Monday, April 4, 2016

Ini Dia Cara Membuat Tulisanmu Menjadi Viral

Bagaimana Cara Membuat Tulisan Menjadi Viral
Assalamu'alaikum. Lama tak menyapa di blog ini, karena terserang virus M = Malas. Hehehe....  #Plak.  Jadi, hari Sabtu tanggal 27 Maret 2016 saya menghadiri Trivia Writing Workshop di Code Margonda Depok, Jalan Margonda Raya No. 349 Depok. Selain temanya yang menarik, lokasinya juga dekat dengan rumah saya. Acara jam satu siang, saya berangkat dari rumah jam 12 siang. Code Margonda itu letaknya di sebelah Detos (Depok Town Square). Pintu masuknya kecil sekali, jadi kelewatan beberapa meter deh. Suami sampai putar balik. Akibatnya, telat setengah jam. CEO Zetta Media, Brilliant Yotenega sedang berbicara mengenai Zetta Media dan www.trivia.id. 


Situs Trivia itu sendiri menerima tulisan sehari-hari yang sederhana tapi berarti (simple but meaningfull). Tertarik menulis di trivia? Bisa langsung buka akun di sana. Bisa contek juga jenis-jenis tulisan yang dibaca oleh banyak orang. Syarat menulis di Trivia: menggunakan bahasa sederhana dan mengalir seperti sedang bercerita dengan orang yang dekat sehingga hati menjadi hangat. Disampaikan secara mendalam sebanyak 500-1000 kata. Tidak mempromosikan diri atau brand. Ada kolom tersendiri untuk mempromosikan penulis. Kontennya bebas unsur SARA dan menjelekkan orang lain. Tidak boleh plagiat.

Baru kali itu saya datang bawa laptop lho, karena katanya bakal langsung praktek. Temanya: Write Your Viral Content. Bagi para blogger atau content writer yang bergelut di media sosial, yang namanya membuat tulisan viral itu wajib banget, kan supaya jumlah visitor blognya meningkat tajam dan tentu saja tujuan monetize blognya pun berhasil. Para Blogger pasti senang kalau postingannya dibaca ribuan orang. Dulu, saya menulis di blog tidak pernah memikirkan hal itu. Menulis ya menulis saja. Sekarang, kalau sudah bekerjasama dengan Brand (Sponsor), otomatis ada kewajiban membuat tulisan itu laris dibaca. Google Adsense juga baru bisa memberikan dolar melimpah kalau postingan blognya banyak dibaca orang. 

Saya rasa, tujuan membuat tulisan menjadi viral itu bukan sekadar untuk monetize blog. Siapa yang tidak mau tulisannya dibaca banyak orang? Apalagi kalau tulisannya itu baik dan membawa pesan-pesan tertentu. Sayang kan, tulisan yang baik tidak disebarluaskan? Pembicara kedua, Resty Amalia, managing editor Trivia menjabarkan rahasia membuat tulisan yang viral. BTW, viral itu apa coba? Waktu itu ada teman yang tanya apa itu Viral. Secara bebas, Viral diartikan sebagai tulisan yang menyebar seperti virus. Dibagikan oleh pengguna internet yang satu ke pengguna internet lainnya. Intinya, tulisan yang banyak dibagikan oleh pengguna internet. Mbak Resty melempar pertanyaan, postingan apa saja yang viral di blog kamu? Hm, coba ya saya cari dulu postingan apa saja yang viral di blog saya ini.

