Friday, February 10, 2017

Ira Koesno dan Resep Awet Muda Emak-emak


Assalamu'alaikum. Pilkada DKI Jakarta 2017 memang seru. Selain ketiga calon yang bikin tegang urat leher, juga acara debat calon gubernur tahap I yang dibawakan moderator cantik, Ira Koesno.


Nama Ira Koesno sih nggak asing lagi buat penonton berita tahun 2000-an. Yang bikin saya ingat Mbak Ira ini adalah, saat saya masih duduk di bangku kuliah di Undip Semarang dan ngekos di sebuah rumah seorang nenek di daerah Erlangga.

Si nenek ini tinggal sendirian di rumahnya yang besar, yang punya 9 kamar. Tiga kamar dipakai sendiri kalau anak-anaknya datang. Enam kamar dipakai anak kos. Enam kamar itu adalah kamar anak-anaknya dulu. 

Phiuuuh.. ternyata punya banyak anak juga ujung-ujungnya ditinggalin juga ya. Eit, tapi si nenek pemilik kos ini bukan orang sembarangan. Cucu dan keponakannya banyak yang jadi artis. Salah satunya, Ira Koesno. 

"Ira Koesno itu anak adik saya. Dia memang pintar sekali anaknya," kata si nenek, sambil menunjuk ke wajah Ira yang sedang ada di depan televisi. Itu mengapa saya ingat Ira Koesno. Saat saya masih kuliah semester satu, Ira Koesno sudah jadi presenter ngetop.

Ira kemudian menghilang, tapi sebenarnya ya nggak menghilang benar. Kabarnya dia jadi produser. Dan saat muncul sebagai moderator debat cagub DKI Jakarta, orang-orang jadi heboh karena wajah Ira Koesno tidak berubah! 

Konon usianya sudah 47 tahun. Ira Koesno masih sama seperti saat saya melihatnya 15 tahun lalu. Ibu-ibu di medsos pun heboh. Penasaran bagaimana cara supaya bisa awet muda seperti Ira. Ya, sebenarnya sih caranya gampang. Nggak usah jadi ibu-ibu. Ciyus. Xixixi....

Ira Koesno masih single. Waktunya masih bebas untuk diri sendiri. Nggak stres urus anak dan suami. Bisa me time kapan aja. Bisa traveling ke mana aja tanpa mikirin nanti anak dan suami bagaimana. Apalagi doi juga mapan, pekerjaan dan gaji bagus. Bisa perawatan kulit di mana aja dong. 

Saya kenal beberapa teman yang masih lajang dan sudah berumur, tapi wajah dan tubuh masih seperti anak kuliahan. Proses hamil dan melahirkan itu saja membuat wanita mengalami perubahan fisik, seperti kulit yang kendor karena meregang saat hamil dan berat badan bertambah tanpa bisa turun lagi. Tapi, bukan berarti ibu-ibu nggak bisa awet muda.

Gimana caranya supaya emak-emak pun bisa tetap awet muda? Yah, walaupun umur saya juga belum 40-an, tapi bolehlah ya saya menyebutkan beberapa cara supaya kita bisa awet muda.

Minimalisir Stres
Perempuan itu rentan stres, bener nggak? Jangankan hal besar, hal remeh seperti mau beli lipstik yang seharga 50 ribu atau yang 500 ribu aja udah jadi beban pikiran.

Buktinya, pengguna Facebook terbesar di Indonesia itu ibu rumah tangga. Rata-rata status Facebook ibu rumah tangga itu mengeluhkan pekerjaan rumah yang nggak ada habisnya.

Saya sendiri juga termasuk ibu-ibu yang suka ngeluh di Facebook. Salah nggak sih? Yah, selama keluhan itu masih dalam batas wajar dan nggak menjelekkan orang lain, saya rasa nggak masalah.

Minimalisir stres bisa dengan mencoba ikhlas menjalani setiap pekerjaan rumah tangga, rutin beribadah, cerdas mengelola emosi, dan banyak lagi. Pokoknya dibawa santai ajalah. Selalu berpikir positif bahwa segala sesuatu yang kita jalani ini baik. Hindari baper (bawa perasaan) dalam menanggapi sesuatu. Ya, yang kayak gini memang harus selalu dilatih sih. Saya juga masih terus berusaha meminimalisir stres.

Jaga Asupan Makanan & Konsumsi Suplemen
Yang satu ini masih jadi PR buat saya. Setidaknya sekarang saya coba rutin makan buah. Kalau sayur sih insya Allah sering makan ya. Saya juga hanya minum kopi sekali sehari, karena kopi bisa mempercepat osteoporosis jadi harus dibatasi. Seharusnya sih malah berhenti minum kopi.

Kurangi juga makanan dan minuman yang mengandung gula. Saya hanya menyediakan gula pasir 1/4 kg di rumah, itupun lama habisnya. Buat apa memakai gula pasir lagi kalau semua makanan sudah mengandung gula?

