Monday, December 9, 2013

BB Grup Memudahkan Interaksi Sesama Komunitas Be A Writer



Kopi darat sebagian anggota BAW dengan bukunya 
Bunyi notifikasi dari BB Group di ponsel saya lumayan mengganggu, karena saat itu saya sedang menulis dan sudah menjelang tengah malam. Saya lihat ponsel, oh ternyata masih dari diskusi  grup Be a Writer (BAW), di BB Group. Biasa deh, namanya juga penulis-penulis. Apalagi kalau yang dibahas seputar tulis-menulis. Belum lama sebenarnya saya membuka BB Grup BAW, karena baru-baru ini saja saya membuat pin BB. Ternyata membuka grup BAW BB Grup itu cukup menguntungkan! Kami bisa ngobrol secara privat dan lebih terbuka daripada di facebook.


Sebagai penulis, keberadaan komunitas telah membantu perkembangan karir saya. Sepuluh tahun lalu, saya bergabung dengan komunitas penulis Forum Lingkar Pena dan sepanjang karir menulis, komunitas itu telah memberi banyak manfaat kepada saya. Dari mulai ilmu menulis yang gratis, jaringan pertemanan dengan penulis dan penerbit, bahkan dana bantuan untuk pengobatan penyakit ibu saya. Tak heran bila saya berhasil menerbitkan kurang lebih tiga belas novel dalam waktu tujuh tahun. Kemudian, dua tahun lalu, iseng-iseng saya membuat grup menulis privat di facebook, dengan nama “Be a Writer.” Tujuannya hanya untuk belajar menulis, sehingga anggotanya pun hanya seratus orang. Sama seperti FLP, komunitas BAW pun telah memberi banyak manfaat kepada saya. Berkat motivasi dari teman-teman penulis BAW, saya kembali menerbitkan empat novel setelah sebelumnya vakum.  

Salah satu nasihat Afifah Afra
Sebagai pendiri BAW, ketika akhirnya memiliki pin BB, saya iseng juga membuka grup BAW di BB Grup. Awalnya saya tidak tahu mau membuka diskusi apa karena anggotanya masih sedikit, sampai teman-teman saling mengundang teman lain untuk masuk grup. Kemarin saya membuka diskusi tentang kendala menulis novel, wuiih.. langsung panjang deh obrolannya. Notifikasi BB pun berbunyi terus, tapi banyak ilmu yang bisa didapat, disampaikan oleh penulis senior Afifah Afra.

Tentu saja obrolan di BB Grup lebih intim, karena anggotanya masih sedikit dan interaksi berjalan cepat. Seperti pakai sms saja, tapi pulsa lebih irit dan bisa ngobrol bareng-bareng. Beda kalau ngobrol di grup facebook, mesti buka facebook dulu. Belum lelet dan beratnya, karena banyaknya data dari facebook yang harus masuk ke memori ponsel saya.

Sering curhat di BBM juga dengan penulis ini :D
Rumah saya berada di daerah yang cukup jauh dari kota (kalau tidak mau dibilang “terpencil” :D). Saya sudah mencoba berbagai merk operator seluler, baik itu GSM dan CDMA, dan hanya ada dua merk operator seluler yang sinyalnya dapat ditangkap dengan baik di rumah saya, salah satunya adalah SimPATI. Jadi, tidak heran dong kalau sekarang saya pakai SimPATI untuk BBM-an?

Saya mengisi pulsa Rp 70 ribu, lalu yang Rp 60.000 didaftarkan paket internet 3 GB per bulan, telkomsel Flash. Sudah deh, saya bisa internetan (termasuk BB-an) tanpa khawatir pulsa membengkak. Cukup Rp 60.000 per bulan. Kalau di tempat saya saja sinyalnya masuk three G (3 G), apalagi di tempat lain, di kota-kota besar? Simpati memang jempolan, deh.

