karena sejak remaja sudah berusaha menjaga kebersihan organ intim sebagai salah satu cara mengatasi anyang-anyangan.

Beberapa hal yang saya lakukan untuk menjaga kebersihan organ intim: 
  1. Membersihkan organ intim dengan benar setiap selesai buang air besar dan buang air kecil. Yaitu dengan menggunakan sabun dan air bersih lalu membilas dari depan ke belakang. Bakteri E. Coli penyebab anyang-anyangan berada di anus, jadi kalau membilas dari belakang ke depan, khawatirnya bakteri itu malah terbawa ke depan (saluran kemih). 
  2. Sering mengganti celana dalam, terutama saat mengalami keputihan yang banyak. Celana dalam yang sudah terkena cairan keputihan, tidak saya gunakan lagi. Saya lebih memilih mengganti dengan yang baru. 
  3. Keringkan organ intim setiap selesai buang air kecil atau besar, baru kenakan lagi celana dalamnya agar tidak lembab. Organ intim yang lembab dapat mengundang jamur dan bakteri. 
  4. Saat sedang bepergian jauh sehingga sulit untuk sering mengganti celana dalam, saya mengenakan pembalut harian yang diganti bila sudah terkena cairan keputihan. Sehingga celana dalam selalu dalam keadaan bersih.
  5. Cuci pakaian dalam maksimal 2 hari sekali. Misalnya, kita sering menumpuk pakaian kotor sampai berhari-hari karena belum sempat mencucinya. Untuk celana dalam, sebaiknya langsung dicuci, jangan ditumpuk berhari-hari. Kalau ditumpuk dalam waktu lama, akan menimbulkan jamur yang terus menempel meskipun sudah dicuci. 
  6. Bagi yang sudah menikah, harus membersihkan organ intim sebelum dan sesudah berhubungan suami istri. Kalau perlu menggunakan cairan pembersih khusus organ intim. 
  7. Bersihkan organ intim dengan air yang mengalir, terutama bila menggunakan toilet umum. Sebaiknya jangan memakai air yang ada di dalam bak mandi karena khawatir terkontaminasi bakteri dari pengguna lain.  
Anyang-anyangan, Uri-cran
Gejala Anyang-anyangan

Waspadai gejala anyang-anyangan, karena bila tidak segera diatasi dapat berakibat buruk bagi kesehatan, salah satunya menyebabkan kerusakan ginjal. Bila menyerang ibu hamil, anyang-anyangan dapat membuat bayi lahir prematur dan berat badan rendah. Bila kita sudah merasakan sakit buang air kecil dan vagina terasa panas, maka kita harus segera melakukan pengobatan agar kondisi itu tidak berkelanjutan. 

Anyang-anyangan bisa menjadi salah satu penyebab sakit saat buang air kecil. Untuk mengatasi susah buang air kecil, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu: 

  1. Minum air putih yang banyak untuk melancarkan buang air kecil.
  2. Jangan menunda untuk buang air kecil. Biasakan buang air kecil secara rutin, walaupun belum "kebelet." Saya sendiri rutin buang air kecil sebelum berwudhu setiap akan beribadah salat. Jadi minimal saya buang air kecil 5 kali sehari sesuai waktu salat.  
  3. Hindari meminum minuman yang diuretik atau menyebabkan rasa ingin buang air kecil, seperti minuman berkafein dan beralkohol. Maksimal saya hanya minum teh atau kopi satu kali sehari. 
  4. Minum-minuman yang mengandung buah cranberry. 
Buah Cranberry untuk Mencegah dan Mengobati Anyang-anyangan
Ada yang belum tahu buah Cranberry? Buah ini memang tidak umum di Indonesia, tetapi ternyata bermanfaat untuk mencegah dan mengobati anyang-anyangan. Buah Cranberry termasuk jenis tanaman berry yang tumbuh liar dan banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada.
anyang-anyangan, prive uri-cran
Manfaat Buah Cranberry

Warna buah ini merah tua sudah digunakan sejak lama oleh suku Indian Kuno sebagai obat luka karena terkena panah. Ternyata kini menjadi sumber vitamin, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penyakit sariawan, dan sebagai antioksidan. Buah Cranberry mengandung vitamin C yang sangat tinggi, serat, mineral, antioksidan polifenol untuk mencegah penyakit berbahaya seperti jantung dan kanker.

Ternyata, buah Cranberry juga bisa mencegah dan mengobati Infeksi Saluran Kemih atau anyang-anyangan, karena memiliki kandungan antioksidan proanthocyanidins untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan munculnya penyakit ini. Sifat anti-adhesi yang dimilikinya membuat bakteri tidak bisa menempel pada saluran kemih. Bakteri juga tidak bisa menyebabkan infeksi bila dicegah dengan buah cranberry.

anyang-anyangan, prive uri-cran
Sumber: uricran.co.id

Risetnya sendiri sudah lama dilakukan. Pada tahun 2004, badan pengawas obat dan makanan di Perancis, AFSSA mengizinkan penggunaan buah Cranberry berdasarkan 4 uji klinis acak sempurna yang menghasilkan  kesimpulan bahwa buah Cranberry dapat menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

anyang-anyangan, Prive Uri-cran
Prive Uri-cran Kapsul, foto: uricran.co.id




anyang-anyangan, Prive Uri-cran
Prive Uri-cran Bubuk, foto: uricran.co.id

Di Indonesia, buah Cranberry tidak mudah ditemukan. Untungnya sudah ada Prive Uri-cran yang dibuat dari ekstrak buah Cranberry. Cara mengonsumsinya juga gampang. Hanya tinggal melarutkan dengan air dan diminum seperti biasa. Kandungan buah Cranberry pada Prive Uri-cran dapat mencegah bakteri E. Coli melekat pada saluran kemih yang dapat menyebabkan anyang-anyangan.

