Tuesday, May 17, 2016

Tips Ampuh Menjual Rumah dengan Harga yang Sesuai Keinginan



Assalamu'alaikum. Beberapa waktu lalu, saya dan suami sempat terpikir ingin menjual rumah kami yang dulu dikontrakkan. Kami pikir, karena lokasinya ada di tengah kota dan dekat dengan berbagai fasilitas, harga rumah tersebut akan bagus dan sesuai keinginan. Ternyata, harga yang ditawar oleh calon pembeli masih di  bawah keinginan. Salah satu hambatan ketika hendak menjual sebuah rumah adalah harga yang ditawarkan oleh para pembeli tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan atau bahkan terlalu jauh untuk melakukan negosiasi. Padahal, rumah itu bisa jadi terletak di tengah kota, misalnya Kota Bandung yang menjadi salah satu destinasi wisata. Lalu, mengapa harganya tetap tidak sesuai dengan keinginan? 


Hal ini wajar terjadi dan mengapa bisa terjadi. Bisa saja para calon pembeli tengah mengetes apakah si pemilik rumah dijual di Bandung (sponsored post. Baca keterangannya di Disclosure) ini tengah butuh uang atau tidak, maka mereka menawar dengan harga yang semurah-murahnya. Atau rumah tersebut adalah rumah warisan yang hendak dijual oleh para pewaris dan dibagi-bagi uangnya. Supaya cepat terjual, maka dijuallah dengan harga murah. Sebagai pembeli, ya sah-sah saja menawar. Kalau dapat syukur, kalau tidak dapat bisa cari lagi atau menaikkan harganya sedikit sampai penjual rela melepas rumahnya. Jadi, jika Anda ingin sekali menjual rumah dengan harga yang sesuai, coba tanya ke diri sendiri apakah ingin menjual rumah tersebut dengan santai atau justru terburu-buru? Jika memang Anda tidak dituntut waktu penjualan, maka proses penjualan sampai ke harga yang yang sesuai sangat terbuka lebar peluangnya.

Namun, sebaliknya jika kita diburu waktu maka mau tak mau kita menjual rumah tersebut dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Tips supaya menjual rumah sesuai dengan harga yang diinginkan tentunya kita tidak boleh tergesa-gesa atau seperti yang dikatakan tadi: diburu waktu. Jual santai saja rumah tersebut sampai mendapatkan calon pembeli yang mau dengan harga yang kita tawarkan tersebut. Ketika kita bisa menjual sebuah rumah dengan harga yang kita inginkan tentu akan menimbulkan sebuah rasa kepuasaan tersendiri dalam hati si pemilik rumah tersebut. Selain itu, keuntungan yang sudah direncanakan pun akan bisa didapatkan dan digunakan untuk planning atau rencana yang sudah dibuat. Tips lainnya supaya kita bisa menjual sebuah rumah dengan harga yang sesuai selain dengan menjual santai adalah dengan tidak memasang harga negosiasi alias harga net saja. Sayangnya, hal ini sangat riskan terhadap menurunnya ketertarikan calon pembeli pada jenis rumah yang hendak kita jual tersebut karena pada intinya calon pembeli sangat menyukai yang namanya negosiasi. Akan tetapi, kita bisa mengemasnya dengan lebih menarik misalnya ada hadiah yang diberikan kepada si pembeli jika mau membeli rumah tersebut tanpa bernegosiasi atau menawar dari harga jual yang ditetapkan.

2 comments:

  1. Bener mbak. Kalau jual apa-apa mending santai, biar dapat harga yang pas. Pembeli puas, kita juga. Takutnya, nanti kalau sudah terjual menyesal karena ternyata harga pasaran lebih tinggi.

    ReplyDelete
  2. Lumayan kayaknya bisa di coba siap tau rumah yang mau saya jual cepet laku

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...