Wednesday, December 13, 2017

Janji Seorang Ibu: Minimal 9 Menit Sehari Tanpa Gadget


"Cerita ini... bukan tentang Mama yang sering terlambat menjemput aku, tapi tentang Mama yang selalu menenangkan aku, selalu ada buat aku, dan selalu ngobrol seperti ini." 

Kutipan kalimat dari video Komitmen Super Mom seperti bercerita tentang saya dan anak-anak. Ismail, si sulung, dulu sering marah kalau saya datang terlambat menjemputnya ke sekolah. 

"Kenapa sih Mama lama?" Bla bla bla. 

Setiap hari memang saya yang menjemput anak-anak ke sekolah. Sering karena kecapean, ketiduran karena mengeloni si kecil, cuaca hujan, saya terlambat menjemput mereka. Daripada terlambat, akhirnya kadang-kadang saya meminta tetangga (Mama Ica) atau ojek online untuk menjemput mereka. Apa hasilnya? 

"Mah, aku nggak mau Mama Ica yang jemput ah. Biarin aja Mama terlambat jemputnya, tapi yang penting Mama yang jemput aku dan Sidiq," begitu kata anak-anak. 

"Lho, emangnya kenapa?" tanya saya. 

"Ya lebih enak sama mama lah...." mereka tak memerinci lebih enaknya kenapa. 

"Soalnya kalau sama Mama bisa jajan, ya?" tebak saya. Mereka pun tertawa. 

Buat saya sendiri, momen menjemput anak dari sekolah adalah Premium Bounding Moment bersama anak-anak karena kami bisa mengobrol sepanjang jalan tanpa gadget. Yup, sebagai ibu rumah tangga sekaligus blogger, saya memang tak lepas dari gadget. Bahkan saat sedang mengobrol dengan anak-anak pun, mata tetap melihat smartphone. 

Salah satu momen di mana saya 100% lepas dari smartphone adalah saat menyetir kendaraan, menjemput anak-anak pulang dari sekolah. Saya bisa mengobrol bersama mereka tanpa diinterupsi smartphone. Ternyata waktu berkualitas untuk anak-anak itu bisa kapan saja. Seperti kemarin Ismail ulang tahun. Meski hanya dengan kue sederhana dan kado yang tak mahal, saya lepaskan smartphone dan fokus mendoakan Ismail di usia 10 tahunnya ini. Semoga menjadi anak soleh dan mandiri. 


Selain itu, kalau mereka sedang asyik bermain seperti main sepeda, saya sempatkan untuk menyapa dan memberikan asupan energi seperti Lotte Choco Pie, biskuit premium yang lembut berbalut cokelat. Anak-anak sangat menyukainya dan memakannya dengan lahap.



Itu kenapa saya merasa beruntung sekali diundang oleh Lotte Choco Pie dan Kumpulan Emak Blogger untuk menyaksikan peluncuran video Komitmen Super Mom ini yang berlokasi di Harlequin Bistro Kemang tanggal 10 Desember lalu dalam rangka menyambut hari ibu 22 Desember nanti. 

Di acara Lotte Choco Pie Mothers Day 2017

Acara ini dikemas ramah anak, karena disediakan playground. Sehingga jelas ya, meskipun nanti emak-emak bloggernya sedang mengikuti acara peluncuran, anak-anak tetap ada di dekat ibunya. Apalagi para ayah ikut menemani. Jadi acara ini semacam family gathering yang mempertemukan keluarga emak-emak blogger.

Main seluncuran

Naik mobil-mobilan

Bulan Desember identik dengan hari ibu. Bagi saya pribadi, bulan Desember memang bulan yang menjadikan saya seorang ibu karena anak pertama dan kedua lahir di bulan ini. Akan tetapi, ibu yang seperti apakah saya? Tidak ada ibu yang sempurna. Meskipun saya lebih banyak di rumah, ternyata sulit juga mendapatkan waktu berkualitas bersama anak.