Katanya, gula mempercepat kerutan di wajah. Jadi kalau wajah mau kencang ya kurangi makanan dan minuman manis. Lagipula, gula juga menyebabkan diabetes.

Kalau perlu, konsumsi suplemen penjaga daya tahan tubuh karena pada usia menjelang 40 tahun, daya tahan tubuh mulai menurun. Keluar sebentar aja, masuk angin. Untuk kulit juga perlu, mengingat collagen mulai berkurang. Misalnya dengan minum Kapsul Natur-E yang mengandung Vitamin E yang dapat menjaga elastisitas kulit supaya nggak cepat kendur.

Miliki dan Jalani Hobi yang Menyenangkan 
Menjalani hobi yang menyenangkan itu membuat kita bahagia dan bikin awet muda. Ada nggak sih orang yang nggak punya hobi? Ada. Ada nggak sih orang yang punya hobi tapi nggak dijalani? Ada.

Miliki dan Jalani hobi yang kita senangi untuk menambah gairah dan semangat hidup. Hobi saya dari masih remaja sampai sekarang adalah menulis dan membaca. Alhamdulillah, hobi saya adalah juga pekerjaan saya. Jadi saya merasa senang menjalaninya.

Silaturahim dengan Sahabat
Banyak ibu yang depresi dan setelah diselidiki ternyata sebagian besar adalah penyendiri, pendiam, jarang bergaul, dan sebagainya. Memiliki sahabat sebagai tempat bercerita itu bisa meminimalisir stres dan bikin awet muda lho.

Selain ngobrol di medsos, kita juga bisa sesekali kumpul-kumpul. Sahabat-sahabat saya yang sekarang ini awalnya kenalan di medsos, lalu ketemuan di dunia nyata.

Sahabat juga harus pilih-pilih, tapi sebenarnya sahabat sejati itu bisa dipertemukan melalui perasaan dan takdir. Kalau sudah dijodohkan dengan seseorang atau beberapa sahabat, pasti deh kita akan ketemu terus dengan mereka dan asyik bertukar cerita.

Relaksasi
Tekanan stres membuat kita harus melakukan relaksasi sesekali. Misalnya dengan ke salon, pijat SPA, dan lain-lain. Kalau malas antri atau jalan ke salon, bisa pakai salon panggilan. Sekarang sudah lumayan banyak salon yang bisa dipanggil ke rumah.

Jalan-jalan
Walaupun emak-emak yang terbatas waktu dan kesempatan untuk jalan-jalan, kita tetap bisa jalan-jalan asal pintar-pintar kita akan menyiasatinya. Dulu saya jalan-jalan hanya bersama suami dan anak-anak. Sekarang saya sudah bisa jalan-jalan sendiri atau bersama si kecil, selagi suami dan kakak-kakaknya di kantor dan sekolah.

Mengikuti acara blogger adalah salah satu cara untuk bisa jalan-jalan. Ya kali di rumah terus, bisa ngebul kepala saya. Yang penting saat ke luar rumah itu ada izin suami dan suami saya sudah paham kenapa saya sesekali harus ke luar rumah.

Justru suami saya yang menyuruh, karena dia kan nggak selalu bisa menemani. Asalkan saya tetap menjaga diri sebagai istri, memakai pakaian menutup aurat, dan nggak berinteraksi dengan lawan jenis melebihi batas.

Jalan-jalan itu memang bisa mengurai stres dan membuat bahagia, selain kita jadi bisa mengenal tempat-tempat baru.  Sebagai penulis novel, saya juga bisa mendaparkan pengalaman baru untuk bahan menulis novel.

Setidaknya, itu beberapa resep awet muda emak-emak dari saya. Emak-emak pasti setuju, kan? 

8 comments:

  1. Resep awet mudanya ok banget. Tapi yg susah buat saya yang menjaga asupan makanan. Hadeeeh,,,smua makanan menggoda buat saya. *hehe...

    ReplyDelete
  2. Ini resep yang oke. Buat bekal saya kalau udah menjadi ibu - ibu nanti hihi

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  3. Resep awet mudaku, sering pacaran sama suami wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha...Apalagi kalo sampai jadi bayi, awet muda terus deh.

      Delete
  4. Kalau saya sih gak perlu pake resep-resep segala, memang udah dari sono nya muka saya Baby Face... Hihihihi....

    ReplyDelete
  5. Lajang juga punya masalahnya sendiri kok mb yang bikin dia stres.
    Biar seimbang nih, buanyak juga Ibu-ibu yang awet muda. Entah seperti masih gadis atau lebih baik lagi. Ibu-ibu juga bisa perawatan dimana saja dan Ira Koesno bisa juga tidak perawatan sama sekali lho! :-)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...