Thursday, February 14, 2013

Cumi Cabai Hijau, Resep Cinta Untuk Suamiku


Haloooo… inilah postinganku yang pertama tentang resep masakan. Terus terang, aku gak terlalu bisa masak. Masak sih bisa, wong sehari-hari masak sendiri, tapi ya biasa-biasa saja, gak spesial. Menunya sama saja dengan masakan rumahan lainnya yang sederhana. Paling bingung mikirin besok mau masak apa, karena memang gak kreatif menciptakan resep masakan. Untung aja suamiku ngasih smartphone, jadi kalau aku bingung mau masak apa, ya tinggal googling.


Situs andalanku untuk nyontek resep masakan adalah www.resepkita.com. Resep masakannya lengkap deh, ada masakan Indonesia, Asia, kue-kue, sampai minuman. Sementara ini, aku  nyontek yang gampang-gampang dulu, soalnya di tempatku agak susah cari bahan-bahan masakan yang “aneh-aneh.” Tadi siang, aku masak Cumi Asin Cabe Hijau. Resep aslinya bisa dibaca di sini.


Cumi yang kupakai terpaksa bukan cumi asin, soalnya udah kehabisan di tukang sayurnya. Untung aja aja ada cumi basah, mirip-mirip dikit deh. Jadi, karena cumiku ini belum matang (kalau cumi asin kan sudah setengah matang), aku harus rebus dulu itu cumi. Berhubung ada beberapa  bahan di resep aslinya yang gak ada di tukang sayur langgananku, jadi kumodifikasi sedikit resepnya. Hasil akhirnya tetap enak kok, setidaknya menurutku J

Bahan-bahan yang kugunakan:
Cumi Basah ¼ gram
Bawang merah 3 butir
Bawang putih 2 butir
Cabai hijau besar 2 buah
Tomat 1 buah
Serai 2 ruas
Daun salam 3 buah
Lengkuas, ½ ruas jari
Minyak 2 sendok makan untuk menumis
Garam, gula ½ sendok makan atau secukupnya. Jangan banyak-banyak, nanti kena hipertensi.

Bahan-bahan yang kugunakan

Cara Memasak:
Rebus cumi setengah matang. Jangan terlalu matang, nanti ukurannya mengecil. Angkat dan tiriskan. Iris bawang merah, bawang putih, cabai hijau, dan tomat. Tumis bersama serai, daun salam, lengkuas sampai berbau harum. Masukkan cumi setengah matang, rebus kembali bersama bumbu-bumbu sampai airnya tiris. Jangan lupa masukkan garam dan gula, icip-icip sudah pas atau belum. Sudah deh, jadi. Gitu aja, gampang kan?

Di dalam resep aslinya, ada tambahan belimbing wuluh, petai, dan daun bawang. Aku gak pakai belimbing wuluh, soalnya gak ada di tukang sayur langganannku. Aku juga gak pakai petai, karena suamiku gak sukaaa... itu makanan yang terlarang buat suamiku. Dan aku gak pakai daun bawang, soalnya lupa beli, hehehehe..... 

Ini cumi cabai hijau buatanku,
maklum yah klo fotonya gak bagus, bukan
fotografer :-)

Sementara ini, aku memang gak bisa masak yang susah-susah. Kalo resep sih gampang, tinggal nyontek di www.resepkita.com, tapi bahan-bahannya itu lho yang sulit didapatkan di tempatku. Selain itu, aku masih repot ngurus bayi, jadi kurang bisa konsen kalau masak diiringi tangis bayi. Whatever, Alhamdulillah suamiku tetap senang makan di rumah dan ini salah satu resep cinta untuk suami, karena doi suka makan seafood. Selama dimasak dengan keikhlasan dan penuh cinta, masakan sederhana pun bisa jadi nikmat. So, let’s enjoy the food ^^

Bahagiaaa banget pas tadi kutanya apakah cumi cabai hijaunya enak? (sebenarnya aku ragu juga soalnya gak kucicipi, hihihi....) Dan suamiku menjawab, "Enak, kok...." 

7 comments:

  1. Kayaknya lumayan simpel juga ya mb resepnya..
    Ikut nyontek jg ah, kapan2 dipraktekin
    *ga bisa masak yg ribet
    Hehehe

    ReplyDelete
  2. uwahhh jadi laperrrr.....
    salam kenal :D

    ReplyDelete
  3. simpel tapi keknya enak. jadi mau :)

    ReplyDelete
  4. wah belum pernah masak cumi diolah seperti ini, makasih udah sharing resepnya :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...