Produk Prive Uri-cran ada dua: dalam bentuk kapsul dan bubuk. Prive Uri-cran kapsul diminum 1-2 kali sehari dan Prive Uri-cran Plus dalam bentuk sachet bubuk diminum 1-2 kali sehari. Saya juga sudah mencobanya. Rasanya seperti sirup, manis dan segar. Jadi tidak terasa seperti obat. Produknya bisa dibeli di apotik, supermarket, maupun toko online dengan kisaran harga bervariasi.


Anyang-anyangan, penyebab dan cara mengatasinya dengan Prive Uri-cran. Kini anyang-anyangan tak lagi susah mengatasinya. Selain menjaga kesehatan organ kewanitaan, juga dengan rutin mengonsumsi Prive Uri-cran dari ekstrak buah Cranberry yang enak dan manis.

anyang-anyangan, Prive Uri-cran
Anyang-anyangan,  minum Prive Uri-cran

Informasi lebih lengkap, silakan telusuri:
Website: uricran.co.id
Instagram: www.facebook.com/priveuricran
Facebook:   https://www.instagram.com/uricran.id/


Referensi:
http://uricran.co.id/2017/06/19/anyang-anyangan-mengintai-saat-puasa/
http://uricran.co.id/2016/04/15/gejala-anyang-anyangan-yang-harus-anda-ketahui/
http://uricran.co.id/2016/04/15/apakah-yang-menyebabkan-terjadinya-anyang-anyangan-2/
http://uricran.co.id/cranberry-story/

37 comments:

  1. Beberapa kali istri mengalami hal serupa untungnya masih bisa di kurangi dengan banyak minum dan baru tau juga obat anyang2an ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya wanita memang rentan dgn anyang2an.

      Delete
  2. Susah ya mba jadi wanita, untung ada Prive Uri-cran yang bisa mengatasi anyang-anyangan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rasanya juga enak ya gak kayak obat.

      Delete
  3. Aku juga suka mbak sama Prive Uricran. Rasanya manis dan bebasin saya dari anyang-anyangan.

    ReplyDelete
  4. Sekarang ga ada lagi masalah anyang-anyangan klo udah sedia Uricran ya mak.

    ReplyDelete
  5. Saya sering nih waktu masih gadis anyang2an. Ga enak bgt. Dan jaman dulu blm ada obat spt prive uri cran gini. Tinggal seduh.

    ReplyDelete
  6. Aku sering ngampet pipis dan rentan anyang2an.huhu
    Untung ada uricran yg bisa jd solusi sehat atasi anyang2an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah jangan sering nahan pipis nanti anyang2an.

      Delete
  7. Aku baru tau kalau kurang minum bisa bikin anyang - anyangan. Makasih mba infonya

    ReplyDelete
  8. Aku baru tau kalau kurang minum bisa bikin anyang - anyangan. Makasih mba infonya

    ReplyDelete
  9. Aku juga mengkonsumi Prive Uri-cran Mbk, biar bebas anyang-anyangan.

    ReplyDelete
  10. sippp... uri cran emang top deh mengatasi anyang2an :)

    ReplyDelete
  11. Aku juga minum ini Mbk, pas lebaran silaturahmi jadi lancar deh

    ReplyDelete
  12. Wah makasih banget mbk,,,,
    Boleh dicoba nih,,
    Saran yang sangat membantu....

    ReplyDelete
  13. Duh ngeri juga yah anyang-anyangan.. Untung ada uri cran :) Thanks for sharing Mbak..

    ReplyDelete
  14. Bikin gak nyaman banget ya si anyang-anyangan ini. Mendingan ayang-ayangan #eh.. XD

    ReplyDelete
  15. Wah, grafisnya mba Leyla keren banget. Makasih sudah berbagi mba cara untuk terhindar dari anyang-anyangan :)

    ReplyDelete
  16. Wah, saya jarang mengalami anyang-anyangan. Thanks for sharing, mbak Leyla.

    ReplyDelete
  17. Paling gak enak kalau anyang"an melandaa mbaak. . Untung ada prive uri cran yaa.mengatasi anyang"an dengan mudah dan menyenangkan. . 😂

    ReplyDelete
  18. Belakangan ini kadang kerasa anyang-anyangan. Kayaknya mau coba ini deh.

    ReplyDelete
  19. rata rata perempuan pernah anyang2an ya...saya juga pernah mengalaminya dulu

    ReplyDelete
  20. paling sebel kalau anyang2an yaaa mba...enak kalau ada obatnya

    ReplyDelete
  21. Saya sudah nyobain Uri-Crannya, alhamdulillah kl rutin anyang-anyangan gak bakal berulang mbak. Bye bye anyang-anyangan

    ReplyDelete
  22. Uri cran yg yg bubuk itu kayanya seger banget ya jd gak keliatan kalo sedang minum obat

    ReplyDelete
  23. Inget kalau pas anyang anyangen duhhh males bgt bolak balik kamar mandi yg gak jelas keluar pipis apa enggak hahhaha

    ReplyDelete
  24. Baru saya tahu mbak, bermanfaat sekali. Adik saya sering anyang-anyangan di saat bulan puasa

    ReplyDelete
  25. aku baca kata2 bakteri e-coli kok serem ya, penting ini jaga kesehatan dengan prive uri-cran

    ReplyDelete
  26. Infografic bagus Mba. Anyang Anyang bikin kesel. Untung ada solusinya

    ReplyDelete
  27. Anyang-anyangan itu ga enak banget. Asli. Untung ada Uricran..

    ReplyDelete
  28. Ooo jadi anayng2an itu pipis yang nggak tuntas, kupikir sebab penyakit tertentu jadi kena anyang2an. tfs mba

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...