Dan ternyata banyak juga tulisan saya yang viral, hehe. Semua ditulis sebelum mengikuti acara ini, jadi saya belum tahu trik membuat tulisan viral. Hanya mengandalkan konten. Eit, tapi yang pembacanya hanya puluhan juga ada lho. Malah lebih banyak. Artinya, saya memang harus belajar lagi membuat tulisan yang viral. Berikut ini karakteristik tulisan yang viral beserta contohnya dari blog saya hehe....: 
  1. Mewakili diri pembaca. Contohnya tulisan  Saya Bangga Jadi Ibu Rumah Tangga dilihat sebanyak 10.999 kali. Dari berbagai komentar yang masuk, kebanyakan pembacanya adalah ibu rumah tangga yang memiliki kegalauan yang sama dengan saya. Ada juga ibu bekerja yang punya niat menjadi ibu rumah tangga total di rumah. Bahkan, ada yang curhat ke saya, ingin berhenti bekerja tapi masih banyak kendala. Tulisan ini diserbu SPAM, sampai saya capek menghapusnya huhuhu.... Rasanya ingin mengembalikan tulisan ini ke draft, tapi khawatir nanti banyak yang masih membutuhkannya.
  2. Membuat kamu terlihat oke dengan membagikan berita itu. Contohnya tulisan From Allah to Allah  dilihat sebanyak 4.495 mungkin lebih ya. Tulisan ini dibagikan juga di fanspage-fanspage terkenal, tapi tanpa disertakan link blognya, jadi tidak menambah jumlah views deh hehehe.... Dibagikan juga di grup-grup whatsapp, bahkan di grup whatsapp teman-teman pengajian saya. Teman-teman ngaji tidak sadar kalau penulisnya ada di grup itu juga wkwkwk.... Alhamdulillah, kalau bermanfaat. 
  3. Menginspirasi. Pembaca pasti senang dengan tulisan yang menginspirasi, bukan? Contohnya tulisan ini, Mengapa Takut Mengirim Naskah ke Penerbit Mayor? dilihat sebanyak 2.589 kali. Tulisan itu mungkin menginspirasi pembaca yang ingin menjadi penulis. 
  4. Memotivasi, contohnya tulisan Royalti-royaltiku dibaca oleh 1.780 orang dan ini ditulis sebelum saya mengikuti komunitas-komunitas blogger ya, jadi hanya dibagikan di wall facebook saya saja. Saya juga belum punya twitter dan instagram. Mungkin memotivasi pembaca untuk menulis buku hehe....
  5. Membahagiakan atau bermisi positif. Bisa jadi tulisan berjudul Liburan ke Villa Palm Puncak Bogor membahagiakan pembaca, padahal penulisnya yang bahagia bisa liburan ke Villa di Puncak hihihi.... Dibaca sebanyak 3.619 kali.
  6. Menghibur, contohnya tulisan-tulisan yang berupa resensi buku ternyata cukup banyak dibaca lho. Mungkin pembaca terhibur dengan resensi buku di blog saya ini. Contohnya resensi buku My Salwa, My Palestine dibaca sebanyak 2.470. 
  7. Mengejutkan.  Nah, tulisan berjudul  Ketika Seorang Ibu Membunuh Anak-anaknya ini agaknya sangat mengejutkan, karena dibaca sebanyak 11.216 kali dan cukup banyak dibagikan oleh orang. Padahal, ini sebuah resensi buku juga dengan beberapa pendapat pribadi saya. 
  8. Mengungkap. Barangkali ini terwakili oleh tulisan Ditunggu: Gel Hormon sebagai Alat Kontrasepsi Pria karena dibaca sebanyak 12. 945 kali! Sepertinya banyak pembaca yang juga tertarik ingin tahu seperti apa gel hormon untuk kontrasepsi pria itu hehe...
  9. Mengingatkan, maksudnya tulisan yang memberikan pencerahan kepada orang lain. Di blog ini ada banyak kiat-kiat menulis, contohnya tulisan Menulislah dengan EYD dibaca sebanyak 3.394 kali. 
  10. Membangkitkan, yaitu tulisan yang bisa membangkitkan kenangan orang lain. Mungkin tulisan Bahagianya Menjadi Ibu ini memenuhi karakteristik tersebut sehingga dibaca sebanyak 2.995 kali.
  11. Mempengaruhi Orang, yaitu tulisan yang dapat mempengaruhi orang lain untuk melakukan hal yang sama. Contohnya tulisan saya yang satu ini Mencetak Buku Sendiri: Cara Instan Menjadi Penulis. Dibaca sebanyak 13.643 kali lho!
Ternyata benar seperti kata Trivia. Tulisan-tulisan yang dekat dengan pembaca dan hangat di hati itu justru paling laris. Makanya, jangan ragu menulis curhat di blog asal tidak melanggar privasi orang lain. Namun, apa saja syarat sebuah tulisan menjadi viral menurut Trivia? Ini dia cara membuat tulisanmu menjadi viral: '
  • Riset dulu, jangan asal tulis. Kira-kira ide yang ada di kepala kita bisa jadi viral atau tidak. Cara riset: gunakan tracking trends (trending topiknya apa di medsos). Lihat di Buzzsumo.com, sayangnya ini berbayar. Kalau gratisannya, hanya bisa buka sepuluh artikel. Ketik tema artikel, misal: brokenheart. Nanti akan keluar artikel-artikel yang viral tentang brokenheart. Cari beberapa topik yang populer.  Checking virality of some topics. Observing and finding information from some social media accountants of many influencers (artinya, cek sendiri di google translate ya hehe....)
  • Write the engaging title (focus on what we will write). Tulis judul yang menarik. Fokus pada apa yang akan ditulis. Sebutkan langsung sasaran pembacanya, misal: penulis, perempuan, anak pertama, dan sebagainya.Saran: sebelum menulis, cari judulnya dulu.
  • Write some subtitles, gunakan ringkasan isi blog yang oke juga. 
  • Write your articles: pelajari karakteristik media, jadilah dirimu sendiri, tulis seperti menulis cerita, lakukan proofreading dan editing. Jangan sampai tulisan masih berantakan, langsung diterbitkan. 
  • Search and upload the pictures/ photos/ illustrations: jangan lupa sertakan foto atau ilustrasi.Walaupun hanya satu, gunakan foto karena bisa menambah menarik isi postingan.
  • Be authentic: original, tidak plagiat. 