Kehadiran gadget seolah mengambil kebersamaan kami. Like mother like son. Anak-anak saya juga suka main gadget. Terutama games dan Youtube. Untung tidak sampai harus berkomunikasi lewat whatsaap walaupun ada di dalam satu rumah, sebagaimana yang diceritakan oleh Ibu Vera Itabiliana, Psikolog Anak, di acara ini.

Bapak Hiroaki Ishiguro menyampaikan sambutannya dalam acara ini. Beliau senang dengan kehadiran ibu-ibu blogger yang nantinya akan menyampaikan kepada ibu-ibu lain di luar sana tentang maksud dan tujuan dibuatnya video terbaru tentang komitmen seorang ibu ini.

Bapak Hiroaki Ishiguro

Ibu Vera Itabiliana selanjutnya menyampaikan pentingnya waktu berkualitas antara ibu dan anak. Apalagi ibu zaman sekarang kan multitasking sekali. Ada yang kerja kantoran, kerja di rumah, ibu rumah tangga tapi sibuk bersosialisasi. Di tengah kesibukan itu, coba cari waktu yang nyaman untuk ibu dan anak saling berinteraksi secara intim tanpa interupsi gadget.

Waktu yang berkualitas itu tidak perlu lama. Kalau mau lama ya tidak apa-apa. Tapi kalau sibuk sekali, ya minimal 3 menit per interaksi. Total 9 menit sehari. Misalnya, saat bangun tidur. Coba ngobrol sebentar dengan anak-anak. Tanyakan semalam mimpi apa, nanti ada kegiatan apa di sekolah, siapa teman sekolahnya yang baik, dan obrolan sederhana yang bisa memantik semangat anak untuk beraktivitas.

Vera Itabiliana


Brand Ambassador Lotte Choco Pie Indonesia, Carissa Putri, menceritakan pengalamannya bersama putra semata wayangnya, Kenzo, yang sudah mengenal gadget.  Carissa berusaha mencontohkan kalau sedang intim dengan Kenzo maka dia akan menyingkirkan gadget. Toh kita sudah sering bersama gadget. Tak apa-apa kan menyimpan dulu gadgetnya dan main sebentar bersama anak?

Carissa Putri


Ibu Oci C Maharani, Brand Manager Lotte Choco Pie Indonesia menyebutkan bahwa Lotte Choco Pie sudah setahun ini mengadakan aktivitas yang berhubungan dengan ibu dan anak. Tujuannya untuk mengeratkan kembali hubungan ibu dan anak. Kampanye itu antara lain: Play Together, Ramadan Together, Holiday Together, Cook Together, sampai Lotte Choco Pie Mothers Day. Dalam setiap kampanyenya diadakan lomba foto ibu dan anak dengan aneka ragam hadiah menarik.

Ibu Oci c Maharani


Untuk kampanye Mothers Day ini, Lotte Choco Pie mengadakan tur ke sekolah-sekolah di Jadebotabek. Para anak diajak membuat surat untuk ibunya dan diselipkan Lotte Choco Pie untuk dimakan bersama ibu. Di media sosial, kampanyenya disemarakkan dengan video Komitmen Super Mom yang berjanji akan meluangkan waktu minimal 9 menit sehari untuk Premium Bounding Moment bersama anak.


Mengapa 9 menit? Sebenarnya tak ada patokan khusus. Waktu 9 menit ini hanya salah satu target. Para ibu bisa membuat targetnya sendiri. 9 menit itu sudah sangat minimal sekali ya. Masa sih 9 menit saja tidak sempat?

Tonton deh video ini, like dan share di akun media sosial dan dapatkan kesempatan memenangkan uang tunai Rp 200.000 dan voucher belanja Rp 150.000 dari Lotte Choco Pie. Gunakan hastag #LotteChocopieMothersDay17 #KuisKEBxLCPMothersDay. Kuisnya deadine hari ini yaa... Makanya cepetan ikutan! 


