Thursday, November 30, 2017

So Good CERDIK: Mendongeng untuk Anak dengan Cerita Mendidik



"Didiklah anakmu sesuai zamannya, karena mereka hidup bukan di zamanmu." Ali bin Abi Thalib.

Kalimat hikmah dari sepupu sekaligus sahabat Nabi Muhammad Saw itu pernah saya baca di spanduk bertema pendidikan. Kalimat itu benar adanya. Banyak kesalahan mendidik yang dilakukan oleh orangtua karena orangtua berpedoman pada didikan orangtuanya dulu, padahal kalau diterapkan ke anak zaman sekarang ya sudah banyak yang berubah. 


Contohnya saja gadget. Perkembangan teknologi sekarang ini tidak bisa dipungkiri akan menyentuh anak-anak kita juga. Nyatanya masih ada orangtua yang berpikir, "Dulu aku bisa kok tanpa gadget, jadi kenapa sekarang anak-anak harus terpapar gadget? Nanti saja kalau mereka sudah cukup umur." Akibatnya, orangtua yang berpikir seperti ini benar-benar menjauhkan gadget dari anak-anaknya meskipun sebenarnya gadget juga memiliki manfaat. 

Secara tidak sadar, orangtua juga sudah melakukan ketidakadilan kepada anak-anak. Orangtuanya saja selalu terhubung dengan gadget, masa anak-anaknya dilarang sedangkan anak-anak sering melihat orangtuanya fokus ke gadgetnya. Tak heran kalau orangtua melarang anaknya main handphone, si anak akan serta merta membantah, "Mamah juga main hape kan...." Nah, lho....

Salah satu keberatan dari orangtua yang melarang anaknya menggunakan gadget adalah khawatir anaknya jadi tidak suka membaca buku. Main hape terus, jadi malas baca buku. Sejujurnya, saya sendiri jadi jarang membaca buku cetak sejak aktif menggunakan smartphone. Sebagai penulis buku, saya juga pernah merasa khawatir dengan menurunnya minat baca orang-orang. Tak hanya anak-anak, tapi orang dewasa juga sudah malas membaca buku. 

Apakah buku kelak akan musnah? Saya rasa tidak. Yang musnah barangkali hanya medianya. Kalau dulu dicetak di kertas, sekarang dipindah ke aplikasi. Seperti buku mendongeng untuk anak. Inovasi inilah yang dilakukan oleh So Good melalui aplikasi So Good CERDIK, Cerdas Digital Interaktif. Sebagai ibu, saya menyambut baik inovasi ini. Seperti apa keseruannya dengan anak-anak saya? 

Jadi begini, saya membeli nugget So Good Alfabet di sebuah supermarket.Nugget ayam adalah makanan kesukaan anak-anak saya dan wajib ada di kulkas. Praktis untuk sarapan pagi kalau mau berangkat ke sekolah, tinggal goreng. Buat makan siang dan makan malam juga oke. Pokoknya, anak-anak saya suka makan nugget. 

Nah, apalagi kalau nuggetnya ada hadiah di dalamnya? Anak-anak paling suka tuh beli makanan atau camilan yang ada hadiah di dalamnya. Saat saya buka kemasannya, saya temukan semacam pigura kecil dari plastik dengan gambar dongeng Umba Larage. Saya kira ada semacam buku dongeng, lho kok cuma pigura kecil dan satu gambar gitu. Trus, gimana cara pakainya? 

Oh, ternyata saya harus mengunduh aplikasi So Good CERDIK dulu. Gratis kok. Klik aja link ini http://bit.ly/2vUKgHz

Beli So Good Alfabet berhadiah So Good Cerdik

Setelah mengunduhnya, buka aplikasi tersebut, scan di atas gambar dongengnya, dan klik "Mulai." Cerita Umba Larage pun dimulai. Awalnya anak saya tidak mengerti cara membacanya. Ini apa sih? Diapain sih? Gimana cara buka halamannya? Eh,setelah dia tahu yaitu dengan menggeser anak panah ke samping, dia langsung tertarik sekali. 

Aplikasi So Good CERDIK

"Wow, keren! Gambarnya hidup!" Teriaknya. Saking tertariknya, dia sampai lupa makan nuggetnya hehe... 

"Yaaah... Ceritanya bersambung, Mah. Beli lagi dong, Mah. Aku mau baca cerita selanjutnyaaa...!" begitu komentar dia berikutnya. 

"Habisin dulu nugget yang ini. Nanti kalau sudah habis, baru deh Mamah beli lagi," kata saya. 

"Oke, oke!" Anak saya langsung lahap memakan nuggetnya. 

Scan gambar kover dongeng dengan aplikasi So Good CERDIK

Inovasi So Good CERDIK ini memang menakjubkan, menurut saya. Bayangkan saja, hanya dari satu gambar kover dongeng yang discan di aplikasi itu saja langsung muncul satu buku dongeng yang bisa dibuka halaman selanjutnya. Keren banget, kan! Tokoh-tokohnya juga hidup, membuat anak-anak berimajinasi dan seperti sedang menonton televisi. 