Bagaimana Cara Membuat Tulisan Menjadi Viral
Siap membuat tulisan yang viral
Sudah cukup mendapatkan materi dari Mbak Resty, selanjutnya kami diajak menulis langsung di Trivia. Sayangnya, saya harus segera pulang karena suami yang menunggu di Detos sudah tidak sabar. Prakteknya dilanjutkan di rumah saja ya. Terima kasih, Trivia sudah memberikan materi yang berharga ini. 

62 comments:

  1. Terimakasih ilmunya Mba, semoga mba leyla akan terus melahirkan bacaan viral dan saya juga bisa mengikuti jejak mba hehehe aamiin

    ReplyDelete
  2. Catet! Krg yg lg populer apa ya??

    Aku msh fokus ke cewe2 sih

    ReplyDelete
  3. Thanks for sharing mak Leyla..

    ReplyDelete
  4. Hemmm gituuu... Thanks sharingnya mb... Selama ini aku msh asal aja kalau nulus hehhee hbs ni bebenah dah hehehe

    ReplyDelete
  5. Nendanaang banget nih tipsnya mbak
    Tulisanku yang paling viral gak sampai 2000 PV, tentang umroh
    Harus banyak belajar lagi.
    Terima kasih ya Mbak


    ReplyDelete
  6. Makasih yah mba postingannya...aku apa yah yg viral..
    Poin2nya jelas bgt iniii, noted ^^

    ReplyDelete
  7. ckckck, Mba Leyla hebat, artikelnya bisa sampe belasan ribu PV, saya kapan yah bisa seperti itu??

    ReplyDelete
  8. Bakal aku inget-inget semua tipsnya ini mba. Keren banget postingannya sampe dibaca sekian banyak orang, aku pingin jugaaaa ;).

    ReplyDelete
  9. Kalo aku yang viral banget tuh yang Jodoh Tak Terduga mbak hihi. Sampe sekarang bahkan masih sering dibaca orang. Ga nyangka juga. Padahal awalnya ga niat buat viral begitu :D Justru yg ga disengaja kadang malah laris :v

    ReplyDelete
  10. Kereenn..ribuan PV euy *kemudian lirik statistik* :D
    Praktekin aaah..tfs Mba!