Selain kuis like dan share video, ada pula kuis foto di microsite mothersday.lottechocopieindonesia.com. Ibu mengupload foto kebersamaan dengan anak di microsite ini, lalu membagikannya di media sosial. Apa hadiahnya? Jalan-jalan ke Jepang sekeluarga! Wow, seru kaan.... Banyak hadiah lainnya seperti Smartphone dan voucher belanja. Cuma sampai tanggal 22 Desember aja ya Bu. Informasi lengkap:

Facebook: Lotte Choco Pie Indonesia
Instagram: @Lottechocopie.id

57 comments:

  1. Sweet banget bunda Ela, happy 10 tahun ya ismail, semoga apa yang menjadi doa dan harapan bunda Ela ke Ismail dapat terwujud ya.. dan Ismail pasti bangga punya bunda yang sangat perhatian dan penuh kasih sayang seperti bunda Ela

    ReplyDelete
  2. Biasanya saya kalau pas jemput Aim pulang sekolah, juga gitu sepanjang jalan dia sambil cerita kegiatannya di sekolah. Sampai di rumah, masih lanjut cerita sambil mengganti pakaiannya.
    Aiman juga suka cemilan, salah satunya ya choco pie ini. Pulang sekolah biasanya dia minta cemilan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sebenarnya anak-anak suka ya bercerita ke mamanya. Jangan sampai mamanya abai.

      Delete
  3. Bener bnget kenapa anak2 lebih suka di jemput Sama kita ketimbang nitip Sama orang lain Aku seringnya Sama satpam sekolah sih ,,,,mungkin mereka nyaman X ya terus bnyk cerita2 tentang tman2 ya,,, sehat trus y mba biar bisa mendampingi mrk smp dewasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. memang anak2 harusnya lebih nyaman bercerita ke ibunya.

      Delete
  4. Ade ga pernah jemput anak plg sekolah. Lah deket tinggal jalan kaki. Xixixi.. tapi ade seneng kalau setiap plg masih mendengar Abang Fi manggil dan mencari ade. Karena menurut psikolog, org pertama yg dicari anak adalah org yg paling dicintai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo deket ya gak usah dijemput malah nanti gak mandiri hehe

      Delete
  5. Anak-anakku juga pada lebih suka diantar jemput orangtua drpd naik ojek online gitu. Mungkin lebih nyaman buat mereka ya, bisa sekalian ngobrol dan mampir jajan sebelum pulang ke rumah :))

    ReplyDelete
  6. Anakku juga kalo dijemput pengennya sama mamaknya, soalnya bisa mampir dulu mini market buat jajan, hahaha.

    ReplyDelete
  7. karena anak priceless, momen sekarang ga akan berulang dimasa depan. Mumpung diberi kesempatan bersama dengan anak selalu dimanfaatkan sebaik-baiknya

    ReplyDelete
  8. Wah met milad ya Ismail :) Masa anak2 nggak bisa terulang ya mbaa.. memang perlu bonding time dgn mereka sblm masa dewasa dgn dunianyaa masing2

    ReplyDelete
  9. 9 menit berharga banget ya skrg buat bonding sama anak-anak. Sebentar tapi berkualitas. By the way, aku udah ikutan kuisnya. Semoga menang...

    ReplyDelete
  10. 9 menit untuk premium bounding.... ah rasanya aku harus koreksi diri nih, kadang lagi nyusuin aja sambil pegang gadget dan anakku cari perhatian ngambek2 gitu huhuhu

    ReplyDelete
  11. Untuk anak, sekecil waktu bersama sangat berarti untuk anak. Berikan perhatian sebaik mungkin....