Asyiknya membaca dongeng Umba Larage

 Pantas saja anak-anak saya ketagihan dan ingin terus membaca cerita selanjutnya. Saya juga ketagihan karena bisa menemukan resep masakan juga di dalamnya. Ada resep untuk Bekal Sekolah, Enjoy Snack, dan Family Party. Kalau sedang bingung mau masak apa, tinggal nyontek di aplikasinya. 

Resep Masakan

Resep yang saya dapatkan dari bagian pertama cerita Umba Larage adalah resep Enjoy Snack Alfabet Bruschetta. Apa ya resepnya? Mending beli sendiri deh produk So Good yang ada So Good CERDIK di dalamnya. 

Mengajari Sidiq cara menscan gambar dengan aplikasi So Good CERDIK


Untuk cerita dongengnya, ada kisah Lala dan Singsing, Umba Larage, dan Chika dan Chiko. Harapan saya sih ceritanya ditambah terus dan produk So Good dengan hadiah So Good CERDIK ini bisa terus ada. Ada banyak manfaat dari aplikasi So Good CERDIK ini: 

Cerita So Good CERDIK

  1. Menguatkan ikatan antara orangtua dan anak dengan kegiatan membaca dongeng bersama. Terutama untuk orangtua yang sibuk dan tidak tahu mau melakukan aktivitas apa bersama anak. 
  2. Membuat anak suka membaca melalui aplikasi Augmented Reality yang seperti sedang bermain gadget dan menonton televisi. 
  3. Mendidik anak dengan cara yang mengasyikkan, yaitu menggunakan So Good CERDIK dengan cerita mendidik. Semua cerita So Good CERDIK memiliki pesan moral dan cocok untuk anak-anak. 
  4. Ibu juga jadi lebih rajin memasak dengan resep-resep yang ada di aplikasi So Good CERDIK, terutama mengolah nugget agar penyajiannya tidak monoton. 


Waah, lengkap deh manfaat So Good CERDIK ini, tak hanya untuk anak tapi juga orangtuanya. So Good CERDIK bisa didapatkan di semua produk So Good Siap Masak kemasan 400 gram. Info lebih lanjut, ke sini aja Mom http://www.sogood.id. 

31 comments:

  1. Wah dongeng kid jaman now ini, boleh juga yah..

    ReplyDelete
  2. Betul banget Mbk, emang seru mendongengkan anak dengan So Good Cerdik ya, seru aplikaisnya

    ReplyDelete
  3. Suka sekali dengan kalimat pembukanya, didiklah anakmu sesuai zamannya. Kalau anak jaman sekarang dididik seperti jaman kita dulu ga nyambung.So Good ada aplikasi Cerdiknya juga toh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, zaman dulu gadget belum jadi kebutuhan

      Delete
  4. Apps.nya keren ya. Bisa gerak2 muncul 3 dimensi

    ReplyDelete
  5. Kereen ya, aku aja sampai kagum sama appsnya hahaha

    ReplyDelete
  6. Inovasi terus terjadi seiring dengan perkembangan zaman, apresiasi untuk So Good Cerdik ini bener2 membantu orangtua untuk lebih dekat dengan anak melalui interaksi sebuah cerita secara digital!

    ReplyDelete
  7. Ko keren bgt ya inovasinya, jadi di usia anak megang gadget masih ada manfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gadget memang ada manfaatnya asal digunakan dengan baik

      Delete
  8. Jadikn gadget hal2 yg positif kyk gini Ada games edukatifnya

    ReplyDelete
  9. Wah aplikasinya mengedukasi ya..jd dpt info menarik nih.. didiklah anak sesuai zamannya..yup betul bgt 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, anak-anak di era digital pasti dekat dengan gadget

      Delete
  10. Inovasi zaman sekarang ada-ada aja ya mba, kirain kartu-kartu biasa ternyata bisa di scan

    ReplyDelete
  11. Makanan siap saji yang bisa jadi solusi saat ibu sibuk dan bisa menjadi bekal saat perjalana juga.
    Sekarang malah berinovasi dg aplikasi permainan digital, keren ya

    ReplyDelete
  12. Langsung beli So Good besok kalo belanja..Biar bisa dipakai main kartunya sama anak-anak. Keren So Good!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buruan beli Mak, semoga berlanjut terus serinya.

      Delete
  13. Wahh makin keren ya so good. Zaman kaya gini, kita nggak bisa menutup mata sama kemajuan teknologi, sbg orang tua ya harus cerdik mengikuti perkembangan imtek plus membimbing dan mendidik anak dengan baik. Btw aku dan anak anak juga suka so good. Apalagi yg dino hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. So Good memang enak. Hadiah so good cerdiknya menghibur sekaligus mendidik.

      Delete
  14. Wihh jagoannya mainannya sama kaya Babam jadi tau ada cerita dongeng seru yang disukain anak

    ReplyDelete
  15. Seru ya bun, cara bermain yang unik bersama anak. Keren sekali So Good buat aplikasi mendongeng yang sangat unik.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...