    ReplyDelete
  11. Punyaku yang paling viral ttg ganja mbak lela

    ReplyDelete
  12. Siiip... Siap dipraktekan. Insyaa Allah

    ReplyDelete
  13. Mupeng liat PV-nya Mak Leyla. Harus diingat2 nih tips tulisan viralnya.

    ReplyDelete
  14. terimakasih, sumpah bermanfaat banget :-)

    ReplyDelete
  15. Ituh....ke kiri sikit futunya ada aku deh wkwkwk.
    Nyesel aku kmrn nggak bisa ngobrol, habis nggak tahu si, kalo mbak Leyla juga hadir. Moga lain kali ketemu ya, mbak

    ReplyDelete
  16. Wah hebat euy mba, konten blognya udah viral. Aku mau coba praktekin tipsnya biar tulisanku juga viral. Thanks for sharing ya mbak :)

    ReplyDelete
  17. Bener juga tuh poin-poinnya mba,
    tulisanku beberapa hari yang lalu juga viral, dihantam pageviews 30.0K/hari
    :)

    ReplyDelete
  18. Asyik banget ternyata banyak tulisan blog Mbak yg viral juga ya. Maksih banyak sharingnya. Pengen dong tulisan kita dibaca banyak orang. Tapi masih harus banyak belajar nih nulis yg viral2 mah :D.

    ReplyDelete
  19. Gara-gara baca ini aku langsung cek statistik blog post aku, ---penasaran. Ya, lumayan ternyata ada yang ribuan, ada juga yang belasan ribu. Tapi palingan gara-gara nyasar, soalnya aku kalau nulis biasanya gak mikirin konten. Yang lagi ngretren A aku malah bahas kejadian random 100 tahun lalu. Gak jelas lah pokoknya, hehehe. Mungkin lain kali aku akan coba untuk bikin tulisan yang temanya sedang trend, biar yang mampir ke blogku gak nyesel karena nyasal :D Btw, thanks untuk tipsnya, ya :)

    ReplyDelete
  20. Makasi Mak Leyla yang sudah memberikan ilmu ini disini :D Langsung mau mulai nulis yang lebih terkonsep nih. Hehehe

    ReplyDelete
  21. Thank you for sharing, Mbak Leyla Hana... ^_^

    ReplyDelete
  22. Saya selalu kesulitan bikin judul Mbak :)

    Terima kasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  23. Saya juga malah bingung, tulisan biasa-biasa aja malah punya pengunjung banyak.

    ReplyDelete
  24. Infonya penting banget nih. Harus banyak nulis curhat deh kayaknya. Hehehehe

    ReplyDelete
  25. Infonya penting banget nih. Harus banyak nulis curhat deh kayaknya. Hehehehe

    ReplyDelete
  26. sama ya mba leyla hana, saya juga justru tulisan view terbanyaknya waktu tulisan curhat tanpa infografis dan bahkan tanpa foto. seprti perjuangan saya melahirkan, ngurus anak, jadi irt, menulis, dll. Terima kasih tulisannya bermanfaat.

    ReplyDelete
  27. Wow tulisannya memang bagus-bagus banget. Benar-benar viral material ini mah.

    ReplyDelete
  28. Sharingnya kereen, sayang waktu itu aku nggak bisa ikut, makasiih banget nih udah di share mba

    ReplyDelete
  29. wahhh good info, saya belum pernah ada yang sampai viral, ingin banget punya tulisan viral tapi non kontroversial

    ReplyDelete
  30. Wah, ilmunya pas nih. Saya pengin banget bisa menulis konten viral.
    Mba leyla mah udah keren tulisannya.

    ReplyDelete
  31. W O W keren banget tipsnya. Perlu dipelajari lagi nih biar blog rame. Tengkyu, Mbak Leyla..

    ReplyDelete
  32. Oh gituuuuu, jadi tahu deh soal konten viral.Tapi itu contoh2nya tulisan sendiri ya? Kalau contoh tulisan viral lain yg sampai puluhan ribu yg gmn ya?