Ketika sinyal lancar jaya, jempol keriting saking tak tik tuk terus di layar ponsel. Terutama kalau sudah ngobrol di BB Grup BAW, widiih…. Namanya juga mau meraup ilmu menulis sebanyak-banyaknya, jadi harus ngobrol sebanyak-banyaknya dengan para penulis yang produktif. Selain bisa ngobrol di BB Grup, saya juga ngobrol secara personal dengan beberapa penulis di BB. Asyik, kan? Saling berbagi ilmu menulis dan memotivasi supaya karir menulis jalan terus.

Zaman dulu mana bisa begini? Kalau mau dapat ilmu menulis, saya harus datang langsung ke poskonya, alias tempat kumpul-kumpul anggota komunitas, di hari tertentu dan jam tertentu. Atau datang ke talkshow dan seminar tentang kepenulisan, yang ada harga tiket masuknya.  Ketemu penulis itu seperti ketemu artis, deh. Dan tentunya, rada sungkan untuk ngobrol-ngobrol secara pribadi. Setelah ada BB Grup, santai aja deh, kayak lagi ngomong dengan teman, bahkan mereka juga akhirnya menjadi teman dekat.

Jadi, apa sih pentingnya komunitas (menulis) bagi seorang penulis:
  • Memudahkan mendapatkan ilmu menulis.
  • Memudahkan mendapatkan informasi pengiriman naskah.
  • Memudahkan berbagi kendala menulis untuk dipecahkan bersama-sama.
  • Menjalin pertemanan dengan sesama penulis.
  • Memunculkan ide menulis.
  • Saling mendukung dalam karir menulis.
  • Saling membantu dalam hal personal.

Semua itu bakal lebih mudah didapatkan bila menggunakan fasilitas semacam BB Grup dan SimPATI. Berikut adalah curhat saya di BB Grup BAW: 



Keren kan ngobrol di BB Grup. Kamu juga punya pengalaman ngobrol di BB Grup pakai SimPATI, ikutan nih  Blog Competition My SimPATI, My BB Group. Berhadiah tiga BB Samoa dan Voucher SimPATI senilai satu juta rupiah untuk tiga orang pemenang lho! 


18 comments:

  1. Replies
    1. Aamiin... semoga aja selalu kompak, Mak Lidya :-)

      Delete
  2. membaca komen-komen di atas, pantes saya gak nyambung, ternyata saya gak masuk dalam lingkaran BB grup, gak punya aplikasi BB soalnya, xixixiiii..

    ReplyDelete
  3. Keren. BAW makin cemerlang berkat BB grup. Sukses lombanya, Mak. :)

    ReplyDelete
  4. Saya gak pke BB jadi jarang interaksi dengan BB, kecuali pinjem BB Suami. Buat saya FB dan blog cukuplah menyita waktu.. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. ya betul, tapi lumayan hemat sms :D

      Delete
  5. dengan adanya BB grup, pastinya arus komunikasi antar anggota BAW jadi lancar dan memudahkan untuk saling mendukung dalam membuat karya karya yg berikutnya

    ReplyDelete
  6. wah saya masih baru di BBM.. undang dong ke grupnya.. meski nengoknya jarang2 pengen jg gabung ga hny di fb :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuh, lupa terus mau ngeadd mba Binta. Oke deh, ditunggu aja yaa... :D

      Delete
  7. mba leyla, saya juga pgn gabung Di BBG :-)

    ReplyDelete
  8. Boleh gabung mbak? Kok ga ditulis pin nya yah??

    ReplyDelete
  9. Saya mau ikut dalam komunitas Be A Write dong mbak..gmn caranya...
    Yuneni, Pengajar di SD dan SMP Sidoarjo

    ReplyDelete
  10. saya juga pengen gabung mbak :)

    ReplyDelete
  11. mba, kalo g keberatan saya juga pengen gabung ke group bbm nya dong, sebagai pemula saya juga pengen dapet masukkan dari para penulis lainnya, jika berkenan tolong add saya ke group ya mba
    ini pin nya 30B7B7DC

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...