    ReplyDelete
  12. 9 menit? Coba 9 jam hahaha. Jadi saat wiken kalau sama anak2 dna gak ada kerjaan di luar gak pegang hape :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu minimalnya. Kalau mau lebih ya boleh banget

      Delete
  13. 9 menit yaaaa tiap hari, semoga bisa cocok ya

    ReplyDelete
  14. Sebagai seorang ibu dan istri memang hrs punya quality time bersama keluarga sih. Apalagi utk tipe Mamak seperti aku yang sering ninggalin keluarga utk keperluan soting hahaha. Sebisa mungkin dirumah, ya sama keluarga.

    ReplyDelete
  15. Quality time is the most important thing -- not the quantity time, kan. Jadi gimana para Ibu aja ngaturnya. Anak-anak pasti akan bahagia bersma Ibunya walaupun hanya beberapa menit tanpa ada gangguan apapun. Selamat ulang tahun buat sang permata hati Ismail, ya. Better late than never. Buat Mama Ismail, tetap ceria pastinya. Aamiin.

    ReplyDelete
  16. Terima kasih sudah hadir ya....sama seperti saya, jemput anak itu waktu favorit saya :D

    ReplyDelete
  17. Anak-anak itu jujur ya, trus lucu. Suka dijemput mamanya pastilah, karena banyak yang didapat. Ismail, met ultah yaa, makin pinter kaya mamanya deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jujur banget biar dibeliin chocopie haha

      Delete
  18. justru celah2 momen seperti jemput anak, sebelum tidur pas nyuapin itu jd waktu yang enak buat ngobrol... kalo sengaja2 ngajak ngobrol anaknya suka kabur 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul tuh, anak2 suka kabuur kalo disengaja

      Delete
  19. Akupun merasa masih kurang melakukan premium bonding bersama si kecil.jadi merasa bersalah waktu nonton video janji ibu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalo udah lahiran kan banyak di rumah hehe

      Delete
  20. Emak jaman now & anak jaman now, penghalang kebersamaannya gadget ya. Memang harus lepas dulu supaya bisa fokus sama anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bangt. Emak dan anak sama-sama pegang gadget.

      Delete
  21. nah menjemput anak aku enggak bisa mak, paling menjelang tidur sama pagi hari deh

    ReplyDelete
  22. Enak ya klo diajak gathering lotte choco pie anak2 dajak terus disediakan playground

    ReplyDelete
  23. Lepas dari gadget emang menggoda bangeeet, padahal premium bonding moment 9 menit itu mah sebentar ya :)

    ReplyDelete
  24. Wahhh, jleb banget ya pasti dengar Ismail ngomong pengen dijemput Mama aja ketimbang dijemput tetangga. Lho namanya kog sama, akupun minta tolong jemputnya doang sama tetangga yang namanya Mama Ica. Jadi mama Ica yang jemput dan aku yang antar. Tapi aku bonding timenya saat anak2 sudah masuk kerumah mbak, begitu pulang sekolah sambil teriak2 nyari Bundanya hehe. 3 menit sebenarnya ga lama ya, tapi mulai sekrang kudu maksimalin waktu nih buat mereka gegara acara seru ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh kok sama ya tukang ojeknya wkwkw... maklum kita profesinya kan sama Sis, kadang bepergian demi kerjaan ya.

      Delete
  25. Woowww... choco pie, cemilah kesukaan saya dan adik-adik buat makan saat nonton dan jalan-jalan hehe

    ReplyDelete
  26. Acara lotte choco pie selalu seru dan penuh kekeluargaan

    ReplyDelete
  27. saat tidur2an di kasur saat itu kedekatan dengan anakku, sampai anak dewasa, tdr berempat di kasur besar jadi sesuatu yg menyenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah enak banget itu dempet-dempetan di kasur

      Delete
  28. penting banget nih membuat tantangan untuk diri sendiri untuk sejenak melupakan smartphone. Aku juga ngerasa udah kecanduan smartphone, dan agak susah untuk lepas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget maak... harus bisa lepas dari gadget sebentar untuk anak

      Delete
    2. hihi iya makk.... by the way.. jangan lupa follback ya mak ^^ tengkiu

      Delete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...