    ReplyDelete
  33. Pengen ikutan ini bentrok sm acara lain pdhl ini di kota sendiri. Tapi alhamdulillah bs dpt ilmu nya disini. Makasih sharingnya Mba Leyla ��

    ReplyDelete
  34. Ikutan nyerna. Asikk kebagian ilmu

    ReplyDelete
  35. Ikutan nyerna. Asikk kebagian ilmu

    ReplyDelete
  36. Penasaran ama gel hormon untuk kontrasepsi pria hahajajaa

    ReplyDelete
  37. Oh gitu ya Mbak Hana, jadi bukan hanya menulis saja tapi kita harus memikirkan untuk menulis yang viral ya. Mesti banyak belajar lagi nih. Saya juga masih kesulitan cara searching keyword, eh sekarang udah zamannya searching viral keyword ya Mbak...dunia semakin kencang berlari...

    ReplyDelete
  38. Terima kasih sudah sharing Mba.

    Kemarin aku mau datang tapi ternyata nggak bisa. Alhamdulillah dapat ilmunya di blog Mba. Terima kasih banyak Mba.

    ReplyDelete
  39. Numpang ninggalin jejak blogger curhat, ya mbak. Makasih sharingnya, mbak. Salken :)

    ReplyDelete
  40. wow, makasih sharenya..ini juga viral nih :)

    ReplyDelete
  41. Langsung bookmark artikel ini, hehehe. Terima kasih sharingnya.

    ReplyDelete
  42. Ini keren banget tulisannya, langsung mencoba untuk dipraktekkan. Ma kasih banyak atas sharingnya ya Mbak. Salam kenal dari #BloggerKalimantan :-)

    ReplyDelete
  43. WOW banget ya blognya Mbak Leyla ini. Tulisannya rata2 bagus PV-nya. Kalau blog saya, cuma 1 tulisan yg paling banyak dibaca/disinggahi, sdh 47.000 kali dibaca sejak ditulis taun 2013 lalu. Peringkat kedua dan seterusnya cuma 4.000-an trus ke bawah :)
    Jadi pengen bikin tulisan viral juga. Makasih ya Mbak sharing ilmunya :)

    ReplyDelete
  44. poin terkahir (be authentic) kudu banget ya mbak. Nilai paling penting menurut saya.
    Heeem, tulisan saya ada yang masuk 11 poin Me- Me- Me- itu gak ya? *mikir*

    Btw, Teima kasih sharingnya. Mesti saya coba nih. Siapa tau tulisan saya bisa viral seperti mbak leyla :D

    ReplyDelete
  45. Aku susah sekali nulis judul yang menarik, tulisan juga asal curhat biasanya hehehe.
    Tulisanku yg banyak views nya ttg : kuning telur warna orange aman dimakan atau tidak? Kushare juga waktu itu di vivalog, jd trafik meningkat.
    Terima kasih sharingnya mb Leyla, dapat ilmu baru lagi nih.

    ReplyDelete
  46. alhamdulillahh
    terima kasih banyak utk tulisannya ya mbak.. membntu sekali... ^_^

    ReplyDelete
  47. Makasih Mak Hana buat postingannya... ilmu yang bermanfaat ini...

    ReplyDelete
  48. tulisannya keren mba Ela! boleh saya dokumentasikan di web karyaflp.net ya?

    ReplyDelete
  49. Terima kasih atas ilmunya, salam kenal.


    ReplyDelete
  50. Assalamualaikum mbak Leyla :) tulisannya bermanfaat sekali. Semoga saya juga bisa nulis viral seperti itu. Salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
  51. tulisan viral saya yg paling byk 35rb pembaca dlm waktu 1hari ttg menghilangkan bau jengkol.. mmg bener ya apa yg dibutuhkan itu yg paling dicari pembaca.. thank ilmunya

    ReplyDelete
  52. Lgi belajar ngeblog, informasi seperti ini sangat berguna bagi saya,

    ReplyDelete
  53. Waaaaaa.... Terimakasih sharingnya mbak... Bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
  54. Wah jadi belajar banyak nih dari mba Leyla agar tulisan bisa menjadi viral :)
    Makasih tipsnya mba :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...